Bingung Cari Hadiah Buat Dosen? Tengok 13+ Rekomendasi Hadiah Ini Sebagai Ungkapan Terima Kasih kepada Dosen

Bingung Cari Hadiah Buat Dosen? Tengok 13+ Rekomendasi Hadiah Ini Sebagai Ungkapan Terima Kasih kepada Dosen

Momen kelulusan sarjana memang yang paling dinantikan bagi setiap mahasiswa setelah mengalami perjuangan dalam menempuh pendidikan selama kurang lebih empat tahun. Sebagai ungkapan terima kasih, Anda bisa lho memberikan kenang-kenang kepada dosen pembimbing. Kira-kira ngasih apa, ya? Yuk, simak rekomendasinya!

Hadiah untuk Dosen Pembimbing, Salah Satu Cara Menunjukkan Rasa Terima Kasih

Sumber gambar muslim.or.id

Selesai mengerjakan skripsi dan akan lulus menjadi sarjana? Tentu ada tanda terima kasih yang akan Anda berikan pada dosen pembimbing Anda, bukan? Jasa dosen pembimbing yang menjadikan tulisan di skripsi Anda menjadi berkualitas, tentu boleh-boleh saja menjadikan Anda ingin menghadiahkan sesuatu pada dosen Anda.

Apalagi setelah semua urusan dengan dosen Anda berhasil diselesaikan. Tentunya, Anda akan semakin ingin menghadiahkan sesuatu pada dosen Anda. Tapi, kenang-kenangan untuk seorang dosen tentunya tidak bisa sembarangan, bukan? Dalam artikel kali ini, BP-Guide akan memberikan saran dan rekomendasi untuk Anda yang ingin memberikan hadiah pada dosen Anda.

Ungkapan Terima Kasih kepada Dosen Bukan Berarti Bentuk Gratifikasi Lho

Sumber gambar muslim.or.id

Gratifikasi tentunya sudah termasuk dalam tindak pidana korupsi, lho. Pemberian hadiah kepada dosen pembimbing maupun penguji jangan pernah Anda tujukan untuk gratifikasi. Bila Anda lakukan itu sebelum skripsi Anda selesai, maka bisa jadi hal itu justru adalah sebuah gratifikasi, yang ditujukan untuk memuluskan rencana Anda.

Tapi, bila Anda lakukan setelah Anda tamat, tentu saja namanya adalah tanda terima kasih. Apalagi, setelah tamat, Anda akan pulang ke kampung halaman, yang berarti akan menjadikan Anda akan sulit bertemu lagi dengan dosen Anda tersebut. Tentu saja, namanya adalah kenang-kenangan, bukan gratifikasi, ya.

Masih Bingung Mau Memberi Hadiah Apa untuk Dosen? Yuk, Tengok 13+ Rekomendasi BP-Guide

Buku

Sumber gambar juarabuku.com

Kado atau kenang-kenangan pertama untuk dosen adalah buku. Tentu saja, sebagai seorang akademisi, maka buku menjadi satu hal yang sangat diperlukan oleh seorang dosen. Ada banyak buku yang bisa Anda pertimbangkan sebagai hadiah. Bila dosen Anda penggemar sastra, maka Anda bisa menjadikan novel sebagai hadiahnya. Tentu saja, Anda bisa mempertimbangkan novel yang tentunya bisa cocok untuk bacaan dosen Anda, baik dari segi usia, maupun pengalaman.

Jangan hadiahkan novel teenlit, yang biasanya akan kurang disukai oleh seorang dosen. Salah satu novel yang BP-Guide rekomendasikan misalnya novel "Desing Peluru di Komplek Eks" yang menceritakan masalah sosial, kriminal, dan budaya dalam balutan bahasa sastra. Novel ini bisa Anda dapatkan di Bukalapak dan Tokopedia seharga Rp 54.900.

