Terima Kasih, Ibu Guru! Inilah 8 Kado Perpisahan untuk Ibu Guru yang akan Membuatnya Terkesan (2019)

Terima Kasih, Ibu Guru! Inilah 8 Kado Perpisahan untuk Ibu Guru yang akan Membuatnya Terkesan (2019)

Memberikan kado perpisahan untuk ibu guru yang telah menjadi panutan dan berjasa banyak buatmu tentu tak boleh main-main. Tapi memang sulit untuk mencari sesuatu yang berkesan dan tak terlupakan. Jangan khawatir, BP-Guide punya 8 inspirasi kado perpisahan yang bisa kamu coba!

Kado Perpisahan untuk Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Sosok guru selalu hadir di masa-masa kita sekolah. Sebagai pemegang peranan kunci dalam perkembangan pendidikan di Indonesia, para guru banyak memberikan pengetahuan dan pengalaman pada kita. Tentunya tanpa kehadiran mereka dan ilmu yang mereka turunkan, kamu tidak akan berada di posisimu yang sekarang.

Meski sering disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang mengajar tanpa pamrih dan tak mengharap apapun kecuali kamu berhasil lulus dengan nilai prima, tak ada salahnya kamu memberikan hadiah untuk para guru yang telah berhasil mendidikmu. Momen kelulusan saat kamu harus berpisah dengan para guru bisa menjadi saat yang tepat bagimu untuk memberikan apresiasi pada mereka.

Terima Kasih Ibu Guru, Inilah Kado Istimewa Kami

Selama kamu duduk di bangku sekolah, pasti banyak momen istimewa dan menyentuh hati saat kamu menjadi murid yang menimba ilmu dari gurumu. Nah, kamu bisa mengungkapkan rasa hormat dan terimakasih atas jasa-jasa mereka dengan memberikan kado spesial di hari istimewa tersebut. Jangan sampai kamu menyesal dan kehilangan momen untuk memberi kesan yang baik dengan guru yang kamu sayangi selama masa-masa sekolah.

Hadiah untuk ibu guru tidak harus mahal, karena yang terpenting adalah ketulusan kamu dalam memberikannya. Apalagi jika kamu rajin dan menuruti nasihat-nasihatnya, itu akan mengundang senyum bahagia darinya.

Tips Kado Perpisahan untuk Ibu Guru

Sudah tahu kira-kira kado spesial apa yang mau kamu hadiahkan untuk ibu guru? Atau masih mengira-ngira pilihan apa yang terbaik? Nah, sebelum menentukan kado apa yang akan diberikan untuk mengiringi perpisahan dengan guru, sebaiknya kamu simak tips-tips berikut:

  • Tentukan Budget yang Disiapkan. Hal pertama yang patut dilakukan ketika akan patungan adalah menentukan budget. Karena hadiah ini merupakan patungan, tentunya tidak akan memberatkanmu seorang diri. Setelah ditentukan kisaran rupiah yang akan dikumpulkan dari seluruh peserta patungan, tinggal menunjuk salah seorang penanggung jawab untuk mengumpulkan uang tersebut.
  • Memilih Kado Bersama-sama. Karena ini merupakan kado bersama, tentunya setelah seluruh uang terkumpul, kalian harus berdiskusi bersama untuk menentukan kado apa yang sekiranya dapat terjangkau dengan dana yang ada.
  • Pikirkan Sesuatu yang Unik dan Berkesan. Selama kamu bersekolah tentunya kamu sudah hafal dong kebiasaan guru kamu? Daripada memberikan sesuatu yang tak bernilai, lebih baik berikan sesuatu yang berguna atau yang mudah dikenang olehnya.
  • Think Outside The Box. Cari ide yang menarik dan mengagumkan namun tetap dekat dengan keseharian para guru di sekolah.
  • Tulis Nama & Testimoni. Kejutan manis akan semakin berkesan ketika nama-nama pemberi kado dicantumkan beserta testimoni kenangan selama belajar dibawah bimbingan guru tersebut.

Inspirasi Kado Perpisahan untuk Ibu Guru

Setelah mengetahui tips-tips memilih hadiah perpisahan untuk guru, kamu bisa segera mengeksekusinya untuk mendapatkan kado yang tak terlupakan. Tapi jika kamu masih bingung, tak perlu khawatir karena BP-Guide telah memiliki beberapa ide yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk memilih kado yang cocok bagi sang "pahlawan tanpa tanda jasa".

Jenis-jenis hadiah yang kami rekomendasikan di bawah ini tidak hanya manis dan lucu, namun juga unik, berkesan, dan tentunya tidak pasaran.

Patung Karikatur 3 Dimensi

Sumber gambar www.lazada.co.id

Bagi yang suka dengan kerajinan tangan, tentunya tak asing dengan clay. Jika dulu clay identik dengan tanah liat yang digunakan sebagai bahan tembikar, saat ini telah banyak beredar clay dengan berbagai macam bahan yang digunakan untuk hiasan maupun aksesori.

