Yuk, Bikin Orang Tua Makin Bahagia dengan 10 Rekomendasi Kado Pernikahan ke-50 yang Berkesan (2020)

Yuk, Bikin Orang Tua Makin Bahagia dengan 10 Rekomendasi Kado Pernikahan ke-50 yang Berkesan (2020)

Happy 50th wedding anniversary! Ya, merayakan ulang tahun pernikahan memang sudah menjadi kebiasaan di antara pasangan suami istri masa kini. Tak hanya pasangan, sebagai seorang anak kamu juga bisa turut merayakan ulang tahun pernikahan orang tuamu dengan memberikan kado spesial bagi mereka. Bingung memilih kado yang berkesan untuk peringatan pernikahan ke-50 tahun? Yuk, simak rekomendasinya berikut!

Merayakan Ulang Tahun Pernikahan Adalah Momen Spesial bagi Setiap Pasangan yang Menikah

Tak hanya ulang tahun kelahiran, ulang tahun pernikahan juga menjadi momen istimewa yang kerap diperingati. Sebagai seorang anak, ulang tahun pernikahan orang tua bisa menjadi waktu yang tepat untuk memberikan hadiah sebagai tanda kasih sayang dan juga terima kasih kepada ibu dan ayah. Apalagi ketika pernikahan orang tua telah memasuki usia emas 50 tahun, tentu ini menjadi pencapaian yang hebat dalam perjalanan hidup. Maka, sebagai anak patut memberikan apresiasi dengan turut merayakannya.

Kenapa Ulang Tahun Pernikahan Harus Dirayakan?

Asal Muasal

Bukan hal yang wajib, namun banyak orang yang tak ingin melewatkan ulang tahun pernikahan begitu saja. Sebenarnya perayaan ulang tahun pernikahan merupakan budaya Slavia yang berasal dari Jerman pada abad pertengahan. Ada 3 hari penting yang diperingati sebagai tanda kehidupan bersama. Pada peringatan ulang tahun pernikahan ke-25, suami akan memberikan karangan bunga perak pada istrinya. Kemudian, pada peringatan ulang tahun pernikahan ke-50, suami akan memberikan karangan bunga emas.

Tak Sekadar Perayaan

Peringatan ulang tahun pernikahan bukan sekadar perayaan untuk kesenangan belaka. Perayaan ini juga menjadi ungkapan syukur kepada Tuhan atas waktu yang telah dijalani bersama sebagai pasangan suami istri. Momen ini juga sebagai apresiasi, mengingat perjalanan yang telah ditempuh untuk menjaga hubungan agar tetap harmonis. Bahkan, ulang tahun pernikahan juga menjadi saat yang tepat untuk mengenang keromantisan di masa lalu.

Momen Tepat Menilai Hubungan

Selain mengenang perjalanan yang telah dilalui selama hidup bersama, ulang tahun pernikahan juga bisa dijadikan momen yang tepat untuk menilai hubungan. Menghabiskan waktu berdua, kemudian saling menyatakan hal-hal yang disukai dan tidak disukai satu sama lain dapat menjadi upaya untuk membangun hubungan pernikahan agar menjadi lebih harmonis. Momen ini juga menjadi waktu yang tepat untuk merefleksikan diri agar kesalahan yang sama tidak akan terulang kembali.

Fase Kritis Dalam Pernikahan, Langgeng atau Tidak?

Tahap Realisasi

Dalam pernikahan, ada beberapa fase atau tahap yang akan dialami sebagai pasangan. Tahapan yang pertama dialami pada tahun pertama pernikahan, yaitu tahap realisasi. Setelah 6-12 hidup bersama, pesona pasangan ketika pertama kali jatuh cinta akan menghilang. Pasangan akan mulai menyadari kekurangan hingga kebiasaan yang tidak disukai satu sama lain.

Tahapan ini dinilai sebagai masa kritis, karena banyak pernikahan yang berakhir akibat gagal menerima pasangan apa adanya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penyesuaian dan adaptasi agar dapat melewatinya dan bekerja sebagai tim untuk mempersiapkan masalah-masalah keluarga ke depannya.

Tahap Zona Nyaman Berbahaya

Fase berikutnya terjadi pada usia 3-4 tahun pernikahan, yaitu fase zona nyaman berbahaya. Dalam usia pernikahan tersebut, pasangan menganggap satu sama lain sebagai hal yang biasa dalam kehidupannya. Meski tidak terjadi pertengkaran, pasangan yang acuh tak acuh menimbulkan kebosanan.

Pada fase ini, kata-kata mendebarkan seperti saling memuji dan menyatakan cinta akan semakin jarang bahkan berhenti diungkapkan. Untuk mengatasi zona nyaman berbahaya ini, pasangan perlu menjaga tingkat emosi dan belajar untuk menguji satu sama lain. Membicarakan segala hal dengan kepala dingin tanpa tuduhan juga diperlukan untuk menghindari pertengkaran.

