Hadiah Ulang Tahun Untuk Anak 6 Tahun Yang Top di 2017

Hadiah Ulang Tahun Untuk Anak 6 Tahun Yang Top di 2017

Bagi Anda yang memiliki keponakan atau buah hati berusia 6 tahun, biasanya si kecil sudah siap duduk di bangku sekolah. Siap bersekolah berarti si kecil dianggap punya kapasitas intelektual dan kreativitas yang memadai. Karena itu hadiah untuk ulang tahun si kecil yang ke-6 pun harusnya menunjang proses pembelajaran dan bersifat mendidik. Ingin tahu hadiah seperti apa yang unik dan menarik? Simak saja artikel berikut ini

Usia 6 Tahun, Usia Emas Masa Kanak-kanak

Seorang anak mengalami perkembangan sosial yang paling pesat saat sedang berumur 3 sampai 6 tahun. Anak yang berada dalam rentang usia ini umumnya cenderung aktif & enerjik, gemar mempelajari hal baru di sekelilingnya, dan memiliki keingintahuan yang amat tinggi. Rasa penasaran yang tinggi menyebabkan mereka kerap menanyakan hal-hal yang tidak mereka ketahui, namun mereka belum memiliki kebijaksanaan dan kedewasaan yang cukup sehingga kadang kita sebagai orang dewasa menemui kendala dalam menjelaskannya.

Di usia 6 tahun, anak juga semakin aktif menyerap segala jenis informasi dengan cepat, terutama dalam menghafal kosakata meskipun belum mengetahui arti kata-kata yang mereka ingat tersebut. Salah satu metode yang efektif dalam membantu mereka menyerap informasi dan belajar adalah dengan menggunakan mainan. Penggunaan mainan dapat merangsang otak sang anak dalam mempelajari hal-hal baru sekaligus menjawab keingintahuan dan menumbuhkan kreativitas sekaligus kemandirian si kecil.

Tips Hadiah Ulang Tahun untuk Anak 6 Tahun

Sebagai orang tua, anak merupakan buah hati kesayangan kita, sehingga tentu kita akan berusaha merayakan ulang tahunnya setiap tahun hingga dia dewasa nanti. Nah, seorang anak yang berusia 6 tahun pasti antusias dalam merayakan hari ulang tahunnya, karena ia tahu akan mendapatkan hadiah dan pesta yang mengasyikkan.

Namun, sebaiknya Anda perlu memperhatikan pemberian hadiah karena tidak semua hadiah cocok untuk anak yang masih berusia 6 tahun. Dalam memilih hadiah untuk anak kecil, sebaiknya Anda pilih hadiah yang dapat mendidik atau memacu perkembangan kreativitas dan kemampuan sosial mereka. Tidak semua mainan bersifat mendidik, contohnya anak sekarang mungkin senang diberi hadiah berupa iPad, namun hadiah itu justru dapat menghambat perkembangan sosial mereka karena mereka akan sibuk sendiri dengan gadgetnya. Belum lagi apabila mereka dapat mengakses internet tanpa pengawasan dan mengetahui hal-hal yang tidak sesuai dengan usia.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan selain itu adalah resiko munculnya bahaya. Anak berumur 6 tahun umumnya belum memahami bahaya, misalnya mereka mungkin akan memasukkan benda kecil ke dalam mulut lalu menelannya, atau memecahkan/merusakkan benda-benda yang rapuh. Kalau hanya mainanannya yang rusak masih tidak apa-apa, tapi bagaimana kalau si kecil terluka karena pecahan mainannya sendiri? Pasti tidak ada orang tua yang ingin hal itu terjadi pada buah hatinya, 'kan? Untuk menghindari semua resiko itu, pilihlah kado mainan yang bersifat edukatif dan tidak terlalu rumit yang disesuaikan dengan umur si anak.


Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun Anak 6 Tahun

Para ahli mengatakan bahwa anak dibawah umur 7 tahun memiliki imajinasi yang tinggi dan umumnya mereka senang membayangkan atau bermain-main dengan imajinasi mereka. Kita mungkin masih ingat ketika kita sendiri masih kecil, saat seusia mereka kita mungkin sering berkhayal menjadi pangeran, koboi atau tentara (bagi anak laki-laki), atau menjadi putri raja, penari, atau pramugari (bagi anak perempuan). Imajinasi seperti itu bagus karena bisa membuat mereka bersemangat menyongsong masa depan dengan beraneka profesi yang berguna bagi masyarakat.

Salah satu cara agar anak bisa belajar lebih banyak mengenai profesi impian mereka dengan menyenangkan adalah melalui mainan.Karena sekarang tersedia ribuan jenis mainan yang bisa dipilih dengan harga sangat bervariasi, kadang kita dibuat sulit dalam memilih hadiah yang cocok untuk anak kita. Tapi tak usah bingung, berikut ini kami sudah siapkan beberapa rekomendasi hadiah yang unik sekaligus mendidik buat si buah hati di rumah.

Mainan Tow Truck

Sumber gambar www.blibli.com

Mainan yang merangsang daya gerak dan sensor motorik anak seperti mobil-mobilan merupakan hadiah yang cocok untuk anak laki-laki. Diantara sekian banyak jenis mobil-mobilan yang Anda pilih, mainan berbentuk mobil derek atau tow truck rasanya cocok untuk diberikan pada anak Anda daripada mobil-mobilan biasa.

Selain lebih menarik, mainan mobil derek memiliki fungsi khusus yang unik yaitu mengangkat dan menarik kendaraan lain. Jadi selain mengenalkan anak dengan fungsi kendaraan bermotor yang berbeda dari biasanya sekaligus mengenalkan aneka jenis mobil. Selain itu, mainan mobil derek yang bisa dibongkar pasang juga melatih kemampuan motorik halus pada anak-anak sehingga menjadi lebih terampil.

Untuk pilihan mainan, ada Mini Tow Truck berbahan plastik dengan warna-warni ceria yang bisa langsung Anda beli di Tokopedia.com seharga Rp.65.000. Sudah termasuk obeng mainan untuk mengencangkan baut dan menyambungkan bagian-bagian mobil.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat memberinya mobil derek seri Lego City tahun 2015 ini. Cocok untuk anak berusia 5-12 tahun, mainan ini lebih rumit untuk disusun dan harganya lebih mahal karena memiliki onderdil yang bisa dibongkar-pasang sebanyak total 209 buah. Lego Pickup Tow Truck ini dijual dengan harga Rp.400.000 di Blibli.com dan sudah termasuk aksesoris seperti Lego montir mini dan pengendara, traffic cone, serta mobil-mobilan mini untuk diderek.






Lego X-Wing Star Wars

Sumber gambar www.tokopedia.com

Lego merupakan mainan yang dapat dibongkar pasang dan terdiri dari banyak sekali bagian kecil-kecil yang dapat dibentuk atau disusun sesuai imajinasi kita. Mainan yang satu ini memiliki sifat edukatif dan merangsang kreativitas dan sikap pantang menyerah sebelum berhasil menyelesaikan satu seri Lego. Selain itu, Lego juga dapat dikoleksi karena setiap mainan Lego baru yang anda beli dapat digabungkan dengan seri lain Lego yang sudah Anda miliki. Dengan demikian, Anda dapat menghadiahkan aneka seri Lego bagi si buah hati tanpa harus mengorbankan sisi edukatif dari mainannya.

Untuk rekomendasi, Anda dapat membelikan Lego dari seri Star Wars yang terkenal. Salah satunya adalah Lego X-Wing Resistance Microfighters yang khusus dibuat bagi anak usia 6-12 tahun dengan 87 komponen bongkar-pasang. Lego Microfighters ini sangat aman karena dibuat dengan komponen lebih besar dari Lego biasa untuk meminimalisir resiko tertelan atau tersedak si kecil. Warnanya pun cerah hingga menarik bagi anak kecil dan penyusunannya lebih simpel daripada Lego standar agar anak tidak cepat bosan atau menyerah. Kalau tertarik, Anda bisa langsung membelinya di Tokopedia.com dengan harga hanya Rp 135.000. Terjangkau kan?

