6 Inspirasi Kado Anniversary untuk Pacar yang Bisa Kamu Buat Sendiri dan Bikin Pacar Makin Berkesan (2017)

6 Inspirasi Kado Anniversary untuk Pacar yang Bisa Kamu Buat Sendiri dan Bikin Pacar Makin Berkesan (2017)

Hai para pembaca BP-Guide, di tengah pengaruh hari Valentine ini hidup terasa lebih indah dengan cinta sang kekasih hati, ya? Buat kamu yang ingin merayakan anniversary pacaran, BP-Guide punya solusi yang istimewa. Coba saja membuat kado anniversary sendiri! Kado anniversary hasil jerih-payahmu sendiri aka DIY pasti terasa lebih personal sekaligus spesial.

Hadiah Anniversary DIY Tidak Semuanya Susah, Lho!

Anniversary merupakan peringatan akan sebuah peristiwa yang dirayakan setiap tahun. Jadi, sebenarnya salah kaprah jika ada yang memperingati sesuatu yang sifatnya bulanan dengan kata anniversary. Bagi kamu yang memiliki pacar, tentu kamu ingin memperingati hari jadian dengan pacar kamu setiap tahunnya bukan? Nah, karena hanya dirayakan setahun sekali, tentu perayaan anniversary jadian kamu tersebut harus dirayakan dengan meriah dan menyenangkan.

Selain itu, memperingati anniversary tanggal jadian kalian juga bermanfaat untuk mengingat kembali hal-hal apa saja yang sudah berhasil kalian lalui. Terutama selama setahun terakhir ini agar dapat saling introspeksi. Dengan begitu, hubungan kalian akan semakin mesra dan awet untuk ke depannya. Agar anniversary kalian nggak hambar, sebaiknya kamu memberikan pemanis berupa hadiah atau bisa juga mengajak pasangan untuk saling bertukar kado agar lebih meriah.


Tips Kado Anniversary untuk Pacar Buatan Sendiri Supaya Tepat Sasaran

Sumber gambar www.inspiredwomen.co.za

Untuk masalah kado anniversary, sebaiknya kalian jangan membeli barang jadi yang sudah ada di toko tetapi cobalah untuk membuat kado buatan sendiri.Kenapa harus buatan sendiri? Karena dengan membuatnya sendiri, kamu memerlukan usaha ekstra dan kemauan lebih dibandingkan dengan membeli barang jadi di toko.

Usaha ekstra seperti inilah yang kalian perlukan dalam sebuah hubungan.Karena jika mengeluarkan usaha ekstra untuk membuat kado saja sulit, bagaimana kamu mau mengeluarkan usaha ekstra untuk menjaga cinta kalian? Nah, untuk kalian yang ingin memanfaatkan waktu luang dan kreativitas untuk membuat kado anniversary, kami sudah siapkan tips & trik yang bisa membantu. Selamat mencoba!

Beberapa tips mempersiapkan kado anniversary buatan sendiri:


  • Perencanaan. Rencana yang matang amat diperlukan dalam membuat sebuah kado. Perencanaan yang tidak tepat bisa membuat kado yang sudah susah-payah disiapkan malah terlihat tidak layak atau tidak cocok dengan selera dan kebutuhan si penerima.
  • Perhatikan situasi. Dengan memperhatikan gerak-gerik, kebiasaan, ataupun kelakuan pacar kita, kita dapat mengetahui dengan pasti apa yang sedang menjadi keinginannya. Jangan asal beli kado ya, apalagi asal beli yang murah. Kita jadi terkesan tidak menghargai pasangan, lho!
  • Libatkan Teman Dekatnya. Jika kamu sulit bertemu dengan pacar kamu atau terlalu sibuk untuk mencari tahu keinginannya, kamu dapat mencari tahu lewat teman dekatnya. Siapa tahu teman dekat pacar tercinta juga bisa memberi masukan soal barang apa yang dibutuhkan pacar tapi luput dari perhatianmu. Seru, 'kan?
  • Susun Budget. Terakhir, jangan lupa untuk menyusun anggaran yang baik agar hadiahmu sesuai dengan isi kantongmu. Jangan pernah berhutang untuk membeli hadiah, apalagi untuk hadiah anniversary. Selain akan menyulitkan dirimu sendiri, berhutang juga sangat memalukan kalau pasanganmu tahu.