Tahap Seven Year Itch

Pada usia 5-7 tahun pernikahan, pasangan memasuki periode penting yang disebut seven year itch atau "gatal tujuh tahun". Pada fase ini hubungan pasangan sudah menetap, biasanya baik suami dan istri sudah sama-sama matang dalam hal finansial. Sayangnya kesibukan satu sama lain dalam memenuhi kebutuhan membuat minat dan daya tarik seksual terhadap satu sama lain justru mengalami penurunan.

Hal ini tentu menjadi masa yang rentan dalam pernikahan. Untuk mengatasinya, menjaga komunikasi satu sama lain adalah kuncinya. Menanyakan hal-hal sederhana tentang aktivitas hari ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga komunikasi. Pastikan untuk tetap memelihara keterbukaan dan kejujuran sebagai pasangan.

Tahap Usia Sulit Dalam Pernikahan

Fase kritis dalam pernikahan terjadi pada usia pernikahan 10-15 tahun. Pada fase ini perempuan memiliki banyak sekali tanggung jawab dan tenggelam dalam peran sebagai seorang ibu. Suami juga tenggelam dengan rutinitas meski perekonomiannya mulai mapan. Hal ini membuat kualitas hubungan semakin menurun, hingga rentan dengan kehadiran orang ketiga. Pada masa ini pasangan perlu untuk memberikan perhatian satu sama lain untuk mempertahankan pernikahan.

Tahap Krisis Paruh Baya

Masa kritis dalam pernikahan akan kembali terjadi pada tahun ke 20-30. Fase ini disebut dengan krisis paruh baya, di mana anak-anak mulai tumbuh dan meninggalkan rumah. Pasangan akan mulai merasa kosong karena misi utama dalam membesarkan anak telah usai. Pada fase ini seharusnya pasangan saling menemukan makna satu sama lain dengan sering menghabiskan waktu bersama. Kembali hidup berdua dapat dijadikan momen yang berharga untuk menghidupkan kembali suasana pada awal masa pernikahan.

Rekomendasi Hadiah Pernikahan ke-50 untuk Orang Tua Tercinta

Fossil BQ 2186 Couple Set Watch Navy Leather Strap

Ulang tahun pernikahan ke-50 tentu menjadi momen emas yang perlu dikenang. Agar lebih berkesan, anak bisa memberikan kado ulang tahun pernikahan bagi orang tua untuk merayakannya. Salah satu benda yang bisa dipilih sebagai hadiah adalah jam tangan pasangan.

Fossil BQ 2186 Couple Set Watch Navy Leather Strap adalah hadiah yang cocok diberikan kepada orang tua. Jam tangan pasangan ini terbuat dari bahan stainless steel dengan strap kulit yang didesain kasual. Hadir dengan warna navy yang menarik, setiap pembelian jam tangan ini juga dibekali dengan boks eksklusif yang membuatnya praktis sebagai kado.

Harga Rp. 2.560.000-5.988.000

Tiaria The Peaceful Heart Cincin Couple

Meski sudah memiliki cincin pernikahan, kado peringatan pernikahan berupa cincin pasangan juga tetap berkesan. Bagi yang tertarik memberikan cincin pasangan untuk ulang tahun pernikahan orang tua ke-50, Tiaria The Peaceful Heart Cincin Couple bisa menjadi pilihan.

Cincin pasangan ini terbuat dari bahan 9K white gold yang diproses dengan teknologi 3D. Desainnya yang chic semakin menawan dengan tampilan yang rapi, detail, dan akurat. Perhiasan seberat 2,4 gram ini telah dibekali dengan sertifikat dari IGS, sehingga terjamin keasliannya.

Harga Rp. 4.140.000-5.714.000

Radio Bamboo Portable Speaker Vintage

Radio Bamboo Portable Speaker Vintage adalah produk berikutnya yang cocok dijadikan kado ulang tahun pernikahan ke-50. Produk vintage ini akan membuat orang tua teringat dengan momen-momen indah di masa lalu. Radio dengan kotak bambu alami ini dirancang dengan teknologi unik dan desain sederhana.

Produk ini menggunakan speaker 3W berkualitas yang dibuat dengan sirkuit terbaru untuk performa suara terbaik. Radio dengan ukiran laser ini memiliki kapasitas baterai 1800mAh yang mampu beroperasi hingga 12 jam. Tak hanya untuk mendengarkan radio, produk ini juga bisa dijadikan speaker dengan sambungan Bluetooth dan slot kartu memori.

Harga Rp. 450.983-900.320

Vintage Handmake Japanese Wooden Rice Bowls Soup Bowls Serving Tray Set

Tak melulu perhiasan, kado ulang tahun pernikahan juga bisa berupa barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari. Sebut saja set perlengkapan makan yang membuat momen santap makanan semakin berkesan. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Vintage Handmake Japanese Wooden Rice Bowls Soup Bowls Serving Tray Set.

Set mangkuk bergaya vintage ini terbuat dari kayu keras akasia yang tahan lama. Dalam satu set produk ini, terdiri atas masing-masing satu wooden kids bowl S, wooden kids bowl M, wooden kids bowl L, dan wooden tray.

