Cara Memilih Tas Anak Yang Benar Plus 8 Merek Yang Bisa Jadi Pilihan! (2018)

Cara Memilih Tas Anak Yang Benar Plus 8 Merek Yang Bisa Jadi Pilihan! (2018)

Anak Anda mau pergi ke sekolah dengan tas baru? Tak usah khawatir jika Anda merasa kurang tahu cara memilih tas anak yang baik dan benar. Di bawah ini, kami berikan panduan yang simpel tapi pas untuk memilih tas anak buat putra-putri Anda. Selamat membaca..

Tas Anak Sekolah yang Baik akan Membantu Prestasi Anak

Tas sudah menjadi kebutuhan untuk setiap anak pergi ke sekolah. Sudah kewajiban untuk setiap orang tua membelikan peralatan sekolah si kecil, seperti alat tulis, buku dan yang terpenting tas. Anak-anak akan membawa peralatan sekolah dan bekal mereka ke dalam tempat penyimpanan praktis mereka, yaitu tas. Pilih tas terbaik untuk sang anak agar mereka semangat menjalani aktivitas mereka di sekolah. Model yang beragam akan sangat disukai oleh anak-anak Anda. Dengan begitu prestasi anak akan menjadi lebih baik.

Jangan Sepelekan Tas Anak Sekolah, Ini Cara Memilih Tas Sekolah yang Baik

Pilih Tas Punggung dan Hindari Tas Selempang

Tempat penyimpanan yang selalu dibawa kemana saja, yaitu tas sudah menjadi hal wajib ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Pemilihan bentuk tas harus diperhatikan apalagi untuk anak Anda bersekolah. Hal ini tidak bisa disepelekan, karena beberapa tas dapat menyakiti bagian dari tubuh si anak.

Yang perlu Anda perhatikan dalam memilih tas untuk anak Anda adalah kenyamanan dalam pemakaiannya. Usahakan untuk membeli tas ransel atau tas punggung, karena tas ini sangat ideal untuk membantu menyeimbangkan berat badan secara merata pada bahu si anak.

Kelebihan pada tas ransel ini adalah memiliki kapasitas penyimpanan yang banyak dan terdapat banyak kantong untuk menyimpan peralatan sekolah mereka.

Gunakan Tas Beroda

Dikarenakan bentuknya yang sangat beragam, Anda sebagai orang tua bisa mencoba belikan tas beroda ini untuk sang anak. Ini bisa memudahkan anak Anda, seperti jika ada ketentuan pindah kelas dari guru si kecil tidak perlu kerepotan menggendong tas, mereka hanya perlu mendorongnya tanpa harus merasa keberatan. Ada yang perlu Anda perhatikan untuk tas beroda ini, pastikan roda pada tas itu kuat, tidak terlalu berat untuk anak, dan tidak berdecit ketika didorong. Tas ini tidak akan memberikan efek negatif untuk pertumbuhan anak. Memiliki dudukan plastik pada tempat roda, tas ini memiliki pegangan yang disisipkan di belakang tas.

Perhatikan Berat

Penggunaan tas yang baik untuk keseharian sangat penting, jangan sampai punggung Anak cedera karena keberatan tas. Disini para ahli telah menganjurkan untuk anak sekolah berat tas tidak boleh lebih dari 15% dari berat sang anak. Ideal berat untuk tas anak Anda hanya 10%, jadi misalkan berat anak Anda 30 kg maka beban untuk tas yang digunakan hanya 3 kg saja atau maksimal 4,5 kg. Pilihlah tas yang ringan, tapi jangan mengesampingkan kualitas dan ukuran dari tas anak tersebut. Jangan berikan beban yang berlebihan untuk tas anak. Jika terlalu berat solusi yang dapat digunakan dengan cara membagi tas tersebut menjadi dua yang salah satu tas tersebut adalah tas jinjing. Hal tersebut untuk kenyamanan dan keamanan sang anak untuk pemakaiannya.

