20+ Hadiah Ulang Tahun Anak 3 Tahun Yang Bermanfaat dan Edukatif Dalam 4 Kategori

20+ Hadiah Ulang Tahun Anak 3 Tahun Yang Bermanfaat dan Edukatif Dalam 4 Kategori

Hello readers, apakah sebentar lagi Anda harus menghadiri pesta ulang tahun anak sanak keluarga atau teman Anda yang masih balita? Atau jangan-jangan, balita Anda yang akan berulang tahun? Kalau jawabannya iya dan kebetulan Anda bingung hadiah apa yang bisa mendidik dan mengembangkan kreativitasnya, Anda bisa simak rekomendasi-rekomendasi BP-Guide berikut.

Dunia Balita Dunia Penuh Imajinasi

Memberikan hadiah ulang tahun tidak hanya akan membahagiakan anak. Hadiah ulang tahun yang tepat bisa juga menjadi kebahagiaan tersendiri untuk orang tua karena diharapkan pemberian tersebut bisa merangsang kreatifitas dan daya imaginasi anak. Nah, kira-kira aseperti apa hadiah ulang tahun yang ideal ideal untuk anak berusia 3 tahun? Tentunya hadiah ulang tahun anak 3 tahun yang baik seharusnya mampu membantunya mengembangkan kepribadian yang baik serta membantu perkembangan motorik dan kognitif yang dimilikinya sesuai usia.

Begitu memasuki usia tiga tahun, seorang anak mulai mengembangkan kemampuan kognitif yang membuat dia semakin mampu memahami segala peristiwa di sekitarnya, mengungkapkan emosi dan belajar mengatur emosinya. Ia mulai memahami dan merasakan kasih sayang orang-orang terdekatnya, khususnya orang tua. Ia juga mengembangkan rasa ingin tahu yang besar, punya keinginan bertindak sendiri dan mengenal teman-temannya, namun di sisi lain masih ingin selalu bersama orang tuanya. Di masa-masa ini pulalah ia mulai mengembangkan karakternya, entah itu sifat pemalu, pemberani, aktif, pasif, dan segudang karakteristik lainnya.

Tips Hadiah Ulang Tahun untuk Anak 3 Tahun

Di usia tiga tahun, seorang anak sedang mengalami perkembangan motorik dan kognitif yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Ia mulai belajar motorik kasar seperti melompat, mengayuh sepeda, berdiri satu kaki, bahkan mencoba menari. Ia juga mengembangkan motorik halus seperti membuat menara balok, memasukkan benda kecil ke wadah atau botol, serta belajar menggambar lingkaran. Di sisi kognitif, kemampuan berbahasanya juga meningkat dan memengaruhi perbendaharaan kata-katanya. Nah, dengan memahami perkembangan tersebut, Anda bisa memberikan hadiah ulang tahun anak 3 tahun yang paling tepat!

Jujur saja, terkadang meski kita telah memahami perkembangan si anak dengan baik, namun memilih hadiah ulang tahun anak 3 tahun yang tepat tidak mudah. Tapi sekarang Anda tidak perlu bingung, simak saja tips yang sudah kami siapkan untuk memilih hadiah ulang tahun anak yang tepat di bawah ini.

Tips memilih hadiah untuk anak usia 3 tahun:

  • Pilihlah mainan yang makin merangsang perkembangan motorik halus dan kasarnya, yaitu mainan yang melibatkan aktivitas fisik.
  • Pilihlah mainan yang membantunya mengembangkan aspek kognitifnya dalam hal berbahasa, menghitung, serta mengelompokkan benda.
  • Jika ingin mengasah kemampuan kognitifnya, memberi buku cerita bergambar cukup baik. Pilih yang banyak kata-kata di dalamnya.
  • Hadiah seperti Balok mainan atau rumah boneka bisa untuk merangsang imajinasi, kemandirian, dan tanggung jawab untuk mengatur sesuatu.
  • Satu set masak-masakan bisa dipilih untuk membantu si anak mengembangkan jiwa sosialnya karena bisa dimainkan bersama teman-teman.

