9+ Rekomendasi Dan Tips Mudah Memilih Sepatu Sekolah Yang Nyaman Untuk Anak (2018)

9+ Rekomendasi Dan Tips Mudah Memilih Sepatu Sekolah Yang Nyaman Untuk Anak (2018)

Kalau sudah waktunya mencari sepatu sekolah yang nyaman buat anak, kadang orang tua dibuat bingung jadinya. Banyak model dan merek dengan harga yang bervariasi bisa membuat Anda pusing tujuh keliling. Tapi tak perlu khawatirkan itu sekarang, sebab BP-Guide telah menyiapkan tips pintar memilih sepatu sekolah yang nyaman untuk anak Anda.

Nyaman Bersekolah dengan Sepatu Sekolah yang Berkualitas

Seorang anak menghabiskan banyak waktu dengan sepatu sekolahnya. Diperkirakan, bila waktu penggunaan sepatu tersebut diakumulasikan, seorang anak bisa menjelajah sampai sepanjang 2.500 kilometer dengan sepatu tersebut. Apabila menggunakan satuan waktu bisa sampai 15.000 jam selama setahun. Maka dari itu, kenyamanan menggunakan sepatu harus sangat diperhatikan oleh orang tua. Banyak orang tua yang belum mengerti tentang pentingnya penggunaan sepatu sekolah yang berkualitas, yang akhirnya bisa menyebabkan anak kesulitan untuk melakukan aktivitasnya seperti berjalan dan berlari menggunakan sepatu sekolahnya. Ini bisa menyebabkan masalah serius hingga menimbulkan penyakit pada lelah, iritasi, tulang belakang dan juga bagian kaki.

Cara Cerdas Memilih Sepatu Sekolah Anak

Dalam menentukan sepatu yang berkualitas, ada beberapa cara cerdas agar Anda tidak salah dalam memilihnya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti, panjang, kedalaman, lebar, lengkungan hingga kenyamanan saat memakai sepatu.

Untuk lebih jelasnya yuk simak beberapa penjelasan di bawah ini :

  • Belilah ukuran yang pas. Ini adalah kesalahan yang sering terjadi pada orang tua dalam hal memilih sepatu untuk anaknya. Mereka sering melebihkan sedikit dengan ukuran sebenarnya agar pemakaian yang tahan lama. Padahal hal ini bisa menyebabkan iritasi kepada kulit kaki anak.
  • Mengukur kedua kaki. Masih banyak orang yang belum menyadari bahwa banyak orang yang memiliki ukuran kaki yang berbeda antara kanan dan kiri, tergantung tingkat dominan dalam melakukan kegiatan. Hal ini wajar loh menurut ilmiah, dan juga Anda harus memperhatikan hal ini dalam memilih sepatu anak.
  • Perhatikan tipe kaki anak Anda. Setiap anak memiliki tipe kaki yang berbeda, biasanya dipengaruhi oleh cara berjalan dari anak tersebut.
  • Belilah sepatu yang tahan lama. Sepatu yang berkualitas saja tidak cukup untuk Anda mendapatkan sepatu yang tahan lama, memilih model yang sesuai juga sangat membantu Anda dalam mendapatkan sepatu yang tahan lama.
  • Kenyamanan saat menggoyangkan kaki. Apabila masih longgar yang bisa menyebabkan iritasi, biasanya terlihat saat kita menggoyangkan kaki dan masih terlalu gampang copot atau bergesekan.
  • Keras Pada bagian tumit. Hal ini layak dipertimbangkan karena bagian tumit termasuk bagian yang sensitif pada kaki anak Anda. Banyak penyakit yang bisa timbul bisa terjadi kesalahan dalam memilih sepatu tanpa memperhatikan bagian ini.

Cek Kondisi Lingkungan Sekolah

Hal lain yang penting untuk dipertimbangkan adalah kondisi lokasi sekolah. Anda harus memperhatikan mulai dari keadaan sekolah sampai kegiatan anak Anda di sekolah. Apabila dia sering main di sekolah, Anda harus memperhatikan jenis lapangannya, dari tanah atau sudah aspal. Hal ini penting untuk memilih jenis sepatu untuk anak Anda agar kuat dan tahan lama.

