Kamu Suka Bernyanyi? 10 Tips Ini Bisa Bikin Suaramu Semakin Bagus saat Menyanyi Tanpa Fals

Kamu Suka Bernyanyi? 10 Tips Ini Bisa Bikin Suaramu Semakin Bagus saat Menyanyi Tanpa Fals

Bernyanyi bukan hanya sekadar hobi, namun telah menjadi profesi yang dapat mendatangkan banyak rupiah. Sayangnya, hal-hal kecil yang tampaknya sepele kurang diperhatikan bagi seorang penyanyi. Tahu-tahu suaranya tiba-tiba fals atau pun hilang. Duh, jangan sampai, ya. Nih, coba perhatikan tips dari BP-Guide agar suaramu semakin bagus saat bernyanyi.

Punya Suara Fals? Nggak Usah Khawatir, Kamu Bisa Latihan Vokal, Kok!

Sumber gambar okezone.com

Memiliki suara merdu yang indah dan nikmat ketika didengar memang bukan hasil yang dicapai tanpa usaha. Suara yang kurang tepat ketika membidik nada atau fals adalah salah satu masalah yang dialami oleh kamu yang gemar menyanyi.

Nada yang kurang tepat tersebut membuat lagu yang kamu nyanyikan terasa kurang enak ketika didengarkan. Akhirnya kamu akan merasa minder dan tak percaya diri ketika diminta untuk tampil menyanyikan lagu di depan banyak orang.

Tahukah kamu ternyata suara yang fals bisa diatasi dengan latihan? Ya, kamu bisa melakukan latihan vocal secara rutin untuk memperoleh suara yang indah, merdu, dan nikmat ketika mendendangkan sebuah lagu.

Tahukah Kamu, Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Bisa Berpengaruh Terhadap Suara

Sumber gambar news.indotrading.com

Tidak hanya latihan vokal terus-menerus saja yang bisa membuat suaramu menjadi merdu dan nikmat ketika didengar. Beberapa orang berpendapat bahwa makanan dan minuman merupakan hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin memiliki suara yang indah.

Ternyata untuk memperoleh suara yang prima, seorang penyanyi harus menjaga kesehatan tubuhnya dengan memperhatikan jenis makanan dan minuman yang mereka konsumsi.

Inilah Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Agar Suara Bagus

Hindari Makanan yang Berminyak

Sumber gambar sulselekspres.com

Makanan berminyak pada dasarnya memang tak terlalu bagus untuk kesehatan tubuh, terutama tenggorokan. Kandungan minyak yang berlebihan pada makanan yang kamu konsumsi bisa meningkatkan suhu pada tenggorokan. Akhirnya tenggorokanmu akan mengalami disfungsi pita suara.

Selain makanan berminyak, beberapa produk minuman atau makanan, seperti susu dan produk olahan susu juga wajib kamu hindari. Produk olahan susu bisa meningkatkan produksi lendir sehingga kamu akan terus menerus berdehem dan tenggorokanmu terasa tak nyaman.

Makanan lain yang perlu kamu hindari adalah kacang dan keripik. Kedua makanan tersebut akan membuat bibirmu mudah mengering. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kenyamananmu saat bernyanyi. Jadi, perhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi ya!

Hindari Minuman Dingin

Siapa yang tak tergoda dengan minuma dingin saat cuaca panas? Nah, jika kamu ingin kualitas suaramu saat bernyanyi tetap prima, maka hindarilah minuman dingin. Suhu dingin yang dibawa oleh minuman yang kamu konsumsi akan membuat suhu tenggorokanmu menurun. Suhu yang menurun ini akan membuat pita suaramu mengeras dan kehilangan elastisitasnya sehingga suaramu akan cenderung fals saat bernyanyi.

Makanan Pedas

Sumber gambar www.okedok.co.id

Pita suara adalah bagian dari tenggorokan yang sangat mudah terpengaruh oleh berbagai perubahan, seperti perubahan suhu, makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta faktor biologis. Makanan yang pedas adalah jenis makanan yang bisa meningkatkan suhu tenggorokan. Peningkatan suhu pada tenggorokan akan memicu terjadinya disfungsi pita suara.

Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Sumber gambar loop.co.id

Beberapa minuman yang harus kamu hindari untuk mempertahankan kualitas suaramu saat bernyanyi, ialah minuman dengan kandungan kafein dan alkohol. Kandungan kafein dan alkohol pada minuman yang kamu konsumsi akan membuat tingkat elastisitas suaramu menjadi menurun.

Elastisitas pita suara sangat terpengaruh oleh kadar cairan tubuh yang ada di tubuhmu, apabila kamu sering mengonsumsi jenis minuman tersebut, cairan pada tubuhmu akan menurun drastis. Tidak hanya kualitas suaramu saja yang tak prima, tubuhmu juga akan kehilangan banyak cairan, dan mengalami dehidrasi.

10 Tips Agar Suara Bagus ketika Menyanyi

Hindari Kafein, Rokok, dan Alkohol

Sumber gambar www.naturalwellness.com

Apabila kamu termasuk perokok aktif, maka pertimbangkanlah kembali kesehatan tenggorokan dan sistem pernapasanmu. Bernyanyi adalah aktivitas yang sangat erat hubungannya dengan sistem pernapasan sehingga kamu harus menghindari rokok maupun asapnya.

Risiko yang akan kamu dapatkan adalah iritasi pada pita suara, jika kamu tetap memaksakan tenggorokanmu untuk tetap merokok saat latihan vokal rutinmu.

Beberapa jenis minuman yang kerap kali dikonsumsi mengandung kafein, bahkan alkohol. Hal tersebut kurang baik untuk seorang penyanyi, terutama pita suaranya. Kafein dan alkohol bisa menarik air keluar dari dalam tubuh, serta menghilangkan pelumas pada lipatan pita suara. Akhirnya suara yang kamu hasilkan tak maksimal dan kesehatan tenggorokan serta paru-parumu sangat dipertaruhkan.

Selain menghindari rokok, kafein, dan alkohol, kamu juga perlu menjaga kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Di samping latihan vokal secara rutin, kamu sangat perlu menjaga tubuh, supaya bisa bernyanyi dengan maksimal.

Hindari Minuman dengan Suhu Berlebihan

Sumber gambar panduanhidupsehat.com

Pita suara memang sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Untuk mendapatkan dan menjaga kualitas suara agar tetap merdu, kamu perlu memperhatikan suhu minuman yang akan kamu minum. Minuman dengan suhu yang berlebihan, seperti terlalu panas dan terlalu dingin bisa membuat pita suaramu terganggu.

Lebih baik, kamu memilih minuman dengan suhu suam-suam kuku atau air hangat untuk menjaga kesehatan pita suara dan tenggorokanmu. Perhatikan jumlah air mineral yang kamu konsumsi setiap harinya. Minumlah 7 hingga 8 gelas air mineral setiap hari untuk menghindari dehidrasi.

Jangan Berada di Lingkungan Udara yang Buruk

Sumber gambar tribunnews.com

Udara adalah elemen penting bagi manusia karena sangat berpengaruh pada sistem pernapasan. Ruangan ber-AC, suhu terlalu panas, dan kelembapan udara yang rendah bisa membuat tenggorokanmu cepat kering. Sebisa mungkin, hindarilah berkegiatan di ruangan AC maupun keluar di malam hari. Hal tersebut akan memicu kerusakan pita suara akibat terganggunya proses pelumasan.

Selain menghindari lingkungan dengan kualitas udara yang buruk, seperti ruangan ber-AC, lingkungan penuh asap, dan polusi, kamu juga bisa melakukan beberapa hal lainnya. Beristirahat dengan cukup dan menghindari minuman manis sebelum shop akan sangat baik untuk kesehatan tenggorokan dan pita suaramu.

Dapatkanlah Hidrasi yang Cukup

Sumber gambar www.mesinkemasan.co

Lipatan pada pita suara perlu dilumasi dengan lendir supaya bergetar dan meghasilkan suara. Suara yang merdu dihasilkan oleh pita suara yang dilumasi dengan cairan lendir secukupnya. Pelumasan ini memerlukan air putih dengan jumlah yang cukup, setidaknya dua liter setiap hari.

Selain menjaga kesehatan pita suara dan memperlancar proses pelumasan, air putih akan menjaga kondisi ginjal dan fungsi jantung. Jumlah konsumsi air putih atau air mineral yang kamu konsumsi juga akan menghindarkanmu dari dehidrasi.