Inspirasi Kado Anniversary Handmade untuk Pacar yang Simple tapi Berkesan

Name Tag Cookies

Salah satu hadiah buatan sendiri yang mudah dibuat adalah kue kering. Tapi kalau kue kering biasa rasanya kurang unik, ya? Bagaimana dengan kue kering berlapis icing cantik dan berbentuk name tag? Istimewa, bukan? Untuk bahan-bahannya semua bisa kamu dapatkan di Lafelicitakitchen.com dengan total harga kurang dari Rp.100.000,00 jadi jelas sangat terjangkau. Tunggu apa lagi, segera coba resep rekomendasi di bawah ini dan hidangkan kue kering lezat buatan kamu sendiri.

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah:


  • 300 gram tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 4 sdm mentega
  • 1 sdt vanila bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 butir telur
  • Pewarna makanan sesuai selera secukupnya
  • Icing atau gula berwarna-warni
  • Edible marker/pen (untuk menulis pesan)

Cara membuat:


  • Pertama-tama campur semua bahan dalam wadah lalu aduk hingga merata menggunakan mixer.
  • Kemudian ratakan menggunakan rolling pin hingga tipis lalu potong dengan bentuk name tag.
  • Berikan hiasan atau tulisi menggunakan icing atau gula-gula yang sudah diwarnai.
  • Lalu panggang dalam oven selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang.

Perlu tutorial untuk memperlancar proses pembuatannya? Simak saja video berikut. Semoga bermanfaat!

DIY Secret Message Egg

Sumber gambar minimalisti.com

Ide unik kedua adalah membuat telur yang berisi surat-surat cintamu. Caranya mudah kok, kamu cukup menyediakan sebutir telur, sebuah jarum, kertas kecil sebanyak pesan yang ingin kamu tulis, dan perekat.

Pertama-tama lubangi telur dengan jarum lalu keluarkan isinya dan cuci hingga bersih lalu keringkan. Kemudian, tulis bermacam-macam alasan kenapa menyukai pacar kamu pada kertas kecil, lalu gulung kertas kecil tersebut dan masukkan melalui lubang pada telur.

Jika lubang pada telur kurang besar, kamu dapat memperbesarnya dengan tusuk gigi. Hati-hati jangan sampai membuat kulit telur pecah atau retak. Setelah kamu memasukkan semua pesan, tempelkan perekat pada lubang tersebut agar tertutup rapat.

Kamu merasa tampilan alami secret message egg terlalu polos? Silakan berkreasi menghias telur yang sudah diisi tersebut dengan mengecatnya atau menempelkan manik-manik dan taburan glitter. Mudah bukan? Yang terpenting, bahan-bahan yang kamu butuhkan tergolong murah, semuanya tidak lebih dari Rp.30.000,00 saja.

Frame Kolase Foto

Sumber gambar www.tenjuneblog.com

Foto merupakan jendela untuk mengingat saat penuh kenangan saat foto tersebut diambil. Oleh karena itu, memberi hadiah anniversary berupa kolase foto selama kalian berpacaran dapat membantu menyegarkan memori si dia mengenai hal-hal yang sudah kalian lalui selama ini.

Agar foto-foto pemberianmu tidak cepat rusak atau hilang, kamu dapat membuatnya menjadi kolase sekaligus bingkai yang unik. Dengan cara seperti ini, kamu bisa menghadiahkan sesuatu yang berkesan sekaligus penuh manfaat. Mengasyikkan, bukan?

Caranya kamu cukup membuat sebuah kolase diatas sebuah papan kayu, atur posisi foto-foto tersebut supaya menarik lalu lapisi dengan lem mod agar foto kamu tahan lama dan tidak mudah luntur. Supaya kolase kamu terlihat lebih menarik, kamu bisa menggantungkannya dengan kawat dan penjepit pada bingkai foto berukuran besar. Kamu ingin sentuhan yang lebih unik dan kreatif? Ganti saja bingkai foto biasa dengan daun jendela yang berukuran sama dengan bingkai foto tersebut.

