Mudah Kok, Ini Lho 3 Tips dan Cara Membuat 9+ Kerajinan Tangan 3 Dimensi Kreatif!

Mudah Kok, Ini Lho 3 Tips dan Cara Membuat 9+ Kerajinan Tangan 3 Dimensi Kreatif!

Membuat anak untuk mulai belajar kreatif tidak terlalu sulit sebenarnya. Anda harus menemukan cara yang tepat. Salah satunya, membuat kerajinan tangan 3 dimensi. Apa saja idenya? Yuk, simak yang berikut ini!

Kerajinan tangan 3 dimensi yang sederhana membuat anak makin kreatif!

Penting sekali loh melatih kreativitas anak sejak dini. Luangkan sedikit waktu Anda untuk bermain bersama si kecil. Anda bisa menanamkan cara berpikir kreatif ini dengan pendekatan melalui pembuatan kerajinan tangan.

Jika anak sudah terbiasa kreatif maka ini bisa berpengaruh juga pada perkembangan psikologisnya. Anak jadi tak pantang menyerah dan gigih dalam mencari solusi atas permasalahan yang ia hadapi. kreativitas anak ini perlu didukung secara penuh maka dari itu sebagai orang tua hendaknya kita meluangkan waktu untuk membimbing putera dan puteri kita.

Tak perlu lah membuat kerajinan tangan yang terlalu rumit. Anda bisa pilihkan kerajinan tangan mudah yang tak butuh banyak alat untuk membuatnya. Bahannya ambil yang ada di sekitar saja. Anda bisa bikin kerajinan tangan 3 dimensi sederhana yang unik dan pastinya bikin anak makin kreatif.

Tips membuat kerajinan tangan 3 dimensi agar hasilnya sempurna

Hindari menggunakan bahan yang murah dan mudah rusak

Untuk menghasilkan kerajinan tangan memang dibutuhkan kreativitas. Makin kreatif kita maka makin bagus hasil yang kita peroleh. Gunakan bahan yang ada di sekitar kita namun jika ingin maksimal hasilnya pastikan menggunakan bahan yang kokoh.

Jangan menggunakan bahan murah dan mudah rusak. Murah boleh saja namun pastikan kualitas bahannya oke. Jika kerajinan mudah rusak hanya karena pemilihan bahan kurang tepat maka akan mengurangi nilai jual produk kerajinan 3 dimensi tersebut bukan?

Selalu perbarui teknik membuat kerajinan anda

Hasil yang sempurna pada kerajinan tangan tentu dibutuhkan usaha yang tak simple. Memang membuat sesuatu sendiri itu menyenangkan dan mengasyikkan namun tentu saja perlu usaha dan biaya serta teknik membuat yang tepat.

Jangan hanya terpaku pada teknik yang dicontohkan saja. Usahakan untuk berpikir out of the box karena pembuatan kerajinan tangan bertujuan untuk melatih kreativitas Anda. Cobalah beberapa teknik baru dalam pengaplikasian kerajinan tangan 3 dimensi. Dengan begitu pastinya Anda akan dapat produk kerajinan yang sempurna.

Banyak mencoba dan banyak belajar

Menghasilkan kerajinan tangan tak selalu mudah apalagi jika memang belum terbiasa. Ya, membuat kerajinan tangan memang merupakan sesuatu yang harus dibiasakan. Jika sudah terbiasa maka benda sepele seperti kertas koran bekas pun bisa disulap jadi barang bernilai seni tinggi.

Kunci utama dari kerajinan tangan 3 dimensi yang baik dan bagus adalah ketelatenan. Anda butuh banyak belajar dan banyak mencoba. Usahakan memiliki lebih dari satu sumber belajar agar Anda bisa makin kreatif.

Model kerajinan tangan 3 dimensi yang banyak dicari

Bunga Kertas 3D

Sumber gambar caraaslan.blogspot.co.id

Kalau sedang iseng Anda bisa mengajak anak untuk membuat kerajinan tangan 3 dimensi yang satu ini. Model bunga kertas 3 dimensi ini unik dan pastinya bisa untuk menghias ruangan juga. Cara membuatnya mudah saja. Anda tinggal menyediakan kertas origami dan gunting, lalu memulai langkah-langkahnya!

