Ingin Menguji Kreativitasmu? Ini 7 Inspirasi Kado Ulang Tahun Handmade untuk yang Terkasih (2018)

Ingin Menguji Kreativitasmu? Ini 7 Inspirasi Kado Ulang Tahun Handmade untuk yang Terkasih (2018)

Memberikan hadiah pada ulang tahun orang terkasih tentunya akan jadi hal yang berkesan. Namun, jika kamu bisa membuat hadiahmu sendiri tentu akan jadi kebanggaan sekaligus hal yang tak terlupakan. Simak inspirasi kado handmade dari BP-Guide berikut ini untuk lebih jelasnya!

Bosan Dengan Hadiah Yang Itu Itu Saja? Ini Inspirasi Kado Ulang Tahun Handmade Yang Menarik

Bingung cari kado itu mungkin sekali. Apalagi nih kalau kamu sudah berteman dengan doi selama bertahun-tahun. Tahun pertama kenal, kamu memberinya kado ulang tahun berupa buku karena dia suka membaca. Tahun berikutnya, kamu berikan mug lucu karena doi suka minum kopi. Bayangkan jika persahabatan itu terjalin sekian tahun kemudian. Bakal terjadi di satu titik kamu merasa bingung mau memberi kado apa. Apalagi kalau kamu dan sahabat sering bertukar hadiah di luar momen ulang tahun, misalnya saat dia akan pergi ke luar kota, Natal, dan perayaan lainnya. Wah, bisa-bisa kamu kehabisan ide.

Tapi itu tidak akan terjadi berkat adanya hadiah-hadiah handmade yang selalu unik, kreatif, dan baru. Kamu bisa membuatnya sendiri, atau membeli dari toko handmade. Kenapa harus handmade? Karena kamu bisa memesannya secara custom, atau mendesain sendiri kado pilihanmu. Walau cenderung simpel, tapi kado handmade justru bisa memberi kesan spesial karena bukan kado biasa yang pasaran. Berikan yang spesial khusus pada mereka yang spesial, baik itu untuk teman, pacar, adik, kakak, bahkan orangtua. Dijamin unik dan bikin happy. Buktikan sendiri, deh.

Tips Memberikan Kado Ulang Tahun Handmade

Sumber gambar www.giftster.com

Sebelum memberikan kado ulang tahun handmade, sebaiknya kamu mengecek dulu kado yang akan diberikan. Jangan sampai barang itu berkualitas buruk, lekas habis, atau gampang rusak. Kalau kamu ingin sesuatu yang berkesan di hati penerima, berilah kado yang tahan lama dan bermanfaat. Dengan begitu, pasti deh kamu bakal dikenang sebagai teman yang peduli.

Harga bukan jaminan. Kalau kadomu mahal setinggi langit tapi tidak tepat di hati penerimanya, nanti malah dia kapok menerima kado darimu, lho. Masih syukur kalau cuma disenyumi sambil lalu. Maka, pilih saja yang relevan dengan dirinya, misalnya sesuatu yang sedang dia butuhkan atau dia sukai. Untuk memberi kesan spesial, bungkus juga kadomu dengan unik. Dengan demikian, kadomu bakal jadi yang tak terlupakan.

Rekomendasi Kado Ulang Tahun Handmade Yang Bisa Jadi Pilihan

Sumber gambar www.berries.com

Kado ulang tahun handmade akan menjadikan kadomu tidak biasa. Setidaknya untuk mempersembahkan kado handmade, kamu perlu mengeluarkan effort sedikit lebih keras dibanding kado biasa. Itulah kenapa, kado ini sungguh istimewa. Siapa pun bisa menerimanya, khususnya para cewek, entah itu sahabat, saudara, atau pacarmu. Orang-orang istimewa ini setia mendukung dan menjagamu dari luka lahir dan batin. Mereka pastilah orang pertama yang akan kecewa jika kamu dilukai.