Harga daun jendela bekas amat bervariasi tergantung kondisi dan bahan, kamu dapat mencarinya di olx.co.id. Untuk papan kayu kamu dapat menggunakan kayu triplek/plywood yang sudah dicat, harganya sekitar Rp.50.000 hingga Rp.150.000.

Kalau kamu mau alternatif yang keren, kamu juga bisa simak video berikut.

Leather Pouch Serbaguna DIY

Sumber gambar notonthehighstreet.com

Pouch memiliki fungsi untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil dan sedang agar tidak berantakan atau hilang saat bepergian. Umumnya orang menyimpan peralatan make up, dokumen atau kertas-kertas berukuran kecil, dan ponsel. Buat mereka yang tidak suka membawa tas besar dan berat penuh perlengkapan sehari-hari kemana-mana, pouch bisa jadi alternatif yang masih punya kapasitas cukup besar. Multifungsi, bukan?

Dengan fleksibilitas kegunaannya, sebuah pouch bisa menjadi hadiah yang cocok untuk pacar kamu saat anniversary nanti. Untuk sentuhan akhir, kamu dapat menambahkan retsleting pada bagian atas agar pouch dapat mudah dibuka-tutup sekaligus tali untuk pegangan agar pouch semakin praktis ditenteng kemanapun si dia pergi.

Untuk harga kulit lembaran bisa kamu cari tahu di laman Jualkulitelco.com dengan harga mulai dari Rp 31.250 per helai kulit domba yang sudah diproses dan diwarnai. Sedangkan untuk peralatan menjahit dan kancing, umumnya harganya tidak sampai Rp 30.000

Bahan untuk membuat leather pouch serbaguna:


  • 2 lembar kulit yang sudah diproses berukuran 28 x 28 cm
  • Peralatan menjahit seperti gunting, jarum, dan benang
  • Kancing
  • Spidol permanen

Jangan lupa untuk menyesuaikan warna benang dengan warna bahan yang kamu gunakan. Seandainya kamu ingin menghasilkan efek warna kontras pun pilihlah warna kontras yang serasi dipandang.

Cara membuat:


  • Tumpuk 2 lembar kain kanvas sesuai gambar
  • Jahit kedua lembar kain menjadi satu dengan jarak ½ cm dari garis kain luar mengelilingi kain. Sisakan lubang berukuran 5 cm untuk proses membalik.
  • Setelah kedua kain menempel, potonglah 4 ujung kain.
  • Gunakan lubang tadi untuk membalikkan hasil jahitan kemudian rapikan dan jahit lubangnya agar menutup.
  • Setelah itu lipat keempat sisi kain membentuk amplop dan jahit sisinya yang menumpuk.
  • Terakhir kamu dapat memasang kancing jepret pada bagian atas dan bawah.

Kalau si dia penggemar GoT (Game of Thrones) atau LoTR (Lord of the Rings), kamu bisa coba tutorial pembuatan medieval pouch berikut. Dijamin, bakal super senang dan makin sering mengumpulkan uang receh.

DIY Mint Lime Foot Soak

Sumber gambar tidymom.net

Jika pacar kamu suka merawat kakinya agar menjadi lebih ringan, halus, dan lembut, sebaiknya kamu menyiapkan hadiah yang satu ini yaitu sebuah Foot Soak. Untuk aroma, sebaiknya gunakan Mint Lime karena bersifat astringent alias menyegarkan, bisa mencegah bau kaki sekaligus melembutkan kulit pecah-pecah.

Dengan Mint Lime Foot Soak, kamu dapat merelaksasi kaki pasangan kamu sekaligus membantu merawat kakinya yang selama ini selalu bekerja keras sepanjang hari. Hadiah yang simpel tapi penuh makna, bukan? Cara membuatnya cukup mudah, campurkan minyak kelapa, minyak esensial lime dan peppermint, serta gula dan pewarna makanan berwarna hijau agar warnanya menjadi lebih menarik.