Pertama ambil kertas origami lalu lipat jadi dua vertikal. Lanjut dengan melipat salah satu sudut bawah untuk membuat segitiga. Kemudian, lipat lima lapisan yang sama agar menjadi kelopak dari bunga sakura ini. Ulangi cara ini untuk bagian belakang kertas origami yang dilipat. Potong segitiga kecil melalui semua lapisan atau lipatan yang telah dibuat tadi.

Ingat saat menggunting usahakan potongannya melengkung pada kertas yang menghubungkan 2 segitiga. Gabungkan kelopak bunga sakura dengan menekannya bersamaan. Beri segitiga kecil di awal tadi dan jadi deh bunga sakuranya.

Angsa

Bersama si kecil buatlah kerajinan tangan 3 dimensi yang mudah. Anak akan belajar cara menjadi kreatif dengan melihat apa yang dicontohkan orang tua. Yuk bikin angsa dari kertas origami. Siapkan kertas origami dan spidol serta pengggaris dan cutter.

Pertama, lipat kertas origami secara diagonal lalu lipat sudut atas bawah sehingga sudut bertemu garis tengah. Kemudian lipat lagi dan lipatlah sedikit sedikit bagian sudutnya. Setelah itu, lipat kedua sisi atas bawah ke belakang sehingga berhimpitan.

Buat kepala angsanya dengan melipat ke atas. Lalu jangan lupa buat mulut angsanya juga ya, tinggal melipatnya saja kok. Buat juga ekornya dengan melipatnya. Gunakan pensil dan spidol untuk membuat mata angsa.

Bunga Kertas 3D

Sumber gambar masfikr.com

Yuk coba membuat bunga kertas 3 dimensi yang utuh dari bunga hingga daun dan kelopaknya. Anda dan buah hati bisa memajang hasilnya pada ruang tamu dan diletakkan dalam vas bunga. Untuk itu yuk siapkan kertas warna merah 20 x 20 cm. Lalu butuh juga kertas hijau ukuran 4 x 4 cm dan ukuran 4 x 16 cm.

Bagian Bunga

  • Ambil kertas warna merah dan lipat dua satukan atas dan bawah.
  • Lalu Anda bisa lipat sisi atas dan bawah kertas menuju ke tengah kertas.
  • Kemudian lipat kembali bagian kertas diantara lipatan yang sudah dibuat sama besar.
  • Ulangi langkah di atas untuk sisi vertikalnya.
  • Anda harus melipat bagian atas kertas menuju ke lipatan pertama dari bawah.
  • Baliklah kertasnya dan lipat ke atas.
  • Dari samping kiri lipat kertasnya ke lipatan pertama yang ada di bagian kanan.
  • Balik lagi kertasnya dan lipat pada bekas lipatan kertas yang sudah ada dari bagian kanan.
  • Balik lalu pertemukan ujung kertas bagian kiri atas pada garis pertemuan pertama yang dekat dengan ujung kanan bawah kertas.
  • Tekan lipatan kertas pada bagian kiri sampai ke tengah kertas.
  • Buka kertas dari lipatan yang baru dibuat putar 90 derajat berlawanan arah jarum jam.
  • Ulangi langkah hingga 4 sudutnya sama.
  • Lipatlah kertas dengan pola yang sudah ada dan lipat bagian atasnya lalu pertemukan dengan sisi bawah.
  • Rapikan keempat sisinya lalu sisihkan sementara kita membuat daunnya.

Bagian Daun

  • Ambil kertas ukuran 4 x 4 cm dan lipat diagonal.
  • Lipat juga diagonal kanan dan temukan di sisi bawah kertas lalu ulangi di lipatan sisi sebaliknya.
  • Di langkah berikutnya lipat bagian atas kertas menuju bawah dan lakukan pada sisi lain.
  • Lanjut dengan melipat kertas mengikuti pola dan buka kertasnya.
  • Lipat sedikit sudut kiri kertas biar lebih mirip daun.

