Hobi Mancing? Ini Peralatan Mancing dan Spot Mancing Kece di Kawasan Jakarta

Hobi Mancing? Ini Peralatan Mancing dan Spot Mancing Kece di Kawasan Jakarta

Kamu hobi memancing? Berikut beberapa lokasi memancing terbaik di kawasan Jakarta. Namun, sebelum itu kamu juga perlu mempersiapkan peralatan memancingmu terlebih dahulu sebelum berangkat. Berikut beberapa rekomendasi dari BP Guide.

Sumber gambar www.visitmt.com

Memancing bagi sebagian orang merupakan aktivitas yang membosankan. Bahkan berpikir untuk apa memancing padahal bisa saja ikan yang diinginkan tinggal beli di pasar atau supermarket. Bahkan kita bisa mendapatkannya dalam keadaan sudah dicuci dan dibersihkan. Ada juga yang ingin mencoba memancing tetapi tak punya waktu banyak. Pasalnya memancing memang bisa menghabiskan waktu berjam-jam lamanya.

Bagi penggemar mancing, kegiatan ini bisa saja ditunggu-tunggu. Kesabaran dan keterampilan memang sangat dilatih di sini. Bagi yang tak sabar mungkin akan tersiksa dengan kegiatan ini. Tapi bagi yang senang justru ajang ini bagaimana singa tertidur. Saat umpan tertarik akan terlihat bagaiaman taring atau kukunya yang tajam terlihat. Saat si pencinta hobi ini memancing dan umpannya dimakan, rasa senang di hati pasti terasa membuncah.

Peralatan Memancing yang Diperlukan

Kalau kamu ingin menekuni hobi baru, cobalah untuk menekuni memancing. Memancing memerlukan teknik, peralatan serta tempat memancing yang mumpuni.

Pertama kali yang harus ada saat mau menekuni dunia memancing adalah peralatannya. Persiapan memancing memang perlu persiapan khusus. Berikut adalah peralatan memancing yang perlu kamu miliki.

1. Reel

Sumber gambar www.piscifun.com

Fungsi reel sebagai penggulung dan penampung senar. Reel sudah berkembang dan mulai di modifikasi dari segi bahan maupun fungsi. Ini disesuaikan dengan kebutuhan. Ada reel overheard yang mirip dengan reel bitcasting dan reel trolling, sedangkan reel underhand adalah reel spinning.

2. Joran (Rod)

Sumber gambar www.jakartanotebook.com

Joran berguna untuk membantu kamu memancing. Walau ada teknik handline tetapi joran perlu untuk melindungi tangan dari senar pancing. Bahkan kamu lebih banyak menggunakan teknik jika memiliki joran, seperti popping, jigging, skipping, dan casting.

3. Kail

Sumber gambar www.jakartanotebook.com

Kail adalah alat utama dalam memancing. Fungsi utamanya adalah mengaitkan umpan pada kail lalu umpan akan dimakan dan mulut ikan akan tersangkut di kail.

4. Senar

Sumber gambar www.jakartanotebook.com

Selain kail, alat yang penting diperlukan dalam memancing adalah senar. Karena tanpa senar kamu tak akan bisa memancing. Selain itu senar juga bisa menyamarkan umpan di dalam air. Ada banyak karakter serta bahan dalam senar.

5. Pelampung

Sumber gambar langgengpancing.com

Pelampung ini boleh digunakan boleh juga tidak digunakan. Fungsi dasarnya adalah membantu kamu dalam memberikan sinyal jika ada ikan yang mendekati. Pelampung akan bergerak disesuaikan dengan tarikan ikan itu sendiri.

6. Swivel

Sumber gambar www.basstacklemaster.com

Peralatan tambahan yang sering dipakai saat ini adalah swivel. Fungsinya mencegah senar melintir atau kusut karena putaran pergerakan ikan dan air. Senar melintir bisa menyulitkan kamu bahkan bisa putus saat kamu bertarung menangkap ikan yang sudah terkail.

7. Snap

Sumber gambar www.aliexpress.com

Peralatan tambahan dan penunjang yang saat ini mulai dipakai saat memancing adalah snap. Snap ini memudahkan kamu menghubungkan atau memutuskan rangkaian kail dengan senar. Selain itu, snap menyatukan pelampung dengan senar.

8. Timah

Sumber gambar www.fishyforum.com

Kalau kamu menginginkan teknik dasaran, mancing pasiran, atau mancing karangan memerlukan bantuan timah. Timah juga berfungsi sebagai pemberat agar lemparan yang dihasilkan bisa sejauh sesuai target.

9. Stopper

Sumber gambar www.aliexpress.com

Alat ini digunakan untuk memberhentikan laju pelampung saat pancingan berada di kedalaman tertentu.

Sistem Mancing Kolam Pemancingan

Sebelum memulai memancing, ada beberapa sistem yang perlu kamu ketahui mengenai kolam pemancingan. Karena tak semua kolam pemancingan menggunakan sistem yang sama. Ada beberapa sistem yang diterapkan di Indonesia.

Galatama

Sumber gambar www.mancingarena.com

Sistem Galatama adalah sistem yang menerapkan unsur turnamen mancing dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan. Lama waktu memancing, batasan penggunaan rangkai pancing sampai jenis umpan diatur di sistem pemancingan jenis ini. Namun hasil pancingan tak boleh dibawa pulang.

Sistem galatama ini mirip seperti lomba memancing yang lamanya sudah diatur oleh panitia. Nanti di akhir acara ada pembagian hadiah berupa uang. Jumlahnya tergantung dari hasil uang yang terkumpul dari pembelian tiket. Kriteria juara biasanya meliputi ikan terberat, tercepat, ikan merah, sampai total perolehan.