Kali ini, kamu punya kesempatan untuk membalas kebaikan mereka dengan memberikannya kado ulang tahun handmade yang spesial. Kamu tidak perlu bersusah-susah lagi karena sudah ada pilihan kado yang bisa kamu pilih di bawah ini. Ini dia deretan kado handmade nan unik. Siap?

Handmade Wall Decoration

Sumber gambar www.bigdiyideas.com

Apa yang kira-kira bisa kamu jadikan hiasan dinding untuk kado? Hm, bagaimana dengan foto? Kamu pasti punya koleksi foto kalian berdua, kan? Kumpulkan foto-foto terbaikmu dengan dia, rangkai dengan pernak-pernik lucu sebagai tambahan. Tapi di era digital seperti ini, mungkin kamu lebih banyak menyimpan foto di ponsel. Benar, kan? Kalau iya, cetak foto-foto pilihanmu dari ponsel dan jadikan wall picture collage dengan dekorasi spesial dan jadikan fotomu lebih hidup dari sekadar disimpan di ponsel saja.

Pasti kado ini bakal spesial, karena kamu mendesain sendiri dekorasi foto ini. Makin spesial karena kado ini betul-betul hanya darimu dan hanya untuknya, karena memakai kumpulan foto dari berbagai momen kalian berdua. Sehingga, kesan intimnya bakal mendalam.

Setelah koleksi foto terkumpul, siapkan lem, gunting, kertas manila putih atau berwarna tergantung selera, serta selotip dan papan. Tempelkan foto-foto itu pada kertas manila. Jangan lupa rapikan dan bersihkan papan itu, ya. Kamu juga bisa membentuk foto jadi lambang hati, atau simbol huruf depan kalian, tergantung keinginanmu. Lapisilah menggunakan lem mod supaya foto lebih tahan lama. Taraaa! Kolase fotomu siap dibungkus kado. Pastikan pernak-pernik lucu dan menariknya sudah terpasang, ya. Sebagai modal membuat kado ini, mungkin kamu butuh dan mulai dari 50 ribu rupiah. Murah, kan?

Snow Globe Handmade

Sumber gambar blog.etsy.com

Hiasan cantik berupa snow globe juga bisa kamu jadikan kado andalan. Jika kamu mampu mendesainnya dengan menarik, ini bakal jadi pajangan kesukaan si dia. Cara membuatnya mudah, kok. Siapkan toples bekas (bekas selai mungkin?), hiasan untuk snow globe, misalnya pernak-pernik kesukaan si dia, atau sesuatu yang kalian sukai. Siapkan juga lem Korea, gunting, dan glitter.

Caranya, pastikan selai sudah bersih, lalu rekatkan pernak-pernik ke bagian bawah tutup toples menggunakan lem Korea. Lalu, isikan air dan glitter ke dalamnya aduk menggunakan sendok. Kalau sudah tutuplah toples dengan penutup yang sudah dihiasi pernak-pernik. Sekarang, snow globe buatanmu sudah jadi! Coba kamu kocok dan perhatikan betapa cantiknya kadomu. Biaya yang kamu butuhkan untuk membuat ini sekitar 35 ribu rupiah ke atas. Tertarik? Simak tutorialnya di alamat ini ya: http://www.youtube.com/watch?v=Hr7acs4mQHk.

Sweater Rajut

Sumber gambar www.thriftyfun.com

Kenapa sweater? Karena memberikan sweater sebagai kado seolah kita bakal membuatnya merasa hangat walau sedang tidak di sampingnya. Romantis, bukan? Ini berlaku bukan hanya ke pacar, tapi juga sahabat atau keluarga. Membuat sweater rajut sekaligus mengetes kreativitas dan ketekunanmu. Tentu si penerima bakal tersanjung dan bahagia sekali mendapatkan kado hasil buatanmu sendiri.

