Agar Lebih Mudah Mendidik Anak, Calon Orang Tua Wajib Membaca 10 Rekomendasi Buku Edukasi Parenting Ini

Agar Lebih Mudah Mendidik Anak, Calon Orang Tua Wajib Membaca 10 Rekomendasi Buku Edukasi Parenting Ini

Menjadi orang tua adalah pembelajaran seumur hidup. Maka bagi kamu yang sudah maupun hendak menikah, penting sekali untuk dapat mempelajari ilmu tentang mendidik anak (parenting). Penasaran seperti apa? Yuk, simak artikel BP-Guide berikut ini!

Mumpung Kamu Masih Muda, Tidak Ada Salahnya Mempelajari Edukasi Parenting

Sumber gambar danielcoyle.com

Siapa bilang belajar parenting hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah menikah? Kamu yang masih single pun sebaiknya mulai mempelajari ilmu parenting. Hitung-hitung persiapan sebelum mengurus rumah tangga betulan. Setidaknya, kamu tahu apa saja kondisi yang bakal kamu hadapi nanti dan memungkinkanmu mempersiapkan solusinya sejak dini. Perencanaan selalu lebih baik, bukan?

Jadi, tak ada salahnya kamu mulai belajar parenting. Daripada stalking akun gosip, gantilah dengan baca artikel-artikel parenting di internet dan ikuti tulisan-tulisan tokoh yang ahli di dunia parenting, baik itu psikolog, guru, atau dokter.

Akan lebih baik lagi kalau kalian sempurnakan dengan membaca buku edukasi parenting. Dengan mengoleksi buku parenting, kamu akan bisa mengakses informasinya kapan pun kamu butuh, termasuk kelak saat berumah tangga. Mau tahu apa saja manfaat membaca buku edukasi parenting sejak kini?

Manfaat Mempelajari Buku Edukasi Parenting Sejak Dini

Kamu Akan Dilatih Menjadi Orang Tua yang Benar dan Tidak Asal-asalan

Sumber gambar musliminc.com

Bisa dibilang menjadi orangtua itu enak-enak susah, menyenangkan tapi tidak mudah. Meski begitu, kamu tetap harus mempersiapkan diri. Apalagi jika sudah memiliki anak, maka pengalaman menjadi orangtua tentunya adalah momen yang ditunggu hampir semua pasangan

Tumbuh kembang anakmu bergantung pada cara kamu mendidiknya dan pendidikan itu tak berhenti sampai ia dewasa sekalipun. Jadi sebaiknya, tanam kebaikan pada anak-anak sejak dini. Untuk itu, penting membekali diri dengan ilmu parenting sehingga dapat melakukan tindakan yang tepat sebagai orangtua.

Nah, cara paling efektif adalah dengan mempelajarinya melalui buku edukasi. Melalui buku ini, kamu akan menemukan trik-trik mengajarkan pada anak pentingnya berbuat terpuji dan buruknya perbuatan tercela, atau cara mengekspresikan kemarahan dengan tepat ketika anak bandel, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu akan dilatih menjadi orang tua yang benar dan tidak asal-asalan.

Kamu Lebih Bisa Menerima Perbedaan Karakter Manusia

Sumber gambar macnamara.ca

Pasti pernah kan, melihat anak yang karakternya beda sekali dengan orangtuanya? Si orangtua kalem dan penyabar,, kok anaknya bandel dan kasar? Nah, dengan belajar parenting sejak dini, kamu akan lebih mudah menerima perbedaan karakter manusia. Kamu akan lebih siap menghadapi kondisi anak yang beragam karakternya.

Membaca buku edukasi parenting juga menuntunmu untuk tahu bagaimana langkah menghadapi anak ketika marah, sedih, atau malas, misalnya. Ilmu parenting menjadi semakin penting karena setiap anak unik dan harus diperlakukan sesuai keunikan yang ia miliki.

Bekal Ilmu dan Wawasan akan Lebih Banyak

Sumber gambar dleagueconnects.org

Tentunya, mempelajari buku edukasi parenting sangat bermanfaat sebagai bekal ilmu dan wawasan dasarmu. Tak cuma kamu, ajak juga pasangan untuk belajar bersama. Ini penting agar kelak kalian bisa bekerja sama. Anak lahir dari dua insan, sehingga urusan anak harus jadi urusan berdua, bukan hanya ibu atau bapak saja.

Dengan banyak membekali diri dengan buku edukasi parenting, kamu dapat memperbaiki diri demi menjadi orangtua yang bijak. Lalu, buku apa saja yang harus kamu baca? Yuk, periksa daftar rekomendasi kami di bawah ini!