Robot Mini

Sumber gambar www.electronickits.com

Melatih anak-anak sejak usia dini dengan permainan rangkaian elektronika sederhana merupakan hal yang baik untuk perkembangan otaknya, karena kebanyakan alatelektronika membutuhkan keterampilan dan kesabaran dalam perakitannya. Salah satu contoh mainn elektronika yang tidak rumit, menghibur tapi sangat mendidik adalah Robot Kit 6 in 1 ini.

Anda juga dapat mengajarkan kepada anak caranya merakit robot secara mudah, dengan menggunakan Robot Kit 6 in 1 Educational Solar Kit ini. Dibuat dari bahan plastik dan digerakkan dengan tenaga surya, mainan edukatif ini memiliki 25 komponen yang bisa dibongkar-pasang untuk mengkreasikan aneka bentuk baru. Dampingi si kecil dalam berkreasi membuat aneka bentuk baru robot mini seperti perahu, mobil, pesawat, hingga anjing yang dapat bergerak dengan bantuan tenaga surya. Soal harga, Anda tidak perlu cemas karena sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp.52.500 di laman Tokopedia.com.


Topeng dan Aksesoris Superhero

Sumber gambar superheroku.com

Semua anak-anak pasti menyukai karakter Superhero seperti Batman, Captain America, Iron Man, dan lain-lain. Tidak jarang juga mereka berkhayal menjadi salah satu dari superhero tersebut ketika bermain sendiri ataupun dengan teman-temannya.

Nah, untuk menyenangkan buah hati Anda, Anda dapat mencoba membuat kostum superhero sendiri dengan tips-tips dibawah ini. Dijamin anak anda akan menyukainya.

Jika Anda tidak ingin repot, Anda juga dapat membeli aneka topeng superhero yang sudah lengkap dengan kostumnya pada laman Blibli.com dan Tokopedia.com dengan harga mulai dari Rp. 35.000. Semua set topeng superhero yang dijual dijamin terbuat dari bahan berkualitas dan awet demi kenyamanan bermain si kecil tersayang.

Tips membuat kostume superhero sendiri:

  • Maksimalkan kreativitas Anda. Tentukan kekuatan super favorit yang disukai anak Anda, berikan warna yang menarik serta beberapa aksesori lalu buatlah kostum tersebut menjadi nyata.
  • Untuk bahan, kain tebal berbulu halus cukup mudah digunakan sebagai bahan kostum. Jangan lupa memakaikan sepatu pada anak Anda dibawah sepatu kainnya.
  • Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bahan spandex, ataupun kemeja dengan warna yang solid dan celana olahraga.
  • Jangan lupa untuk memberikan nama pada pahlawan super ini, lalu cetaklah logo atau namanya pada suatu tempat di kostum yang Anda buat.

Mini Baseball Set

Sumber gambar www.littletikes.com

Permainan olahraga berkelompok merupakan cara yang baik untuk melatih kemampuan olahraga sekaligus sosial anak Anda. Salah satunya adalah dengan permainan olahraga baseball. Anak-anak dapat berlatih saraf motorik dan kemampuan gerak mereka, sekaligus meningkatkan kesabaran dan semangat juang ketika berhasil memukul bola sehingga anak termotivasi untuk berusaha semakin baik.

Untuk mereka yang masih berusia belia, permainan T-Ball set ini dapat digunakan sebagai pengganti permainan baseball. Cocok dimainkan sendiri, bersama teman, ataupun bersama keluarga, permainan T-Ball Set ini dapat Anda dapatkan di tulustoyland.com dengan harga Rp.179.900. Satu setnya sudah termasuk pemukul, bola, dan tiang penyangga.

Nintendo DS

Sumber gambar www.nintendo.co.uk

Nintento merupakan sebuah produsen ternama dalam dunia gaming. Dikenal sebagai kreator konsol seperti Gameboy, Wii, Super Famicom, dan DS, Nintento merupakan sebuah brand yang dikenal semua anak-anak di seluruh dunia.