Tapi, untuk merajut sweater kamu butuh waktu cukup lama. Maka, siapkan beberapa minggu sebelum hari H ulang tahunnya agar kamu punya waktu untuk berkreasi dengan bebas dan menghasilkan sweater teristimewa. Kalau terpaksa sudah mepet, bikinlah syal, sarung tangan, atau kupluk. Apa pun bentuknya, seberapa pun ukurannya kado ini tetap bakal spesial karena hanya ada satu di dunia, dibuat olehmu dan hanya untuknya.

Apa saja yang harus kamu siapkan? Kamu perlu hakpen ukuran 2.0 mm, pola sweater, dan benang parkit no. 82, atau benang lain apa saja yang sudah kamu sesuaikan dengan ukuran hasilnya. Caranya? Ini dia:

Untuk membuat sweater ini, kamu perlu menyiapkan biaya mulai 75 ribu rupiah. Mau cek videonya? Buka saja https://youtu.be/05-xo3qWOW0.

Cara Membuat Sweater Rajut

  • Desain dulu 2 sisi untuk depan dan belakang, serta 2 sisi lengan kanan dan kiri.
  • Sesuaikan ukuran yang kamu gunakan dengan gambar pola.
  • Untuk pola badan, buat 2 pola chain dengan ukuran panjang sesuai yang kamu inginkan. Buatlah dalam kelipatan 4, hingga kamu mendapatkan ukuran panjang yang kamu ingin lalu imbuhkan 2 chain. Bingung, ya? Contohnya begini, kalau kamu butuh ukuran 90 cm butuh 90 rantai, maka untuk jadi kelipatan empat kamu perlu menambahkan 2 rantai dan 2 rantai lagi agar lengkap seperti pola Jangan buat rantai terlampau rapat, karena nanti sweater jadimu bakal melengkung.
  • Buatlah 4 rantai.
  • Buat tr pada rantai ke-7 dari hook, lalu tr di rantai yang sama dan tr2 di rantai selanjutnya.
  • Lewati 2 rantai dan tr2 pada rantai ke-3 dari hook, lalu tr2 pada rantai selanjutnya.
  • Sampai sini, ulangi dua langkah terakhir sampai rantai.
  • Lewati 1 rantai dan tr pada rantai terakhir.
  • Lalu buatlah 4 rantai
  • Tr 2 pada rantai ke-3 dari hook, dan tr 2 pada rantai selanjutnya.
  • Lewati 2 rantai dan tr2 pada rantai 3 dari hook, tr 2 pada rantai selanjutnya.
  • Ulang lagi langkah ke-10 dan 11 sampai akhir rantai.
  • Lewati 1 rantai dan tr pada rantai terakhir.
  • Ulangi lagi langkah ke-9 sampai 13, sampai tinggi badan yang kamu targetkan sudah tercapai.
  • Buatlah 4 rantai, dan tr2 pada rantai ke-4 dari hook.
  • Lewati 2 rantai dan tr2 pada rantai 3 dari hook, lalu tr2 pada rantai berikutnya.
  • Lakukan lagi langkah ke-16 sampai ada sisa 6 rantai terakhir.
  • Lewati 2 rantai, dan tr2 pada rantai 3 dari hook.
  • Tr pada rantai terakhir.
  • Lakukan lagi langkah ke-15 sampai 19 sampai dapat tinggi yang kamu mau.
  • Sekarang, buat 2 pola lengan dengan langkah serupa dengan pola badan tadi, kamu tinggal menyesuaikan lebar dan tingginya.
  • Agar mudah, mungkin kamu perlu mencari contoh pola gambar.
  • Kalau semua sudah selesai, sambungkanlah.
  • Kamu bisa menyambungkan polanya meggunakan sl st atau jahit jelujur.
  • Sekarang, sambungkan sisi depan dan belakang dulu
  • Kalau sudah, gentian sisi lengan kanan disambungkan dengan bagian depan dan belakang badan. Lakukan langkah serupa pada lengan kiri.
  • Sambungkan juga tiap-tiap lengan.
  • Agar sambungannya tidak terlalu nampak, timpakan 2 tingkat motif di bagian leher. Tambahkan motif atau karakter lucu yang mengambarkan sosoknya.