Sesuaikan dengan Ketentuan Sekolah

Peraturan sekolah pasti memiliki tata tertib cara berpakaian, apalagi di sekolah negeri. Biasanya di berikan kebebasan dalam memilih merek sepatu asalkan masih sesuai dengan beberapa ketentuan berikut ini, yaitu harus berwarna dominan hitam, bertali, dan maksimal ada 3 warna dalam sepatu tersebut. Tapi umumnya ada keringanan peraturan dalam mata pelajaran olah raga.

Ada banyak pendapat yang menjadi latar belakang peraturan tersebut, yang pasti bertujuan untuk kerapihan. Ada juga yang bertujuan supaya tidak terjadi perbedaan tingkat sosial di sekolah.

Pilih yang Nyaman dan Ringan

Menggunakan sepatu yang nyaman dan ringan layak untuk menjadi pertimbangan sepatu sekolah anak Anda. Kenyamanan adalah hal utama yang harus Anda perhatikan dalam memilih sepatu. Kalau bisa, pilih sepatu yang mirip dengan sepatu lari, karena bentuknya yang menyerupai bentuk kaki membuatnya nyaman saat di pakai. Alternatif lainnya Anda bisa memilih sepatu yang berbahan dasar kanvas atau kulit, dengan sol yang berbahan karet karena bahan dasar tersebut mampu menghasilkan sepatu yang ringan namun tetap berkualitas.

Mudah Dirawat

Perawatan sepatu juga sangat penting. Untuk anak sekolah usahakan memilih sepatu yang mudah dirawat, karena anak sekolah tidak memiliki waktu dan kurang perduli dengan perawatan sepatu mereka. Anda bisa mulai dengan mengajarinya tentang bahan apa yang sepatu mereka gunakan dan bagaimana cara membersihkannya. Bantu juga mereka agar bisa paham dengan cuaca dan iklim yang suka mempengaruhi kerusakan sepatu. Untuk anak Anda yang sekolahnya di wajibkan menggunakan sepatu kulit, belikan sepatu yang mudah di semir. Pilihlah warna yang tidak terlalu susah untuk mendapatkan semir yang bagus.

Tips Merawat Sepatu Sekolah Anak

Sebagai anak-anak, aktif dan energik di sekolah merupakan hal yang positif asalkan tidak mengganggu orang lain. Tapi biasanya anak yang aktif dan energik sering melakukan kegiatan yang membuat sepatunya cepat rusak. Terlebih mereka masih minim pengetahuan tentang bagaimana merawat sepatu yang baik.

Dibawah ini ada beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam merawat sepatu sekolah anak :

Simpan di Tempat Kering

Anda harus menyimpan sepatu anak Anda di tempat yang kering dan aman. Menggunakan rak sepatu sangat dianjurkan untuk menyimpan sepatu secara baik, selain untuk menjaga sepatu tetap aman dan bersih, menggunakan rak sepatu juga membuat rumah Anda tetap bersih dan rapi. Jangan menaruh sepatu secara bertumpuk, sol sepatu yang kotor akan mengenai bagian sepatu yang di bawahnya. Hal ini akan membuat sepatu tersebut menjadi kotor. Hindari juga menyimpan sepatu di tempat lembap, karena dapat menyebabkan jamur dan membuat kaki anak Anda memiliki aroma yang tidak sedap ketika melepas sepatu tersebut.

Bersihkan Secara Berkala

Membersihkan sepatu satu atau dua minggu sekali sangat dianjurkan apabila anak Anda memakai sepatu tersebut secara rutin. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan debu, kotoran, dan menjaga sepatu tetap wangi. Cara membersihkannya juga cukup gampang, Anda bisa menggunakan detergen untuk membersihkan sepatu, menggunakan sikat yang lembut agar sepatu tidak cepat rusak, dan tinggal membilasnya dengan air bersih.

