Berikan Kejutan Spesial di Hadiah Ulang Tahun Pernikahan ke - 50 Orang Tua (2018)

Berikan Kejutan Spesial di Hadiah Ulang Tahun Pernikahan ke - 50 Orang Tua (2018)

Hadiah ulang tahun pernikahan ke - 50 biasa disebut juga dengan ulang tahun emas. Momen yang sangat spesial ini sebaiknya dirayakan bersama dengan keluarga besar serta anak dan cucu. Berikut ini tersedia banyak tips mudah untuk merayakan ulang tahun ke - 50.

Ulang Tahun Pernikahan Emas Patut Dirayakan Secara Meriah

Tidak lama lagi orang tuamu akan merayakan ulang tahun yang ke 50? Wow, 50 tahun! Tentu saja bukan waktu yang singkat ya? Banyak hal yang sudah mereka lalui bersama-sama. Ulang tahun pernikahan yang ke-50 sering juga disebut sebagai pernikahan emas, kenapa demikian?

Cikal bakal istilah pernikahan emas ini berasal dari sebuah budaya atau kebiasaan masyarakat Jerman, dimana pada ulang tahun pernikahan ke-50 biasanya para suami memberikan karangan bunga kepada istri mereka. Berbeda dengan karangan bunga biasa, karangan bunga yang diberikan pada ulang tahun pernikahan yang ke-50 terbuat dari emas.

Mulai dari adat dan kebiasaan tersebut, kemudian di seluruh dunia ulang tahun pernikahan ke-50 disebut sebagai ulang tahun pernikahan emas. Tak hanya populer di Jerman saja, istilah tersebut kini juga telah menyebar ke seluruh dunia, lho!

Emas sendiri merupakan bahan metal yang paling digemari di seluruh dunia. Emas dilambangkan sebagai bentuk kemakmuran, kekuatan dan kebijaksanaan. Maka tak mengherankan jika emas menjadi representasi dari esensi pernikahan yang sudah berusia 50 tahun.

Tips Pilih Hadiah Ulang Tahun Pernikahan ke - 50

Ketika orang tua kamu akan merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-50, kamu tentu saja ingin memberikan hadiah yang spesial untuk mereka. Namun kadang-kadang menentukan hadiah yang pas dan berkesan itu memang gampang-gampang susah. Karena ulang tahun pernikahan yang ke-50 juga disebut dengan pernikahan emas, maka hadiah yang diberikan biasanya juga tak jauh-jauh dari unsur emas itu sendiri.

Kamu bisa memberikan barang-barang bertema emas seperti perhiasan emas, frame foto emas, kotak berwarna emas dan sebagainya. Atau bisa juga merayakan di tempat-tempat yang namanya mengandung kata emas seperti Australia’s Gold Coast, Golden Valley dan lainnya. Beberapa hal tersebut tentu cukup mewakili untuk perayaan pesta emas kedua orang tuamu.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memberikan hadiah atau kejutan ulang tahun pernikahan ke-50 kepada orang tuamu, yaitu:

1. Dengan umur pernikahan yang sudah 50 tahun, orang tuamu tentu saja sudah tidak muda lagi. Mereka memiliki keterbatasan fisik karena pengaruh usia, jika kamu berencana membuat perayaan maka pertimbangkanlah keterbatasan fisik mereka. Sesuaikan acaranya dengan keadaan mereka berdua.

2. Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk memberikan emas sebagai kado pernikahan ke-50, kamu bisa menggantikan emas asli tersebut dengan dekorasi bertema emas. Namun demikian, hadiah yang kamu berikan harus tetap mengandung unsur penghormatanmu kepada mereka.

3. Pastikanlah kamu mengundang teman-teman akrab dan orang-orang yang mereka kenal dengan baik sepanjang hidupnya. Kehadiran teman-temannya ini akan membuat mereka lebih bahagia daripada mendapatkan kado apapun.

