Daftar 10 Pilihan Handphone untuk Orang Tua yang Mudah Digunakan

Daftar 10 Pilihan Handphone untuk Orang Tua yang Mudah Digunakan

Meskipun sudah berusia senja, orang tua tetap membutuhkan alat komunikasi. Terutama jika anak-anaknya berada di luar kota. Dengan adanya handphone, maka orang tua akan merasa terus terhubung dengan anak-anaknya. Namun, tentunya menggunakan handphone tidak selalu mudah bagi orang tua. Guna mengatasinya, pilihlah handphone yang memang mudah digunakan dan tepat bagi orang tua. Seperti apa? Simak saja di artikel BP Guide ini.

Tidak Semua Orang Tua Paham Akan Teknologi Smartphone

Saat zaman semakin canggih, tentu kita dituntut juga untuk mengikuti perkembangan zaman. Kita kembali belajar teknologi yang lebih baru yang bisa lebih mempermudah hidup kita. Sayangnya, kemampuan setiap orang dalam mempelajari teknologi baru tidaklah sama. Ada yang lambat mempelajarinya seperti misalnya para orang tua.

Beberapa tahun belakangan, smartphone mulai mendominasi pasar handphone. Orang tua yang ingin berganti handphone, mau tak mau juga harus memakai smartphone yang teknologinya makin hari sudah makin canggih. Akan tetapi tak semua orang tua mengikuti teknologi smartphone kekinian. Hal ini karena ada banyak sekali aplikasi baru yang disematkan pada smartphone.

Nah jika Anda berencana membelikan smartphone untuk orang tua, maka cek dulu beberapa pertimbangan berikut ini yuk. Setelahnya, BP-Guide akan memberikan deretan rekomendasi handphone untuk orang tua.

Pertimbangan Sebelum Membeli Handphone untuk Orang Tua

Mudah Digunakan

Sumber gambar Huffington Post

Jasa orang tua sangatlah besar pada kita, sehingga sudah sewajarnya jika kita membalas jasa mereka sebaik mungkin. Memang apa yang kita lakukan tak akan mungkin bisa membalas besarnya pengorbanan mereka pada kita. Namun setidaknya kita berusaha menyenangkan hatinya dan juga selalu ada saat mereka membutuhkan.

Saat orang tua berulang tahun atau merayakan anniversary pernikahan, tak ada salahnya Anda menghadiahkan sebuah smartphone. Tentu saja bukan sekadar smartphone yang terlalu canggih. Kemudahan pemakaian menjadi nilai penting kala membeli handphone untuk orang tua.

Keterbatasan daya ingat hingga kemampuan melihat yang sudah berkurang bisa menyulitkan mereka kala memakai handphone yang agak susah digunakan. Maka prioritaskan kemudahan penggunaan handphone kala membeli ya.

Fitur yang Tidak Terlalu Rumit

Sumber gambar Insider Monkey

Orang tua memang sudah mengalami banyak penurunan fungsi indera. Mulai dari kemampuan mendengar, kemampuan melihat, hingga menurunnya daya ingat. Hal tersebut patut Anda pertimbangkan kala hendak membelikan handphone untuk orang tua. Hindari memberikan handphone dengan fitur yang terlalu rumit supaya lebih mudah dipahami.

Seperti kita ketahui bersama, saat ini beragam fitur canggih telah disematkan dalam handphone. Namun untuk handphone yang digunakan orang tua, tak semua fitur canggih tersebut dibutuhkan. Pilihkan fitur yang penggunannya tak rumit untuk orang tua. Ubah menjadi easy mode supaya orang tua juga lebih mudah mengoperasikan handphone mereka.

Sesuai dengan Kebutuhan

Sumber gambar Insider Monkey

Orang tua memiliki kebutuhan berbeda dengan anak muda zaman sekarang. Bagi mereka yang muda, makin canggih handphone, maka makin senang mereka karena lebih bisa berkreasi dan melakukan banyak hal dengan handphone. Namun untuk orang tua, kebutuhan mereka lebih terbatas karena tak lagi banyak membutuhkan aplikasi yang rumit.

Kenali kebutuhan orang tua Anda misalnya hanya untuk berkomunikasi dan untuk hiburan seperti MP3 atau radio. Orang tua biasanya tak akan berlama-lama menatap layar handphone karena mata lebih cepat lelah. Maka pilihkan beberapa fitur yang benar-benar dibutuhkan sehingga handphone-nya jadi tepat guna.

