Yuk, Perluas Wawasan dengan Membaca 8 Rekomendasi Novel Internasional Terbaik di Tahun 2018

Yuk, Perluas Wawasan dengan Membaca 8 Rekomendasi Novel Internasional Terbaik di Tahun 2018

Banyak novel yang bisa membawa pembacanya larut dalam sebuah kisah. Selain novel Indonesia tentunya juga banyak novel internasional yang patut Anda pertimbangkan. Novel internasional akan membawa Anda pada imajinasi yang lebih berwarna. Nah, bagi Anda pecinta novel wajib membaca rekomendasi novel internasional dari BP Guide berikut ini.

Jika Anda bosan dengan novel yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba memulai untuk membaca novel dari berbagai negara. Novel Internasional memiliki banyak genre. Ada cerita romance, fantasy, horor, hingga action. Apa manfaatnya? Selain bisa menambah pengetahuan, Anda juga bisa mempelajari budaya dan kejadian-kejadian yang bisa saja terjadi di luar negeri. Anda bisa mengerti tentang aktivitas dan perilaku apa saja yang biasa dilakukan oleh orang asing. Pilihlah novel yang berbahasa inggris agar kemampuan bahasa inggris Anda semakin bertambah. Kali ini, kita akan membahas beberapa novel Internasional yang bisa Anda coba untuk dibaca. Apa saja? Ini dia pembahasannya.

Amy Bloom, White Houses

Novel yang yang sangat hits pada zamannya ini menceritakan tentang ribuan surat yang mengungkap hubungan Eleanor Roosevelt dan Lorena Hickok. Ia adalah mantan reporter Associated Press yang tinggal di lorong Eleanor secara diam-diam, saat ia menjabat sebagai Ibu Negara Franklin Delano Roosevelt. Novel yang ditulis oleh Amy Bloom menceritakan kisah ini dari sudut pandang “Hick”, ia adalah seorang perempuan yang pernah mengaku jika dirinya adalah orang yang suka merokok dan minum minuman keras. Ia juga berterus terang akan hidup dan pola asuh yang keras. Ia memiliki cinta yang abadi untuk Eleanor. Namun, Eleanor beralih kepada Hick saat 1945 setelah memakamkan suaminya FDR. Cerita ini seakan-akan membawa Anda ke dalam suasana indahnya mencintai seseorang yang memiliki kekuasaan.

Zadie Smith, Feel Free

Novel ini ditulis oleh salah satu novelis yang terkenal di dunia yaitu Zadie Smith. Zadie senang menulis berbagai karya sastra berupa esai panjang terkait bahasa, dunia dan duniawi. Salah satu yang terkenal adalah esai yang ditulis pada masa pemerintahan Presiden Amerika Serikat ke-44, Barrack Hussein Obama. Saat itu Zadie Smith sedang berada di Amerika Serikat dan Inggris, ia kemudian memberi judul tulisannya dengan “Produk dari Dunia Lama”.

Aminatta Forna, Happiness

Novel Happiness ini menceritakan tentang seekor rubah betina kecil dengan warna yang terang sedang melintas ke arah Waterloo Bridge. Saat itu di bulan Februari 2014, seorang psikiater Ghana yang bernama Attila sedang berkunjung ke London dengan tujuan akan melakukan pidato di konferensi tentang PTSD atau post-traumatic stress disorder. Ketika ia sedang menyeberang, ia berpapasan dengan seorang pelari yang bernama Jean. Ia memiliki postur badan yang tinggi dan menjadi seorang ahli biologi satwa liar. Jean terlibat dan ikut andil dalam sebuah studi yang mempelajari rubah kota. Novel ini memiliki cerita dan momen-momen yang menarik. Anda akan menemukan banyak kisah cinta serta perasaan trauma dan potensinya yang dapat menyebabkan kerusakan akan diri sendiri serta orang lain. Novel menarik ini patut Anda baca agar dapat merasakan perasaan depresi yang dialami oleh tokoh pemeran novel. Selain itu, di dalam novel ini juga diselipkan tentang beberapa pengetahuan mengenai penanganan pasca trauma, stres, serta tentang biologi dan zoologi, terutama rubah.