Gelas Recycle Botol

Sumber gambar delabuzz.com

Memberi kado spesial, sekaligus memanfaatkan barang bekas? Bisa banget! Kamu bisa menyulap botol bekas jadi sebuah karya kreatif. Persembahkanlah kreasi ini sebagai kado ulang tahun handmade. Ada banyak kreasi yang bisa kamu lakukan pada barang bekas, salah satunya membuat botol-botol bekas jadi gelas. Tentunya kado ini bakal dipakai oleh penerima kado, ya kan? Perkakasnya mudah didapatkan dan caranya pun tidak rumit.

Siapkanlah botol kaca, bisa bekas minuman soda atau sejenisnya, lalu cutter untuk kaca, air es, spidol kecil, korek api, amplas halus, panci/baskom dan lilin. Lalu, bagaimana cara buatnya?

Untuk membuat gelas ini, kamu perlu sekitar 50 ribu rupiah ke atas. Agar mudah, tonton dulu videonya di https://youtu.be/xp_e9bVK2gI.

Cara Membuat Gelas Recycle Botol

  • Tandai badan botol dengan tanda melingkar menggunakan spidol. Sesuaikan dengan ukuran yang kamu mau. Lalu, potong menggunakan cutter kaca. Usahakan potong secara melingkar sejajar di badan botol. Sebagai alternatif, pakailah gergaji halus jika tidak punya cutter kaca. Ingat ya, proses penggoresan ini cuma boleh dilakukan satu kali, karena jika berulang kali bakal bikin botol tampak tidak rapi. Buat goresan-goresan kecil ini sekitar 2 menit.
  • Panaskan wilayah botol yang telah kamu gores, dengan memutar botol dalam keadaan horizontal di atas lilin. Dekatkan badan botol dengan ujung api, jangan sampai menempel, ya. Ini agar goresan tadi tertempa panas selama sekitar 3 menit.
  • Masukkan badan botol ke panci atau baskom yang sudah diisi air es. Pastikan area yang kamu gores masuk ke air. Bakal keluar suara air karena botol yang panas bertemu dengan air dingin. Lakukan ini setidaknya selama 1 menit.
  • Terakhir, tarik botol keluar, lalu arahkan tangan kiri untuk memegang sisi bawah botol dan tangan kanan untuk memegang leher botol. Tarik seraya memelintir botol, tapi jangan terlalu keras. Jika berhasil, botolmu sudah terpotong dengan baik, dan tinggal dihaluskan sisi bibir gelas tadi menggunakan amplas agar betul-betul halus dan bersih. Lakukan ini selama 2 menit.

Pop Up Photo Box

Sumber gambar id.pinterest.com

Yang satu ini juga tak kalah unik dan spesial. Soalnya, kamu harus telaten dan teliti saat membuatnya. Cara membuat scrap frame ini tidaklah susah. Satukan saja koleksi foto beserta hiasan-hiasan pada bingkainya. Untuk mendapatkan bahan scrap frame, kamu bisa mencarinya di toko buku atau toko khusus scrapbook dan scrap frame, yang sekarang sudah mudah kamu temui di mall-mall.
Siapkan bahan di bawah ini terlebih dahulu:

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat karya ini sekitar 60 ribu rupiah. Agar lebih jelas, buka video ini, ya: https://www.youtube.com/watch/?v=wVsSPjU5SxU.

Bahan Yang Diperlukan

  • Frame foto 3 dimensi
  • Foto-foto
  • Aneka kertas, misalnya kertas origami, kertas hiasan, kertas kado, dan kertas lucu lainnya.
  • Pernak-pernik hiasan, misalnya kacing, renda, pita, bunga, lukisan cat timbul, atau tempelan tulisan selamat ulang tahun.
  • Lem, solasi bolak-balik dengan busa agar terlihat lebih menonjol.
  • 6. Gunting/cutter.