4. Sebisa mungkin jangan mengadakan pesta kejutan atau dadakan. Komunikasikan terlebih dahulu dengan orang tuamu tentang rencana pesta karena bisa jadi mereka berdua sudah memiliki rencana lain.

5. Yang paling penting, jangan biarkan orang tuamu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk acara ini. Biarkanlah kini anak-anaknya saja yang membuatkan acara yang meriah untuk mereka. Setelah sekian lama, tentu saja orang tua juga layak untuk dibahagiakan.

Inspirasi Terindah Untuk Hadiah Ulang Tahun ke - 50

Dalam memberikan hadiah ulang tahun pernikahan ke-50, tentu saja tersedia banyak pilihan yang dapat dipilih. Tak perlu merasa bingung karena berikut ini telah tersedia banyak pilihan hadiah ulang tahun pernikahan ke-50 untuk orang tuamu.

Scrapbook

Scrapbook dapat menjadi inspirasi kado ulang tahun pernikahan emas orang tua. Melalui scrapbook orang tuamu akan mengenang kembali perjalanan hidup yang pernah mereka lalui bersama, hal ini akan menciptakan suasana romantis dan kesan mendalam bagi mereka berdua.

Scrapbook sebenarnya sudah ada sejak abad ke-15 berupa commonplace book, yaitu sebuah buku yang menyimpan pengetahuan, informasi dan lainnya untuk kepentingan personal. Pada abad ke-16 scrapbook berkembang dengan munculnya buku tahunan sekolah atau buku persahabatan.

Walaupun konsepnya hampir sama dengan album foto biasa, namun scrapbook lebih digemari karena kita dapat menyimpan foto dan menghadirkan cerita di dalamnya. Nah, tidak ada salahnya kan kamu memberikan scrapbook bertema emas untuk orang tuamu?

Banyak kok pengrajin yang menyediakan jasa pembuatan scrapbook. Kamu bisa memesannya di Oriscrap, disini scrapbook berukuran 15 x 20 cm dan 20 x 20 cm dihargai sebesar Rp. 180.000 sampai Rp. 210.000, isinya tergantung permintaanmu. Kamu juga bisa memesannya di My Scrapbook Ideas yang ada di Bandung. Jika kamu ingin membuat scrapbook sendiri agar hadiah untuk orang tua lebih berkesan, kamu bisa mengikuti kelas pelatihan dan promo menarik dari My Scrapbook Ideas ini lho.

Bila kamu ingin membuat scrapbook sendiri, tersedia beberapa tips yang dapat kamu pilih untuk memberikan persembahan terbaik untuk orang tuamu:

1. Mulailah dengan foto ketika mereka masih remaja atau muda. Namun jika fotonya sangat terbatas, kamu bisa menuliskan cerita singkat tentang kisah hidup mereka pada saat itu. Tulisannya tak perlu terlalu panjang, namun sisipkan kata-kata yang menarik sehingga hadiah tersebut akan menjadi semakin berkesan.

2. Kemudian jangan lupa ceritakan pertemuan pertama mereka, bagaimana mereka bertemu dan kapan mereka mulai jatuh cinta. Untuk pasangan yang sudah lama menikah, kisah-kisah seperti itu akan membawa mereka pada kenangan manis dan dapat memupuk rasa cinta diantara keduanya.

3. Bagian paling penting dari scrapbook untuk hadiah pernikahan adalah momen ketika mereka menikah. Jangan lupa menempelkan foto pernikahan mereka ya. Buatlah beberapa foto yang sudah dipotong rapi kemudian ditempelkan pada scrapbook yang akan kamu buat.

4. Sertakan juga momen bahagia mereka selama menikah, misalnya saat mereka liburan dan sebagainya. Bila ada foto ketika mereka berbulan madu, tak ada salahnya juga untuk memasukkan foto tersebut di dalam scrapbook yang akan dibuat.

5. Kemudian tuliskan juga hal-hal yang berhubungan dengan hobi, keahlian dan prestasi mereka berdua. Setiap pasangan tentu memiliki keahlian dan keunikan masing-masing. Bila keunikan tersebut disatukan dalam sebuah bingkai foto, tentunya akan sangat menarik, bukan?