Atau, selain novel, bisa juga buku yang membuka wawasan seperti salah satunya "Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE". Buku yang satu ini bisa menambah kemampuan dosen dalam mengimplementasikan metode pembelajaran untuk hasil yang lebih baik. Bisa dibeli di toko buku Gramedia seharga Rp 59.000.

Kain Khas Daerah Asal Anda

Sumber gambar i.pinimg.com

Hadiah selanjutnya adalah kain tenun atau kain khas daerah Anda. Apalagi bila dosen Anda adalah pendatang dari luar daerah, tentu hadiah tersebut akan sangat berharga bagi mereka. Misalnya Anda berasal dari daerah Sumba, maka kain tenun Antik Motif Sumba etnik bisa digunakan sebagai hadiah. Produk ini dijual seharga Rp 195.000 di Qlapa.

Anda bisa juga mendatangi penjahit terdekat untuk membeli kain batik, khas daerah Anda. Lalu, bisa juga dibuat menjadi baju atau dress yang bisa dihadiahkan untuk dosen Anda.

Kerudung dan Bros untuk Dosen Muslimah

Sumber gambar blibli.com

Bila dosen Anda seorang perempuan dan berjilbab, tentunya Anda bisa memberikan hadiah kerudung dan bros. Selain hemat biaya, kerudung atau bros yang diberikan tentunya harus bisa menunjang gaya dosen Anda agar menjadi semakin cantik.

Salah satunya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Atteena Hijab Nabila Renata Kerudung warna emas. Produk ini adalah pilihan kerudung dengan model belah samping yang sampai perut. Desainnya cantik dengan aksen renda blacu ditambah bros bunga yang juga cantik. Dilengkapi dengan pet kecil dan tipis yang membingkai bagian muka. Produk ini dibuat dari bahan spandek micro. Dapatkan produk ini di Blibli seharga Rp 64.530.

Makanan Kering

Sumber gambar blibli.com

Hadiah lain yang bisa diberikan adalah parcel makanan. Parcel makanan yang bisa Anda hadiahkan adalah parcel yang berisi makanan kering dan ringan yang harganya terjangkau, namun memiliki rasa yang nikmat.

Selain makanan kering, Anda juga sudah bisa menghadiahkan parcel buah dengan harga mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per kemasan. Salah satu yang direkomendasikan adalah Flower Advisor Fiesta Treat Paket Parcel. Parcel satu ini berisi kue kering, biskuit, kopi, jus dan banyak lagi lainnya. Box pengemasnya juga ekslusif dan keren. Dapatkan paket ini seharga Rp 319.500 di Blibli.

Pena

Sumber gambar lazada.co.id

Pena juga identik dengan keilmuan. Pena mengibaratkan sebuah tulisan, yang menjadi kekuatan dari para akademisi. Nah, menghadiahkan pena tentu bisa juga Anda lakukan. Hanya saja, pena yang diberikan tentu bukan pena biasa.

Salah satu yang bisa Anda hadiahkan adalah Parker Pulpen JT Special Black Ball Pen Medium. Pena satu ini terkesan dingin, namun ikonik, dan ramping. Dibuat dari bahan besi kombinasi dan sudah menjadi pena dengan penjualan terbanyak di dunia sejak tahun 1954. Kotaknya juga elegan, berkualitas, dan eksklusif. Dapatkan produk ini di Lazada seharga Rp 97.000.

Tempat Pensil

Sumber gambar blibli.com

Berikutnya, benda yang bisa Anda hadiahkan untuk dosen Anda adalah tempat pensil. Dosen yang selalu membawa peralatan kecil seperti pena, pensil, perlengkapan tulis hingga flash disc, tentunya sangat membutuhkan tempat pensil. Nah, tempat pensil untuk dosen tentunya perlu spesial, dong.

Salah satunya adalah My Style TM 2112 Bubble Hardtop Pencil Case. Produk satu ini merupakan tempat pensil berbahan hard top dengan desain yang unik dan lucu. Memiliki kompartemen untuk peralatan tulis serta mesh pocket untuk menyimpan yang lainnya. Kotak pensil berukuran 220 x 150 x 40 mm ini bisa Anda beli di Blibli seharga Rp 125.000.