Selain penting untuk memilih jenis mainan, Anda juga harus memberikan perhatian lebih pada hal-hal berikut:

  • Pilih mainan anak dari bahan-bahan yang tidak mengandung racun jika termakan.
  • Usahakan untuk memilih mainan yang berukuran agak besar, terlalu kecil bisa berisiko tertelan.
  • Pastikan mainan mudah dicuci agar selalu bersih, sebab anak kecil suka memasukkan mainan dalam mulut.
  • Jika hadiah bukan untuk anak Anda tapi anak orang lain, sebisa mungkin konsultasikan dulu dengan orang tua si anak.

Kategori 1: Mainan Mengayuh dan Mendorong

Sumber gambar www.kettlerusa.com

Mainan yang termasuk dalam kategori ini bertujuan untuk mendorong anak supaya lebih aktif dan mengajarinya risiko-risiko dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mainan-mainan dengan kategori ini, pengawasan orang tua sangat diharapkan. Cocok untuk dipilih sebagai kegiatan di luar rumah. Berikut rekomendasinya.

Sepeda Roda Tiga

Sumber gambar www.tokopedia.com

Usia tiga tahun atau bahkan sebelumnya merupakan usia yang tepat untuk diperkenalkan pada sepeda roda tiga. Selain sangat baik untuk membantu motorik anak, sepeda roda tiga juga tergolong aman karena anak tidak berisiko jatuh seperti halnya pada sepeda roda dua. Jika tetap ingin membeli sepeda roda dua, pastikan sepeda itu punya sepasang roda ekstra yang bisa dilepas-pasang pada ban belakangnya. Roda ekstra ini berfungsi untuk penyeimbang dan bisa dilepas kalau si kecil sudah cukup besar dan lebih mahir mengendarai sepedanya.

Saat hendak membeli, pastikan ukuran sepeda tidak terlalu besar buat si anak. Pilih juga yang memiliki rangka, stang, dan velg kuat. Pilih sepeda dengan rangka yang tidak bengkok, tapi lurus sempurna. Posisi stang harus pas, tidak terlalu jauh atau dekat ke badan si anak. Velg ukuran 12 inchi atau 30 cm sudah cukup untuk anak usia tiga tahun. Pastikan juga sepeda tersebut memiliki kualitas rem yang baik.

Jika memilih sepeda roda tiga untuk anak perempuan, salah satu yang direkomendasikan adalah Sepeda Anak Mini 12 Little Pony. Sepeda mini roda dua ini dilengkapi roda tambahan untuk membantu keseimbangan anak. Warnanya yang didominasi warna merah muda imut pasti membuat anak perempuan menyukainya. Oh ya, sepeda ini didesain untuk bisa digunakan hingga anak berusia lima tahun. Anda bisa mendapatkan Sepeda Anak Mini Lalix Little Pony 12 ini di Tokopedia seharga Rp 470.000 saja.

Sebagai alternatif pilihan, YOEYOE Sepeda Anak Roda tiga Tricycle dengan sandaran juga cocok untuk anak usia tiga tahun. Sepeda ini bisa berjalan dengan cara di dorong oleh hentakan kaki, sehingga memicu motorik anak saat bersepeda. Dan jika sudah bisa mengayuh, pedal di roda depan bisa dikayuh untuk makin mengembangkan motorik kasarnya. Anda bisa mendapatkan sepeda YoeYoe seharga Rp 250.000 di Tokopedia.

Troli Belanja Mainan

Sumber gambar www.blibli.com

Troli plastik mainan amat cocok untuk anak perempuan, meskipun tidak menutup kemungkinan anak laki-laki pun suka memainkannya. Namun perlu diingat, Anda harus membeli Toli mainan yang aman tanpa ada bagian tajam, tidak beracun seadainya putra-putri Anda mencium dan menjilatnya, memiliki bagian yang kokoh sehingga tidak mudah lepas saat didorong-dorong, tidak ada bagian yang tajam serta ukurannya pas untuk si anak.