Untuk bahan-bahan, kamu dapat membeli essential lime oil dengan harga Rp.99.000 dan mint oil dengan harga Rp.38.500 di Sociolla.com. Sementara garam mandi atau bath salt sebagai bahan dasarnya bisa kamu beli per kilo di Tokopedia.com seharga mulai dari Rp 39.00. Semua serba terjangkau, bukan?

Kalau perlu gambaran visual, kamu bisa menyimak video berdurasi 1 menit berikut. Meskipun bahan-bahannya sedikit berbeda, tapi konsep masih sama.

Wall Art Siluet

Sumber gambar jowsy.wordpress.com

Hadiah yang satu ini cukup unik dan dijamin akan membuat pacarmu terkesan. Sebuah Silhouette wall art yang dibuat menggunakan foto kamu dan pacarmu ini tentu merupakan hadiah yang menarik.

Pertama-tama tentunya kamu harus menyiapkan dan mencetak siluet foto yang kamu inginkan. Setelah dicetak, lalu gunting dan jiplak sesuai pola pada kertas karton berwarna hitam. Siapkan bingkai dan sebuah karton putih. Gunting atau potong karton putih hingga ukurannya dapat dimasukkan ke dalam bingkai. Lalu letakkan karton hitam siluet tadi di tengah karton putih sambil mengatur posisinya. Jika posisinya sudah oke, silakan tandai dengan pensil.

Rekatkan menggunakan double tape pada bagian belakang karton siluet, lalu tempel pada karton putih sesuai tanda yang sudah kamu berikan. Masukkan ke dalam bingkai lalu voila! Sebuah Silhouette Wall Art yang menarik siap dihadiahkan untuk pacar kamu.

Untuk harga, bingkai kayu putih bisa kamu dapatkan di pasar Tebet dengan harga Rp 25.000, sementara karton putih dijual di TGA dengan harga Rp 6.000. Untuk karton hitam bisa kamu dapatkan di Made with Love, harganya sekitar Rp12.500, dan jangan lupa untuk membeli lem. Harga lem merk Amos di Gramedia Rp.8.900. Total biaya yang kamu butuhkan adalah kurang-lebih Rp 52.400 untuk membuat sebuah wall art siluet.

Alternatif Lain

Kalau kamu ternyata udah bener-bener kehabisan waktu untuk membuat sendiri kado kamu, tak apa kok untuk membelikan kado yang bukan buatan tangan. Meski begitu, pastikan kado tetap unik dan berkesan buat dirinya. Nah, beberapa rekomendasi lainnya bisa kamu baca di tautan berikut :

Romantisme Sebagai Pengiring Kado Buatanmu Sendiri

Sumber gambar quotesgram.com

Pada umumnya, seseorang akan lebih menghargai dan menyukai hadiah yang tidak hanya sekedar romantis atau lucu, tapi juga menunjukkan bahwa kamu benar-benar mengenal kepribadiannya dan berusaha membuatnya dengan sepenuh hati. Tak perlu cemas dengan harga, percayalah kalau kekasih hatimu bisa memahami dan menghargai usahamu untuk membuatnya tersenyum bahagia.

Oleh karena itu, dalam memberikan kado dan memperingati hari anniversary kalian, persiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin agar setiap tetes keringat jerih-payahmu menjadi bukti cinta buat si dia. Siapkan pendukung berupa beberapa kata-kata romantis yang diucapkan penuh ketulusan untuk hari yang spesial itu. Enjoy the anniversary dan jangan lupa selalu bersyukur!

From our editorial team

Perfect Gifts in A Perfect Anniversary

Bagaimana, readers? semoga beberapa rekomendasi pilihan kami bisa membantu kalian semua menyiapkan hari annivesary yang tak terlupakan. Yang penting, ingatlah untuk selalu menjaga cinta dan memupuk rasa saling menghormati di antara kalian berdua. Tataplah masa depan penuh optimisme dan yakin deh, kalian berdua bakal melalui hari demi hari yang dipenuhi ketulusan cinta dan tawa bahagia!