Apabila Anda ingin membersihkan sepatu yang terkena lumpur, yang harus Anda ingat adalah biarkan lumpur tersebut mengering terlebih dahulu. Ini dilakukan supaya kotoran tidak menyebar ke seluruh sepatu. Membersihkan sepatu jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan sepatu cepat jebol, dan juga jangan dijemur langsung dengan sinar matahari, akan membuat warna sepatu cepat pudar.

Keringkan di Tempat Sejuk

Anda juga harus rutin mengeringkan sepatu anak Anda. Tidak harus selalu dijemur, bisa dengan angin-anginkan saja agar tidak lembab. Sepatu lembap dapat menyebabkan bakteri yang dapat menghasilkan bau kaki dan jamur dapat tumbuh dan berkembang. Tidak di sarankan untuk menggunakan pemanas buatan seperti hair dryer, karena dapat merusak bahan sepatu terutama yang berbahan dasar dari kulit.

Semir Secara Rutin

Untuk sepatu kulit sebaiknya sering disemir sebelum atau sesudah pulang sekolah. Hal ini bertujuan untuk menjaga warna sepatu tersebut. Tapi ada satu hal yang harus diingat sebelum menyemir sepatu, bersihkan dulu sepatu dari debu dan kotoran yang menempel sebelum disemir, agar sepatu anak Anda bisa tetap bersih. Sesuaikan warna semir sesuai dengan warna sepatu anak Anda, dan pastikan juga sepatu tersebut dalam kondisi kering. Selanjutnya, Anda tinggal tempelkan wax/cream semir ke sepatu anak Anda, lalu gosokkan ke seluruh bagian sepatu secara merata.

Bersihkan Kaki Sebelum Menggunakan Sepatu

Selalu ingatkan anak Anda untuk selalu mengeringkan kaki sebelum memakai kaos kaki atau sepatu. Karena apabila kaki dalam kondisi basah, akan menyebabkan lembap pada bagian dalam sepatu dan membuat bakteri yang menyebabkan bau kaki dapat tumbuh. Jadi pastikan kaki anak Anda sudah bersih dan kering sebelum memakai sepatu.

Pilihan Merk Sepatu Sekolah yang Nyaman Dipakai

Converse

Sumber gambar www.zappos.com

Converse merupakan merek yang sudah terkenal sejak tahun 90-an. Memiliki bentuk yang simple dan legendaris, membuat sepatu ini sangat diminati oleh segala kalangan. Sepatu ini memiliki karakter yang unik yaitu, semakin butut, maka sepatu ini bisa dibilang lebih keren. Salah satu model sepatu yang cukup terkenal dari brand ini adalah Converse Chuck Taylor As Canvas Hi Unisex Sneakers yang dibanderol dengan harga Rp 250.000-an saja.

Hadir dengan 2 model heel tab yang membuat sepatu ini keren. Terbuat dari bahan canvas dan karet di bagian solnya membuat sepatu ini sangat nyaman digunakan. Converse juga selalu menjaga kualitas bahan yang digunakannya, jadi tidak mungkin cepat rusak. Bentuknya yang classic dan casual di tambah dengan tulisan All Star atau Converse All Star membuat sepatu ini cocok dalam segala bentuk aktivitas.

Untuk mendapatkan produk ini Anda bisa membelinya di Lazada.

Airwalk

Sumber gambar www.pinterest.com

Airwalk merupakan merek sepatu yang sekarang ini layak untuk dipertimbangkan. Hadir dengan beberapa model yang dapat memberikan kesan trendi, fashionable dan stylish dalam penampilan anak Anda. Model Airwalk WS Canvas Basic Men’s Shoes yang seharga Rp 199.000 bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih sepatu sekolah untuk anak Anda. Berbahan kanvas pilihan serta memiliki bagian insolenya yang empuk, membuat sepatu ini sangat nyaman digunakan.

Ada juga model Airwalk Hidro Sneakers yang memiliki desain lebih sporty, model ini juga dilengkapi sirkulasi udara yang menambah kenyamanan dalam beraktivitas. Harga untuk sepatu keren ini sekitar Rp 219.000 saja.

Untuk mendapatkan kedua produk ini Anda bisa mendapatkan di Lazada.