Mungkin kalian ingat dulu pernah belajar membuat kerajinan tangan ini bersama guru seni rupa. Jadi, tidak ada salahnya dong memberikan hiasan berupa patung mini dari clay dengan bentuk murid-muridnya. Selain manis dan imut, hal ini akan mengingatkan beliau akan saat-saat lucu dan menjengkelkan ketika kelas berantakan akibat kalian berkutat dengan adonan clay.

Kalian bisa membuatnya sendiri dari clay tepung atau pun polymer clay. Namun jika kalian tidak memiliki banyak waktu, kalian bisa memesan Boneka Clay Doll Action Figure Custom dengan harga Rp 302.000 di Lazada.

Mug Custom Bergambar

Sumber gambar www.lazada.co.id

Murid yang nakal, pintar, ataupun yang usil akan selalu dikenang dan sulit dilupakan oleh para guru. Namun seiring berjalannya waktu, ada kalanya beliau lupa akan nama-nama dan wajah kalian.

Supaya beliau tetap teringat akan kenangan manis bersama kelas kalian, kamu bisa memberikannya mug cantik bergambar para murid. Mug dengan sentuhan pribadi ini akan membuatnya spesial ketika ibu guru sedang bersantai menikmati minuman kesukaannya.

Tidak hanya terbuat dari keramik, saat ini telah banyak aneka mug handmade yang terbuat dari aneka bahan. Seperti misalnya Gelas Design Custom yang bisa kamu temukan di laman Lazada. Meski harganya sedikit mahal, namun sangat sebanding dengan kualitas yang diberikan. Kalau kamu ingin langsung memesannya, gelas custom ini dibanderol dengan harga Rp 25.000.

Songket Khas yang Cantik

Sumber gambar songketsilungkang.com

Kalau kamu sering menyimak penjelasan guru, tentunya kamu pun paham bahwa Indonesia kaya akan budaya. Bahkan masing-masing daerah memiliki kekhasan tersendiri. Seperti misalnya kain khas yang berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lain.

Karena keunikan desain dan nilai budayanya, tak ada salahnya menghadiahkan warisan budaya Indonesia kepada guru yang tak lelah mendidik kalian.

Kalau kamu ingin memberi hadiah kain tradisional yang praktis, sekarang sudah banyak tersedia paket songket dan selendang yang dijual dalam satu bundel dengan aneka motif dan bahan yang serasi.

Kamu bisa dapatkan paket songket dan selendang ini dari laman songketsilungkang.com yang menjual aneka songket handmade khas Sawahlunto, Sumatera Barat. Harganya sangat bervariasi jadi bisa kamu sesuaikan dengan budget pribadi, yaitu mulai dari Rp 470.000 hingga Rp 1.400.000.

Piring Bersablon Foto

Sumber gambar www.tokopedia.com

Selama ini piring dengan hiasan sablon foto pasti sering kamu lihat sebagai suvenir wisata, dan hadiah yang satu ini juga bisa jadi pilihan tepat menjelang perpisahan dengan ibu guru tercinta. Kamu bisa menghadiahkan piring keramik berkualitas yang dihiasi sablon foto diri beliau atau foto kenangan bersama teman-teman sekelas.

Untuk memastikan sablon pada piring tersebut berkualitas dan tidak mudah mengelupas, sebaiknya kamu memesan piring bersablon foto pada jasa cetak yang tepercaya.

Kamu bisa memesan piring berhias sablon foto dengan harga terjangkau, hanya Rp 80.000 per piring dengan diameter standar 25 cm di Tokopedia. Hubungi saja nomor kontak 085357450091 untuk keterangan lebih lanjut.

Tapi ingat, jika piring tersebut hanya berfungsi sebagai pajangan dan tidak bisa digunakan untuk makan, jangan lupa mengingatkan guru kamu, ya!

Notebook + Personal Note Custom

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kehidupan guru sebagai seorang pengajar tak pernah lepas dari jadwal yang padat. Baik mengajar di kelas, seminar, maupun kunjungan kerja. Tak jarang ada beberapa aktivitas yang terlupa karena banyaknya kegiatan dan agenda yang dimilikinya.

Sebagai murid yang perhatian, kamu bisa menghadiahkan gurumu sebuah jurnal atau notebook yang bisa beliau gunakan untuk mencatat agenda hariannya. Saat ini ada banyak notebook handmade dengan berbagai tema. Mulai dari yang bersampul batik, bertema floral yang feminin, hingga konsep denim yang chic.