Lorrie Moore, See What Can Be Done

Penulis novel ini adalah Lorrie Moore. Ia adalah seorang penulis dengan karya tulis yang benar-benar ajaib. Moorie memiliki sikap yang kritis dan memiliki koleksi esai budaya yang jelas dan ilmiah. Selain itu, ia juga seorang penulis fiksi yang sering memenangkan penghargaan. Di dalam buku ini, terdapat karya terkenal dari Bobbie Ann Mason, John Cheever, Alice Munro Margaret Atwood, Johb Updike, Don Delillo dan belasan karya unik lainnya. Anda juga akan menemukan beberapa catatan yang apresiatif tentang The Wire yang ditonton nonstop. Di akhir buku, ia menambahkan beberapa penghormatan yang ia tujukan kepada Stephen Stills, lagunya serta generasinya.

Lauren Groff, Florida

Florida merupakan buku yang ditulis oleh Groff. Buku ini menyajikan potret sensual dan ambivalen yang dimiliki Florida. Buku ini menceritakan cerita layaknya dongeng dan cerita mimpi buruk dimana dua saudara perempuan yang ditinggalkan di sebuah pulau di mana yang lebih tua, akan mengawasi yang lebih muda. Anda akan dapat merasakan sensasi takut dan cemas ketika membayangkan bagaimana kisah seorang wanita dan anaknya yang masih muda terdampar di sebuah tempat antah berantah. Cerita ini bisa membawa Anda ke suasana menegangkan, namun tetap asyik, seru dan mengalir. Cerita yang ditawarkan memang sangat menakjubkan sehingga para pembaca akan merasa penasaran dan akan ketagihan membaca hingga akhir.

Denis Johnson, The Largesse of The Sea Maiden

Buku ini ditulis oleh penulis asal Amerika bernama Denis Johnson. Penulis yang meninggal dunia pada bulan Mei 2018 ini mengisahkan novel bergenre scie-fi yang mengagumkan. Novel ini bercerita tentang seorang pria pekerja di bidang periklanan tiba-tiba jatuh miskin. Ia akhirnya pindah dari New York ke San Diego. Di sanalah segala sisi perspektifnya berubah. Novel ini banyak mengandung kisah yang tak terduga. Pada akhir cerita, Anda akan menemukan akhir yang benar-benar brilian. Ada banyak suasana menegangkan yang berkaitan dengan sains dalam buku ini. Imajinasi Anda akan benar-benar dipertaruhkan dengan membaca buku yang satu ini.

William Vollman, No Immediate Danger

Buku ini berisi tentang pemanasan global serta laporan dari dampak tenaga nuklir Jepang. Cerita ini juga digabungkan dengan beberapa kunjungan penulis setelah tsunami dan krisis nuklir di Jepang. Ternyata, judul dari buku ini juga sudah diresmikan dan digunakan oleh pihak berwenang dan pemerintahan di Jepang setelah insiden di Fukushima. Anda akan menemukan beberapa penelitian tentang batubara, minyak bumi, tenaga atom dan gas alam. Cerita ini cocok bagi Anda yang menyukai cerita berunsur sains dan sejarah.

RO Kwon, The Incendiaries

Novel ini ternyata adalah novel pertama yang ditulis oleh RO Kwon. Namun, cerita ini tetap menyuguhkan plot dan alur yang menakjubkan. Novel indah ini memiliki campuran cerita yang eksplosif, sehingga Anda bisa menemukan beberapa kekerasan di dalamnya. Novel The Incendiaries menceritakan tentang 3 orang sarjana yang bertemu di Noxhurst College. Mereka bekerja sebagai aktivis kelompok Amerika yang bertugas untuk memberi bantuan orang Korea Utara yang ingin melarikan diri dari Negeri Ginseng tersebut. Para tokoh sempat diculik oleh mata-mata Korea Utara, melintasi perbatasan ke gulag, serta ada banyak kengerian yang dialami.

From our editorial team

Novel bahasa inggris menambah wawasan internasional

Itulah beberapa novel Internasional yang patut untuk Anda baca. Pilihlah yang berbahasa inggris agar cerita dapat memberikan makna secara jelas. Jika ada kalimat yang kurang paham, Anda bisa mencarinya di google atau kamus. Ini juga bisa menambah wawasan Anda tentang dunia luar serta meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Tertarik untuk membaca?