Hindari Asam Lambung Tinggi

Sumber gambar asamlambung.org

Asam lambung merupakan zat penting yang diperlukan lambung untuk mencerna makanan, tetapi kondisi asam lambung yang tinggi bisa mempengaruhi pita suara.

Sifat korosif pada asam lambung dapat merusak pita suara dan menyebabkan masalah pada jantung dan paru-paru. Untuk mendapatkan vokal yang prima, kamu harus mempertahankan kondisi asam lambungmu.

Dengan makan teratur, olahraga yang cukup, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan menghindari beberapa jenis makanan dan minuman, serta memperbaiki gaya hidup dan pola makan, akan membuat kondisi asam lambungmu tetap baik dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Jangan Memaksa Pita Suara

Sumber gambar inanesia.com

Pita suara yang terus menerus dipaksa untuk menjerit, berteriak, bahkan menyanyikan lagu dengan nada tinggi terus menerus, akan membuat tenggorokanmu terasa lelah dan suaramu akan terdengar serak.

Untuk menjaga kondisi pita suara supaya tetap prima dan bersuara merdu, kamu bisa melakukan latihan vokal atau pemanasan terlebih dahulu. Bernyanyilah dengan santai supaya suara yang kamu hasilkan enak didengar, ringan dan enak didengar.

Untuk melemaskan pita suara, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut di pagi hari, yaitu senam mulut dan lidah d ipagi hari untuk pernapasan dan sirkulasi udara yang lebih baik. Bisa dilakukan di kamar mandi atau saat dalam perjalanan ke tempat kerja. Lakukan humming atau cooing untuk pemanasan suara di pagi hari.

Jika hendak melakukan aktivitas suara yang kompleks ataupun pemanasan teknik bernyanyi yang kompleks, lakukan pemanasan yang sederhana terlebih dahulu. Ulangi pemanasan beberapa kali dalam sehari untuk menghindari ketegangan otot leher, bahu, dan rahang. Saat selesai aktivitas, lakukan pendinginan dengan cara yang serupa dengan pemanasan.

Ingat, apabila tenggorokanmu sudah terasa lelah dan suaramu sudah mulai terdengar parau, berikanlah waktu untuk istirahat. Waktu istirahat yang kamu berikan untuk tenggorokan dan pita suaramu akan membuat suaramu kembali rileks setelahnya.

Jangan Terlalu Sering Membersihkan Tenggorokan

Sumber gambar vemale.com

Banyak orang yang gemar membersihkan tenggorokan, namun tahukah kamu bahwa membersihkan pita suara sama halnya dengan menggosoknya? Sebaiknya jika kamu kerap kali batuk, sinus, dan penyakit yang berhubungan dengan lambung dan sistem pencernaan, kamu bisa menghubungi dokter dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Jika dibandingkan dengan membersihkan tenggorokan untuk mendapatkan suara yang merdu, kamu bisa membuat ramuan untuk menjaga kesehatan tenggorokanmu. Berikut adalah ramuan untuk mendapat suara merdu. Bahan-bahannya adalah 2 buah jeruk nipis, seujung kuku kapur sirih, 1 sendok madu asli, garam secukupnya.

Cara pembuatannya, yaitu potonglah dua buah jeruk nipis masing-masing menjadi dua bagian, kemudian peras seluruh bagian dan ambil airnya saja. Campurlah kapur sirih, sedikit garam, dan satu sendok makan madu. Ramuan siap dinikmati.

Minumlah ramuan ini sampai habis, kamu bisa membuat ramuan ini sekali seminggu. Buatlah ramuan ini secara rutin minimal selama dua bulan berturut-turut. Untuk menjaga kualitas suara yang merdu dan nikmat ketika didengar, berlatihlah dengan giat

Jagalah Otot Tenggorokan dan Leher

Sumber gambar vemale.com

Menjaga kondisi pita suara agar tetap prima berarti menjaga seluruh bagian tenggorokan dan leher. Meskipun sedang bernyanyi dengan nada yang naik dan turun, usahakan tenggorokan dan otot lehermu tetap rileks. Hindari memiringkan dan menundukkan kepala ketika bernyanyi.