10 Pilihan Handphone untuk Orang Tua

Andromax Prime

Sumber gambar Lazada

Andromax Prime merupakan handphone yang bisa cocok digunakan untuk orang tua. Fitur handphone satu ini bisa dibilang cukup lengkap. Produk ini mudah dioperasikan meski sistem operasinya modern yakni microdroid.

Produk handphone yang satu ini memiliki aplikasi seperti WhatsApp sehingga bisa mempermudah komunikasi. Selanjutnya, handphone dengan ROM 4GB ini juga sudah hadir dengan layar lebar. Tentu saja hal ini bisa menguntungkan orang tua karena bisa mengakses menu dengan mudah.

Handphone satu ini memiliki baterai 2000 mAh sehingga orang tua tak perlu bolak balik butuh mencharge handphonenya. Produk ini bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 289.000.

Nokia 3310 (2017)

Sumber gambar Lazada

Nokia merupakan brand kenamaan yang setia memproduksi handphone dengan fitur yang mudah digunakan. Kini meski brand ini mengeluarkan produk dengan basis Android, mereka tetap juga mengeluarkan produk dengan fitur yang mendukung keperluan orang tua. Lihat saja produk Nokia 3310 yang dimunculkan pada tahun 2017 ini.

Hadir dengan tombol besar dan font tulisan besar membuat handphone ini lebih mudah untuk digunakan para orang tua. Produk ini dikemas modern dengan disematkan kamera 2 MP. Untuk layarnya, ada layar TFT 2,4 inci yang cerah dan nyaman dilihat para orang tua. Produk ini dibekali dengan baterai berkapasitas 1200 mAh. Produk ini tersedia di Lazada dengan harga Rp 280.000.

Jitterbug Touch 2

Sumber gambar Amazon

Jitterburg Touch 2 merupakan salah satu handphone keren untuk orang tua. Produk satu ini memang diciptakan para pengembang aplikasi kesehatan asal San Diego untuk digunakan para orang tua. Produk yang dirilis perusahaan Greatcall ini diharapkan bisa membantu orang tua untuk lebih mudah memakai handphone.

Hadir dengan layar lebar, produk ini memiliki tampilan ikon menu dan font huruf yang lebih besar. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua lebih mudah mengoperasikannya. Produk dilengkapi dengan fitur quick access, sehingga para pengguna akan lebih mudah menuju aplikasi yang mereka inginkan.

Produk ini juga lengkap dengan fitur Urgent Care yang berfungsi sebagai alat pemantau kondisi kesehatan pengguna. Handphone ini dibekali RAM 1GB dan prosesor Qualcomm Snapdragon 200 MSM8610. Bisa dibeli di Amazon dengan harga Rp 2.800.000.

Doro PhoneEasy 612

Sumber gambar Amazon

Produsen smartphone asal dari Swedia yakni Doro menghadirkan smartphone yang mudah digunakan para orang tua. Doro PhoneEasy 612 ini juga bisa Anda lirik untuk handphone hadiah orang tua. Hadir dengan layar cerah, produk ini memiliki tombol spasi yang luas.

Smartphone ini dibekali juga dengan tombol pintas untuk kontak favorit. Selain itu, ada juga speaker ekstra keras serta kamera sederhana yang disematkan pada handphone ini. Khusus dirancang untuk para lansia, sehingga kebutuhan telepon dan SMS diutamakan pada handphone ini.

Fitur lain yang ada pada ponsel ini adalah kalkulator, senter, dan juga kalender. Produk ini bisa dibeli di Amazon dengan harga Rp 750.000.

IMO Padi

Sumber gambar Tokopedia

IMO merilis handphone Padi yang ditujukan supaya penggunanya lebih mudah dalam menggunakannya. Mengedepankan kemudahan bagi mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan dan pendengaran, sehingga membuat handphone ini sangat cocok untuk orang tua. Hadir dengan keypad yang memiliki numerikal lebih besar sehingga mudah untuk dioperasikan.

Produk ini dilengkapi juga dengan fitur Human Voice key, sehingga saat menekan tombol akan keluar suara rekaman manusia. Produk keren ini juga dibekali hearing aid yang berfungsi bisa membuat suara dengan volume yang lebih keras. Selain itu ada juga fitur kaca pembesar yakni Magnify, yang sedianya supaya gambar yang ditangkap akan terlihat lebih besar di layar. Produk ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 390.000.

Asus Zenfone 2 Laser

Sumber gambar Bukalapak

Asus Zenfone 2 Laser juga bisa jadi rekomendasi keren handphone untuk orang tua. Dibuat di Taiwan, produk ini dipersembahkan khusus untuk para pengguna yang kemampuan indera penglihatannya sudah menurun. Hadir dengan layar 6 inci, sehingga cocok untuk digunakan para orang tua.