Beberapa troli mainan yang kualitasnya baik dan direkomendasikan antara lain: Troli Belanja Keranjang Gerobak Mainan dengan bentuk lucu dan warna-warni cerah yang menggemaskan bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 69.000 di Lazada. Troli Belanja Anak Joto yang dilengkapi snack dan buah-buahan yang terbuat dari plastik di dalam trolinya seharga Rp 160.000. Kalau ingin yang lebih lengkap ada juga Home Super Market Playset dengan mesin kasir, troli mainan, dan aneka miniatur makanana-minuman dari plastik seharga Rp 385.500. Tertarik? Semua jenis troli mainan itu bisa Anda dapatkan di Tokopedia.

Mobil-Mobilan Plastik

Sumber gambar www.lazada.co.id

Mobil-mobilan plastik mungkin lebih banyak digemari anak laki-laki tapi sekarang banyak juga mobil-mobilan bermodel lucu menggemaskan hingga anak perempuan pun suka mengendarainya. Pilih yang tidak terlalu berat agar si anak tidak kesulitan menggunakannya. Pastikan juga mobil-mobilan itu stabil, tidak mudah jatuh saat dikendarai, dan tidak ada bagian yang tajam dan ebresiko mencederai anak. Mobil plastik besar tepat untuk melatih kaki saat mendorong, jadi pilih yang sistem mekaniknya sederhana dan tidak menyulitkan gerakan si kecil.

Untuk Anda yang ingin menghadiahkan mobil-mobilan bagi si kecil, ada beberapa pilihan yang bisa disesuaikan dengan keperluan dan usia putra-putri di rumah. Ada Ocean Toy Yotta Ride On berbentuk mobil polisi yang dilengkapi pegangan bagi orang tua agar bisa mendorong anaknya seharga Rp 249.900 dari Tokopedia. Atau Tomindo Ride on Cow berbentuk sapi lucu seharga Rp 550.000 dari Lazada yang dilengkapi pegangan pendorong sekaligus tali yang kuat dan elastis di bagian depan agar orang tua bisa mendorong atau menarik mobil-mobilan kalau anak sudah lelah bermain.

Kategori 2: Mainan Imajinatif untuk Aktivitas Anak

Sumber gambar ymcacolumbus.org

Imajinasi dalam bermain sangat penting untuk anak karena dapat membantunya meningkatkan kosakata, memudahkan bergaul dengan teman, mendorong untuk belajar mandiri, dan mampu menyelesaikan masalah. Nah, berikut beberapa mainan yang membuatnya tetap aktif dan menstimulasi imajinasi anak.

Set Permainan Karakter

Sumber gambar mainanak.com

Set permainan karakter sangat bermanfaat dalam mengembangkan dalam imajinasi dan kreativitas anak untuk bermain peran sebagai polisi, dokter, atau pekerjaan orang dwasa lainnya. Permainan karakter seperti ini juga memperkenalkan anak terhadap pekerjaan orang dewasa dan beberapa aspek tanggung jawab sederhana.

Untuk si kecil yang masih berusia 3 tahun, Anda tidak perlu memilihkan mainan yang terlalu rumit atau mendetil. Cukup pilihkan mainan karakter yang menghibur sekaligus mendidik, dengan tetap memikirkan keamanan anak saat bermain. Sebisa mungkin hindari mainan dengan bagian-bagian yang bisa dilepas-pasang berukuran terlalu kecil untuk menghindari resiko tertelan atau terhirup. Jangan lupa dampingi si kecil saat bermain dan jaga kebersihan mainannya, ya! Kalau Anda ingin tahu apa rekomendasi mainan dari kami, simak saja beberapa contoh di bawah ini.

Mainan Anak Set Dokter-dokteran dari Tokopedia seharga Rp 110.000. Mainan berwarna pink ini cocok untuk anak perempuan. Dilengkapi dengan koper untuk membawa semua itemnya, anak Anda yang berusia 3 hingga 5 tahun akan menghabiskan waktu asyiknya bersama set dokter-dokteran ini.

Mainan kereta api Thomas and Friends Train Set Track 360 Rotation 39pcs seharga Rp 440.010 dari Lazada bisa dijalankan dengan menggunakan baterai. Cocok untuk anak laki-laki maupun perempuan berusia tiga tahun ke atas, mereka akan mengembangkan imajinasinya bersama track yang berbelok belok, naik turun, serta berputar terbalik 360 derajat dan koleksi Thomas lainnya dari set tersebut.

