10+ Rekomendasi Novel Tahun 2018 yang Pas untuk Bacaan Kamu

10+ Rekomendasi Novel Tahun 2018 yang Pas untuk Bacaan Kamu

Sedang ingin menghabiskan waktu dengan membaca novel? Tentunya banyak inspirasi dan pengetahuan yang bisa kamu serap dari sebuah novel. Apalagi, jika novel tersebut merupakan karya penulis terbaik. Berikut ini, BP-Guide akan mengulas dan memberikan rekomendasi novel yang terbit di tahun 2018. Simak, yah.

Novel, Buku yang Banyak Digemari dan Punya Banyak Manfaat untuk Dibaca

Novel adalah salah satu jenis bacaan yang paling digemari. Karena genre cerita novel yang beragam, peminat novel pun berasal dari berbagai kalangan. Pembaca bisa memilih novel yang sesuai dengan minat dan kegemaran mereka.

Faktor yang membuat novel begitu menarik dan populer adalah konflik yang ditawarkan biasanya kompleks. Meliputi aspek nyata dalam kehidupan seperti budaya, keluarga, sosial, dan persahabatan. Cerita yang ringan membuat novel sangat mudah dicerna.

Penulis novel atau novelis biasanya memiliki penggemar masing-masing. Buku apa saja yang mereka tulis akan laris di pasaran karena faktor penulis. Selain itu novel yang ceritanya sudah diadaptasi ke layar lebar biasanya akan laku keras. Penonton film akan tertarik membaca kisah asli dari film yang baru saja mereka saksikan.

Manfaat Membaca Novel yang Perlu Kamu Ketahui

Meningkatkan Aktivitas Otak

Sebuah penelitian pernah dilakukan untuk membuktikan pengaruh novel terhadap aktivitas otak. Setelah 19 hari pengujian pada 21 orang murid, ditemukan bahwa terjadi peningkatan terhadap koneksi antara sel-sel otak setelah murid membaca novel. Koneksi ini semakin meningkat selama murid membaca novel dan pencapai angka tertinggi ketika mereka membaca bagian klimaks dari cerita tersebut. Dengan demikian kebiasaan membaca novel dapat meningkatkan konsentrasi dan daya pikir otak.

Menambah Pengetahuan

Buku adalah jendela dunia. Siapa saja yang rajin membaca buku sudah pasti akan punya banyak pengetahuan. Bahkan jika buku yang dibaca hanyalah novel dengan cerita ringan. Akan ada banyak informasi yang diperoleh seseorang setelah ia membaca buku. Misalnya saja mendapatkan kosakata dan istilah-istilah baru, mengenal berbagai macam tempat di seluruh dunia, dan mengambil makna dari kehidupan tokoh yang diceritakan di novel.

Mengurangi Stres

Beban kerja di kantor memang membuat seseorang rawan terkena stres. Salah satu sarana untuk merelaksasi pikiran adalah melalui membaca. Dalam sehari, sempatkan membaca buku di malam hari sebelum tidur.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sussex University di Amerika Serikat menunjukkan bahwa membaca buku sebelum tidur dapat menurunkan kadar stres mencapai 68 persen. Imajinasi yang dihasilkan saat membaca buku adalah senjata ampuh untuk meredakan stres.

Memberikan Hiburan

Bagi kamu yang gemar membaca, buku adalah sarana hiburan terbaik. Jika kamu tidak punya uang untuk membeli buku, tinggal meminjam di perpustakaan umum dan nikmati isinya sesuka hati kamu. Kamu bisa larut dalam jalan cerita yang dibuat oleh si penulis, merasakan berbagai macam emosi terhadap tokoh-tokoh yang ada di sana, dan berimajinasi tentang situasi tertentu yang ada dalam novel. Semua hal itu akan menjadi hiburan yang baik untuk melepaskan stres dan lelah akibat bekerja.

10 Novel Indonesia Terbaru di Tahun 2018

Aroma Karsa - Dee Lestari

Sumber gambar tokopedia.com

Buku karya Dee Lestari ini diterbitkan pada tanggal 16 Maret 2018. Mengisahkan seorang perempuan bernama Raras Prayagung yang memburu Puspa Karsa, sebuah bunga sakti yang selama ini hanya ia baca dalam dongeng saja. Raras percaya bahwa bunga yang bisa mengendalikan kehendak dan hanya bisa diidentifikasi lewat aroma ini benar-benar nyata adanya.