Vans

Sumber gambar www.sneakersholic.com

Vans adalah sebuah produsen sepatu yang sudah tidak bisa di ragukan lagi kualitasnya. Berkonsep sepatu untuk pemain skateboard, membuat sepatu yang dihasilkan oleh produsen ini sangat nyaman di gunakan dalam kegiatan outdoor serta berkesan casual dan trendi. Setiap sepatu yang dihasilkan oleh produsen ini memiliki bahan canvas yang kuat dan juga mudah di cuci. Ciri khas sepatu keluaran vans adalah terdapat teknologi Wafflecup yang unik dan membuatnya beda dengan yang lain.

Produk Vans yang bernama Vans Authentic Core Sneakers yang merupakan koleksi model Authentic dari Vans. Sepatu ini dibanderol dengan harga Rp 549.000. Dan untuk Anda yang memiliki budget lebih, Anda bisa memilih Vans Authentic PT Sneaker Navy/True White yang seharga Rp 999.000. Sepatu ini memiliki fitur yang tidak mudah dilepas dan juga tidak licin dalam situasi apapun. Model ini cocok banget untuk anak Anda yang senang terlihat keren.

Untuk mendapatkan sepatu Vans, Anda bisa membelinya di Lazada.

Redknot

Sumber gambar www.lazada.co.id

Redknot merupakan model sepatu yang sedang menjadi trend saat ini. Dengan desain yang elegan serta menggunakan bahan yang tebal dan kuat, sneaker ini terasa ringan dan nyaman digunakan setiap hari. Salah satu produk yang menjadi andalan merek sepatu ini adalah Renknot Grilya yang berwarna hitam, terdapat fitur sole protector yang membuat sepatu ini lebih awet dan tahan lama. Tipe sepatu ini dijual dengan harga Rp 127.000 di Lazada.co.id.

Redknot Clarity Black adalah model yang cukup terkenal dari merek ini. Dijual dengan harga Rp 280.000. Produk ini terdapat bantalan busa pada pergelangan kaki sehingga membuat sepatu ini nyaman digunakan. Menggunakan Bahan kulit doff sintesis pilihan di tambah dengan kombinasi warna yang menarik akan membuat anak Anda tampil lebih kece dan percaya diri.

Untuk mendapatkan sepatu Redknot, Anda bisa membelinya di Lazada.

New Balance

Sumber gambar www.mldspot.com

New Balance merupakan produk sepatu yang berfokus pada produk sepatu lari yang sangat nyaman di pakai. Selalu berdesain colorful dan menarik. Walaupun dibuat untuk sepatu running, sepatu ini juga bisa di pakai sebagai sepatu harian karena sangat nyaman dipakai. Selain itu, desain dari produk ini juga sangat cocok untuk segala kegiatan.

Di Lazada.co.id Model New Balace Lifestyle 373 –Hitam merupakan tipe yang cukup recommended dari produsen New Balance ini. Dijual dengan harga Rp 479.000-an saja. Selain itu, Anda bisa juga mempertimbangkan model New Balance 515 Sneakers yang dilansir seharga Rp 1.099.000. Model ini berbahan EVA midsole material untuk cushioning yang nyaman, serta tekstil inner dan rubber outsoles.

Anda bisa mendapatkan sepatu New Balance di Zalora.

Adidas

Sumber gambar www.bukalapak.com

Adidas merupakan salah satu merek asal Jerman yang sudah mulai produksi sejak tahu 1920-an dan fokus mengembangkan produk pada apparel olah raga. Produsen ini memiliki ciri khas 3 trip garis yang merupakan identitas dari merek Adidas. Desain sederhana namun tetap elegan merupakan hal yang unik dari produsen ini.

Produk yang sangat bisa menjadi pertimbangan untuk sepatu sekolah adalah Neo City Racer. Produk ini memiliki teknologi pada tatakan insole yang bernama Cloudfoam Ultra Footbed yang menjaga kaki tetap nyaman, dengan model klasik ala Adidas yang bernuansa hitam putih. Lapisan pergelangan kaki membantu kaki tetap dalam keadaan fit dan nyaman. Harga satu produk ini berkisar Rp 318.750 saja.