Rekomendasi set permainan karakter:


  • Champion Toys Mobil Polisi dari Blibli seharga Rp 60.000. Mobil ini dilengkapi dengan lampu siren yang dapat menyala dan mengeluarkan suara. Warna yang cerah dan musik yang menarik akan sangat cocok untuk bermain anak. Bisa digunakan oleh anak usia 3 – 5 tahun.

  • Tool Set Konstruksi Bangunan dari Tokopedia seharga Rp 350.000. Cocok untuk anak laki-laki berusia tiga tahun ke atas. Anak berkesempatan untuk menganggap dirinya sebagai kontraktor yang memiliki workbench untuk mengerjakan berbagai macam proyek. Satu set mainan alat konstruksi ini terdiri dari gergaji, obeng, palu, kayu, dan helm.

  • Super Tool Set dari Kidzloo terdiri dari 30 item alat-alat konstruksi yang bisa dimainkan anak laki-laki Anda dengan ayahnya. Mainan yang cocok untuk mengembangkan imajinasi ini bisa didapatkan seharga Rp 185.000.

Kategori 3: Permainan Bongkar Pasang

Sumber gambar playtimetvchannel.com

Permainan bongkar pasang akan membuat anak mengembangkan keterampilan spasial dalam mengembangkan konsep ruang dan jarak. Selain itu tentu anak akan lebih terlatih kesabarannya, lebih bisa menghargai arti kerja keras saat dia berhasil menghasilkan bentuk-bentuk tertentu yang digemarinya dan tentu melatih kreativitasnya dalam menciptakan aneka bentuk baru yang bahkan tidak terbayangkan sebelumnya. Buat Anda yang ingin menghadiahkan mainan seperti ini bagi putra-putri tercinta, simak dulu beberapa produk pilihan BP-Guide di bawah ini.

Lego Duplo

Sumber gambar youtube.com

Lego adalah mainan balok susun yang sudah sangat terkenal, tersedia dalam ratusan, bahkan ribuan variasi bentuk dan warna, tapi selama ini lebih cocokaman dimainkan oleh anak berusia 6 tahun ke atas. Namun kini telah hadir Lego Duplo setiap baloknya berukuran dua kali lipat lebih besar, panjang dan tebal dari balok Lego biasa.Lego Duplo memang khsuus diciptakan bagi anak berusia 1,5 hingga 5 tahun dengan ukuran besar untuk menekan resiko tertelan, tersedak atau terhirup serendah mungkin. Hebat, ya? Dengan Lego Duplo, putra-putri tercinta akan punya kesempatan semakin luas untuk belajar berkreasi, menyusun, berencana, dan berimajinasi.

DUPLO Basic Bricks Large dari Tokopedia seharga Rp 549.000 bisa jadi pilihan Anda. Duplo Basic terdiri atas 60 buah balok Duplo beraneka warna yang bisa disusun secara bebas untuk membentuk imajinasi anak Anda.

Beberapa produk Lego Duplo yang direkomendasikan BP-Guide adalah:


  • Lego Duplo Truck terdiri dari 16 buah balok Duplo yang membentuk sebuah truk. Bisa dijadikan bagian dari kota Duplo yang lebih lengkap. Cocok untuk anak umur 2 hingga 5 tahun. Bisa didapatkan di promomainan.com seharga Rp 350.000.

  • Duplo Disney Princess dari Bukalapak cocok untuk anak perempuan berusia 2 – 5 tahun karena menghadirkan 3 karakter Disney populer yaitu Ariel si Putri Duyung, Cinderella, dan Putri Salju. Dapatkan seharga Rp 799.000 untuk membantu kreativitas anak.

