11 Ide Hadiah Baby shower untuk Calon Orang Tua yang Tengah Berbahagia

11 Ide Hadiah Baby shower untuk Calon Orang Tua yang Tengah Berbahagia

Mendatangi acara baby shower memang bertujuan untuk merayakan kehamilan seseorang yang merupakan teman atau kerabat Anda. Selain ikut berbahagia, alangkah baiknya jika Anda juga membawa kado. Ibu hamil pasti akan bertambah senang menerima pemberian Anda.

Akhir-akhir ini tren baby shower sedang diminati para calon orangtua yang tengah menanti kelahiran sang buah hati. Pesta kecil-kecilan yang biasanya mengundang keluarga atau teman dekat ini biasanya dilakukan saat usia kandungan mencapai 7 bulan atau lebih.

Sebenarnya, di Indonesia, kita sendiri punya tradisi untuk mensyukuri kehadiran calon bayi dan berbagi suka cita dengan orang-orang terdekat. Misalnya saja dalam tradisi Jawa atau Sunda, acara digelar dengan menekankan pada nilai religius dan ritualnya, sedangkan baby shower acaranya lebih santai dengan mengobrol, menikmati sajian, dan membawakan kado.

Jika mendapatkan undangan untuk menghadiri baby shower, jangan lupa membawakan hadiah. Bingung dengan berbagai pilihan yang ada di luar sana? Jangan khawatir, simak beberapa inspirasi tepat berikut ini.

Hadiah Bikinan Sendiri

Biasanya baby shower akan mengundang orang-orang terdekat dari pasangan orang tua yang akan menyambut kelahiran bayi. Tidak ada yang lebih menunjukkan cinta dan perhatian yang besar daripada hadiah buatan sendiri.

Luangkan waktu untuk membuatkan selimut, topi, atau pakaian rajut. Jika memiliki hubungan yang sangat dekat, Anda bisa memberikan keranjang berisi barang-barang yang dulunya pernah dimiliki saat masih kecil. Tentunya akan terasa sangat menyenangkan dan istimewa jika bisa memberikan hadiah yang benar-benar berasal dari hati.

Hadiah Voucher

Jangan hanya mengukur kepantasan hadiah dari ukurannya, tetapi pikirkan juga nilai di baliknya. Jika memang memiliki keterbatasan waktu untuk memikirkan atau berbelanja kado baby shower, memberikan kartu voucher bisa jadi alternatif yang tepat. Selain cukup praktis, hadiah ini menghindarkan calon orangtua untuk berhadapan dengan setumpuk kado yang jenisnya sama.

Bukan hanya voucher belanja kebutuhan bayi saja yang bisa diberikan, Anda bisa juga memberikan voucher pemotretan untuk bayi dan keluarganya atau voucher untuk sang ibu seperti baju menyusui atau perawatan pasca melahirkan.

Popok Bayi

Ini mungkin tampak jelas, tetapi popok adalah salah satu hadiah baby shower terbaik, entah itu untuk calon anak yang pertama atau ketiga. Tidak harus membawakan popok untuk setahun penuh, cukup bawakan beberapa terutama yang dapat dipakai dalam beberapa bulan setelah lahir.

Kemas popok dengan cantik dengan tambahan pita atau jika memiliki waktu dan kreativitas, ubah saja menjadi diaper cake. Diterjemahkan secara harfiah menjadi "kue popok", sebenarnya menghadiahkan popok yang dibentuk dan dikemas sedemikian rupa agar tampak menarik adalah hal yang umum diberikan di negara-negara barat.

Anda bisa membuatnya sendiri atau menyerahkannya pada tenaga profesional untuk mendapatkan diaper cake yang cantik dan multifungsi.

Car Seat

Walau belum menjadi keharusan di negara sendiri, car seat alias kursi mobil khusus untuk bayi bisa memudahkan orang tua saat membawa pulang bayi dari rumah sakit.

Terkadang mereka lupa menyiapkan atau membelinya karena banyaknya hal yang harus dipersiapkan jelang kelahiran sang buah hati. Pilih yang sesuai dengan umur bayi, terbuat dari bahan berkualitas yang empuk, nyaman, dan mudah dipasang.

Perlengkapan Tidur untuk Bayi

Bayi akan menghabiskan sebagian besar waktunya di bulan-bulan pertama untuk tidur, sehingga perlengkapan tidur dapat dijadikan hadiah yang tepat untuk dibawa saat baby shower.

Anda akan menemukan perlengkapan tidur seperti kasur bayi, lengkap dengan bantal, guling, dan selimut yang sudah dikemas menjadi satu paket yang cantik. Tinggal pilih warna dan kualitas kainnya yang bikin bayi betah merasa nyaman.