Pilih Bentuk Tas dengan Tali yang Tepat

Jangan lupa untuk memilih tas dengan tali yang baik untuk anak Anda. Ada baiknya pakaikan anak Anda tas ransel dibandingkan dengan tas selempang. Karena kedua jenis tas ini memiliki perbedaan dalam penopangan pada bahu si kecil. Jangan biarkan anak Anda menggendong tas dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut akan membuat bahu si anak akan menjadi tidak nyaman. Cari tali yang berbentuk cukup lebar dan bantalan yang empuk, ini akan memberikan kenyamanan dalam menopang saat pemakaiannya.

Inilah Kebiasaan Buruk Menggunakan Tas Anak Sekolah

Membawa Tas yang Berat Hanya di Satu Sisi

Kebiasaan buruk sang anak saat memakai tas sekolah adalah membawa tas yang memiliki beban besar hanya pada satu sisi. Studi ini menjelaskan jika hal tersebut sering terjadi anak akan mengalami cedera bahu. Hal ini juga dapat memicu terjadinya penyakit seperti ngilu pada pundak, otot leher, dan juga punggung. Anda juga harus pastikan bahwa tas yang anak Anda gunakan tidak terlalu ketat dan juga tidak terlalu kendur.

Memakai Tas Backpack Terlalu Rendah

Kebiasaan selanjutnya, jangan biarkan anak Anda memakan tas ransel terlalu rendah. Untuk tas ransel pemasangan kedua tali pada bahu harus terpasang dengan baik agar anak akan merasa nyaman dan aman. Buku-buku harus ditempatkan tepat di tengah punggung guna mendistribusikan beban. Tas sekolah harus disesuaikan dengan si kecil, jangan melebihi 4 inci dari bawah pinggang anak. Jika beban tas anak Anda berat, ajarkan dan selalu ingatkan anak Anda untuk menekuk kedua lutut mereka ketika mengambil dan meletakkan tas tersebut.

Jangan Biasakan Membawa Barang yang Banyak dalam Satu Tas

Biasakan anak untuk tidak membawa barang yang terlalu banyak ke dalam satu tas. Jika tas sekolah terlalu berat Anda dapat memperhatikan sang anak dari cara mereka membawa tas tersebut, jika saat memakai tas tersebut Anda melihat si anak dalam keadaan membungkuk berarti isi dari tas terlalu berat untuk anak. Anda dapat menganjurkan untuk membawa satu atau dua buku yang menurut mereka tebal dan membawanya menggunakan tangan. Sesuaikan tas dengan tubuh si kecil, usahakan untuk memilih tas yang tidak terlalu besar dan terlalu kecil agar sang anak tidak merasa kerepotan membawa barang-barangnya.

Pilihan Tas Anak Sekolah yang Bisa Dijadikan Referensi

Converse

Sumber gambar joylot.com

Ada beberapa tas yang bisa menjadi referensi untuk para orang tua yang ingin membelikan tas untuk anak-anak pergi ke sekolah. Seperti Converse Chuck Original Americana Graphic Backpack ini. Walaupun Converse biasanya mengeluarkan produk sepatu, tapi kali ini Converse mengembangkan produksi fashion-nya. Tas ini berbahan polyester dengan memiliki penyimpanan yang sangat banyak dan berguna untuk menyimpan berbagai keperluan untuk sekolah si kecil.

Kompartemen utamanya terdapat kantung pada bagian dalam dan anak dapat menyimpan peralatan tulis di dalamnya. Kantung dibagian depan dapat digunakan untuk menyimpan aksesoris. Dengan desain bergambar burung dibagian depan akan membuat sang anak akan menyukai tas ini. Terdapat dua pilihan warna yang dapat Anda pilih untuk sang anak, yaitu merah dan biru tua. Untuk membeli tas ini sangat mudah Anda hanya perlu mengunjungi website Converse dengan harga Rp 599.000.