Hal ini akan membuat otot tenggorokanmu menjadi tegang dan berpengaruh pada kemampuan jangkauan vokalmu dalam jangka panjang. Latihlah vibra yang kamu miliki. Ketika kamu bernapas, pita suara akan terbuka dan udara akan lewat tanpa menghasilkan suara namun apabila kamu hendak bersuara, pita suaramu akan bergetar untuk menghasilkan bunyi.

Nah, jadi yang disebut vibra adalah saat di mana kontraksi pada pita suara berlangsung akibat adanya getaran. Untuk mendapatkan vibra yang indah, kamu perlu berlatih teknik dan vokal secara rutin. Caranya, ambil sikap menyanyi sesantai mungkin.Pilihlah satu lagu dan nyanyikanlah dengan bidikan nada yang tepat. Usahakan memilih lagu yang tik bernada terlalu tinggi.

Ketika bernyanyi, rasakanlah udara yang mengalir dari dalam ke luar melalui pita suara atau tenggorokanmu. Kamu akan merasakan tenggorokanmu bergetar, berfokuslah dan coba dapatkan vibra secara natural. Hindari membuat vibra yang berlebihan dengan menggerakkan bagan tenggorokan. Hal tersebut akan membuat energimu terkuras habis saat bernyanyi serta membuat suaramu menjadi tidak stabil.

Jika kamu sudah berhasil merasakan vibrasi, aturlah secara perlahan sesuai dengan ekspersi dan keperluan lagu yag kamu nyanyikan. Vibra yang indah dan nikmat ketika didengar terbentuk secara natural dan stabil. Kamu tidak perlu membuat vibra secara berlebihan, jadi berlatihlah pelan-pelan dan sabar.

Rajinlah Berolahraga

Sumber gambar dokter.id

Olahraga adalah kegiatan penting yang harus dilakukan oleh semua orang, termasuk kamu yang gemar menyanyi. Dengan berolahraga, kekebalan tubuhmu akan meningkat dan tidak mudah sakit. Hal ini akan berpengaruh dengan kondisi kesehatanmu saat bernyanyi.

Selain itu, olahraga secara rutin dapat membuat pernapasanmu menjadi lebih kuat dan panjang, tentu saja hal tersebut sangat berguna untukmu. Kamu bisa memilih beberapa olahraga ringan, seperti renang, lari, dan bersepeda.

Latihlah Pernapasan Dalam

Sumber gambar merdeka.com

Pernapasan dalam merupakan hal yang terus dilatih oleh para penyanyi. Hal ini akan berguna ketika kamu bernyanyi. Untuk melatih pernapasan dalam, kamu harus mencoba pernapasan paru-paru dan diafragma dengan mengambil udara dalam-dalam dam mengeluarkannya sampai habis.

Latihlah pernapasan dalam secara rutin sambil duduk, berdiri, bahkan berbaring. Jika kamu mengambil posisi duduk dan berdiri, kamu bisa menempatkan rangan di artas perutmu dan memaksa keluar semua udara yang kamu hirup. Apabila kamu mengambil posisi berbaring saat latihan, kamu bisa meletakkan sebuah buk di dadamu hingga buku tersebut tak bergerak.

Sebagai tips tambahan, kamu perlu melatih vokal dengan nada yang tinggi. Diawali dengan minum air putih hangat sebelum latihan vokal dan melakukan pemanasan dengan menyanyikan lagu dengan nada yang tak terlalu rumit. Selanjutnya kamu bisa meneruskan dengan latihan tangga nada dari rendah ke tinggi dan sebaliknya.

Ulangi latihan tersebut secara terus-menerus hingga pita suaramu semakin elastis dan melebar. Setelah dirasa cukup, barulah kamu bisa mulai berlatih vokal dengan menyanyikan lagu-lagu dengan nada rumit yang rendah dan tinggi.

From our editorial team

Latihlah Suaramu Secara Rutin

Jika bernyanyi bukan hanya sekadar hobimu, maka cobalah berlatih untuk lebih giat lagi. Terutama soal mengatur napas yang sangat diperlukan saat kamu bernyanyi. Beberapa teknik bernyanyi pun harus kamu kuasai. Namun, yang paling penting dari itu semua adalah sejauh mana kamu dapat menjiwai setiap lagu yang kamu lantunkan.