6. Mencantumkan foto anak dan cucu juga sangat diperlukan karena anak dan cucu bagi mereka adalah anugerah dan kebahagiaan tersendiri. Untuk melengkapi scrapbook tersebut, silahkan pasang juga seluruh anak dan cucu yang menjadi pelengkap kehidupan mereka saat ini.

7. Hal yang terakhir dan tak kalah penting, jangan lupa sediakan beberapa lembaran kosong di dalam scrapbook tersebut. Lalu mintalah keluarga atau sahabat-sahabat mereka menuliskan pesan untuk keduanya. Pesan dari orang-orang terdekat tentu akan sangat berkesan untuk orang tua kalian.

Memberikan scrapbook seperti ini dijamin akan membuat orang tuamu sangat bahagia, bahkan mungkin mereka bisa menangis terharu karena bisa mengenang kembali perjalanan hidup mereka yang akhirnya berbuah manis saat ini.

Family Tree in Frame

Hadiah yang simple namun berkesan adalah family tree in frame dimana di dalamnya terdapat garis keturunan keluarga kalian, sehingga akan mengingatkan orang tuamu pada anak dan cucunya. Untuk hasil yang lebih bagus dan hadiah yang lebih berkesan, kamu bisa banget lho membuat family tree sendiri. Templatenya bisa kamu beli di www.familytreetemplates.net. Hanya dengan membayar mulai $12 (sekitar Rp. 160.000) saja, kamu bebas memilih template yang kamu suka disini.

Jika templatenya terasa agak membosankan atau kurang menarik, kamu bisa mencetaknya dan menambahkan hiasan sendiri dengan menggunakan scrapbook paper atau art paper, kamu juga bisa menambahkan tulisan sesuai keinginanmu.

Kalau kamu tidak ingin repot karena keterbatasan waktu, kamu bisa memesannya di Woodland Family Tree Print by Pepper Print Shop. Mereka menyediakan artprint family tree dengan nama-nama yang diletakkan pada sebuah kertas berbentuk hati. Kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan orangtuamu. Harganya berkisar pada GBP 24 (sekitar Rp. 400.000) dengan ongkos kirim ke Indonesia sebesar GBP 19,50 (sekitar Rp. 320.000).

Untuk kamu yang ingin menantang kreativitas Anda dengan membuat family tree sendiri, maka kamu juga tak perlu khawatir karena telah tersedia tutorial yang sangat membantu untuk membuat family tree yang indah. Berikut ini adalah tutorial pembuatan family tree dari Youtube.

Jam Couple

Meski sudah tak lagi muda, tapi tak ada salahnya memberikan jam couple kepada orang tua. Kamu bisa memberikan Couple-Gold-Strap Stainless Steel berwarna emas dari Casio. Desain jam ini sangat cocok untuk orang tua, harganya Rp. 1.199.000 untuk satu pasang.

Pilihan lainnya adalah Timeless Treasures Pocket Watch yang menggunakan mesin dari Quartz. Jam seharga $49,99 (sekitar Rp. 670.000) ini dapat depersonalized dengan nama atau ucapan untuk kedua orang tua kamu. Selain itu, jam dinding dari pinewood juga seharga $49,95 (sekitar Rp. 670.000) juga bisa kamu jadikan kado yang unik untuk mereka.

Foto Frame

Selain scrapbook, kamu juga bisa menghadiahi orangtuamu dengan foto frame. Saat membelinya, hindari bingkai yang berwarna emas mentereng, akan tetapi coba pilih bingkai dengan warna emas yang lembut dan minimalis. Memberikan bingkai tidak harus yang besar kok, akan lebih menarik jika bingkai yang kamu berikan berukuran sedang atau kecil supaya bisa dirangkai di dinding (wall photo).