Tas Bayi

Orangtua yang akan menyambut kelahiran sang buah hati biasanya sudah mempersiapkan tas bayi yang berisi berbagai keperluan untuk berada di rumah sakit selama beberapa hari.

Tapi tidak ada salahnya membelikan tas popok sebagai cadangan. Untuk membuat hadiah baby shower ini makin istimewa, lengkapi juga dengan berbagai barang di dalamnya seperti pakaian, popok, perawatan kulit bayi, hingga botol dot.

Ada berbagai model dan ukuran tas bayi atau diaper bag yang dijual di pasaran. Jika Anda mengenali gaya orangtua, maka akan lebih mudah memilihkan barang yang akan disukai dan dihargai. Apalagi, kini banyak produk yang didesain tidak hanya multifungsi, tapi juga stylish sehingga tak malu ditenteng ke mana pun pergi.

Paket untuk Sang Ibu

Selama ini, baby shower identik dengan hadiah untuk sang bayi dan melupakan peran sosok terpenting yaitu sang ibu. Mengandung selama 9 bulan lamanya, tidak ada salahnya memberikan kado yang dapat memanjakan sang ibu.

Berikan paket perawatan setelah melahirkan yang akan membuatnya merasa segar dan bersemangat, membawakan makanan kesukaannya, memberikan baju menyusui yang sesuai dengan gaya berpakaiannya, hingga voucher untuk melakukan pemotretan jelang kelahiran anak.

Peralatan Elektronik Bayi

Zaman semakin canggih, begitu juga perkembangan teknologi yang akan memudahkan kehidupan orang tua bersama sang bayi.

Mulai dari alat untuk sterilisasi botol bayi, breast pump yang makin nyaman, bouncing seat yang nyaman untuk menidurkan bayi, baby monitor untuk mengawasi bayi, hingga termometer elektrik yang memudahkan mengecek suhu tubuh bayi.

Anda bisa membeli salah satu dari peralatan ini untuk dijadikan kado. Si penerima pasti akan terbantu dengan benda yang Anda berikan ini.

Gendongan

Jika dulunya kain batik menjadi gendongan wajib yang dimiliki oleh para orang tua, kini modelnya pun makin bervariasi, dari baby wrap yang memudahkan para ibu untuk beraktivitas, hingga model terbaru yang bikin bayi serta orangtua sama-sama nyaman.

Pilih yang sesuai bujet dan kebutuhan orangtua, misalnya mereka yang suka traveling, menyukai hal-hal praktis, atau menyukai warna-warna tertentu.

Pakaian Bayi

Pakaian bayi biasanya menjadi hadiah yang paling mudah dan umum diberikan saat baby shower. Ada berbagai model dan set pakaian bayi yang nyaman dan menggemaskan untuk dihadiahkan.

Tidak harus membelikan pakaian yang dikhususkan untuk anak perempuan atau laki-laki saja, ada baiknya untuk membelikan model pakaian dan warna yang cenderung netral, misalnya warna hijau, putih, atau kuning.

Selain pakaian tidur atau sehari-hari, bisa juga menghadiahkan aksesori yang melindungi tubuh bayi sekaligus membuatnya terlihat semakin lucu. Mulai dari topi, kaus kaki dan tangan, hingga sepatu.

Jangan hanya berpatokan pada tampilan luarnya saja, utamakan bahan kain yang nyaman, antialergi, dan tidak membuat bayi mudah merasa gerah.

Perabotan Bayi

Jika orang yang mengundang Anda ke baby shower-nya memiliki hubungan yang cukup dekat dan Anda punya bujet yang cukup besar, maka perabotan bayi bisa jadi pilihan tepat.

Ada berbagai jenis yang bisa dipilih, seperti kursi goyang untuk sang ibu untuk menyusui atau meninabobokan sang bayi, stroller untuk mengajak bayi bepergian, hingga tempat tidur konvertibel yang dapat digunakan untuk meletakkan bayi saat sedang melakukan aktivitas lainnya.

Selain memperhatikan kisaran harga, fokuskan pada fitur kelengkapan, penggunaan yang mudah, dan juga keamanannya untuk sang bayi.

From our editorial team

Pilih Kado Sesuai Bujet

Tidak bingung lagi kan memilih kado untuk baby shower? Jangan lupa untuk mempertimbangkan bujet yang Anda miliki untuk membeli kado. Saat ini banyak sekali beragam produk bayi dan ibu hamil dengan beragam harga dan kualitasnya pun bagus. Jadi, hal ini dapat memudahkan Anda saat memilih benda dengan harga terjangkau namun berkualitas.

Tag