8+ Inspirasi Kado Sederhana Untuk Ayah Yang Menghangatkan Hati (2018)

8+ Inspirasi Kado Sederhana Untuk Ayah Yang Menghangatkan Hati (2018)

Sudahkah kamu menunjukkan rasa apresiasi kamu terhadap ayah? Meskipun ayah tidak pernah meminta balasan untuk jerih payahnya, alangkah senangnya ayah kalau ia mendadak diberikan sebuah hadiah kecil saat pulang dari kerja. Kalau kamu setuju tapi masih bingung, simak saja rekomendasi BP-Guide berikut!

Di hari spesialnya, inilah inspirasi yang bisa kamu gunakan

Ayah selalu menjadi panutan bagi anak-anaknya. Sebagai tulang punggung keluarga sekaligus pencari nafkah yang tak pernah kenal lelah, sudah selayaknya kamu menghormati dan menghargai jasa-jasa beliau.

Melihat kehebatan ayah dan tanggung jawabnya yang mulia, alangkah baiknya jika kamu menyiapkan kejutan manis di hari spesialnya untuk menunjukkan betapa kamu menyayangi ayah.

Namun ada kalanya memilih kado untuk ayah terasa cukup sulit. Karena sebagai pencari nafkah, pada dasarnya ayah mampu membeli apapun yang diinginkannya dengan harga berapapun.

Nah, buat kamu yang masih kebingungan memilih kado untuk ayah, beberapa saran dari BP-Guide berikut ini bisa kamu jadikan inspirasi.

Tips mencari kado sederhana untuk ayah

Sebelum membungkus dan memberikan kado sederhana untuk ayah, sebaiknya kamu menyimak tips-tips dari BP-Guide dalam mencari kado yang tepat untuk ayah kamu.

  • Tentukan budget.
    Budget memegang peranan penting dalam pemilihan kado. Tentunya kamu tidak mau kan, kalau sampai berhutang segala. Alih-alih membuat ayah senang, jika ketahuan kamu terlalu memaksakan diri, tentunya beliau akan kecewa. Sebaiknya sesuaikan budget dengan dana yang kamu miliki, atau kamu juga bisa patungan dengan saudara-saudaramu yang lain. Karena bagaimanapun juga, yang terpenting bagi ayah adalah ketulusan dari pemberian sederhana anak-anaknya.
  • Pilih hadiah yang berhubungan dengan pekerjaannya.
    Sebagai seorang pekerja, pasti ada beberapa barang yang beliau butuhkan. Coba amati kira-kira apa yang sangat dibutuhkannya untuk menunjang pekerjaannya sehari-hari.
  • Sesuaikan dengan hobinya.
    Dalam satu keluarga, tentunya kamu sudah hafal dong kebiasaan dan hobi ayah. Misalnya saja ayah kamu adalah seorang hobiis bonsai, maka gunting kebun dan sarung tangan baru akan cocok kamu berikan di hari ulang tahunnya.
  • Berikan sedikit kejutan.
    Misalnya saja meletakkannya diatas meja makan atau memasukkannya ke dalam tas kerja beliau sembari menyisipkan secarik kartu ucapan selamat ulang tahun. Dan sebagai sentuhan akhir, kamu beserta saudara-saudaramu kompak mengucapkan selamat ulang tahun ketika ayah pulang kerja.

Inspirasi kado sederhana untuk ayah

Foto & Pigura

Kapan terakhir kali kamu berfoto bersama keluarga? Saat kamu masih TK? Atau ketika masih SD?

Kamu yang telah mulai beranjak remaja menuju dewasa, sudah pasti jarang menikmati kebersamaan dengan keluarga seperti dulu.

Untuk mengungkapkan tanpa kata bahwa kamu masih tetap anak ayah dan ibu, ajak saja mereka berfoto bersama, lengkap dengan saudara-saudaramu yang lain. Abadikan momen indah kebersamaan kalian yang mulai jarang dirasakan, ke dalam sebuah foto keluarga.

Untuk melengkapinya, kamu bisa membingkai foto keluarga tersebut dengan pigura atau frame gantung unik dari Anawoods yang bisa kamu dapatkan di Qlapa.com dengan harga Rp. 250.000 saja.

Foldover Fob

Sumber gambar www.pinterest.com

Kunci rumah, kunci pagar, kunci mobil, sampai kunci lemari mungkin selalu menemani ayahmu kemanapun beliau pergi. Dan bunyi gemerincingnya yang khas bisa jadi cukup berisik hingga terdengar sampai ke rumah tetangga.

Untuk membebaskan ayah kamu dari suara gemerincing kunci yang mengganggu, kamu bisa memberikan foldover fob sebagai kado sederhana namun unik untuk ayah tercinta.

Pilihannya pun cukup beragam, baik yang impor atau buatan lokal.

Seperti misalnya foldover fob dari Thrux Lawrence yang bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga kurang lebih Rp. 260.000. Dengan bahan kombinasi bahan kulit dan metal yang berkualitas, foldover fob ini dapat digunakan untuk menyusun kunci-kunci agar tidak berisik ketika dibawa. Varian warna hitam dan cokelatnya akan nampak elegan jika digunakan oleh ayah.