10 Rekomendasi Buku Edukasi Parenting

Parenthink

Sumber gambar parenthink.id

Menjadi pebisnis saja ada ilmu yang perlu dipelajari, apalagi menjadi orangtua? Seperti judulnya, buku "Parenthink" yang ditulis Mona Ratuliu ini berisi penerapan pola asuh yang tepat untuk anak. Ide buku ini berangkat dari keresahan dan kebingungan yang dialami orangtua muda ketika membesarkan anak.

Mona pun menulisnya untuk berbagi pengalaman dan wawasannya selama mengasuh tiga orang anak. Buku terbitan Noura Books ini berisi 216 halaman dan bisa kamu dapatkan di Buku Kita seharga Rp 58.650 atau di Parenthink seharga Rp 49.300.

Happy Little Soul

Sumber gambar www.blibli.com

Kalau kamu pengguna media sosial, pasti tahu dong sosok Ibuk Kirana alias Retno Hening? Ya, Ibuk dikenal dengan konsep parenting yang sering ia bagikan di Instagram baik berupa teks atau video. Melalui akunnya itu, Ibuk berbagi tips mendidik si buah hati, antara lain untuk berkata “sorry,” “please,” atau “thank you.”
Kapan saja dan di mana saja, saat bermain pun, Ibuk berusaha mengajari Kirana bagaimana cara berkata dan bersikap yang baik. Dari Ibuk, kita juga diajarkan untuk memaafkan kesalahan anak.

Kisah Ibuk dan Kirana bakal bermanfaat bagi kamu, calon orang tua ataupun bukan, agar lebih menghargai hal-hal kecil dan sederhana. Apalagi, Retno Hening memiliki background sebagai pengajar PAUD, sehingga ia memahami konsep tumbuh kembang anak.

Kini, Retno Hening merekam kisah-kisah petualangannya bersama Kirana dalam buku edukasi berjudul "Happy Little Soul". Buku terbitan Gagas Media dengan halaman full color ini bisa kamu beli di Blibli seharga Rp 120.000 atau di Tokopedia seharga Rp 64.000. Pastikan kamu periksa kondisi buku sebelum membeli, ya!

Teach Like Finland

Sumber gambar shopee.co.id

Persiapan memiliki anak memang sewajarnya dilakukan sedini mungkin. Tak ada salahnya kamu cicil dengan membaca buku edukasi mengenai parenting mulai dari sekarang. Salah satu buku yang harus kamu baca ya ini, "Teach Like Finland" karya Timothy D. Walker.

Tahukah kamu bahwa Finlandia memiliki murid-murid terpandai di dunia? Kemampuan kritis dalam pelajaran matematika, sains, hingga membaca menjadi hal yang mudah bagi pelajar di sana. Anak-anak berumur 15 tahun pun mampu mendapat skor paling tinggi di ajang Program for International Student Assessment (PISA) pada 2001 lalu. Kok bisa, ya? Padahal kan waktu belajar di Finlandia hanya sebentar, tugas sekolah pun tak sebanyak di sini, bahkan ujian sekolah tidak terlalu terpaku pada standar tertentu.

Di buku inilah Timothy, yang menjadi guru kelas 5 di Helsinski, membeberkan rahasia kesuksesan anak-anak Finlandia. Jelas buku ini penting dibaca, tak hanya bagi pengajar tapi juga kamu, calon orangtua, karena Timothy turut membagikan panduan mendidik anak yang mudah dipraktekkan.

Buku terbitan Grasindo ini bisa kamu beli di Tokopedia seharga Rp 56.000, Shopee seharga Rp 66.500, dan di situs Buku Kita seharga Rp 66.500. Jangan lupa periksa kondisi buku sebelum membeli, ya!

Ayah Edy: Menjawab Problematika Orang Tua ABG & Remaja

Sumber gambar www.bukukita.com

Masa remaja adalah masa penting bagi anak. Mereka mulai mencari jati diri, melakukan hal-hal yang mereka inginkan dibanding mendengar apa saran orangtua. Pada fase ini pula anak memiliki kondisi emosi yang sangat labil. Kebanyakan orangtua jadi serba salah menghadapi, apalagi kalau anak memilih menyimpan ceritanya alih-alih curhat pada orangtua.

Bingung kan, kenapa anak jadi pemarah saat memasuki masa remaja? Harus bagaimana supaya anak tidak terjebak dalam dunia seks bebas atau obat-obatan terlarang dan lebih fokus pada prestasi? Belum lagi di era internet seperti saat ini, apakah anak tahu cara menggunakan internet secara bijak dan penuh tanggung jawab? Bagaimana cara memberitahunya?