Dompet

Sumber gambar www.jakartanotebook.com

Menghadiahkan dompet, boleh dong. Apalagi bila dosen Anda adalah seorang yang mementingkan penampilan, tentunya dompet yang mereka inginkan juga harus elegan. Nah, untuk dosen pria, BP-Guide rekomendasikan produk Baellerry Model Vertical Nubuck Dompet Kulit Pria. Produk dompet berwarna brown berbahan PU Leather Nubuck ini memiliki desain yang simpel namun elegan. Dilengkapi dengan card slot dan photo slot, sertaletterring Baelerry di bagian depan. Dapatkan produk ini di Blibli seharga Rp 111.500.

Bila dosen Anda wanita, Anda bisa menghadiahkan dompet Heur Classy Bi Fold Wallet. Produk satu ini merupakan dompet panjang dengan warna pink yang menawan. Dompet yang terbuat dari bahan PVC dan kulit sintetis ini memiliki banyak ruang untuk penyimpanan uang, kartu, dan photo. Ada kantong koin yang dilengkapi resleting. Dapatkan produk ini di Zalora seharga Rp 159.200.

Aksesori

Sumber gambar blibli.com

Aksesori bisa dipertimbangkan untuk menjadi hadiah bagi dosen pasca kelulusan Anda. Apalagi bila Anda memiliki hubungan yang sangat dekat dengan dosen Anda tersebut. Bila dosen Anda menyukai jam tangan, maka Anda bisa mempertimbangkan Alba Round Watch Asy21 Silver untuk dihadiahkan.

Jam tangan warna silver satu ini dibuat dari bahan stainless steel dengan fitur water resistant serta japan movement sebagai penggerak jarum. Selain desainnya yang memukau, juga bisa digunakan baik oleh lelaki maupun perempuan, lho. Dapatkan produk ini seharga Rp 524.300 di Blibli.

Atau, Anda bisa juga menghadiahkan kalung Omomart RKL7021. Aksesoris kalung dan anting yang satu ini dibuat dari bahan gold plated premium, desainnya elegan dan tampilan batu zirkon yang sangat menawan. Uniknya, kalung dan anting satu ini bisa digunakan dalam acara formal, maupun non formal. Dapatkan produk ini seharga Rp 117.000 di Blibli.

Botol Minum atau Termos

Sumber gambar blibli.com

Ingin hadiah unik lainnya, yang akan selalu terkenang dan digunakan oleh dosen Anda? Anda bisa mencoba memberikannya termos air minum. Sebab, dosen biasanya membawa air sendiri, dibandingkan membeli atau meminum air yang ada di meja. Jadi, menghadiahkan botol minum, atau termos tersebut bisa sangat berguna bagi dosen Anda.

Salah satu jenis termos yang direkomendasikan adalah Toniku ArtiArt. Termos satu ini adalah jenis termos yang bisa memuat air hingga 540 ml, baik panas maupun dingin. Tidak hanya itu, termos ini juga didesain keren dan menarik. Dapatkan produk ini sehaga Rp 179.888 di sejumlah toko online dan toko terdekat.

Atau, Anda bisa juga membeli Oxone Ox-500 botol termos panas dan dingin untuk hadiah bagi dosen Anda. Termos yang terbuat dari bahan stainless steel anti karat ini mampu menampung isi hingga 500 ml. Dinding ganda didalamnya mampu menjaga air di dalamnya lebih tahan dalam kondisi panas, maupun dingin dalam waktu yang lama. Dapatkan produk ini seharga Rp 105.000 di Blibli.

Coffee Grinder Bagi Penikmat Kopi

Sumber gambar tokopedia.net

Dosen Anda penikmat kopi? Apalagi pencinta kopi sejati, maka hadiah yang bisa Anda berikan adalah coffee grinder. Tentunya, menggiling kopi sendiri bagi pecinta kopi adalah hal yang paling mendasar. Rasa kopi akan semakin nikmat bila baru digiling pada hari itu. Segar dan nikmat serta citarasa kopi bisa terjaga dengan baik.

