Selain Novel Roman, Ini 10 Rekomendasi Novel Misteri Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Dibaca (2018)

Selain Novel Roman, Ini 10 Rekomendasi Novel Misteri Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Dibaca (2018)

Selain novel dengan genre romantis, novel genre misteri pastinya bisa menyajikan pilihan cerita yang berbeda. Bila Anda menyukai nuansa horor, tegang, menantang dan memiliki rasa penasaran yang tinggi, novel misteri bisa menjadi pilihan menarik. Anda bisa membaca novel ini saat malam hari agar suasana semakin mendukung. Berikut beberapa rekomendasi novel misteri terbaik dari BP Guide.

Genre misteri semakin lama semakin banyak memiliki penggemar. Genre yang satu ini memang disukai oleh banyak orang karena bisa memberikan feel yang berbeda dari genre lainnya. Efek yang didapat setelah membaca novel genre ini adalah seperti tegang, cemas, kaget, penasaran dan yang lainnya. Jika Anda pecinta genre misteri, pastikan Anda membaca beberapa novel yang bergenre serupa. Feel yang akan Anda dapatkan dengan membaca buku akan berbeda dengan menonton film. Anda bisa memiliki khayalan dan imajinasi yang aktif serta perasaan yang didapat akan lebih mendalam. Kali ini, kita akan membahas tentang beberapa novel misteri terbaik sepanjang masa yang wajib Anda baca di rumah.

1. The Woman in White

Novel yang satu ini ditulis oleh Wilkie Collins. Ia menulis cerita ini dengan alur yang sangat misterius. Tokoh yang diciptakan sangat menarik. Alur yang ada di dalamnya juga sangat mengesankan karena Anda akan menemukan bagian yang indah. Namun, ada juga yang pemandangan yang menghantui. Novel The Woman in White yang rilis pada abad ke 19 ini memiliki cerita yang rumit dan ditulis dalam bentuk serial. Anda juga akan menemukan cerita fiksi kriminal yang menarik sehingga Anda menjadi pembaca yang dapat memikirkan hal yang detail. Selain menjadi bacaan yang menarik, novel ini juga merupakan bacaan secara instruktif.

2. A Crime in the Neighborhood

Jika Anda ingin mencoba novel dengan tingkat ketegangan yang menarik, Anda bisa membaca novel A Crime in the Neighborhood. Buku ini ditulis oleh Suzanne Berne. Novel ini akan memberikan suasana tegang yang terbaik. Karakter akan diciptakan memberikan atmosfer bahaya moral karena akan ada banyak tragedi yang terjadi dalam cerita. Seperti halnya kejadian yang tragis dan tak terelakkan. Sungguh menegangkan, bukan? Buku ini memberi pelajaran pada pembaca bahwa kejahatan yang ada di lingkungan sekitar bisa jauh lebih memilukan dan tahan lama daripada tindakan kekerasan apapun.

3. A Dark-Adapted Eye

Sesuai namanya, buku ini ternyata memiliki alur yang rumit. Ungkapan yang ada dalam cerita benar-benar mengejutkan. Tokoh yang digunakan oleh penulis sangat berkontribusi besar sehingga membuat novel ini membuat para pembaca merasa tegang luar biasa. Novel ini cocok dibaca oleh orang dewasa karena dapat memberikan ketegangan psikologis, serta memiliki kisah dan masalah yang nyata dan juga gelap. Bersiaplah dengan alur yang rumit dan menegangkan ketika pertama kali membaca buku ini. Novel A Dark-Adapted Eye ditulis oleh penulis bernama Ruth Rendell.

4. A Coffin for Dimitrios

Novel yang ditulis oleh Eric Ambler ini adalah novel dengan penulisan sastra yang sangat indah. Di dalamnya terdapat sebuah masalah dan cerita yang sangat unik. Tokoh yang digunakan juga sangat menarik karena menceritakan tentang segala hal di kehidupan ini berkaitan dengan kematian. Kisah perjuangan yang sengit tidak akan Anda lupakan setelah membaca buku yang satu ini. Ambler benar-benar membuat novel dengan alur yang tak terduga serta sangat merinci, sehingga membuat para pembaca seakan masuk kedalam ketegangan yang terjadi dalam cerita di buku ini.