Produk ini memiliki RAM 2 GB dengan beberapa aplikasi menarik. Salah satunya adalah kamera 5 MP dengan sudut yang lega hingga 85 derajat. Ada juga fitur autofokus yang bisa mengunci fokus dengan cepat. Sensornya berada di dekat lensa kamera 13 MP dan dual flash LED.

Produk ini desainnya nyaman digenggam dengan punggung model lengkung. Ada tekstur garis horizontal yang menambah kesan elegan pada handphone satu ini. Produk bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 1.300.000.

Huawei Ascend Mate 7

Sumber gambar Tokopedia

Huawei Ascend Mate 7 ini juga patut dimiliki para orang tua. Produk ini hadir dengan badan berbahan aluminium yang dibalut warna emas. Ponsel elegan yang bodinya ramping ini akan mudah digenggam para orang tua.

Produk ini hadir dengan layar 6 inci berteknologi IPS, cocok untuk para orang tua karena bisa lebih jelas dilihat. Produk ini dibekali RAM 2 GB dengan ROM berkapasitas 16 GB. Tampilan home screen pada ponsel ini juga bisa disederhanakan sehingga mempermudah orang tua memakainya. Handphone ini juga disemati dengan WiFi, bluetooth hingga GPS.

Produk ini hadir dengan aplikasi pedometer yang mempermudah orang tua untuk menghitung langkah kaki kala mereka berusaha menjaga kesehatan. Produk seharga Rp 6.400.000 ini bisa ditemukan di Tokopedia.

Samsung Galaxy A9

Sumber gambar Lazada

Samsung Galaxy A9 ini hadir dengan banyak fitur menarik. Handphone buatan pabrik Korea Selatan ini cocok juga untuk digunakan para orang tua. Memiliki layar 6 inci dengan teknologi Super AMOLED 16M colors, handphone ini dilengkapi juga dengan protection corning gorilla gass 4.

Produk handphone ini dibekali dengan koneksi internet dengan kecepatan hingga 4G, sehingga mempermudah para orang tua untuk mengakses internet dengan cepat. Produk keren ini juga dibekali dengan kamera 13 MP dan 5 MP sehingga orang tua bisa mengabadikan segala momen dengan mudah. Produk ini dibekali juga dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 7.400.000.

MAXCOM MM461

Sumber gambar Amazon

Maxcom MM461 ini bisa jadi pilihan tepat tatkala Anda ingin membeli produk handphone untuk orang tua. Handphone ini memiliki layar 1,8 inci dengan antarmuka sederhana. Produk juga dibekali tombol ekstra besar dengan ukuran font sangat besar. Beberapa keunggulan tersebut tentu bisa jadi nilai tambah jika handphone digunakan oleh para orang tua.

Produk ini beratnya hanya 91 gram sehingga nyaman dibawa ke mana saja. Produk dibekali dengan baterai berkapasitas 600 mAh dan cocok untuk handphone yang tak memiliki terlalu banyak aplikasi. Handphone ini dibekali fitur quick battery charging dan wireless battery charging. Bisa dibeli di Amazon dengan harga Rp 580.000.

Jitterbug 5

Sumber gambar Amazon

Jitterbug 5 juga dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para orang tua. Handphone satu ini memiliki desain touch screen yang mudah digunakan. Para lansia dijamin tak akan kerepotan dalam mempelajari fitur dalam handphone satu ini.

Desainnya juga menarik karena mengunggulkan kesederhanaan. Ada tombol besar dengan speaker yang kencang untuk memenuhi kebutuhan orang tua. Teks pun hadir dalam ukuran besar sehingga pengguna lebih mudah membaca. Bisa dibeli di Amazon dengan harga Rp 4.100.000.

From our editorial team

Ajari Orang Tua dengan Penuh Kesabaran

Bagi orang tua yang indera dan pemikirannya sudah tidak setajam dulu, tentunya menggunakan gadget atau smartphone bisa jadi hal yang rumit. Sebagai anak atau orang terdekatnya, adalah tugas kita mengajarkannya. Tak perlu mengajarkan fitur yang rumit. Cukup beritahukan bagaimana cara bertelepon, mengirimkan pesan, mengirimkan WhatsApp, atau mengambil foto. Ini merupakan fitur-fitur simpel yang biasa digunakan dan penting bagi orang tua. Ajari juga orang tuamu dengan penuh kesabaran, karena tentunya mereka tidak akan mudah terbiasa menggunakan smartphone.