Cara Membuat:

  • Ambil alas frame, potonglah kertas hiasan sesuai besarnya aalas frame itu, untuk jadi background scrap frame. Gunakan lem atau double tape untuk merekatkan kertas background yang sudah kamu siapkan ke alas frame.
  • Lalu, rekatkan foto dan hiasan ke kertas background tadi sesuai keinginanmu. Sisipkan kutipan yang sesuai agar lebih mengena di hati penerima kado.
  • Kembalikan alas frame ke tempat semula. Jadi, deh!

Mug Personal Handmade

Sumber gambar www.amazon.com

Walau simpel, tapi mug buatanmu sendiri ini bisa sangat berguna, lho. Karena membuatnya sendiri, kamu bisa menambahkan hiasan tertentu, kata-kata, inisial huruf, bahkan foto kenangan yang relevan sehingga menjadikannya lebih istimewa. Bakal susah melupakanmu kalau kamu memberinya kado ini.

Agar lebih meyakinkan, gambar dulu sketsa hiasannya sebelum kamu buat di mug. Kalau sudah, siapkan mug berbahan keramik warna putih, lem, kuas, dan cat. Pertama, rekatkan lem atau solasi ke badan mug. Lalu, cat sisi bawah mug yang terbuka menggunakan cat hitam. Bawa masuk mug ke microwave atau oven dalam waktu 30 menit bersuhu 14,8oC. Lalu, keluarkan dan dinginkan. Setelah itu, kamu boleh puas mencoret atau menghiasnya dengan kapur. Masih bingung caranya? Tonton tutorialnya di link ini: https://www.youtube.com/watch?v=GLGEmVO3gA0. Untuk membuatnya siapkan dulu dana sekitar 50 ribu, ya!

Tanaman Sukulen Dalam Gelas

Sumber gambar it.pinterest.com

Rekomendasi terakhir ini cocok dijadikan kado jika seseorang yang kamu sayangi itu adalah seorang pecinta alam, lingkungan, bunga, atau tumbuhan, atau hobi gardening. Daripada memberi bunga yang bisa cepat mati atau malah bunga mati, mending kasih kaktus lucu ini. Kamu tinggal menyiapkan wadah berbahan kaca seperti toples bekas, lalu tata kaktus-kaktus minimu di dalam situ. Dijamin si dia akan ingat terus padamu setiap kali menyirami kaktus ini. Kalau kaktus kurang tepat, ganti saja tanamannya menjadi terrarium, misalnya. Yang penting, tanaman harus mudah dirawat agar tak merepotkan si penerima. Salah satu kunci adalah pada penataan tanaman, usahakan menarik dan menyenangkan saat dilihat.

Bagaimana ya cara membuat terrarium yang bisa membuat doi terkesan? Siapakan dulu alat-alatnya, yaitu pasir zeolit spagnum moss, batu-batuan dan pasir, tanah humus, arang, wadah berbahan kaca (bisa mangkok, toples, botol, kotak kaca), sekop kecil, penjepit/pinset, gunting, kain kasa, kuas, corong plastic, sprayer untuk menyemprot tanaman.

Sudah siap? Sekarang, kita mulai membuatnya. Pertama, cuci dulu wadah kaca dengan air panas yang sudah diberi sabun, lalu bersihkan kaca sampai kering. Bersihkanlah pasir dan batu, lalu isikan ke dalam wadah kaca sampai tebalnya kurang lebih 2-3 cm. Lalu, taruh arang di atas pasir, dan tambahkan tanah humus sekitar 5-8 cm di atasnya sebagai tempat tumbuhnya tanaman. Tata tanahnya memakai sekop kecil hingga membentuk gundukan. Buat lubang di atas gundukan sebagai tempat akar. Bersihkan tanamanmu, potonglah duan atau batang yang rusak, lalu masukkan di lubang.