5. True Confessions

Meskipun covernya tidak melambangkan misteri, namun ternyata buku ini menceritakan tentang sebuah kejahatan yang didasarkan pada pembunuhan Black Dahlia. Penulis yang bernama John Gregory Dunne benar-benar membuat cerita yang bisa memperdalam emosi hebat pembaca. Novel ini menceritakan tentang dua orang laki-laki, seorang polisi, dan pendeta yang mengalami kejahatan mengerikan. Novel ini adalah bacaan dengan masalah yang keras sehingga Anda harus bersiap-siap untuk membaca novel ini.

6. The Eye of the Beholder

Novel The Eye of the Beholder adalah sebuah cerita dengan alur yang tidak bisa Anda lupakan nantinya. Cerita pada novel ini sangat menarik karena berisi kisah obsesi, dengan seorang detektif swasta dengan nama The Eye. Ia mengikuti pembunuh berantai selama lebih dari satu dekade. Namun, The Eye adalah seorang yang sendirian dan sangat kesepian. Wanita yang ia sukai dan ia kejar sangat tidak berperasaan. Novel ini patut untuk Anda baca karena berisi tentang cerita kehidupan yang menarik. Novel ini ditulis oleh Marc Behm.

7. A Simple Plan

Novel yang ditulis oleh Scott Smith ini sepenuhnya realistis. Buku ini menceritakan tentang dua saudara laki-laki dan temannya yang menemukan sebuah pesawat jatuh dan reruntuhan yang hancur. Mereka menemukan uang dengan jumlah besar dan memiliki rencana untuk menyembunyikan uang yang sepenuhnya bukan milik mereka. Mereka menjadi seorang penjahat sekaligus korban dari kejahatan. Novel dengan kisah yang penuh dengan masalah, hukuman, serta pengalaman ketidak jujuran ini patut untuk Anda coba untuk dibaca.

8. Sneaky People

Novel yang satu ini ternyata menjadi salah satu novel misteri tentang kejahatan, sekaligus paling lucu yang pernah ditulis. Novel karya Thomas Berger ini diberi latar waktu tahun 1930 an. Tokoh utamanya adalah Buddy Sandifer yang merupakan seorang dealer mobil bekas. Ia menginginkan hal yang sederhana yaitu, istrinya mati. Apa alasannya? Hanya karena ia rindu untuk menjalani sisa waktu hidupnya untuk bersama seorang wanita bernama Laverne. Ia adalah wanita yang kadang menyadari bahwa tidur bersama pria karena uang berarti prostitusi. Akhirnya, Buddy Sandifer berencana untuk melakukan pembunuhan istrinya.

9. The Quiet American

Buku ini terbit pada tahun 1955. Meskipun sudah lama, namun buku ini tetap hits hingga saat ini. Novel karya Graham Greene ini ternyata memberikan suasana Vietnam saat ada di malam kekalahan Perancis. Novel ini berisi bacaan yang cukup keras dan menantang. Inti dari novel ini adalah seorang Alden Pyle yang idealis akan mati secara misterius. Dengan membaca novel ini, Anda akan menemukan berbagai permasalahan dan kisah tentang misteri, intrik, hingga kisah cinta.

10. Cutter and Bone

Dalam 10 tahun novel ini menjadi novel terbaik dari jenisnya oleh New York Times. Novel yang ditulis oleh Newton Thornburg ini menceritakan tentang obsesi seseorang akan kejahatan berupa pembunuhan. Anda akan menemukan keunikan sendiri pada buku ini karena sang tokoh tidak terlihat melakukan kejahatan sama sekali.

From our editorial team

Review buku menarik minat pembaca

Nah, bagi Anda yang sesekali ingin membaca novel yang bernuansa beda, novel misteri bisa menjadi pilihan referensi buku yang harus dibaca. Tidak hanya memberikan sensasi efek menegangkan dan mencekam, novel misteri juga terkadang memberikan hiburan tersendiri sekaligus rasa penasaran yang selalu menggelitik untuk dituntaskan hingga lembar terakhir. Jangan lupa, setelah membaca novel-novel misteri ini sendirian, ulas atau buatlah review untuk menarik para pembaca lain yang mungkin belum sempat membacanya. Berani membaca novel misteri tersebut sendirian?