Nah, lewat buku berjudul “Ayah Edy Menjawab Problematika Orang Tua ABG & Remaja,” Ayah Edy menawarkan solusi atas pertanyaan-pertanyaan di atas. Problematika ABG yang kompleks itu dibahas sampai tuntas ke akar-akarnya! Buku terbitan Noura Book ini bisa kamu beli di Gramedia seharga Rp 59.000, di situs Buku Kita seharga Rp 50.150, atau di Tokopedia seharga Rp 49.000.

The Read-Aloud Handbook

Sumber gambar www.bukalapak.com

Sebagai calon orangtua, coba jawab pertanyaan ini: kalau punya waktu 30 menit untuk dihabiskan bersama anak-anak, apa yang bakal kamu lakukan? Bagi Jim Trelease, dia ingin menggunakan waktu itu untuk membaca buku senyaring mungkin bersama anak-anaknya. Baginya, membaca buku bersama anak adalah metode yang efektif untuk mendidik mereka sekaligus memperkuat jalinan keakraban antara orangtua dan anak.

Apakah kamu setuju? Kalau iya, berarti buku edukasi berjudul "The Read-Aloud Handbook (Membacakan Buku dengan Nyaring, Melejitkan Kecerdasan Anak)" karya Jim Trelease ini harus kamu koleksi. Apalagi, membaca dengan nyaring sudah terbukti dapat mendukung tumbuhnya keterampilan anak untuk mendengar, membaca, bicara, menulis, dan mempelajari hal-hal baru.

Jangan ragu membelinya, karena sudah terbukti lebih dari tiga dekade buku ini dijadikan panduan oleh berjuta orangtua dan guru untuk mendidik anak. Berkat buku ini, anak-anak pun memiliki minat baca dengan sendirinya.

Buku parenting yang diterbitkan Noura Book ini bisa kamu dapatkan di situs Buku Kita atau di Mizan Store seharga Rp 75.650, dan di Bukalapak seharga Rp 64.100.

Adversity Quotient: Agar Anak Tak Gampang Menyerah

Sumber gambar www.bukalapak.com

Pembentukan karakter anak barangkali menjadi salah satu fokus utama para orangtua. Tentunya, orangtua berharap anak-anak mereka tumbuh menjadi anak cerdas dan berkarakter baik. Untuk itu, Miarti Yoga menawarkan metode pengembangan karakter anak bernama metode Adversity Quotient (AQ).

Metode AQ ini adalah hasil penyelarasan metode Intelectual Quotient (IQ) dan Emotional Quotient (EQ) yang bertujuan mengembangkan kecerdasan emosi anak. Dengan menerapkan metode ini, anak akan lebih tahan banting dan tidak mudah menyerah menghadapi kehidupan yang penuh tantangan ini.

Lebih lanjut lagi soal AQ dan langkah-langkah penerapannya, kamu bisa baca di buku "Adversity Quotient: Agar Anak Tak Gampang Menyerah" karya Miarti Yoga. Dapatkan buku ini di situs Bukalapak dan Shopee seharga Rp 57.000, atau di Tokopedia seharga Rp 56.000. Pastikan buku yang kamu beli dalam kondisi bagus, ya!

I Am Gifted, So Are You!

Sumber gambar www.jd.id

Tak hanya buku edukasi parenting, buku satu ini juga bisa jadi buku motivasi yang tepat untuk dibaca sampai tuntas. Dalam tulisannya, Adam Khoo mengisahkan perjuangannya menghadapi momen-momen terburuk dalam hidupnya. Adam terus berusaha melangkah menuju keberhasilan!

Melalui buku ini, Adam berbagi soal pentingnya rasa berani dan keteguhan hati. Adam mencoba meyakinkan para pelajar bahwa semua orang berkesempatan menjadi jenius! Perjalanan penuh haru dan inspirasi yang diceritakan Adam bisa kamu simak lewat buku "I Am Gifted, So Are You".

Dapatkan buku terbitan Elex Media Komputindo ini di situs Buku Kita seharga Rp 72.080 atau di situs JD seharga Rp 88.000.

Right from the Start

Sumber gambar www.tokopedia.com

Salah satu tema yang sering terasa tabu padahal sangat perlu dibicarakan dengan anak-anak adalah soal seks. Orangtua sering bingung, bagaimana cara yang tepat menginformasikannya pada anak? Bagaimana mengarahkan anak kepada pemahaman yang tepat soal seks? Atau, bagaimana agar anak mampu mengenal kondisi diri mereka sedini mungkin?