Kolam Pancing Lomba

Sumber gambar banyuurip.desa.id

Sistem ini biasanya digunakan untuk lomba mancing. Sehingga yang datang ke kolam ini dipastikan peserta lomba atau penonton. Biasanya penetapan hari lomba pada akhir pekan. Peserta memang akan menampilkan keterampilan, pengalaman, sampai peruntungannya di kolam ini.

Kriteria pemenang didasarkan pada perolehan terberat per ekor serta waktu perolehan yang lebih dulu didapat.

Empang Borongan

Sumber gambar curvetube.com

Sistem ini sebenarnya adalah empang yang dimiliki petani ikan. Mereka menebar benih lalu dibesarkan di empang tersebut. Setelah ikan mencapai ukuran layak konsumsi, ditawarkan ke pemancing untuk dibeli sesuai harga pasar hasil pancingan tersebut. Harga ini tergantung dari kesepakatan harga borongan. Jika sudah sepakat, para pemancing bisa memulai aktivitasnya di situ.

Kolam Pancing Kiloan

Sumber gambar www.theleader.com.au

Sistem yang dianut kolam pancing kiloan adalah sistem pembayaran tergantung dari berat timbangan perolehan ikan. Pengelola pancing akan menebar berbagai jenis ikan lalu pemancing pun bisa mulai memancing. Kalau kamu adalah pemancing pemula, kolam pancing kiloan sangat bagus sebagai tempat permulaan.

Kolam Pancing Harian

Sumber gambar kentauroi.wordpress.com

Kolam pancing dengan sistem harian ini bisa dikunjungi kapan saja oleh pemancing. Pemancing bisa langsung menempati lapak yang disediakan. Kolam ini pun bisa buka dari pagi sampai malam bahkan 24 jam. Mengasah teknik memancing di sini juga merupakan tempat ideal.

Tempat Memancing Oke di Jakarta

Berikut adalah tempat memancing yang direkomendasikan jika kamu berada di Jakarta.

1. Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

Sumber gambar www.kabarmancing.com

Memancing di Pantai Indah Kapuk berada di Pemancingan Galatama PIK. Tempat pemancingan ini berdiri dari tahun 1990an. Kamu bisa memancing ikan kemudian mendapatkan uang dari hasil

2. Tiga Warna, Danau Sunter, Jakarta Utara

Sumber gambar foto.kompas.com

Pemancingan Galatama di Tiga Warna ini berada di kawasan Danau Sunter. Ada 24 lapak yang disediakan di sini. Ada sekitar 5 ton ikan yang berada di kolam ini.

3. Empang Kuning, Jakarta Barat

Ikan lele bisa kamu dapatkan dengan leluasa di Empang Kuning. Lokasinya berada di Jalan Duku Komplek Qoriah Tobiah, Srengseng. Atau bisa juga di Telaga Ungu dekat Pasar Kembang untuk mendapatkan hasil pancing ikan lele.

4. Mina Buana, Meruya, Jakarta Barat

Sumber gambar www.umpanikanmas.com

Kalau di rumah senang masak ikan mas, paling pas datang ke Pemancingan Mina Buana. Lokasinya berada di belakang kampus Mercubuana.

5. Galatama MBAU, Jakarta Selatan

Sumber gambar www.kabarmancing.com

Galatama MBAU atau Pancoran Indah berada di kawasan militer. Yaitu perumahan Markas Besar Angkatan Udara. Kawasan pemancingan yang strategis ini berada di Jalan Raya Pasar Minggu, Kompleks Triloka ex MBAU, Jakarta Selatan.

6. Pemancingan Galatama di BBI, Jakarta Selatan

Sumber gambar www.kabarmancing.com

Kalau ingin hasil pancingan yang beragam bisa menuju pemancingan galatama di BBI perikanan. Alamatnya berada di Jalan Moh. Kahfi 1 Ciganjur, Jakarta Selatan.

7. Telaga Mina, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur

Sumber gambar magazine.job-like.com

Pemancingan ini berada di dalam wilayah Taman Mini Indonesia Indah. Kolam ikannya berukuran 1.000 meter persegi. Selain itu pemancingan ini juga selalu ramai terutama di hari libur.

8. Telaga Cibubur, Jakarta Timur

Sumber gambar magazine.job-like.com

Tempat pemancingan ini merupakan pemancingan galatama yang berada di Bumi Perkemahan Cibubur. Ada 98 lapak mancing di sini. Kamu pun tak perlu takut kehabisan spot untuk memancing.

9. Pemancingan Puspita, Jakarta Timur

Sumber gambar magazine.job-like.com

Kalau kamu ingin sensasi memancing kemudian langsung makan, bisa ke Pemancingan Puspita. Spot mancing dan restoran lesehan disediakan dalam satu tempat. Alamat pemancingan puspita di Jalan Kukila Rata Blok C46, Pondok Gede, Jakarta Timur.

From our editorial team

Nikmati pengalaman memancing yang menyenangkan di lokasi yang berbeda

Ternyata banyak juga lokasi pemancingan yang bisa dikunjungi. Tak ada salahnya memilih lokasi pemancingan yang lebih jauh dari rumah. Ajak serta teman yang juga memiliki hobi yang sama untuk mendapatkan momen memancing yang menyenangkan. Jangan lupa juga melengkapi peralatan memancing agar bisa mendapatkan tangkapan yang memuaskan.

Tag