Saco

Sumber gambar bukalapak.com

Selanjutnya tas Saco, brand ini selalu menghadirkan koleksi tas ransel yang akan memudahkan kegiatan yang lebih praktis dan juga tetap bisa bergaya. Tak hanya itu tas Saco menawarkan kenyamanan bagi para pemakainya. Dengan bobot yang ringan dan strap bahu yang lebar yang akan membuat anak Anda tidak akan cepat lelah. Berbahan dasar yang berkualitas dengan jahitan yang sangat kuat menjadikan tas ransel ini tahan lama dan tidak mudah rusak. Varian warnanya sangat beragam, merah, navy, coklat, hitam, biru, dan biru benhur dipastikan anak akan menyukai tas ini. Tas Saco dapat ditemukan di website Lazada dan dibandrol dengan harga Rp 59.000 sangat murah bukan?

Airwalk

Sumber gambar juzdeal.com

Airwalk brand yang dikenal dengan sepatu olahraganya, tetapi kali ini Airwalk mengeluarkan versi tasnya. Yap! Airwalk Langston Printed Backpack yang cocok untuk anak Anda pakai pergi ke sekolah. Menggunakan bahan nylon yang pastinya tahan lama dan juga tahan air. Strap bahu telah dilengkapi dengan busa yang empuk dan nyaman. Untuk kapasitas penyimpanan jangan diragukan, tas ini cukup luas untuk diisi dengan keperluan alat sekolah si kecil dan tas dapat diatur dengan mudah. Anda dapat membeli tas ini seharga Rp 440.000 pada website Elevenia.

Exsport

Sumber gambar aliexpress.com

Siapa yang tidak tahu dengan tas Export? Tas merk ini selalu menjadi andalan untuk anak-anak sekolah. Dengan paduan warna dan gambar yang unik membuat tas ini sering diminati. Tas ini telah menjadi tas nomor satu di Lebanon dan telah memasarkan di kancah internasional seperti Brunei, Malaysia, Korea Selatan, Singapura, Jerman, dan Amerika Serikat. Tas Export dikenal memiliki bahan yang berkualitas dan tidak mudah rusak. Terdapat dua jenis tas Export Kids yang dapat Anda pilih untuk si anak. Export Kids Grand Slam 2, tas ini cocok digunakan untuk anak perempuan didesain dengan warna yang cerah seperti pink, turqois, dan juga kuning. Sedangkan, untuk para anak laki-laki dapat Anda pilih tas Export Kids Brooklyn yang pas digunakan dengan warna merah dan hitamnya. Harga untuk tas Export Kids Grand Slam 2 Rp 159.000 dan tas Export Kids Brooklyn Rp 229.000.

Jansport

Sumber gambar jansport.co.id

Tas Jansport telah dikenal sebagai tas merk Amerika yang berhasil menjual lebih dari setengah kebutuhan pada negara tersebut. Dengan jenis dan model yang bervariasi tas ini dapat dipakai oleh semua kalangan, termasuk anak-anak sekolah.

Salah satu tas yang disukai oleh anak-anak adalah Big Student Overexposed dengan desain yang klasik dan empat pilihan warna multi dotty stripe, coral sparkle/white, multi marble prism, dan black/aqua dash. Dengan fitur S-Curve pada strap yang dipenuhi dengan busa akan membuat pemakainya tidak akan mudah lelah. Ada dua kompartemen pada tas ini, terdapat kantung bagian depan yang digunakan untuk penyimpanan utama dan kantung untuk penyimpanan botol minum yang terletak pada bagian samping tas. Jansport dapat ditemukan di departemen store dan toko-toko terdekat rumah Anda hanya dengan Rp 799.000 Anda sudah membawa pulang tas ini untuk si kecil.

Garsel

Sumber gambar garsel.co.id

Brand Garsel, ini adalah merk lokal yang memproduksi sepatu, tas, dan fashion lainnya. Tidak hanya menawarkan produk untuk orang dewasa, Garsel juga menawarkan produk untuk anak-anak pula. Salah satunya adalah tas, Anda bisa memilih tas bermotif sapi berwarna coklat yang menggemaskan. Tas ini sangat cocok untuk anak perempuan Anda dengan ukuran 31 x 11 x 38 yang cukup untuk penyimpanan anak Anda bersekolah. Berbahan dinier yang membuat tas ini tahan lama dan tidak mudah rusak.