Play Doh

Sumber gambar www.youtube.com

Terkenal sebagai merek mainan malam/lilin yang berkualitas dan tidak beracun, Play Doh pas digunakan sebagai hadiah untuk anak berusia tiga tahun ke atas. Karakteristiknya yang mudah dibentuk menjadi apapun sangat tepat untuk jadi mainan anak untuk mendorong kreativitas dan mengasah motorik anak. Bentuk dan warna Play-Doh yang sangat mirip makanan mungkin jadi sumber kecemasan bagi para orang tua, bagaimana kalau si kecil menelan Play-Doh yang dimainknnya? Anda tak usah cemas karena semua produk Play-Doh berbahan utama garam, tepung dan air. Jadi semuanya aman, bebas racun, bebas alergi, dan tidak menyebabkan iritasi kulit anak. Setelah yakin dengan keamanannya, di bawah ini kami sudah siapkan beberapa rekomendasi produk Play-Doh untuk si kecil yang aktif dan kreatif. Rekomendasi Play-Doh aneka bentuk dan warna untuk si kecil:

Play Doh Mini Bucket Cookies dari Tokopedia seharga Rp 129.000. Terdiri dari dua kemasan malam/lilin berbeda warna lengkap dengan 7 cetakan warna-warni beragam bentuk. Pas untuk anak laki-laki maupun perempuan di atas 3 tahun.

Ada pula Playdoh 0416 Pd Playdoh Numbers And Counting -Multi Colour dari Tokopedia seharga Rp 199.000. Seri Numbers and Accounting mengajak anak Anda mengenal angka dan hitung-menghitung. Cara pakai toolsnya yang mudah sangat tepat untuk anak berusia 2 tahun ke atas.

Pilihan lainnya ada Playdoh Super Color Pack dari Tokopedia seharga Rp 400.000. Seri ini terdiri atas 20 buah Play Doh beraneka warna yang bakal membuat anak puas mengembangkan kreativitas dan imajinasi. Didesain untuk anak berusia tiga tahun ke atas.

Origami Sederhana dan Lucu

Sumber gambar bookwormbear.com

Origami bisa anak untuk mengenal kertas lipat dan seni origami akan membantunya untuk mengapresiasi seni. Bermacam warna kertas yang cerah juga majasi rangsangan tersendiri bagi kreativitasnya. Untuk anak berusia sekitar tiga tahun, sebaiknya memilih kertas lipat atau origami yang tidak terlalu kecil agar anak mudah melipatnya. Berikan juga petunjuk atau bimbingan yang jelas agar anak mudah mengikuti.

Anda bisa membeli Faber Castell Washi Kertas Origami Motif (Pak Isi 50 Lembar) dari Tokopedia seharga Rp 9.500. Memiliki 10 motif dan warna yang dikombinasikan bolak-balik pada kertas berukuran 16x16 cm.

Berikut ini beberapa rekomendasi kertas dan buku petunjuk origami yang cocok bagi putra-putri Anda:

  • Origami Kertas Lipat Fun isi 18 lembar dari iklanlini.com seharga Rp 6.000. Kombinasi acak warna dan corak. Ketebalan kertas 100 gsm.
  • Kertas Origami Bermotif Bolak-balik isi 50 lembar dari Afria Shop di Tokopedia seharga Rp 8.000. Terdiri dari 5 motif aneka warna dengan bahan kertas yang mudah dilipat dan tidak kaku.
  • Kertas Lipat Lebar Berwarna Motif isi 50 lembar dari montemanik.com seharga Rp 13.500. Warna dan motif campur. Cocok sebagai bahan origami, craft, dan lainnya.
  • Buku Fun for Kids Kit: 20 Fantastic Folding and Coloring Projetcs dari opentrolley.com seharga Rp 276.000. Set buku ini terdiri dari sebuah buku, sebuah DVD, dan kertas proyek yang memiliki motif dan garis bantu. Didesain untuk memudahkan anak membuat satu proyek dengan tangan mereka sendiri.

Permainan balok susun

Sumber gambar elevenia.co.id

Sebelum popularitas Lego mendunia seperti sekarang, bukan berarti anak-anak di seluruh dunia tidak punya permainan susn-menyusun aneka bentuk, lho! Bahkan sebelum bahan plastik marak digunakan, permainan balok susun dari kayu terlebih dulu hadir sebagai salah satu mainan edukatif favorit anak-anak. Sampai sekarang pun mainan ini tetap populer karena terbukti berhasil mengasah kemampuan anak mengenali bentuk, melatih kesabaran sekaligus mengembangkan kreativitasnya untuk menciptakan aneka bentuk baru.