Apabila anak Anda termasuk penggila sneaker, Adidas superstar All Black bisa menjadi pilihan yang tepat buat dia. Produk yang telah di kembangkan sejak tahun 1980 an ini, sangat erat kaitannya dengan budaya sneakers dan hip-hop dunia. Cocok juga untuk dipakai ke sekolah. Sepatu ini dibanderol dengan harga Rp 649.000.

Untuk mendapatkan kedua produk ini Anda bisa melihatnya di Lazada.

Puma

Sumber gambar trendfashionterbaru.com

Puma merupakan merek yang berkualitas dalam kategori apparel olahraga, termasuk dalam pembuatan sepatu lari/running. Dengan desain yang sporty dan dipadukan warna yang mencolok namun tetap menarik. Barang produksi puma ini diproduksi dengan teknologi modern serta penuh dengan ketelitian untuk menghasilkan produk yang ringan namun tetap memiliki standard kualitas yang tinggi.

Ada dua jenis sepatu Puma yang bisa anak Anda gunakan saat ke sekolah, yaitu Puma Speed 300 Ignite Nightcat Men’s running shoes yang seharga Rp 629.000 dan Puma Black-Asphalt dengan harga Rp. 529.000. Kedua produk ini mampu mempunyai sirkulasi udara yang baik untuk kaki sehingga tentunya menambah kenyamanan saat digunakan.

Untuk mendapatkan kedua produk Puma ini Anda bisa membelinya di Lazada.

Bata

Sumber gambar www.tokopedia.co.id

Produsen Sepatu Bata memang cukup terkenal di Indonesia. Menjual produk yang berkualitas dengan harga terjangkau. Pengambilan nama. Bata sendiri juga dilatarbelakangi dengan pembuatan pertama produk ini ada di jalan Kalibata, Jakarta Selatan.

Ada beberapa produk yang cukup berkualitas untuk di gunakan sebagai sepatu sekolah. Yang pertama adalah Bata Sepatu Sekolah Paskibra 381-6733 yang sangat cocok untuk di pakai ke sekolah, jalan-jalan atau kegiatan formal sekalipun. Dibanderol dengan harga Rp 142.900, produk ini memiliki bahan yang kuat serta design yang mewah. Produk-produk lainnya seperti Black and Bata Child Blaze 3816610 dibanderol dengan harga sekitar Rp. 100.000 saja.

Kedua sepatu Bata ini bisa Anda dapatkan di Lazada.

Diadora

Sumber gambar www.bukalapak.com

Diadora adalah produsen asal Italia yang fokus pada pengembangan apparel olah raga dan memiliki produk yang cukup berkualitas. Merek ini sudah cukup terkenal di mata dunia, karena produk ini konsisten dalam hal pengembangan dan riset yang terus menerus demi mengembangkan produknya.
Salah satu produk Diadora yang layak untuk di jadikan sepatu sekolah adalah Diadora Terzo seharga Rp 230.300 di Lazada.co.id. Menampilkan desain yang monokrom dengan tambahan panel suedette untuk menghadirkan elegant twist serta sol yang didesain khusus untuk kenyamanan saat dipakai. Diadora Anlon DIACA6511BLK dengan harga Rp 206.000, bernuasa hitam dan putih dengan tambahan list warna merah membuat sepatu ini berkesan elegan dan sporty.

Anda bisa mendapatkan produk ini di Lazada.
From our editorial team

Sepatu sekolah yang nyaman pastikan putra-putri Anda menikmati harinya di sekolah..

Nah, tidak terlalu susah kan tips-tips mencari sepatu sekolah anak nyaman yang kami sediakan? Kami berharap, dengan mengikuti panduan kami di atas, Anda bisa menyediakan sepatu sekolah yang nyaman dan aman untuk anak Anda. Tak perlu risau soal harga, ada kok harga murah tapi tetap berkualitas. Yang penting, sesuaikan budget tanpa mengurangi kenyamanan sepatu untuk anak Anda ya!

Tag