Sedangkan tas yang pas untuk anak laki-laki Anda, bisa dipilih tas yang memiliki perpaduan warna blue comb dan aksen merah di beberapa bagian tas. Dengan ukuran 31 x 45 x 13, terdapat kantung pada sisi samping yang dapat meletakkan botol minuman sang anak dan kantung depan untuk meletakkan berbagai keperluan sekolah. Dengan bahan Cordura yang sangat lembut dan juga kuat. Kedua tas untuk perempuan dan laki-laki tersebut dapat Anda beli pada website Garsel, untuk tas perempuan seharga Rp 146.000 dan tas laki-laki seharga Rp 168.000.

Diadora

Sumber gambar bukalapak.com

Brand pecinta olahraga Diadora juga mengeluarkan produk tas untuk anak-anak sekolah. Diadora Backpack 6502 memiliki kompartemen yang sangat luas untuk penyimpanan peralatan sekolah anak Anda. Memiliki kantung depan dan kompartemen utama yang dilengkapi dengan resleting. Terdapat pula kantung untuk slot dalam dengan Velcro closure. Anda tidak akan merasa khawatir untuk keamanan tas ini.

Dengan desain kombinasi warna dan motif garis-garis geometrisnya, tas ini memberi kesan modern yang akan menemani aktivitas sang anak. Tas ini juga dapat diatur sesuai dengan tinggi sang anak, dan terdapat handle untuk merubah cara pemakaian jika ingin menjinjing tas tersebut. Anda dapat membelikan tas Diadora untuk anak Anda seharga Rp 191.200 sangat murah dengan kualitas yang bagus, apakah Anda tertarik?

Catenzo

Sumber gambar blibli.com

Kembali dengan produk lokal, yaitu Catenzo yang berasal dari Bandung ini memiliki tren fashion untuk pria, wanita, dan juga anak-anak. Catenzo memproduksi khusus untuk tas anak-anak dengan desain yang disesuaikan dengan kesukaan anak-anak.

Catenzo Junior CRZ 186 ini cocok untuk anak perempuan Anda dengan pilihan warna pink yang merupakan kesukaan mereka. Memiliki bahan kanvas dan dimensi 30 x 44 x 15 serta tambahan kantung pada sisi depan sebagai tempat menyimpan berbagai keperluan dari sang anak. Busa yang cukup tebal dan strap tas dapat disesuaikan dengan tinggi anak. Sangat nyaman dipakai dan terhindar dari cedera bahu yang memungkinkan terjadi pada sang anak.

Untuk para laki-laki, Catenzo Junio CRZ 178 ini sangat pas karena memiliki perpaduan warna oranye dan abu-abu yang tentu disukai oleh anak Anda. Dimensi dari tas ini 27 x 33 x 21 jadi kapasitasnya cukup untuk anak bersekolah. Kompartemen terdapat di dua sisi, dibagian belakang dan juga depan. Strap tas ini mudah diatur dan busanya pun juga empuk. Anda dapat menemukan tas ini pada website resmi Catenzo, dengan harga CRZ 186 Rp 116.400 dan CRZ 178 Rp 109.200. Dari semua referensi ini apakah ada yang membuat Anda tergiur membeli tas untuk anak Anda?

From our editorial team

Tas anak haruslah yang nyaman dan berkualitas untuk buah hati Anda

Cara memilih tas anak di atas tentu akan menjadi panduan yang paling pas selama Anda mengikutinya dengan baik. Besar harapan kami agar Anda memilih satu dari rekomendasi-rekomendasi kami di atas agar anak Anda mendapatkan yang terbaik di antara yang terbaik. Selamat mencari tas anak!