Ragam Kerajinan Tangan Murah dan 8 Karya Mudah Dibuat dari Bahan Kain Flanel (2018)

Ragam Kerajinan Tangan Murah dan 8 Karya Mudah Dibuat dari Bahan Kain Flanel (2018)

Membuat kerajinan tangan adalah hal yang bisa melatih kreatifitas dan imajinasi Anda. Lebih dari itu, juga bisa menjadi penambah penghasilan sampingan. Salah satu bahan yang bisa Anda jadikan bahan kerajinan adalah kain flanel. Berikut BP-Guide mengulas kerajinan apa saja yang bisa Anda buat dari kain flanel.

Kerajinan Tangan Flanel Untuk Meningkatkan Kreativitas

Kain flanel menjadi jenis kain yang sering diolah dan dibuat menjadi berbagai jenis kerajinan tangan. Penyebab seringnya kain flanel dipilih sebagai bahan utama adalah harganya yang murah, tekstur kain mudah dibentuk dan mudah mendapatkannya.

Jadi, oleh ibu rumah tangga yang sering membuat usaha sampingan membuat kerajinan tangan, kain flanel menjadi pilihan utama. Mudah dibuat dan menambah penghasilan bagi ibu-ibu dan kaum hawa yang bisa membuat karya seni dari rumah sendiri.

Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan kreatifitas Anda menjadi lebih baik dengan membuat sebuah karya seni atau kerajinan tangan ini. Jadi, selain bisa mengembangkan kreatifitas Anda, kesejahteraan Anda juga bisa meningkat, loh.

Berbagai Jenis Kain Flanel Untuk Kerajinan Tangan

Kain flanel memiliki berbagai jenis yang memiliki tekstur berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Masing-masing jenis kain, juga memiliki keunikan untuk dibuat berbagai macam jenis kerajinan tertentu.

Apa saja jenis kain flanel yang bisa Anda gunakan? Berikut BP-Guide mengulasnya untuk Anda.

Kain Flanel Akrilik

Sumber gambar blog.ndangdut.com

Kain flanel pertama yang biasa dipilih adalah kain flanel akrilik. Kain satu ini dibuat dari bahan baku serat plastik atau sering pula disebut akrilik. Cirikhasnya terlihat dari kepadatan kain, dan mudah berbulu.

Kain ini biasanya dijual seharga Rp 21.000 untuk ukuran 100 x 96 cm. Semakin mahal harganya, maka akan semakin baik pula kualitasnya.

Kain Flanel Bamboo

Sumber gambar dekranas.id

Kain flanel selanjutnya adalah flanel bamboo. Bahannya adalah serat bambu dan serat kayu, sehingga alami dan eco friendly. Kain ini juga mudah terurai alam, sering digunakan menjadi bahan sepatu bayi dan sebagainya.

Sayangnya, jenis kain ini sulit ditemukan di Indonesia. Tapi, Anda bisa memesannya di pasar luar negeri lewat online. Harganya sekitar $6 atau Rp 81.000 untuk ukuran 50 x 55 cm.

Kain Flanel Blend

Sumber gambar zobivi.com

Jenis kain yang satu ini, bahannya merupakan campuran wool dan rayon. Setiap jenis kain memiliki persentase bahan yang berbeda, juga memiliki banyak warna. Kain yang satu ini disebut-sebut sebagai kain flanel yang paling halus dan mewah.

Kain ini sering digunakan sebagai bahan untuk sarung bantal ruang tamu, karena bisa memperindah dekorasi rumah. Harganya sekitar Rp 80.000 untuk ukuran 15-30 cm.

Kain Flanel Polyester

Sumber gambar dekranas.id

Jenis kain flanel yang satu ini sedikit mirip dengan flanel acrilyc. Hanya saja, bahannya lebih mengkilat karena bahannya adalah poliester. Produk ini biasanya dijual seharga Rp 20.000 per 90 cm.

Bahan yang satu ini paling mudah ditemukan di Indonesia, setelah flanel akrilik. Juga merupakan salah satu kain flanel paling awet.

8 Referensi Kerajinan Tangan Flanel Populer

Sumber gambar sumbercenel.com

Ada banyak yang bisa dibuat dari bahan kain flanel, misalnya buket bunga, dan lain-lain. Sering juga dibuat menjadi seperti boneka yang lucu. Berikut BP-Guide memberi referensi apa saja yang bisa Anda buat dari bahan kain flanel. Simak, yah.