Salah satu produk coffee grinder yang BP-Guide rekomendasikan adalah Gater BM-155 Coffee Grinder. Produk ini merupakan grinder manual yang simpel sehingga sangat praktis digunakan. Dilengkapi dua wadah terbuat dari kaca, sehingga bisa menggiling dalam jumlah banyak.

Produk ini dibuat dari materal heatproof glass, polypropylene, dan stainless steel. Serta silikon untuk anti-slip dan keramik untuk burr-nya. Dapatkan produk yang mampu menggiling hingga 100 gram biji kopi ini di Blibli seharga Rp 325.000.

Parcel Buah-buahan

Sumber gambar tokopedia.com

Bila sebelumnya BP-Guide memberi tips untuk memberikan parcel kue kering, maka Anda juga bisa memberikan parcel buah-buahan bagi dosen Anda, lho. Parcel yang menyediakan banyak jenis buah yang lengkap ini bisa didapatkan seharga Rp 50.000 sampai Rp 100.000.

Anda bisa memesannya di sejumlah penyedia parcel buah terdekat, atau membuatnya sendiri dengan kreativitas Anda. Tentu saja, buah-buah yang dimasukkan dalam parcel tersebut musti buah-buahan segar dan manis rasanya, seperti apel, anggur, jeruk dan sebagainya.

Dasi untuk Dosen Laki-laki

Sumber gambar zalora.com

Bila dosen Anda adalah dosen lelaki, maka salah satu yang bisa Anda jadikan hadiah adalah dasi. Salah satu produk dasi yang BP-Guide rekomendasikan adalah Alisan - Dasi Motif Medium Slim. Dasi yang satu ini hadir dalam warna abu-abu dengan bahan poliester berkualitas. Ukuran medium slim menjadikan dasi ini sangat pas dengan dandanan formal bagi yang berjiwa muda. Dapatkan produk ini seharga Rp 99.000 di Zalora.

Topi Fedora Penuh Gaya untuk Dosen Nyentrik

Sumber gambar blibli.com

Dosen Anda adalah tipe dosen yang nyentrik dan flamboyan? Nah, coba hadiahkan topi fedora untuk dosen Anda agar Anda bisa membantu menunjang penampilannya. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah Topi Fedora Bowler dari D&D hat. Inovasi dari bowler lokal ini bentuknya sedikit oval dan lingkar kepala yang lebih besar.

Kualitasnya teruji, serta bahan yang digunakan benar-benar berkualitas, yakni wool yang halus dan tebal. Jahitan yang kuat menjadikan produk ini lebih tahan lama. Dapatkan produk ini seharga Rp 49.000 di Blibli.

Jangan Lupa Tuliskan Pesan Khusus yang Menyertai Hadiah yang akan Diberikan

Sumber gambar oketekno.com

Sentuhan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memberikan ucapan yang diselipkan di dalam kado yang Anda berikan kepada dosen Anda. Isi ucapannya tentu ucapan terima kasih atas perhatian dan bimbingan dari dosen yang bersangkutan sehingga Anda berhasil lulus dalam sidang skripsi dan menyandang gelar sarjana. Kata-katanya bisa Anda buat sekreatif mungkin, baik dengan menggunakan untaian kata yang puitis, maupun formal.

From our editorial team

Amati Keseharian Dosen Anda

Sebelum memberikan hadiah, ada baiknya jika Anda mengamati kebiasaan dosen Anda. Atau sesekali saat melakukan bimbingan, Anda bisa ngobrol santai dengan mereka mengenai hal-hal yang disenanginya. Sehingga Anda memiliki gambaran tentang kesukaan dosen Anda. Jangan sampai Anda memberikan hadiah coffee grinder kepada dosen yang sama sekali tidak suka ngopi.