Kemudian, kamu sebaiknya membasahi tanah di dalamnya agar lebih lembab, tapi jangan terlampau basah. Sempurnakan dengan miniatur lain yang lucu dan pas untuk ditaruh di dalam wadah bersama tanaman-tanaman tersebut. Untuk perawatannya, jauhkan terrarium dari terpaan matahari langsung. Kalau tanah sudah mengering, siram lagi sedikit demi sedikit air, tergantung jenis tanamannya.
Selain kaktus, tanaman lain yang cocok dijadikan terrarium adalah bromeliad, sukulen, atau sansiviera. Menyenangkan, bukan? Siapkan budget mulai dari 70 ribu untuk membuat kado ini, ya. Lebih jelasnya, cek video tutorial di https://www.youtube.com/watch?v=LjS6dveFAPY.

Pesan dan Ucapan Manis Untuk Mengiringi Kado Handmade Unikmu

Sumber gambar allgiftsconsidered.com

Kadomu belum lengkap tanpa ucapan selamat. Setuju? Kalau iya, siapkan kertas untuk menulis ucapan ulang tahun. Kamu bisa menggunakan kertas biasa, kertas warna, atau membeli kartu ucapan. Tapi, apa yang harus ditulis? Yang jelas sih, tuliskan kata-kata yang tulus dari hatimu.

Kalau bingung, jadikan kalimat di bawah ini sebagai referensi. Misalnya, kamu ingin tulisan ucapan sekaligus memberi semangat. Tulis saja, “Selamat ulang tahun, kawan. Usiamu kini bertambah sekaligus berkurang. Tapi, buatlah ia menjadi kekuatanmu untuk mengarungi hidup, meniti jalan kesuksesanmu, bukan melemahkan semangat juangmu. Ada banyak kebahagiaan di hadapanmu kini, tapi juga bakal ada hambatan di sana. Jadikan masalah sebagai penguat hatimu. Kudoakan agar Tuhan menganugerahimu umur yang berkah dan kemudahan menghadapi kesulitan. Amiin.”

Atau, buat kata-kata bernada nostalgia. Aduh, siap-siap baper, nih. Coba ingat-ingat apa yang pernah kalian alami berdua, dan mengapa dia begitu berarti bagimu. Kamu bisa menuliskan seperti ini, misalnya, “Sudah sekian lama aku mengenalmu, menjalani hari bersama, melewati momen bersama, dear sahabatku. Kini, di hari istimewamu, semoga kamu meraih yang terbaik. Semoga kita terus begini hingga tua. Selamat ulang tahun, selamat menyambut masa depan.”

Terakhir, kamu bisa coba satu ini, “Selamat ulang tahun, teman baikku. Semoga umurmu panjang dan bahagia. Mentari dan rembulan setia melangkah bersamamu, menemanimu melewati satu dua tahun hingga makin tua umurmu. Ada tawa dan tangis, tak masalah asal kau mampu kuat menghadapi hidup. Semoga kamu terus kuat, hingga makin tua nanti, dalam berkah dan lindungan Tuhan. Amiin.” PIlih salah satu untaian kalimat ini, atau kamu juga bisa gabungkan semuanya. Selamat mencoba!

From our editorial team

Tunjukkan Cinta Dan Kepedulianmu Lewat Hadiah Yang Kamu Rangkai Sendiri

Ingin memberikan hadiah yang berkesan untuk sahabat atau keluargamu di hari ulang tahunnya? Tak perlu ragu atau bingung jika tak punya budget berlebih. Kamu bisa membuat sendiri hadiah ulang tahun dengan mengandalkan kreativitas dan ketekunanmu. Dijamin hadiah yang kamu buat sendiri untuknya akan memberikan kesan yang lebih mendalam dan tak terlupakan.