Ingat, orangtua adalah tempat bertanya pertama bagi anak-anak. Maka, jadikan dirimu tempat bertanya yang tepat. Sebagai persiapan agar kamu kelak tak mengalami kebingungan, buku edukasi parenting berjudul "Right from the Start" ini harus kamu baca. Karena di buku ini, Bunda Hana menuliskan tips dan trik menghadapi isu seks dalam keluarga.

Bunda paham bahwa seiring bergulirnya zaman yang disertai perkembangan teknologi, orangtua pasti khawatir anaknya tak bisa bersikap saat dihadapkan dengan muatan berbau porno yang bebas berkeliaran di internet. Lebih lanjut, Bunda juga menekankan pentingnya bicara soal kekerasan seksual pada anak sebagai upaya antisipasi.

Jelas sudah, buku ini harus masuk daftar teratas buku yang harus kamu miliki. Jangan lupa baca berdua dengan pasangan supaya kalian memiliki kesamaan pemahaman dan dapat berbagi peran. Di Tokopedia, buku terbitan Elex Media Komputindo ini dijual seharga Rp 47.840 sampai Rp 77.740 sedangkan di situs JD dijual seharga Rp 36.000. Pastikan kamu membeli buku dalam kondisi bagus, ya!

Media Moms And Digital Dad: Menjadi Orang Tua Bijak

Sumber gambar shopee.co.id

Kehadiran internet sudah tidak terelakkan lagi dalam hidup. Jika sekarang saja teknologi dan internet sudah begitu menyita perhatian, belum lagi berisiko terhadap kesehatan dan keamanan. Bagaimana dengan anak-anak nanti? Tentu mereka kelak bakal tumbuh di zaman yang lebih modern.

Itulah kenapa, kamu perlu memperbanyak bacaan soal dunia digital. Melalui buku "Media Moms and Digital Dads: Menjadi Orang Tua Bijak", pembaca diajak memahami bahwa internet dan perangkat teknologi memang memiliki peran vital dan positif, tapi tetap saja diperlukan kesadaran untuk mengakses dan menggunakannya.

Karena itu, sebagai antisipasi, orangtua harus sejak awal memastikan anak-anak menggunakan media digital dengan bijak dan benar. Yalda T. Uhls, penulis buku ini, bukannya ingin menakut-nakuti calon orangtua. Justru lewat buku ini orangtua memiiki bekal untuk mendidik dan mendampingi anaknya di kemudian hari. Yuk, borong buku terbitan Tiga Serangkai ini di Bukalapak seharga Rp 58.000, dan di Shopee seharga Rp 40.120.

The Awakened Family: Revolusi dalam Pola Asuh

Sumber gambar www.bukalapak.com

Sejauh ini, apa yang ada dalam bayanganmu soal mengasuh anak? Apakah itu bakal berat, atau mudah? Wajar jika kamu merasa khawatir atau takut memikirkan pengasuhan anak, apakah nantinya kamu bakal mengasuh dengan benar? Apakah kamu mampu menjaga dan membesarkan anak?

Nah, sebelum kamu mengalaminya nanti, bekali dulu dirimu dengan buku edukasi parenting, salah satunya buku "The Awakened Family: Revolusi dalam Pola Asuh".

Buku karya psikolog klinis Shefali Tsabary ini menawarkan langkah-langkah tepat sasaran untuk menghadapi masalah pola pengasuhan anak. Di sinilah kamu bakal menemukan jawaban tentang cara-cara merekatkan hubungan dan meminimalkan konflik dengan anak. Soalnya, kualitas hubungan antara orangtua dan anak adalah kunci perkembangan mental mereka.

Tak perlu takut dan cemas, karena buku ini bakal menuntunmu agar secara sadar menguatkan diri dan keluarga. Yuk, letakkan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama ini di rak bukumu sekarang! Dapatkan hanya di situs Duta Ilmu seharga Rp 121.500 atau di Bukalapak seharga Rp 135.000. Jangan lupa pastikan terlebih dulu kondisi buku yang ingin kamu beli, ya!

From our editorial team

Menjadi Orang Tua yang Baik Membutuhkan Bekal yang Cukup

Menikah dan membentuk keluarga adalah kodrat manusia yang tidak perlu dikhawatirkan namun juga tidak bisa dianggap sepele. Membangun keluarga sama saja dengan membangun peradaban, sehingga setiap orang tua harus serius melakukannya. Melengkapi diri dengan berbagai informasi yang bermanfaat tentang parenting tentu saja akan memudahkan kamu dan pasangan kelak mendidik anak-anak. So, let's learn together to be good parents!

Tag