Kamu juga bisa memesan notebook yang sesuai dengan pribadi guru yang bersangkutan di Dream Book ID, Yogyakarta. Kamu bisa dapatkan notebook custom ukuran A5 dengan isi kertas HVS polos seharga Rp 75.000 melalui Tokopedia atau hubungi saja WA : 085799376366 atau email : dreambook•asia@gmail•com

Tumbler Infused Water

Sumber gambar www.tokopedia.com

Air merupakan kebutuhan dasar bagi semua orang. Tak terkecuali guru kamu yang selalu sibuk dengan anak didiknya. Daripada menghadiahi beliau dengan botol minum biasa, kamu bisa memberikan tumbler infused water yang bisa menyajikan air segar dengan ekstrak buah pelepas dahaga saat beliau haus disela-sela kesibukannya yang padat. Apalagi infused water sedang menjadi tren saat ini.

MIsalnya saja produk Botol Minum Infused Water Tumblr PROMISE ME Transparant B01 yang terdapat di Lazada. Harganya Rp 72.000. Botol ini tidak mengandung bahan BPA sehingga aman digunakan. Sungguh kado yang unik, murah namun bermanfaat, 'kan?

Supaya semakin bermanfaat bagi gurumu, berikan racikan infused water berikut ini:

  • Teh hijau, daun mint, dan jeruk nipis yang berguna untuk mengatasi sakit kepala dan flu serta menjaga kesehatan pencernaan
  • Mentimun, jeruk nipis, dan lemon untuk mengatasi kembung dan melancarkan pencernaan
  • Stroberi dan kiwi untuk menjaga kesehatan kardiovaskular serta menyeimbangkan kadar gula darah

Jam Kayu dengan Karikatur

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hadiah perpisahan untuk guru yang tak kalah unik adalah gambar karikatur. Tapi kalau karikatur konvensional mungkin terasa terlalu biasa, bagaimana dengan jam kayu yang dihiasi karikatur wajah? Baik karikatur handmade maupun digital, dengan desain yang pas tentu akan menjadi kejutan yang berkesan.

Dengan kisaran harga mulai dari Rp 150.000 di Tokopedia untuk satu buah jam berukuran standar kamu bisa mendapatkan jam cantik berbagai bentuk yang dihiasi karikatur wajah ibu guru atau para muridnya sebagai kenang-kenangan yang artistik. Kalau penasaran, kamu bisa langsung mendapatkan Kado Unik CUSTOM Jam Dinding Kayu Gambar Wajah/Karikatur/Logo D-30cm dengan menghubungi email customartwork•id@gmail•com.

Prestasi

Dari semua hadiah yang dapat diberikan pada guru, agaknya prestasi yang kamu dan teman-temanmu capai selama ini adalah hadiah yang paling membuatnya bangga. Prestasi tidak hanya mendapat nilai A disetiap mata pelajaran, karena prestasi non-akademik di kegiatan ekstrakurikuler maupun etika dan tingkah kamu yang terjaga pun juga sanggup membuatnya bahagia.

Kenapa? Tentu karena sikap positif, etos kerja yang baik dan sikap pantang menyerah yang berhasil beliau tanamkan dalam diri murid-muridnya adalah bukti keberhasilan ibu guru mendidik generasi baru manusia unggulan.

Jangan Lupa Persiapkan Ucapan Perpisahan Terbaik untuk Guru yang Sudah Membimbing

Selain mempersiapkan hadiah perpisahan untuk guru, ucapan terimakasih jangan sampai lupa diberikan. Karena meski merupakan sesuatu yang sederhana, seringkali kita lupa menyampaikannya. Jangan salah, di antara semua kado yang diterimanya, ucapan terimakasih yang tulus akan sangat berharga dan menjadi sentuhan akhir penuh memori indah bagi ibu guru yang telah berhasil mendidik kita.

Berikut beberapa ucapan yang bisa kamu sisipkan dalam kado pemberianmu :

  • Terima kasih untuk semua dedikasimu, terima kasih untuk semua pengorbananmu, terima kasih untuk semua perhatianmu wahai guruku
  • Bu Guru selalu menjadi yang terbaik, kemana pun kami akan pergi serta apapun yang akan kami lakukan, kami akan selalu tetap mengingat jasamu. Terima kasih Bu guru
  • Kami selalu bersyukur atas apa yang diberikan kepada kami. Guru bukan hanya mengajar kami, akan tetapi juga membimbing kami
  • Jasa-jasamu begitu sangat mulia, kau adalah guru yang terbaik bagi kami sepanjang masa. Nasihat dan juga bimbingan yang tulus darimu, akan selalu kami kenang selama-lamanya

Infografik berikut ini bisa kamu cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Penghormatan untuk Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Sebagai murid berbakti, kado perpisahan untuk guru memang tidak wajib, tapi tetap saja kita harus menunjukkan rasa terima kasih atas pengabdian dan semua bantuan ibu guru selama kita duduk di bangku sekolah. Berikan kado terbaik pilihanmu beserta ucapan terima kasih setulus hati dan jangan lupa berjanji untuk terus memperbaiki diri agar bisa menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa. Pasti ibu guru tersayang akan semakin bahagia karena berhasil mendidik manusia Indonesia yang berkualitas dan berpandangan luas. Terima kasih ibu guru dan sampai jumpa dalam artikel BP-Guide terbaru yang lain!