Beberapa permainan balok susun yang cocok untuk si kecil berusia 3 tahun:


  • YBC 120pcs Colorful Wooden Domino Authentic Standard Children Toys dari Lazada seharga Rp 104.000. Terbuat dari linen Wood yang dilapisi oleh cat tidak beracun, mainan ini aman untuk anak usia tiga tahun meski dimasukan ke dalam mulut.

  • Mainan Edukasi Village Building Blocks dari tokoedukasi.com seharga Rp 59.400. Terdiri atas 26 buah balok berbagai bentuk mulai dari atap, pagar, orang-orangan, mobil, serta anjing dan kucing. Pas untuk mengasah kesabaran dan kemandirian anak saat berkreasi.

  • Wooden Toys Balok 42S Mainan Anak dari Blibli seharga Rp 300.000. Dibuat untuk anak berusia dua tahun ke atas, Wooden Toys Balok 42S mengajak anak mengenali aneka bentuk geometris sederhana seperti segitiga, balok, persegi empat, tabung, dan kubah. Warna-warni yang cerah membuat mainan ini menarik untuk si kecil.

Kategori 4: Menyanyi dan Menari

Anak Anda suka bersenandung menirukan lagu yang didengarnya? Atau mungkin mulai suka bergoyang mengikuti irama lagu anak? Menyanyi dan menari adalah aktivitas yang berperan untuk membentuk kematangan emosional anak sekaligus memicu perkembangan kreativitasnya. Karena itu, alat musik mainan yang sederhana bisa jadi pilihan hadiah ideal untuk anak berusia 3 tahun.

Mainan Alat Musik yang Mendidik

Alat musik plastik cocok untuk hadiah ulang tahun anak tiga tahun karena mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk mengeksplorasi jiwa seni mereka lewat nada dan beragam bunyi-bunyian. Keterampilan sosial dan emosional juga ikut dibentuk melalui aktivitas memainkan alat musik. Siapa tahu putra-putri Anda menyimpan bakat terpendam dalam bermusik? Coba saja hadiahkan salah satu alat musik mainan di bawah ini untuk membantu tumbuh-kembang kreativitas bermusiknya.

Beberapa tipe alat musik mainan buat si kecil:


  • Electronic Organ Musical Learning Keyboard dari tokoonline.com seharga Rp 105.000. Diciptakan bukan hanya sebagai mainan, namun juga pusat kreativitas anak. set keyboard ini sudah termasuk Mic dan fungsi untuk mengiringi permainan musik si anak.

  • Permainan Alat Musik 3 in 1 dari wootata.com seharga Rp 165.000. Bisa dilipat menjadi bentuk gitar, piano dan DJ yang akan membuat anak lebih leluasa mengeksplorasi berbagai bunyi.

  • Drum Set Mini dari mainankids.com seharga Rp 185.000. Set terdiri atas Bass, top-tom kecil, sedang, besar, simbal, serta sebuah pedal mekanik, sebuah stik drum, dan sebuah kursi. Bisa digunakan untuk anak usia dua tahun ke atas.
From our editorial team

Hadiah untuk masa depan si kecil

Semoga beberapa rekomendasi hadiah edukatif di atas bisa membantu Anda yang sedang mencari hadiah ulang tahun untuk anak usia 3 tahun, ya. Kalau Anda adalah orang tua dari si anak, jangan lupa dampingi dia saat asyik bermain. Tapi kalau Anda belum menjadi orang tua, tidak ada salahnya sedikit mengingatkan orang tua si anak demi kemanan dan kenyamanan bermain. Ingatlah juga kalau mainan sebanyak dan semahal apapun tidak bisa menggantikan peran orang tua, jadi kalau Anda sudah menjadi orang tua, luangkanlah waktu mendampingi si kecil bermain. Dengan pendampingan dan kasih sayang Anda, si kecil pasti akan tumbuh menjadi manuasi berkualitas yang sehat, bahagia, dan cerdas.