Bagian Batang Bunga

  • Ambil kertas ukuran 4 x 16 cm dan gulung dari salah satu ujungnya.
  • Sampai di tengah kertas selipkan daun yang sudah dibuat lalu lanjut menggulung hingga akhir kertas.
  • Beri lem supaya gulungan tak lepas.

Nah selesai deh dan sekarang tinggal menyatukan batang dan bunganya ya. Selipkan sedikit bagian batang ke bawah bagian bunga dan tekuk sehingga bentuknya terlihat seperti setangkai bunga mawar. Buat lagi mawar dan daun serta bunga sebanyak yang diinginkan.

Lavender

Sumber gambar www.youtube.com

Kali ini kita akan mencoba membuat bunga Lavender. Dengan warna ungunya yang cantik bunga ini bakal terlihat keren banget meski kita bikin dari kertas. Siapkan gunting dan lidi serta selotip daun. Anda juga butuh lem kayu dan kertas origami ukuran 12 x 12 ya.

Langkah pertama, bagi kertas origami jadi 2 bagian sama lebar. Ambil salah satu bagiannya lalu lipat 2 dan potong berumbai rumbai. Kemudian ambil lidi dan lilitkan di ujung lidi sampai kertasnya habis. Lalu rekatkan dengan lem di ujung bawahnya. Selanjutnya, tekan ujung kelopak biar menggembung dan bunganya tampak mengembang. Terakhir, ambil selotip daun dan lilit agar lidi tertutup rapi.

Kupu-kupu

Sumber gambar sarungpreneur.com

Bikin kerajinan tangan 3 dimensi yuk. Tak perlu yang rumit krena yang mudah banyak kok. Salah satunya pembuatan kerajinan tangan 3 dimensi berbentuk kupu ini. Hasilnya bisa digantung untuk menghias kamar. Sediakan kertas origami ukuran 15 x 15 dan pita tipis dengan panjang 17 cm.

  • Lipat kertas jadi diagonal untuk membuat segitiga.
  • Lalu lipat zigzag mulai dari tengah atas hingga tengah garis.
  • Ulangi langkah diatas untuk bagian sisi kertas lainnya. Kemudian buat satu lagi kertas dengan tekukan yang sama persis dengan yang tadi.
  • Selanjutnya Anda perlu mengikat 2 kertas yang sudah dilipat menggunakan pipa warna.
  • Ikat tengahnya dan tekuk hingga mirip antena kupu.
  • Buka kertas di sebelah lipatan agar tampak menyerupai sayap kupu.
  • Buat kembali kupu dengan aneka warna kesukaan.
  • Rangkai kupu dengan memasukkan pita warna ke bagian tengah kupu. Bisa dipakai untuk hiasan sekat rumah atau menghias jendela.

Hiasan Gantung Spiral

Sumber gambar hidupsimpel.com

Selain kertas origami kerajinan tangan 3 dimensi bisa dibuat dari bahan lain. Misalnya saja sedotan warna warni yang cantik. Anda bisa bikin hiasan gantungan model spiral yang bisa untuk hiasan rumah juga. Sediakan sedotan warna warni dengan tiap warnanya 15 biji ya dan benang sulam. Persiapkan jarum dan gunting serta lem tembak.

  • Siapkan jarum yang sudah diberi benang lalu tusuk pada tengah sedotan.
  • Jika semua sedotan sudah tersambung di benang lalu tinggal pakai lem tembak untuk merekatkannya pada sedotan hingga membentuk spiral.
  • Beri lem di ujungnya saja tepat di tempat benangnya ditusukkan. Lakukan hingga sedotan habis.
  • Dan gantungan spiral dari sedotan bisa dipasang di kamar anak deh.

Wind Chime

Sumber gambar www.zonakreatif.com

Lonceng angin merupakan hiasan rumah yang unik. Bisa bersuara saat tertiup angin dan dipercaya bisa membawa keberuntungan. Bisa dibuat dari beragam alat dari yang ringan seperti tutup botol sampai dari kayu dan alumunium. Kali ini kita akan membuat wind chime dari tutup botol bekas. Tentu Anda perlu saringan dan benang juga kawat. Selain itu Anda butuh gunting dan bor serta paku dan palu.