Pencarian ini mengantarkannya bertemu dengan Jati Wesi, seseorang yang memiliki penciuman luar biasa. Dalam mencari Puspa Karsa, Raras menemukan banyak misteri tentang dirinya dan masa lalunya yang terungkap secara perlahan.

Buku "Aroma Karsa" karya Dee Lestari bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 29.000 dan di Bukalapak dengan harga Rp 35.000.

Senior - Kata Kokoh

Sumber gambar tokopedia.com

Buku ini menceritakan kehidupan sekolah yang sederhana dan dekat dengan kenyataan. Bercerita tentang Aluna, siswa baru SMA Sevit Bandung yang datang terlambat di hari pertama MOS. Apesnya, Aluna justru bertabrakan dengan Nakula, Ketua MOS yang super galak dan pelit bicara.

Alhasil, Aluna dihukum keliling lapangan. Hal ini membuat Aluna sangat membenci Nakula dan membalas dendam dengan melawan Nakula setiap ada kesempatan. Namun, Aluna tiba-tiba saja menjadi satu-satunya orang yang mengetahui sisi gelap Nakula. Apa yang akan dilakukan Aluna?

Novel "Senior" karya Kata Kokoh dijual di Lazada dengan harga Rp 63.750 dan di Tokopedia dengan harga Rp 63.800.

Sirkus Pohon - Andrea Hirata

Sumber gambar tokopedia.com

Seperti karya Andrea Hirata lainnya, "Sirkus Pohon" masih bercerita seputar kehidupan masyarakat Belitong. Mengambil setting orang-orang Melayu yang tinggal di daerah itu. "Sirkus Pohon" berisi kumpulan kisah yang membawa berbagai macam emosi, mulai dari tawa, sedih, hingga geleng-geleng kepala.

Novel ini menunjukkan pada pembaca bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Dan sementara mereka hidup, mereka dapat menemukan kebijaksanaan yang ada dalam diri mereka. Buku ini dijual di Tokopedia dengan harga Rp 69.600 dan di Lazada dengan harga Rp 88.000.

Young Adult: Rooftop Buddies - Honey Dee

Sumber gambar tokopedia.com

Buku ini bercerita tentang Rie, seorang pengidap kanker yang mencoba bunuh diri dengan melompat dari atap gedung apartemen. Tidak disangka ia bertemu dengan Bree, seorang laki-laki yang menyelamatkannya. Ternyata Bree juga memiliki niatan yang sama dengan Rie. Mereka pun sepakat untuk bunuh diri bersama.

Namun sebelum itu, Rie dan Bree membuat kesepakatan untuk saling membantu menyelesaikan tanggungan masing-masing. Keduanya pun saling melihat sisi gelap masing-masing. Namun mengapa saat Rie mulai meragukan keinginan untuk mati justru Bree kehilangan harapan hidup satu-satunya?

Novel "Young Adult: Rooftop Buddies" karya Honey Dee dijual di Bukalapak dengan harga Rp 55.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 56.700.

Yang Fana Adalah Waktu - Sapardi Djoko Damono

Sumber gambar tokopedia.com

Novel ini adalah seri terakhir dari trilogi "Hujan Bulan Juni" karya Sapardi Djoko Damono. Masih berkutat pada kisah cinta Sarwono dan Pingkan yang tak kunjung menemukan titik terang. Anda yang sudah mengikuti kisah mereka di dua buku sebelumnya wajib untuk membaca cerita pamungkas ini. Apakah takdir akan berpihak pada cinta Sarwono dan Pingkan? Atau justru takdir yang akan memisahkan mereka?

Buku "Yang Fana Adalah Waktu" karya Sapardi Djoko Damono dijual di Tokopedia dengan harga Rp 75.000 dan di Lazada dengan harga Rp 93.150.

Ubur-Ubur Lembur - Raditya Dika

Sumber gambar tokopedia.com

Setiap karya Raditya Dika selalu ditunggu oleh penggemar setianya. Konon semua cerita yang diangkat dalam buku adalah pengalaman pribadi sang penulis. Buku terbaru Raditya Dika yang berjudul "Ubur-Ubur Lembur" bercerita tentang pengalaman hidup Raditya Dika. Ia mendapatkan pelajaran dari apa yang ia cintai dan menemukan bahwa banyak hal yang bisa ditertawakan di sepanjang perjalanan hidupnya.