Rangkaian foto ini akan menjadi kado yang manis untuk orang tua karena disini kamu membuatnya menjadi timeline kehidupan mereka. Tapi jika memang di timeline tersebut mau dibuat sebuah foto masterpiece, boleh menggunakan satu bingkai yang agak besar di tengahnya, pastikan bingkainya serasi dengan bingkai-bingkai yang kecilnya ya, baik dari segi warna maupun penataannya.

Berikut beberapa tempat recommended untuk membeli bingkai yang bagus dan unik:
1. Frame foto Personalized Solid Brass Polaroid Photo Print dari OAKDENE DESIGNS. Desainnya menyerupai foto polaroid yang bisa diletakkan di meja. Di bagian bawahnya kamu bisa menuliskan nama orang tuamu dan kamu bisa memilih ukuran medium dan large. Harganya GBP21.45 dan ongkos kirim ke Indonesia sebesar GBP11.50 saja.

2. Gold Picture Frame dari Wall Mounting Material Included yang dijual di Amazon dengan harga $19.95, merupakan bingkai ukuran 8 x 10 atau 11 x 14 cm. walaupun bingkai ini berwarna emas, namun desainnya tetap simple dan minimalis. Selain itu, aka nada free shipping untuk pemesanan di atas $35, jadi kamu bisa membeli dua bingkai untuk dijadikan sebagai bagian wall photo project di rumah orangtuamu.

3. Di dalam negeri juga banyak lho pengrajin yang menjual bingkai foto yang cantik dan unik dengan harga yang sangat terjangkau. Salah satunya adalah www.jualframemurah.blogspot.com di sini kamu bisa mendapatkan bingkai dari bahan fiber 3 cm dengan ukuran bingkai A3 (30x42 cm), dilengkapi dengan kaca anti pecah dan juga beragam pilihan warna seperti hitam, putih dan motif kayu. Harganya yang hanya Rp. 37.500 membuat kamu bisa membeli beberapa bingkai sekaligus.

Golden Wedding Cake

Ulang tahun atau anniversary sangat identik dengan kue, maka Mango Cake dari The Harvest ini recommended banget untuk kamu jadikan kado untuk orang tuamu. Memiliki warna kuning keemasan dan rasa yang sangat enak, kamu bisa membelinya seharga Rp 580.000 untuk cake ukuran 30 x 30 cm. Selain itu, kamu juga bisa memberikan kue bunga mawar yang melambangkan cinta yang terpendam dari Domino Cake seharga Rp. 450.000.

Kue bolu khas Indonesia juga bisa lho dijadikan kue untuk memperingati golden marriage mereka. Kamu bisa memesan kue bolu tradisional dengan lapisan keju Cheddar dan krim keju seharga Rp. 295.000 saja. Dijamin orang tuamu pasti suka.

Mencari Hadiah yang Tidak Mainstream? Ini Pilihannya

Bila kamu ingin memberikan hadiah yang lebih berkesan lagi untuk orang tuamu, maka hadiah yang tidak mainstream adalah pilihan yang sangat tepat untuk kamu. Tapi kira-kira hadiah apa saja yang yang dapat kamu persiapkan? Berikut ini adalah pilihannya.

Kehadiran Seluruh Anggota Keluarga

Bagi orang tua, kado-kado yang banyak dan indah belum tentu bisa membuat mereka bahagia. Karena seiring bertambahnya usia, kebersamaan dengan orang terkasih dan terdekat lebih mereka butuhkan daripada sekedar materi semata. Oleh karena itu, selain memberikan hadiah ada baiknya kamu merayakan ulang tahun pernikahan emas mereka dengan datang langsung dan jika memungkinkan mengundang kerabat dan sahabat-sahabat mereka juga.

Tidak salahnya kamu bertanya langsung kepada orang tua apa yang mereka inginkan untuk momen bahagia ini. Merencanakan sendiri tanpa memberi tahu terlebih dahulu—tujuannya ingin memberikan kejutan—bisa jadi kamu akan menemukan kegagalan karena bisa jadi mereka tidak mau atau karena faktor kesehatan (ingat mereka sudah tidak muda lagi) mereka justru tidak mampu mengikuti rencanamu.