Alas Cangkir / Gelas

Sumber gambar www.fatinia.com

Hiasan pertama yang bisa Anda buat adalah tatakan gelas. Tentunya, hiasan ini bisa mempercantik tampilan dari gelas Anda dan lebih menarik. Selain itu, fungsi lainnya adalah menghindari adanya bekas dari gelas dan cangkir yang berisi air panas di atas gelas tersebut.

Selanjutnya, Anda perlu mempersiapkan bahan seperti kain flanel, benang sulam, gunting, jarum jahit, pensil dan pola yang diinginkan. Pola yang disediakan ada dua yakni pola dasar dan pola isi.

Khusus untuk pola dasar, bisa dibuat dengan bentuk persegi yang diberi potongan gerigi di bagian sisinya. Kemudian, buat pola lain yakni pola isi dengan kain flanel yang dipercantik dengan sulaman. Lem dengan lem tembak yang kuat. Lalu, tempelkan kedua pola tersebut. Sekarang tatakan gelas sudah siap digunakan.

Tempat Tisu

Sumber gambar hidupsimpel.com

Kerajinan selanjutnya yang bisa Anda buat adalah tempat tisu. Kain flanel bisa menghias tempat tisu menjadi lebih menarik, sehingga hiasan ruang tamu Anda juga menjadi lebih menarik. Pertama, siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan, antara lain gunting, kertas, pensil, lem, lem bakar, penggaris, kain flanel, hiasan dan tempat tisunya.

Pertama, tempat tisu, baik yang berbentuk bulat maupun kotak bisa Anda gunakan. Kali ini, kita coba menghias tempat tisu yang berbentuk bulat. Kemudian, kita gambar dulu kreasi kita, salah satunya berbentuk krim. Lalu, buat polanya di kertas, atau bila Anda yakin bisa langsung menggambarnya di kain flanel.

Setelah selesai, Anda bisa menempelkan kreasi tersebut ke tempat tisu. Tambah hiasan lain agar lebih menarik, seperti bentuk strawberry, kiwi dan sebagainya untuk memberi kesan topping di atas krim. Gunakan lem yang kuat agar tidak mudah lepas.

Ornamen Lucu Berbentuk Ayam

Sumber gambar www.fatinia.com

Anda bisa membuat hiasan berbentuk unggas dengan hiasan kain flanel. Semakin kreatif Anda membuatnya, maka akan semakin baik hasilnya. Anda hanya perlu mempersiapkan kain flanel bermacam warna, lem, jarum jahit, benang, gunting, kapas dan aksesoris hiasan boneka, seperti mata mainan dan sebagainya.

Kemudian, Anda bisa membuat gambar seperti bentuk hati (love) lalu buat menjadi bentuk ayam. Sekarang, Anda tinggal menjahit dengan sebaik mungkin, masukkan kapas ke dalamnya. Lalu, terakhir berikan tambahan mata, sayap, kaki, dan jambulnya.

Langkah terakhir, tambahkan gantungan kunci agar bisa digunakan di tas, dompet atau di kunci Anda.

Boneka Jari

Sumber gambar tokopedia.com

Anda mungkin ingin lebih dekat dengan anak Anda, lewat kisah atau cerita dongeng yang menarik dan memuat pesan moral yang baik, bukan? Nah, berceritalah lewat boneka jari.

Cara membuatnya, siapkan kain flanel aneka warna sesuai selera Anda. Lalu, siapkan pula lem lilin, pensil, kertas, manik-manik, alat jahit, tusuk sate dan dakron.

Pertama, untuk membuat bagian kepala, Anda bisa menggunting kain flanel sesuai pola, lalu berikan dua buah mata dan jahit. Kemudian, gabungkan kedua bagian kepala tersebut, lalu jahit dengan tusuk feston. Sisakan sedikit lubang jahitan untuk memasukkan dakron, hingga penuh, lalu jahit sekali lagi. Anda bisa memberi tambahan flanel di bagian kepala tersebut seperti bentuk cangkang telur, lalu tempelkan.

Setelah bagian kepala selesai, sekarang giliran membuat badan. Membuat badan lebih mudah, Anda hanya perlu menggunting sesuai pola, lalu jahit dengan tusuk festoon, biarkan bagian bawah tanpa jahitan untuk memasukkan jari. Langkah terakhir, gabungkan bagian kepala dengan badan.