Buku "Ubur Ubur Lembur" karya Raditya Dika dijual di Tokopedia dengan harga Rp 55.900 dan di Lazada dengan harga Rp 65.000.

Battle Of Surabaya : There Is No Glory In War - Aryanto Yuniawan

Sumber gambar bukalapak.com

Novel fiktif ini mengangkat kisah perjuangan rakyat Surabaya melawan penjajah. Meski tokohnya fiktif, kisah dalam novel ini mengambil latar belakang yang nyata dari pertempuran di kota Surabaya dan menggunakan organisasi nyata yang tidak banyak diketahui masyarakat seperti Kipas Hitam. Saking populernya novel ini, pada tahun 2015 kisah Musa dan kawan-kawan diangkat ke layar lebar dalam bentuk animasi. Film itu masih terus diganjar penghargaan hingga kini.

"Battle Of Surabaya:There Is No Glory In War" karya Aryanto Yuniawan dijual di Tokopedia dengan harga Rp 32.300 dan di Bukalapak dengan harga Rp 38.000.

Samaran - Dadang Ari Murtono

Sumber gambar bukalapak.com

Novel "Samaran" mengangkat kisah kehidupan yang sederhana namun penuh misteri dan mendebarkan. Samaran adalah sebuah kampung yang dihuni banyak penduduk yang unik. Seperti Marjiin yang kuat tidur dalam waktu lama, atau Aba Gabah, seorang dukun yang sangat terkenal di kampung Samaran. Suatu ketika kampung Samaran dikejutkan dengan berikan Mat Ali yang ditemukan kejang-kejang di hutan.

Aba Gabah kemudian memvonis Mat Ali tidak akan bisa kembali seperti semula. Meski penduduk kampung sangat ingin tahu tentang apa yang terjadi dengan Mat Ali, Aba Gabah justru bungkam. Hal ini membuat penduduk semakin penasaran, apa yang sebenarnya terjadi dengan Mat Ali.

"Samaran" karya Dadang Ali Murtono dijual di Bukalapak dengan harga Rp 54.500 dan di Tokopedia dengan harga Rp 65.000.

Love Across Time - Ade Saragih

Sumber gambar bukalapak.com

Banyaknya penyesalan dalam hidup membuat manusia ingin kembali ke masa lalu. Itulah yang dirasakan oleh Kayana. Ia merasa Tuhan sangat tidak adil padanya hingga ia ingin merubah sesuatu yang terjadi di masa lalu. Bukannya membaik, hidup Kayana justru semakin berantakan.

Novel ini mengajarkan kita bagaimana menerima takdir kehidupan yang sudah digariskan dan apa risiko yang harus diterima atas semua perbuatan di masa lalu.

"Love Across Time" karya Ade Saragih dijual di Bukalapak dengan harga Rp 55.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 56.000.

Sepertiga Malam di Manhattan - Arumi E

Sumber gambar bukalapak.com

Kehidupan pernikahan tidaklah mudah, seperti yang harus dijalani oleh Brad dan Dara. Setelah menikah, mereka kembali ke Amerika dan menjalani kehidupan normal. Brad bergabung dengan sebuah orkestra dan bertemu dengan Vienna di sana. Gadis berperawakan Asia tersebut adalah pemain harpa baru dan sangat mengidolakan Brad.

Vienna tidak peduli meski Brad sudah beristri. Cobaan pernikahan mereka semakin bertambah dengan beban yang dirasakan Dara karena tidak kunjung hamil setelah 4 tahun pernikahan.

Novel "Sepertiga Malam di Manhattan" karya Arumi E dijual di Tokopedia dan Bukalapak dengan harga Rp 54.400.

From our editorial team

Membaca Novel Dapat Meningkatkan Imajinasi

Ingin mengasah kemampuan otakmu untuk berimajinasi? Novel tentunya sangat pas untuk mendukung hal tersebut. Nah, dari rekomendasi novel dari BP-Guide di atas, ada yang menarik perhatianmu? Tentunya, ada yang bisa kamu jadikan pilihan, bukan? Simak ulasan dan rekomendasi lainnya hanya di BP-Guide, yah.