Jika kamu ingin membuat sebuah pesta dan mengundang banyak orang lain untuk ikut memeriahkannya, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar mereka bahagia dengan pesatmu:

1. Pastikan waktunya tepat. Merayakan pesta tepat pada tanggal pernikahan mereka memang sangat bagus, namun jika tidak memungkinkan kamu bisa menggantinya pada hari weekend selanjutnya. Tujuannya mengadakan pada waktu weekend adalah agar kemungkinan banyak orang yang bisa hadir.

2. Buat daftar orang-orang yang akan kamu undang. Mulailah dari anggota keluarga terdekat, lalu kerabat dan teman. Jangan lupa tanyakan pada orang tua siapa saja yang ingin mereka undang

3. Dekorasi dan tema pesta harus kamu sesuaikan dengan selera orangtuamu, bukan seleramu ya. Termasuk musik yang nanti akan mengiringi pesta, pilihlah musik yang mereka senangi, jika bisa musik yang bersejarah bagi mereka (musik pengiring saat mereka menikah atau selama mereka pacaran)

4. Untuk dekorasi, buatlah foto-foto mereka sejak masih muda sampai saat ini sebagai bukti sejarah perjalanan mereka berdua

5. Jangan lupa mintalah beberapa tamu untuk menceritakan kenangan dan kesan mereka tentang orang tuamu

6. Menu makanan juga harus benar-benar kamu perhatikan. Pilihlah makanan yang memiliki kesan tersendiri untuk mereka berdua. mengingat usia mereka sudah lanjut, jangan lupa pertimbangkan faktor kesehatan makanannya juga ya.

Makan Malam Bersama Keluar Besar

Selain pesta, kamu bisa membuat perayaan ulang tahun pernikahan emas orang tuamu dengan sangat sederhana namun berkesan, yaitu dengan mengajak mereka makan malam bersama di luar. Pilihlah restoran yang tidak ramai dan berisik, jika bisa pilih restoran dengan gaya klasik. Bagi kamu yang berdomisili di Jakarta, berikut beberapa rekomendasi restoran yang bisa kamu jadikan pilihan:

1. Selera Meneer, restoran bergaya klasik ini beralamat di Jl. KH Ahmad Dahlan No. 30, Gandaria Jakarta. Menyajikan masakan jawa yang bisa dibilang klasik seperti galantin, bistik ayam dan nasi goreng kampung. Harganya sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 100.000 untuk porsi dua orang.

2. Kedai Tjikini, restoran ini sangat cocok jika kamu ingin merayakan ulang tahun pernikahan orang tuamu dengan konsep yang simpel dan anggota keluarga yang tidak terlalu banyak. Restoran yang berada di Jl. Cikini no.17, Cikini, Jakarta. Konsep dekorasi sangat khas tempo dulu sehingga membuat suasana makan terasa seperti masa-masa kolonial. Menunya mulai harga Rp. 150.000 untuk dua orang

3. Restoran Rara Jonggrang juga bisa kamu jadikan pilihan, dengan harga Rp 50.000 sampai Rp. 100.000 per porsi, kamu bisa dan keluarga bisa mencicipi menu Bebek Suwar-suwir, Nasi Pesanggrahan Gartiwati, Nasi Bali, Soto ayam, bebek betutu, dan menu lainnya. Restoran ini beralamat di Jl. Teuku Cik Ditiro No. 4, Menteng, Jakarta Pusat.

Family Trip

Selain pesta dan makan malam, hal lainnya yang dapat kamu lakukan untuk memberikan kesan pada orang tuamu dalam rangka memperingati ulang tahun pernikahan emas adalah mengajak mereka dan keluarga inti berlibur bersama. Family trip ini akan membangun suasana keakraban dan ajang kalian berkumpul setelah selama ini sibuk dengan kegiatan masing-masing.