Salah satu produk Nintendo yang cocok untuk dimainkan anak kecil adalah Nintendo DS. Dengan fitur dual screen dan controller yang user-friendly serta banyaknya pilihan game menarik yang dapat dimainkan, Nintendo DS merupakan konsol gaming terpopuler saat ini sehingga cocok sebagai hadiah untuk anak Anda yang berulang tahun ke 6. Varian terbaru dari Nintendo DS ini adalah Nintendo 3DS yang memiliki fitur kamera dan dapat memainkan game 3D serta peningkatan pada hardwarenya sehingga dapat memainkan game-game terbaru dengan kualitas yang baik. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp.500.000 hingga Rp.1.000.000. tergantung kondisi, desain, dan warnanya. Kalau tertarik, Anda dapat langsung memilih konsol Nintendo DS yang sesuai budget dalam aneka warna ceria di laman Lazada.com.



Mega Bloks

Sumber gambar www.lazada.com.my

Sewaktu kecil, Anda tentu pernah memainkan mainan yang terbuat dari balok yang dapat disusun-susun. Permainan tersebut tampak simpel dan menyenangkan, namun siapa sangka ternyata dibalik kesederhanaannya, ada banyak manfaat dari mainan balok tersebut, salah satunya merangsang perkembangan motorik, kemampuan berpikir, serta imajinasi yang baik.

Salah satu mainan balok susun yang bersifat edukatif dan cocok untuk dijadikan hadiah adalah Mega Bloks. Mega Bloks ini sepintas mirip dengan Lego tapi ada perbedaan pada cara memainkannya yang lebih menekankan detil pada satu adegan kehidupan sehari-hari. Putra-putri Anda bisa memainkannya dengan gembira, karena Mega Bloks ini bersifat uniseks dan ada juga seri Barbie dan Hello Kitty dengan aneka kostum yang pasti disukai si kecil nan centil. Untuk membeli satu set Mega Bloks, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar mulai dari Rp.94.950 pada laman Lazada.co.id. Cukup terjangkau, 'kan?


Ucapan Terbaik Mengiringi Hadiah Terbaik

Sumber gambar blog.ponant.com

Terakhir, sebagai penutup jangan lupa sertai hadiah pada anak Anda dengan ucapan atau doa yang terbaik dari Anda selaku orang tua. Ungkapkan segala harapan Anda pada anak dalam doa tersebut agar sehat selalu, menjadi pribadi yang lebih baik, dan berumur panjang. Kalau ditambah peluk dan cium penuh kehangatan dari Anda sebagai orang tua, pasti buah hati akan semakin bahagia. Jangan malu-malu menunjukkan kasih sayang karena sudah seharusnya putra-putri Anda merasa istimewa di hari ulang tahunnya yang juga istimewa.

Beberapa contoh ucapan yang dapat Anda gunakan adalah:

  • Selamat Ulang Tahun, sayang. Kebahagiaanmu adalah yang terutama bagi kami.
  • Semoga kamu tumbuh semakin sehat, semakin cerdas, semakin bahagia dan semakin sholeh/sholeha.
  • Kami semua sayang kamu. Peluk dan cium hangat buat anakku yang hebat dari Mama dan Papa.
  • Semoga jagoanku makin keren, pemberani, gembira dan selalu sayang Mama dan Papa.
From our editorial team

Best Wishes for the Best Birthday

Bagaimana, BP-Guide Readers di manapun Anda berada? Semoga beberapa rekomendasi terbaru di atas bisa membantu Anda mencari hadiah ulang tahun yang tepat bagi anak usia 6 tahun, ya. Jangan lupa, berikan hadiah yang unik, menarik, dengan tidak melupakan unsur pendidikan di dalamnya. Tanamkan juga nilai-nilai positif yang bermanfaat agar putra-putri Anda tumbuh besar sebagai manusia berkualitas dan bahagia yang aktif berkarya bagi nusa dan bangsanya. Happy birthday and best wishes from us!