10 Rekomendasi dan Tips Memilih Tas Sekolah bagi Pelajar Cilik

10 Rekomendasi dan Tips Memilih Tas Sekolah bagi Pelajar Cilik

Jangan hanya memilih model tas yang lucu, membeli tas untuk si kecil juga perlu banyak pertimbangan, lho. Namun demi si kecil senang, BP Guide memiliki rekomendasi tas menggemaskan tetapi tetap nyaman dipakai. Mau tahu? Kalau begitu kunjungi artikel ini, yuk!

Tas Sekolah Keren Membuat Anak Semangat Sekolah

Bukan hanya bagi orang dewasa, tas juga merupakan barang yang penting untuk anak-anak. Terutama untuk anak Anda yang sudah menduduki bangku sekolah, tas merupakan barang wajib yang harus dimiliki. Bahkan tak jarang tas sekolah menentukan seberapa besar semangat sang anak untuk berangkat ke sekolah. Apakah anak Anda mengalami hal ini juga?

Sesuaikan Tas Anak dengan Aktivitas

Dalam menyesuaikan jenis tas sekolah anak, BP Guide menyarankan untuk tidak hanya menyesuaikan dengan budget yang ada, namun juga dengan jenis aktivitas yang dilakukan anak secara spesifik. Alasannya, pemilihan jenis tas yang tepat akan mendukung kesehatan tubuh si anak saat beraktivitas. Misalnya, tas punggung yang memberikan beban proporsional di kedua pundak anak akan menghindarkan si kecil dari rasa lelah yang ditimbulkan beban tas.

Berikut daftar jenis-jenis tas yang sudah BP Guide siapkan untuk Anda.

Backpack - Memudahkan Ketika Membawa Banyak Barang

Tas ini memang disukai banyak orang, baik oleh anak-anak juga orang dewasa. Tas punggung, atau backpack, sangat baik dalam membawa banyak barang atau buku. Bebannya yang diberikan kepada dua pundak, membuat anak lebih mudah ketika membawa banyak bawaan. Bahkan beberapa tas punggung anak juga memiliki tuas pendorong dan roda, sehingga dapat ditarik layaknya koper bila sudah lelah.

Tak hanya memiliki kompartemen utama yang luas, tas punggung juga memiliki banyak kompartemen kecil untuk menyimpan segala kebutuhan sang anak. Yang lebih penting lagi, tas punggung berbahan parasut sangat cocok untuk anak yang memiliki aktivitas outdoor. Bahannya yang tahan air, membuat tak perlu khawatir jika kehujanan ataupun terkena air.

Rucksack - Kompartemen Utama Lebih Luas

Satu lagi tas anak yang cocok untuk si kecil super sibuk adalah rucksack, di mana bentuk dan banyaknya kompartemen hampir mirip dengan backpack. Bedanya, rucksack menggunakan tali serut untuk membuka dan menutup fisiknya. Tetapi yang lebih penting, daya tampung rucksack lebih besar dibandingkan backpack. Kekuatan tampung dan kepraktisan ini membuat rucksack cocok menemani berbagai aktivitas si kecil di dalam maupun di luar sekolah, seperti study tour, hiking, atau camping.

Messenger Bag - Memudahkan Mengambil Barang

Alternatif tas sekolah anak lainnya yang BP Guide rekomendasikan adalah messenger bag. Tas ini sangat cocok untuk dipakai ketika anak jalan-jalan ke mall, atau sekedar main ke rumah teman. Messenger bag sangat nyaman dipakai ketika tidak begitu banyak membawa barang. Namun kelebihannya, messenger bag membuat penggunanya lebih mudah dalam mengambil barang di tas. Sangat berbeda dengan backpack atau rucksack, bukan?

Duffel Bag - Menggunakan Bahan yang Kokoh

Duffle bag sangat cocok digunakan ketika anak Anda berolahraga atau sedang mengikuti ekstrakulikuler olah raga. Tas ini biasanya memakai bahan kanvas tebal, sehingga sangat kokoh dan tidak gampang rusak. Kompartemennya yang besar, memudahkan anak Anda dalam membawa berbagai keperluan saat berolahraga. Seperti handuk, baju ganti, atau botol minum.

Mengapa Sebaiknya Tak Sembarangan Memilih Tas Anak

Kesehatan merupakan alasan utama untuk memilih tas sekolah yang baik untuk anak. Menurut penelitian, beban maksimal yang boleh untuk dibawa adalah 10% dari berat badan. Bila lebih dari itu, maka dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan seperti sakit atau cedera pada bagian bahu, lengan, punggung, atau bahkan pertumbuhan otot tulang anak. Anda tak ingin hal ini terjadi pada anak Anda, bukan?