Namun demikian, mencari tempat liburan yang cocok dengan orang tua yang sudah tidak sekuat anak muda pasti tidak terlalu mudah. Orang tua memiliki kebutuhan khusus, maka liburan harus menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan mereka. Perencanaan jadwal dan destinasi wisata harus benar-benar kamu pertimbangkan. Pilihlah tempat wisata yang tidak terlalu jauh, tidak berbahaya, tidak mengagetkan dan hindari tempat yang ramai dikunjungi anak muda yang nantinya bisa menimbulkan kebisingan. Berikut beberapa tips liburan dengan orang tua:

1. Pilihlah destinasi wisata yang cenderung aman dan nyaman, contohnya: museum atau monumen, tempat bersejarah, tempat ibadah dan sebagainya. Jika berlibur keluar negeri, sesuaikan dengan musim di negeri tujuan.

2. Pertimbangkan juga penginapan yang aman dan nyaman, jika bisa yang bernuansa alam. Lupakan penginapan ala backpacker ya.

3. Pilihlah transportasi yang nyaman: pesawat, kereta atau mobil pribadi? Sebagian orang tua tidak kuat duduk dalam waktu yang cukup lama, jadi kamu harus menyesuaikannya ya.

4. Lebih baik memilih rumah makan biasa daripada rumah restoran cepat saji. Karena rumah makan biasa menyajikan makanan yang lebih fresh dan akrab di lidah. Jangan lupa kurangi makanan yang mengandung banyak kolesterol agar tidak mengganggu perjalanan.

5. Barang yang tidak boleh dilupakan saat membawa orang tua jalan-jalan adalah obat-obatan dan penunjang kesehatan lainnya. Jika memungkinkan, bawalah kursi roda dan tongkat untuk jaga-jaga.

6. Biarkan mereka menikmati liburannya. Ingat, liburan kali ini adalah untuk merayakan ulang tahun mereka, jadi kamu harus mengalah dan tidak memaksakan keinginanmu. Ikuti kemauan mereka dan selalu temani mereka, jangan sampai kamu sibuk sendiri.

Begitulah beberapa tips berlibur dengan orang tua yang bisa kamu terapkan saat kamu mengajak orang tuamu berlibur untuk memperingati hari pernikahan mereka.

Adapun beberapa tempat berlibur di Indonesia yang cocok untuk liburan bersama orang tua adalah:

  • Tomohon, Sulawesi Utara
  • Bukittinggi, Sumatera Utara
  • Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Ciwidey, Jawa Barat
  • Batu, Jawa Timur

Ucapan Terindah Dari Seluruh Anggota Keluarga

Selain hadiah dan perayaan yang telah kamu lakukan, jangan lupa ucapkan juga kata-kata dan doa yang indah darimu untuk keberkahan pernikahan mereka. Ini dia beberapa ucapan yang bisa kamu berikan dalam rangka memperingati ulang tahun pernikahan orangtuamu:

  • " Selamat Ulang Tahun Pernikahan Untuk Mama dan Papa. Semoga Cinta Kalian Selalu Abadi Sepanjang Jaman."
  • " Selamat Merayakan Ulang Tahun Pernikahan Untuk Kedua Orang Tuaku, Semoga Kalian Semakin Diberkati dan Menjadi Panutan Untuk Anak Cucumu."
  • " Selamat Merayakan Pesat Emas Untuk Ayah dan Ibuku. Semoga Cinta Kalian Semakin Bertumbuh dan Menjadi Contoh Untuk Kami."
From our editorial team

Trik Pilih Hadiah Ulang Tahun Pernikahan ke - 50

Ulang tahun pernikahan ke-50 orang tua merupakan momen terindah yang layak untuk dirayakan. Sehingga kalian harus mempersiapkan momen tersebut dengan baik. Demi kelancaran momen tersebut, ada kamu mengikuti beberapa tutorial berikut ini untuk memilih hadiah ulang tahun pernikahan ke-50 yang paling cocok untuk dipilih.