Untuk pilihan yang lebih terjangkau, kamu bisa memilih foldover fob buatan lokal dari Waku yang bisa kamu dapatkan di Qlapa.com dengan harga kurang dari Rp. 100,000. Desainnya cukup sederhana namun terkesan elegan dan mampu memuat 4-6 buah kunci.

Leather Travel Wallet

Sumber gambar www.imgrum.org

Salah satu benda yang tak pernah lupa untuk selalu dibawa selama bepergian adalah dompet. Dan karena sering dibawa kemana-mana, tak heran jika dompet merupakan benda yang cepat lusuh.

Salah satu jenis dompet unik yang bisa kamu jadikan kado untuk ayah tercinta adalah dompet bepergian yang terbuat dari kulit atau leather travel wallet. Warna hitam, cokelat, atau abu-abu dapat kamu jadikan pilihan untuk melengkapi penampilan ayah kamu baik dalam suasana formal maupun santai.

Rekomendasi dari bp-guide adalah Natural Carang Key Wallet dari Trevally yang bisa kamu dapatkan di maskoolin.com dengan harga Rp. 250.000. Desainnya yang elegan dengan buckle yang kuat dan gagah akan membuat ayahmu tampak elegan.

Dompet ini terdiri dari 1 slot utama dengan 1 slot tambahan di belakang untuk menyimpan karcis atau uang receh.

Sweater Rajut Personalised

Kado sederhana lainnya yang lebih menyentuh serta terasa personal adalah sweater rajut buatan sendiri. Meski memakan banyak waktu dan membutuhkan kesabaran, jerih payahmu akan selalu dirasakan oleh ayahmu saat ia mengenakan sweater rajutanmu.

Harganya pun relatif murah, karena kamu hanya memerlukan 3 - 4 gulung benang dengan kisaran harga Rp. 17.000 hingga Rp. 80.000 per gulungnya tergantung jenis dan bahan benang.

Namun jika kamu tak mahir atau bahkan buta tentang rajut-merajut, tetapi tetap ingin memberikan sweater terbaik untuk ayah, kamu bisa memesannya secara custom dengan desain kamu sendiri di serbarajut.com dengan harga yang tentunya disesuaikan dengan tingkat kerumitan desain serta bahan yang digunakan.

Bicycle Brake Disc Clock

Sumber gambar www.instructables.com

Jam dinding! Siapa yang tak mengenalnya. Jika dulu hanya berfungsi sekedar menunjukkan waktu, kini jam dinding juga berfungsi untuk mempermanis tampilan ruangan dengan desainnya yang unik dan cantik.

Namun jika ingin menghadiahkan jam dinding unik yang terkesan klasik, tentunya kamu harus merogoh kocek dalam-dalam dan bisa jadi harganya yang terlampau mahal sulit terjangkau olehmu yang masih harus minta uang jajan ke orangtua.

Tapi tenang saja, karena ada cara lain untuk menghadirkan jam dinding klasik tersebut. Kamu tinggal memanfaatkan cakram rem sepeda bekas yang tak terpakai.

Untuk jarum jam nya, kamu bisa memanfaatkan kaleng bekas yang dipotong, diluruskan dan dibentuk menyerupai anak panah. Tinggal mengecat dan merangkai dengan mesin jam dibalik pusat gir roda, jam dinding unik buatanmu pun selesai sudah.

Selain unik dan lebih berkesan karena merupakan buatanmu sendiri, kamu pun cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 20.000 saja untuk membeli mesin jam. Tak akan ada yang menyangka jika kado keren yang kamu berikan untuk ayah, terbuat dari bahan-bahan yang murah meriah.

Dopp Kit

Sumber gambar gravityelement.com

Jika ibumu sering menggunakan tas tangan untuk bepergian atau arisan, maka ayahmu pun memerlukan sebuah tas serbaguna yang disebut dopp kit. Tas praktis ini berfungsi untuk menyimpan berbagai barang kebutuhannya yang tidak berbentuk pipih, seperti misalnya grooming set, alat komunikasi, kunci, bahkan dompet.

Sesuai sifat dasar pria yang suka segala sesuatu yang praktis, dopp kit ini akan memudahkan ayah kamu dalam menyimpan serta membawa barang-barang tersebut dalam berbagai kesempatan.

Beberapa mens dopp kit yang kami rekomendasikan adalah Green Argo Dopp Kit dari Gravity Element yang bisa kamu dapatkan seharga Rp. 165.000. Terbuat dari bahan polyester yang anti-air serta dilapisi busa, dopp kit ini juga dilengkapi dengan strap dan sling ekstra yang bisa dilepas dan memudahkan untuk dibawa.

Adapun rekomendasi lainnya adalah dopp kit dari Koing yang bisa kamu dapatkan di Qlapa.com. Karena terbuat dari kulit sapi premium, tak heran jika harganya pun relatif cukup mahal, yakni sebesar Rp. 398.000.