Barang Bawaan Anak Sekolah Semakin Banyak

Hal lain yang perlu kita pikirkan saat memilih tas sekolah anak adalah barang-barang yang akan dibawa oleh si kecil. Bila barang yang dibawa terlampau banyak, maka ukuran tas seharusnya semakin besar. Bukan hanya itu, kantong-kantong di bagian dalam pun sangat diperlukan. Hal ini akan menjaga isi tas bawaan si anak tetap rapih. Namun tetap perhatikan berat maksimal tas yang dapat dibawa oleh sang anak, ya!

Buku Pelajaran Bertambah Banyak

Paket buku pelajaran saat ini tidak hanya mencakup buku paket, namun juga LKS, buku catatan, dan buku tugas. Di mana jumlah buku-buku ini akan bertambah banyak seiring dengan kenaikan kelas si kecil. Ada kalanya dalam pelajaran tertentu anak diharuskan membawa peralatan menggambar dan bekal makanan yang lengkap. Sehingga tidak mungkin Anda memilihkan tas yang terlalu kecil.

Saran BP Guide, lebih baik Anda memilih tas parasut yang ringan. Selain tidak memberatkan anak, tas parasut umumnya memiliki daya tampung yang kuat. Bahkan kuat untuk melindungi buku-buku si kecil supaya tidak terkena air hujan.

Aktivitas Anak Semakin Banyak

Selain buku dan barang bawaan, aktivitas anak yang makin banyak juga menjadi pertimbangan saat memilih tas sekolah anak. Bila perlu, tas tidak hanya dapat memuat buku catatan atau laptop saja, namun sebaiknya juga dilengkapi dengan ruang khusus untuk charger dan iPod kalau-kalau kegiatannya memang padat. Agar lebih mendukung aktivitas padat si kecil, BP-Guide menyarankan untuk memilih tas berbahan lembut dan nyaman dengan tali strap yang dapat disesuaikan bila memang diperlukan.

10 Model Terbaru Tas Sekolah Anak yang Harus Dipertimbangkan

Setelah membahas segala hal tentang tas, kali ini BP Guide akan memberikan rekomendasi tas sekolah anak untuk Anda semua. Jangan lupa ajak si kecil untuk melihat daftar rekomendasi ini. Siapa tahu, si kecil menemukan tas yang akan membuat ia bersemangat ke sekolah di daftar berikut ini. Yuk, kita simak!

Catenzo Jr. Captain America

Sumber gambar tokopedia.com

Tas ransel pertama yang BP Guide rekomendasikan untuk menunjang kegiatan si kecil di dalam maupun di luar sekolah adalah Catenzo Jr. Captain America. Tempat penyimpanannya yang besar, bahan lembut dengan jahitan yang halus, dan ritsleting yang mudah digunakan adalah alasan mengapa BP Guide merekomendasikan tas yang dibuat di Bandung ini. Dijamin, deh, si kecil pasti tampak keren dengan tas yang satu ini.

Jika Anda berniat untuk membeli tas yang satu ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 130.000 di situs penjualan Tokopedia.

Gudang Fashion GSP 02 Tas Anak Sekolah Couldura

Sumber gambar blibli.com

Menurut pengamatan BP Guide, backpack Gudang Fashion GSP 02 Tas Anak Sekolah Couldura yang berwarna biru ini cocok untuk anak-anak yang kegiatannya aktif dan padat di sekolah. Selain dilengkapi dengan kantong di bagian depannya (front zipper pockets), tas berbahan couldura ini juga memiliki tali yang dapat diatur panjang pendeknya.

Tas bermodel simple ini dapat Anda dapatkan di situs penjualan online Blibli dengan harga sekitar Rp 300.000.

Surfer Girl Cross Body Bag Pink

Sumber gambar blibli.com

Berikutnya ada rekomendasi tas sekolah anak untuk si kecil yang cantik. Surfer Girl Cross Body Bag Pink ini merupakan tas yang dapat menjawab semua kebutuhan si kecil. Tas ini sangat nyaman, memiliki daya tahan yang kuat dan dilengkapi dengan gambar yang lucu. Selain untuk dipakai ke sekolah, tas ini pun sangat cocok untuk dipakai saat jalan-jalan ke mall.

Yuk, beli tas manis ini sekarang juga. Anda dapat langsung mengunjungi situs Blibli untuk membeli tas seharga Rp 300.300 ini.

Swan Airlite

Sumber gambar blibli.com

Sejak 1951, perusahaan Swan yang memproduksi merk Swan Airlite telah membuktikan citranya lewat produk-produk tasnya yang berkualitas sangat baik. Secara khusus, produk tas sekolah anak Swan Airlite ini dilengkapi dengan strap yang dapat disesuaikan dan soft back support untuk menunjang kenyamanan anak saat membawa tas. Dengan bentuknya yang keren, dijamin anak Anda akan senang dengan tas ini.

Namun jika Anda ingin membeli tas ini, Anda harus merogoh kocek dalam-dalam. Karena tas sekolah anak Swan Airlite ini harganya sekitar Rp 1.000.000 dan dapat Anda dapatkan di situs penjualan Blibli.