Harga Rp. 127.315-246.556

Paket Kado Pernikahan Sajadah Couple Turki

Rekomendasi kado ulang tahun pernikahan ke-50 untuk orang tua berikutnya adalah Paket Kado Pernikahan Sajadah Couple Turki. Sajadah pasangan ini bisa menjadi kado yang berkesan agar orang tua dapat beribadah dengan nyaman. Produk ini terbuat dari bahan chenille yang ditenun dengan benang emas atau silver.

Sepasang sajadah turki ini hadir dalam ukuran 70 x 110 cm yang tebal dan di-packing dengan boks jinjing. Setiap pembelian produk ini akan mendapatkan dua buah tasbih kayu dan juga kartu ucapan menarik.

Harga Rp. 126.000-142.600

Antam Gift Series Logam Mulia [1 g/ Happy Wedding Gold]

Emas adalah barang yang kerap dipilih sebagai hadiah ulang tahun pernikahan bagi orang tua. Memiliki nilai tinggi, emas bisa dijadikan tabungan hari tua yang bisa dipakai untuk kebutuhan darurat. Tertarik memberikan emas pada orang tua untuk kado ulang tahun pernikahan ke-50? Antam Gift Series Logam Mulia 1 g/ Happy Wedding Gold bisa menjadi pilihan.

Emas ini memiliki berat 1 gram dengan kemurnian 99,99%. Ukurannya pun ideal dengan dimensi 9,4 x 15,6 dan ketebalan 0,35 mm. Hadir dengan desain yang elegan, logam mulia ini dibekali dengan sertifikat dan kartu ucapan yang berkesan.

Harga Rp. 1.210.000-1.664.000

eLiv Hampers Groovy C

Rekomendasi kado berikutnya adalah set mangkuk kayu dalam eLiv Hampers Groovy C. Set hampers ini hadir dengan tema Natural Wood yang cocok dijadikan hadiah untuk ulang tahun pernikahan orang tua. Hampers ini terdiri atas 3 jenis produk, yaitu masing-masing satu buah mangkuk kayu berukuran 15 cm, 18 cm, dan 20 cm.

Terbuat dari kayu yang berkualitas membuat mangkuk ini lebih tahan lama. Dibuat oleh pengrajin lokal yang terampil, mangkuk ini telah di-finishing dengan Biopolish Natural Oil, sehingga tidak mengeluarkan zat berbahaya ketika digunakan. Tak hanya aman, set hampers mangkuk ini memberikan momen santap makanan yang menyenangkan.

Harga Rp. 235.000

DOO Red Box - White Kado Unik Lucu

Perhiasan adalah benda yang paling umum diberikan sebagai kado. Meski demikian, perhiasan tetap menjadi hadiah yang berkesan untuk momen ulang tahun pernikahan. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah DOO Red Box - White Kado Unik Lucu.

Kristal berbentuk berlian ini hadir dengan bentuk yang unik dan elegan. Di dalamnya dapat diukir nama dengan maksimal 8 huruf. Produk ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu pink, white, cyan, yellow, dan green.

Harga Rp. 439.000-747.000

Voucher Liburan

Tak melulu barang, pengalaman yang menyenangkan bisa menjadi kado ulang tahun yang berkesan. Untuk menciptakan momen yang istimewa, Voucher Liburan bisa menjadi pilihan kado ulang tahun pernikahan ke-50 bagi orang tua. Pilih voucher liburan yang telah disertai fasilitas kendaraan, driver, penjemputan, dan juga coffe break agar tak perlu repot selama perjalanan. Kunjungi pula obyek-obyek wisata yang memberikan kesan menyenangkan dan menenangkan bagi orang tua.

Harga Rp. 360.210-600.000

Kana Furniture 1180 PN Couple Under Umbrella WD8 Lukisan

Rekomendasi kado ulang tahun pernikahan berikutnya adalah Kana Furniture 1180 PN Couple Under Umbrella WD8 Lukisan. Lukisan dari Kana Furniture ini menggunakan media berbahan kanvas yang dibuat dengan keahlian khusus. Hadir dengan pola landscape, produk ini memiliki ukuran 100 cm x 3 cm x 100 cm. Cocok dijadikan dekorasi ruangan, lukisan ini tersedia dalam warna abu-abu yang didesain modern klasik dan kontemporer.

Harga Rp. 998.800
From our editorial team

Tak Perlu Kado Mahal, Cukup Berikan Kado Sederhana yang Menunjang Kenyamanan Orang Tua

Siapa bilang kado berkesan harus selalu mahal? Daripada memberikan kado mahal yang tak bermakna untuk ulang tahun pernikahan orang tua ke-50 tahun, sebaiknya kamu memberikan kado sederhana yang sesuai dengan bujet. Nyatanya banyak orang tua yang merasa keberatan dalam menerima kado yang terlalu mahal. Kado berupa barang-barang sederhana yang dibutuhkan oleh orang tua dalam kehidupan sehari-hari lebih direkomendasikan. Sebab yang diinginkan oleh banyak orang di masa tua hanyalah kenyamanan.