  • Pertama Anda harus melubangi sisi tutup botol pakai bor.
  • Potong benang dengan panjang sesuai selera dan potong lebih dari satu.
  • Rangkailah tutup botol pada benang kemudian ikat di saringan.
  • Lanjut dengan membuat rantai dan ring dari kawat untuk wind chime. Gunakan sisa benang yang tadi untuk membuatnya.
  • Gantung wind chime di tempat yang sekiranya anginnya kencang.

Tas Bungkus Kopi

Saat ini makin banyak produk daur ulang yang menguasai pasar. Ini memang digalakkan untuk mengurangi sampah dan limbah yang ada. Dengan memanfaatkan limbah, maka lingkungan jadi lebih bersih dan Anda jadi punya barang baru hasil kreativitas. Salah satunya bungkus kopi bisa dijadikan tas. Anda butuh banyak bungkus kopi dan gunting. Selain itu butuh juga jarum dan benang serta furing dan resleting.

  • Buang bagian atas bawah bungkus kopi dan buat hingga bungkus terbuka di kedua sisi.
  • Lanjut dengan mencuci semua bungkus dan menjemur hingga kering.
  • Potong bungkus kopi jadi 2 dan lipat 1 cm ke dalam di ujung atas dan bawah.
  • Anda butuh 1000 lipatan dan ini bisa dihasilkan dari 500 bungkus kopi.
  • Lanjut dengan menganyam lipatan menjadi model baling baling.
  • Buat sudut tegak vertikal agar bisa dianyam ke arah atas.
  • Jangan lupa buatlah tali tas dengan lipatan yang tersisa membentuk segitiga.
  • Gabungkan segitiga yang satu dengan yang lain dan jahit seperti mata rantai.
  • Kemudian Anda tinggal menjahit tali tas pada tas dan jahit bagian furing dalam tas.
  • Terakhir pasang resleting pada furing dan tas siap dipakai.

Tempat Pensil

Sumber gambar sapakabar.blogspot.co.id

Ajak si buah hati lebih kreatif dengan membuat tempat pensilnya sendiri. Anda bisa memanfaatkan botol bekas yang ada untuk hal ini Siapkan gunting dan setrika serta aksesoris seperti pita atau origami.

Pertama, ambil botol bekas dan potong 1/3 dari botol tersebut. Lalu ratakan ujung botol yang barusan dipotong menggunakan setrika. Terakhir, hiaslah botol dengan origami atau pita sekreatif mungkin

Snowflake

Sumber gambar www.marthastewart.com

Snowflake mudah dibuat dan hasilnya bagus. Anda dan buah hati bisa mencoba kerajinan tangan 3 dimensi ini dirumah. Siapkan kertas 22 x 28 cm dan gunting untuk membuat prakarya satu ini.

  • Lipat selembar kertas jadi dua menjadi horizontal.
  • Lipat kedua sudut kertas ke tengah membentuk segitiga dan lipat ke tengah sekali lagi.
  • Selanjutnya lipat salah satu sisi segitiga sebesar kurang lebih sepertiga ukurannya ke dalam dan lakukan pada sisi satunya.
  • Peganglah kertas dengan posisi ujung lancipnya menghadap ke bawah.
  • Selanjutnya lipat dua hingga kertas berbentuk layangan panjang.
  • Anda harus memotong kertas secara melintang dengan sedikit melengkung.
  • Silahkan mulai menggunting kepingan saljunya dengan pola yang sederhana.
  • Buka semua lipatan dengan hati hati agar tak sobek., dan kepingan salju Anda sudah jadi deh.
From our editorial team

Kerajinan tangan 3 dimensi mudah dibuat dan mengesankan

Lihat kan, tidak sulit untuk membuat kerajinan tangan 3 dimensi untuk anak. Hasilnya, selain mendapatkan prakarya yang indah, Anda juga akan membuat anak lebih kreatif dan mandiri. Nah, tunggu apalagi? Yuk segera siapkan bahan-bahannya dan mulai menemani anak membuatnya!

Tag