Kamu Suka Baca Buku? Inilah 5 Rekomendasi Novel  Terbaik Indonesia yang Berkesan Sepanjang Sejarah (2020)

Kamu Suka Baca Buku? Inilah 5 Rekomendasi Novel Terbaik Indonesia yang Berkesan Sepanjang Sejarah (2020)

Novel Indonesia tidak kalah bagusnya dengan novel dari luar negeri. Ada banyak novel Indonesia yang mampu menyihir emosi dan pikiran pembaca sehingga bisa menghayati peran di dalamnya. Tak hanya itu saja banyak novel yang bisa menginspirasi orang untuk dapat hidup menjadi pribadi yang lebih baik. Berikut kami rekomendasikan novel-novel terbaik yang wajib Anda nikmati di tahun ini!

Novel Membuka Wawasan dan Sudut Pandang Pembacanya

Novel merupakan salah satu buku yang isinya berisi cerita-cerita fiksi atau nonfiksi. Banyak orang yang suka membaca pasti menyukai novel. Novel memiliki banyak unsur dan pesan moral di dalamnya. Salah satunya adalah menambah pengetahuan, wawasan, sudut pandang, pola pikir dan hiburan.

Selain itu, novel bisa memberikan Anda berbagai hikmah pelajaran tentang berbagai hal. Seperti kehidupan, bertingkah laku, atau mental. Untuk Anda yang mulai mencoba membaca novel, Anda bisa memilih novel Indonesia.

Rekomendasi novel ini memiliki banyak makna yang terkandung di dalamnya dan dapat memberikan inspirasi serta motivasi hidup. Apa saja? Ini dia pembahasannya.

Rekomendasi Novel Terbaik Indonesia Sepanjang Masa

Bumi Manusia

Novel yang satu ini cocok bagi Anda yang menyukai karya sastra klasik. Novel Bumi Manusia menceritakan tentang seorang Pramoedya Ananta Toer yang mengalami tuduhan sebagai antek komunis. Ia lalu dibuang ke Pulau Buru atau Maluku.

Di dalam cerita ini ada banyak kisah cinta yang sangat menginspirasi. Bahkan, Anda bisa saja terbawa emosi hingga meneteskan air mata karena mendalamnya cerita romantis di era kolonial.

Namun sayangnya, karya ini sempat dihalangi oleh Soeharto pada masanya karena terdapat tulisan tentang kalimat-kalimat yang kini menjadi petikan motivasi banyak kalangan.

Bisa dikatakan novel Bumi Manusia merupakan salah satu karya sastra terbaik yang tak lekang zaman. Hingga kini, novel ini masih terus diburu di pasar buku-buku bekas dan toko buku modern.

Harga Rp. 105.600-132.000

Sepotong Senja untuk Pacarku

Anda pecinta fenomena senja? Pastikan untuk membaca novel yang satu ini. Sepotong Senja untuk pacarku menceritakan cerita romantis dan kisah cinta remaja yang sering dikaitkan dengan datangnya senja. Novel ini ditulis oleh Seno Gumira Ajidarma.

Ia menggambarkan fenomena senja yang begitu memukau dan begitu hidup. Ia juga menyisipkan banyak kalimat romantis namun mudah dicerna sehingga menjadi novel laris dengan isi kalimat yang tak klise. Novel ini membuat Anda menjadi semakin imajinatif.

Harga Rp. 63.750-78.000

Ronggeng Dukuh Paruk

Apakah Anda tahu tentang film Sang Penari? Film tersebut adalah mengangkat cerita dari novel Ronggeng Dukuh Paruk. Novel ini ditulis oleh Ahmad Tohari. Bercerita tentang kehidupan si Ronggeng yang bernama Srintil.

Watak dan peran tokoh sangat terlihat dan tergambarkan secara jelas sehingga pembaca bisa membayangkan dan menghayati dengan mudah. Politik dan budaya serta pelajaran kehidupan bisa Anda dapatkan dengan membaca novel yang satu ini.

Diceritakan pada masa itu, penari ronggeng masih menjadi “primadona” bagi sebagian besar masyarakat. Bahkan, yang paling unik, seorang penari bisa disewa untuk berhubungan seksual dengan laki-laki yang beristri.

Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang politik Indonesia di era 65 dan gejolak yang terjadi di masyarakat pada waktu itu, terutama daerah terpencil di desa-desa.

Harga Rp. 74.200-79.200

Harimau!

Novel Harimau merupakan karya Mochtar Lubis. Pemikirannya sangat imajinatif namun teliti sehingga karyanya benar-benar memukau. Harimau! menceritakan tentang 7 orang lelaki yang berprofesi sebagai pencari damar di dalam hutan.

Ketika berada di dalam hutan, mereka bertemu dengan harimau, sehingga mereka harus lari dan kejar-kejaran dengan harimau. Cerita ini sangat seru dan suasana hutan dapat Anda rasakan. Selain itu, perasaan cemas, gelisah dan kaget bisa Anda rasakan layaknya berada dalam cerita.

Kalimat demi kalimat mengalir dengan gambaran yang detail sehingga mampu mengembangkan imajinasi para pembacanya.

Harga Rp. 41.800-49.500

Robohnya Surau Kami

Novel berjudul Robohnya Surau Kami diterbitkan pada tahun 2006. Novel ini berisi beberapa cerpen yang salah satunya berjudul Robohnya Surau Kami yang terletak di halaman pertama.

Cerita ini berisi tentang seorang penjaga masjid atau surau serta pemuda yang bisa mengubah pandangan Anda tentang kehidupan serta agama.

Novel ini tidak akan membuat Anda pusing karena alurnya sederhana dan tidak rumit, namun bisa membuat Anda terkejut saat di endingnya. Dialognya juga sederhana dan ringan. Karya sastra ini sering disebut sebagai buku bergenre sosio-religi.

Harga Rp. 20.000-28.000
From our editorial team

Sediakan waktu luang untuk membaca

Itulah beberapa novel yang wajib sekali untuk Anda baca. Novel karya Indonesia tersebut akan memberikan Anda banyak manfaat terutama kesempatan untuk bisa mengenal bangsa Indonesia secara utuh. Bila Anda sudah jatuh cinta dengan salah satu karya yang ada di atas, Anda pasti akan ketagihan untuk membaca novel yang serupa. Jadi, pastikan Anda menyediakan waktu luang sejenak ya untuk sekedar membaca dan menambah wawasan.

Tag