Leather Tablet Case

Sumber gambar www.neighbourlist.com

Ayah kamu memiliki tablet baru untuk menunjang pekerjaannya. Dan kamu yang telah menabung sekian lama untuk membelikan kado untuknya, bisa menggunakan uang tabunganmu untuk membeli aksesori berupa casing untuk melapisi tablet ayah agar tidak mudah tergores.

Casing tablet berbahan kulit bisa menjadi pilihan yang tepat. Seperti misalnya mug leather tablet case dari Saddap Leather Goods yang bisa kamu dapatkan di Qlapa.com seharga Rp. 689.000 saja.

Dengan dimensi 26 x 20 x 3 cm, casing tablet ini juga dilengkapi dengan 1 slot smartphone, 3 slot kartu, 1 slot tempat pulpen, 1 slot charger, 1 slot gantungan kunci, dll.

Ikat Pinggang Classic Vintage

Sebagai seorang pekerja yang dituntut untuk selalu berpenampilan rapi, tentunya ikat pinggang tak pernah lepas dari penampilan sehari-hari ayah kamu. Coba perhatikan, kapan terakhir kali kamu lihat ayah kamu mengenakan ikat pinggang yang baru? Atau jangan-jangan ikat pinggangnya telah mulai usang?

Nah, kalau begitu inilah saat yang tepat untuk membelikan ikat pinggang baru yang terkesan klasik dan bernuansa vintage untuk ayah tercinta.

Meski cukup sederhana, bukan berarti kamu bisa asal-asalan memilihnya. Tentunya kamu juga mau kan kalau kado sederhana pemberianmu bisa bertahan lama.

Ciri ikat pinggang yang berkualitas baik adalah tahan goresan kuku dan tidak mudah retak saat direnggangkan. Jahitannya pun rapat dan tidak mudah putus.

Salah satu ikat pinggang klasik yang BP-Guide rekomendasikan adalah Herbert & Brothers yang bisa kamu dapatkan seharga Rp. 350.000 di Qlapa.com

Rustic Chess Set

Sumber gambar www.pinterest.com

Jika ayah kamu merupakan seorang penggemar permainan catur, mungkin kamu bisa memberikan sebidang papan catur yang unik dan terkesan vintage.

Seperti misalnya table and chess set dari Fangorn's Furniture yang bisa kamu dapatkan di Qlapa.com. Namun karena bentuknya yang unik dan sangat menekankan pada keindahan warna serta detail kayu alami, harganya pun relatif cukup mahal, yakni sekitar Rp. 1.300.000.

Karena cukup mahal, sebaiknya kamu patungan dengan saudara-saudaramu yang lain. Lagipula meski kado ini untuk ayah, nantinya kalian juga bisa memainkannya bersama-sama.

Jangan biarkan kado kamu sia sia begitu saja, bungkus dengan istimewa supaya makin spesial

Setelah mendapatkan kado yang tepat untuk ayah, agar makin terasa istimewa, sebaiknya kamu membungkusnya dengan cara yang tidak biasa.

Karena bungkus yang unik dengan isi kado yang menarik akan membuat ayah kamu tersentuh dan terharu akan kerja kerasmu dalam memberikan kado untuknya.

Kamu bisa mendesain kertas kadomu sendiri dengan menambahkan beberapa hiasan atau gambar diatas permukaan kertas kado, atau mungkin membuat kotak kado dengan bentuk yang berbeda.

Sebagai pemanis, beberapa tangkai bunga kering atau seutas pita dapat mengubah penampilan bungkus kado secara dramatis.

Kado istimewa harus diiringi dengan ucapan yang istimewa

Kado dan bungkusnya telah selesai, namun sebuah kado akan menjadi kurang bermakna jika tak diiringi dengan ucapan tulus.

Seorang ayah yang telah banyak berkorban bagi keluarga, layak menerima ucapan terimakasih yang begitu besar dari anak-anaknya. Buat ayahmu terharu dan berikan mood-booster untuk menemaninya menjalani hari dengan beberapa ucapan istimewa berikut ini.

  • "Ayah, terima kasih telah memberi kami atap untuk berteduh, rumah yang hangat, serta makanan yang nikmat. Namun diatas itu semua, terimakasih telah menjadi panutan kami semua dan mendidik serta melindungi kami sejak kami masih kecil hingga saat ini. Selamat ulang tahun ayah."
  • "Selamat ulang tahun ayah. Terima kasih atas didikan dan cinta tanpa syarat darimu selama ini. Meski sebentuk kado sederhana ini tidak seberapa dibanding pemberian ayah di seumur hidup kami, namun ini mewakili rasa sayang serta rasa terima kasih kami untuk ayah.
From our editorial team

Terima kasih, Ayah..

Sesungguhnya memberikan sebuah hadiah untuk ayah tercinta tidak harus menunggu datangnya hari-hari spesialnya. Sebuah mini surprise atau hadiah kecil di hari-hari biasa juga bisa membuat hari tersebut terasa spesial untuknya. Siapa sih yang tidak senang kalau usaha kerasnya dihargai?

Tag