Bunga dari Kain Flanel

Sumber gambar www.fatinia.com

Pilihan karya kreatif dari kain flanel selanjutnya adalah bunga hias. Bunga hias menjadi salah satu karya paling diminati dari kain flanel karena indah, unik, tidak mudah berdebu juga tidak layu. Untuk membuatnya, Anda memerlukan bahan-bahan seperti kain flanel dengan warna yang disesuaikan dengan kesukaan Anda, lalu benang yang warnanya sama atau senada dengan kain flanel, gunting, lem, jarum, jangka dan penggaris.

Cara membuatnya, pertama bentuk kain flanel berbentuk lingkaran, agar bulatannya semakin sempurna, Anda bisa menggunakan jangka. Gunting secara perlahan, agar lingkarannya indah dan sempurna. Lalu, kain tersebut digunting secara spiral, agar terlihat seperti racun nyamuk bakar. Anda tinggal menggulungnya dengan rapat, sehingga berbentuk seperti bunga yang indah. Rekatkan dengan lem tembak, lalu kuatkan lagi dengan jahitan yang kuat. Nah, sekarang bunga dari kain flanel Anda sudah bisa dijadikan hiasan.

Ornamen Gantungan Kunci

Sumber gambar hidupsimpel.com

Gantungan kunci lainnya yang unik dari kain flanel bisa dengan mudah Anda buat, juga bisa diproduksi dalam jumlah banyak loh. Anda bisa memulainya dengan membuat pola di kertas, atau langsung di kain flanel Anda. Bentuk yang dipilih bisa motor, mobil, rumah atau apa saja sesuai selera Anda.

Bahan yang Anda butuhkan, antara lain kain flanel, dacron, manik-manik, kain perca, rantai kecil, pensil, gunting dan lem kuat. Cara membuatnya,setelah Anda menggambar sketsa di kertas atau di kain flanel, segera gunting dan dari sketsa beri jarak sekitar 1 hingga 2 cm untuk tempat menjahit. Gunting dua buah, sehingga Anda sekarang memiliki dua sketsa yang sama dengan bahan kain flanel.

Sekarang, gabungkan dan jahit di bagian yang sudah dilebihkan tadi, setelah terjahit setengah hentikan dulu untuk memberi jalan memasukkan dacron. Setelah diisi dengan dacron dalam jumlah pas, lanjutkan lagi menjahitnya. Tambahkan rantai gantungan kunci, dan tambahkan aksesoris di kain tersebut agar semakin lucu.

Bantal / Guling

Sumber gambar ibumuda.web.id

Anda bisa juga membuat bantal dan guling Anda dengan kain flanel agar semakin menarik, loh. Apalagi, karena teksturnya yang lembut, bantal dan guling Anda menjadi lebih nyaman digunakan.

Cara membuatnya cukup gampang, siapkan kain flanel, gunting, jarum dan benang, serta dakron. Mulailah dengan menggunting kain flanel sepanjang 60 cm dan lebar 30 cm. Atau, Anda bisa juga mengguntingnya sesuai selera Anda, tergantung ingin sebesar mana ukuran bantal dan guling Anda.

Jahit sebagian menggunakan tusuk feston, lalu isi dengan dakron. Setelah terisi penuh, lanjutkan menjahit dakron sehingga semuanya tertutup rapat.

Tempat Pensil / Kacamata

Sumber gambar www.seruni.id

Kali ini yang bisa Anda buat adalah tempat pensil unik berbahan kain flanel. Anda perlu menyiapkan kain flanel, kancing baju, benang jahit, jarum, gunting dan penggaris.

Pertama ukur dulu ukuran tempat pensil dari kain flanel ini, pilih bentuk yang paling Anda sukai. Sekarang, potong dua lembar kain, satu potongan lebih panjang dari satunya lagi. Langkah selanjutnya, Anda perlu memasangkan kancing di kain yang lebih pendek, dengan benang dan jarum. Setelah itu, lanjutkan menjahit dengan menyatukan kedua potongan kain di bagian sampingnya, sampai terlihat benar-benar rapi.

Siapkan sebuah lubang memanjang sebagai tempat kancing mengunci tutup tempat pensil. Kotak pensil dari kain flanel ini sudah bisa digunakan.

From our editorial team

Dengan Manajemen yang Baik, Anda Bisa Mendulang Penghasilan dari Kerajinan Tangan Loh

Kerajinan tangan berbahan kain flanel, saat ini sedang banyak dicari. Lucu dan tahan lama menjadi alasan utama kenapa banyak yang mencari ornamen, aksesoris dan lain-lain berbahan kain flanel. Yuk, untuk mencoba kreatifitas serta keberuntungan Anda, tidak ada salahnya mulai membuat kerajinan dari bahan flanel di rumah.