Anda Pecinta Karya Jepang? Ini 7 Rekomendasi Novel Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca (2018)

Anda Pecinta Karya Jepang? Ini 7 Rekomendasi Novel Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca (2018)

Jika Anda termasuk pencinta di antara beberapa karya Jepang, maka pastikan untuk mencoba beberapa novel yang diterbitkan oleh negara ini. Novel Jepang menyajikan kisah yang berbeda salah satunya dari segi budaya. Novel dari negeri sakura ini juga bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda yang mencari novel selain novel nuansa kebarat-baratan. Berikut beberapa rekomendasi dari BP Guide.

Apakah Anda termasuk penggemar segala hal yang berbau Jepang? Jepang memang termasuk negara dengan jumlah karya yang sangat unik dan kreatif seperti komik, kartun, film, hingga para artis dan aktornya. Melihat hal yang berbau Jepang seakan memberi rasa yang berbeda dibandingkan novel barat. Anda tidak perlu khawatir karena novel Jepang sudah tersebar di seluruh outlet buku dengan menggunakan bahasa Inggris. Bahkan, beberapa di antaranya sudah ditranslate dengan bahasa Indonesia. Beberapa novel Jepang di bawah ini termasuk novel Jepang terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda untuk dibaca di akhir pekan.

1. A Pale View of The Hills

Novel Jepang pertama adalah novel yang ditulis oleh Kazuo Ishiguro. Ia adalah seorang penulis asal Jepang yang pernah memenangkan Nobel Sastra di tahun 2017. Karya dari Kazuo Ishiguro memiliki keunikan sendiri karena ia memiliki ciri khas dengan menggabungkan ambiguitas, prosa yang sangat indah serta emosional yang dalam dan kuat. Buku ini terbit tahun 1982 dan menjadi novel pertama Kazuo Ishiguro. Ia menceritakan tentang seorang wanita setengah baya yang berada di Inggris dan tinggal seorang diri. Wanita itu depresi dan sering termenung karena telah terjadi kejadian bunuh diri yang dialami oleh putrinya sendiri. Novel ini patut untuk Anda baca karena berisi kisah yang cukup apik tentang perjuangan, budaya, keluarga, serta memori.

2. Moshi Moshi

Moshi Moshi adalah novel karya Banana Yoshimoto dengan kisah yang sangat bagus. Buku ini bercerita tentang seorang gadis berusia 20-an yang bernama Yoshie. Hidupnya sangat malang karena sudah ditinggalkan oleh ayahnya yang meninggal karena sebuah hal yang aneh. Agar terhindar dari tragedi yang sama, maka Yoshie dan ibunya memutuskan untuk pindah ke sebuah apartemen kecil di Kota Shimokitazawa. Namun, kesedihannya yang mendalam tidak dapat dilupakan hingga menghantui mimpinya sehingga ia mencoba untuk membangun kehidupan barunya di Kota Tokyo. Buku ini sangat menginspirasi banyak orang yang merasa terpuruk dalam hidupnya agar mencoba bangkit kembali.

3. Apparitions : Ghosts of Old Edo

Dari covernya saja sudah bisa dipastikan buku yang satu ini menceritakan tentang hantu yang terkenal di Jepang. Buku yang ditulis oleh Miyuki Miyabe ini berisi kumpulan cerita pendek, yang semunya memiliki tema berupa hantu Jepang. Edo sendiri merupakan periode Jepang yang sudah sangat lama sekitar abad ke 18. Buku ini bisa membuat kita gelisah karena ceritanya yang sangat mencekam. Jika Anda menyukai genre horor atau tertarik dengan cerita hantu Jepang yang terkenal, Anda bisa membaca buku yang satu ini.

4. The Housekeeper and The Professor

Buku ini merupakan salah satu novel karya Yoko Ogawa. Tokohnya adalah seorang ibu muda yang mengurus rumah tangganya dengan seorang anak laki-laki berusia 10 tahun. Ibu muda ini bekerja untuk merawat seorang profesor yang seorang matematikawan brilian. Namun, ia mengalami kecelakaan sehingga mendapatkan cedera otak parah dan memiliki memori jangka pendek dengan waktu 80 menit. Pengurus rumah tangga ini harus mengenalkan dirinya sendiri setiap pagi kepada sang professor. Tidak sedikit orang lanjut usia di Jepang yang mengandalkan beberapa asisten rumah tangga atau Housekeeper untuk membantu kehidupan mereka. Jadi bisa dibilang novel satu ini cukup unik dalam mengambil sudut pandang cerita yang umum di Jepang, di antara hubungan orang lanjut usia dan pembantunya.

5. Desire

Novel berjudul Desire ini ditulis oleh seorang penulis yang paling terkenal di Jepang. Ia bernama Haruki Murakami. Karya Haruki Murakami banyak yang diterjemahkan dalam berbagai bahasa seperti bahasa Inggris dan Indonesia. Buku ini mudah untuk Anda dapatkan di outlet buku terdekat karena termasuk novel yang terkenal. Desire, adalah novel yang berisi lima cerita pendek dengan tema tertentu. Seperti tema nafsu, kelaparan, kegilaan, bahkan kerinduan yang tidak terbalas. Karya Haruki Murakami ini sangat terkenal dengan ciri khasnya yang seperti prosa panjang yang indah, sentilan pedas dan gayanya yang surealis.

6. I am a Cat

Judul dari novel yang satu ini ternyata cukup unik. Buku ini merupakan salah satu karya dari Soseki Natsume yang akan memberikan Anda sudut pandang dari seekor kucing. Buku ini diterbitkan sudah cukup lama sekitar tahun 1905 dan 1906. Menceritakan tentang seekor anak kucing kesepian dan merasa tidak diinginkan. Anak kucing ini mengunjungi berbagai tempat dan mendekati masyarakat di dekatnya. Anak kucing ini juga mengamati sifat yang dimiliki manusia mulai dari pemuka agama hingga guru sekolah. Bagi Anda yang menyukai kucing atau penyayang binatang wajib untuk membaca novel yang satu ini agar bisa mengerti pandangan yang diberikan dari sudut pandang seekor kucing.

7. The Changeling

Novel karya Kenzaburo Oe ini berhasil meraih Nobel Sastra pada 1994. Mengisahkan tentang hubungan seniman pembuat film terkenal, Goro dan seorang novelis senior, Kogito. Plot mulai bergejolak saat Goro mengirimkan satu set rekaman film yang diberi judul “Tagame” kepada Goro. Dari hasil rekaman inilah Goro berusaha mencari tahu penyebab kenapa Kogito bunuh diri. The Changeling berusaha menampilkan banyak pesan tentang apa arti hidup dan kematian. Di sisi lain, novel ini mengisahkan alur yang konsisten, tidak terburu-buru namun tetap indah.

From our editorial team

Penulis Jepang Memiliki Karya yang Beragam

Itulah beberapa novel yang berasal dari ngeri sakura. Bila selama ini Anda hanya mengenal penulis Haruki Muarakami, nyatanya masih banyak penulis novel asal Jepang dengan karyanya yang beragam. Beberapa novel tersebut juga mengisahkan kehidupan menarik di Jepang namun jarang diketahui banyak orang. Yuk, nikmati novel jepang untuk menghabiskan waktu berlibur Anda. Selamat membaca.