Catenzo Junior Ninjago

Sumber gambar blibli.com

Satu lagi tas sekolah anak keren produksi kota Bandung yang dapat BP Guide rekomendasikan. Kali ini ada tas Catenzo Junior Ninjago, yang memiliki kompartemen cukup besar. Kekuatan tampungnya ini juga diimbangi dengan kondisi tas yang ringan dan awet serta desain yang menarik. Sehingga tas produksi lokal ini sangat pantas disebut tas berkualitas premium.

Kendati demikian harganya cukup terjangkau, lho. Yakni sekitar Rp 130.000 di situs penjualan Blibli.

Syaqinah 420

Sumber gambar mataharimall.com

Syaqinah 420 yang berwarna pink dan berbahan kanvas ini sangat imut, ya! Sangat cocok bagi anak perempuan yang ingin tampil percaya diri saat berangkat ke sekolah. Tas Syaqinah 420 ini juga memiliki banyak kompartemen dan kompartemen utamanya cukup besar. Dan lagi, tas ransel ini juga dilengkapi dengan adjustable strap atau tali yang dapat disesuaikan panjang pendeknya.

Si kecil senang dengan tas ini? Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 175.000 saja, Anda sudah dapat membelikan tas manis ini untuk buah hati Anda. Yuk, segera kunjungi situs Matahari Mall untuk mendapatkan tas ini.

Paddlepak Spike Small Yellow

Sumber gambar blibli.com

Menggemaskan sekali, bukan? Warnanya yang cerah dan bentuknya yang unik dijamin anak Anda akan menyukainya. Dengan bantalan strap yang tebal, akan memudahkan anak Anda dalam membawa beban. Eits, tak hanya itu. Kompartemen utamanya pun cukup luas, lho!

Anda dapat membeli tas ini di beberapa situs online, misalnya Blibli. Beberapa situs penjualan memasang harga Paddlepak Spike Small Yellow ini sekitar Rp 400.000 hingga Rp 450.000.

Paddlepak Inky Small Purple

Sumber gambar blibli.com

Apakah si kecil menyukai backpack stylish berdesain unik? Jika ya, kalau begitu tas Paddlepak Inky Small Purple ini akan sangat disukai si kecil. Backpack tahan air, berbentuk gurita lucu dan berwarna ungu ini berbahan ringan, sehingga sangat cocok untuk menemani kegiatan si kecil, seperti ke kolam renang atau ke pantai.

Wah, rasanya sangat sayang jika tas ini Anda lewatkan. Ayo segera kunjungi situs belanja Blibli untuk mendapatkan tas seharga sekitar Rp 400.000 hingga Rp 470.000 ini.

Trunki Katsuma

Sumber gambar tokopedia.com

Ciri khas desain tas Trunki Katsuma adalah bentuk monsternya yang unik. Yakni memiliki wajah kucing yang nakal dan berwarna oranye dengan taring-taring kecil yang menggemaskan. Tas Trunki Katsuma juga dilengkapi dengan fitur pengunci yang dapat mengamankan barang-barang anak. Dan penyimpanannya pun sangat luas. Cukup untuk baju, mainan, dan lain-lain. Yang paling menarik, Trunki Katsuma ini dilengkapi dengan tali penarik dan kuat untuk diduduki anak-anak. Jadi saat anak Anda lelah, Anda dapat menggunakan tas ini untuk menarik anak Anda.

Namun tas koper menggemaskan ini memiliki harga yang cukup mahal. Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000 untuk mendapatkan tas ini di situs penjualan online Tokopedia.

Syaqinah 406

Sumber gambar blibli.com

Kali ini BP Guide merekomendasikan tas trendy berbahan dinnir yang cocok dipakai laki-laki juga perempuan, nih. Syaqinah 406 ini memiliki ukuran yang pas dengan badan anak-anak pada umumnya. Selain itu, bahan yang ringan serta kompartemen yang luas pada tas sekolah anak Syaqinah 406 ini juga dapat mencegah cedera otot, sendi, maupun nyeri leher yang juga dapat terjadi pada anak-anak.

Tunggu apa lagi? Segera dapatkan tas ini di situs Blibli, yuk. Dengan hanya Rp 163.000 saja, Anda sudah dapat membelikan tas ini untuk buah hati Anda.

From our editorial team

Belanja Pintar Demi Si Kecil

Ya, seringkali waktu berbelanja menjadi lebih lama jika si kecil mulai dapat memilih barang yang ia suka. Ketika orang tua memilih barang dari segi harga dan fungsi, tentu berbeda dengan sang buah hati yang lebih memilih barang dari segi tampilan. Namun belanja yang pintar adalah ikut melibatkan sang anak dalam memilih barang yang akan ia gunakan. Karena dengan begitu Anda hanya perlu membeli sedikit barang sesuai kriteria orang tua dan anak.