8+ Pilihan Tas Anak Karakter Yang Oke Untuk Anak Usia Sekolah

8+ Pilihan Tas Anak Karakter Yang Oke Untuk Anak Usia Sekolah

Sedang ingin membeli tas anak karakter yang oke tahun ini? Pastikan Anda membelikan yang paling tepat dan tidak membuatnya cedera saat digunakan. Agar tak kecolongan, berikut panduan BP-Guide untuk memilih tas anak karakter yang oke untuk anak Anda.

Gaya Tas Anak Karakter yang Bikin Anak Makin Pede

Sumber gambar www.aliexpress.com

Bagian menyenangkan saat sekolah adalah saat memasuki tahun ajaran baru. Ada yang akan naik kelas ke tingkat yang lebih tinggi atau telah lulus, ada juga yang baru memulai masuk sekolah. Banyak hal yang dipersiapkan, mulai dari mempersiapkan diri agar lebih baik, persiapan mental agar semakin tahan banting disbanding sebelumnya dan tentunya mempersiapkan segala perlengkapan untuk sekolah. Buku baru, seragam baru, alat tulis baru, sepatu baru dan tentu saja tas baru. Beragam perlengkapan sekolah yang akan dibeli agar semakin semangat saat ke sekolah dan belajar.

Tas sekolah menjadi salah satu kebutuhan yang dapat menunjang semangat anak untuk bersekolah. Banyak pilihan tas yang ditawarkan saat ini. Seperti yang lazim kita temui di pasaran adalah tas dengan model backpack atau ransel yang memiliki banyak desain menarik seperti motif tokoh kartun, motif binatang lucu atau tas dengan aneka warna yang menarik.

Hindari Kebiasaan Buruk Menggunakan Tas Anak Karakter

Sumber gambar www.nahb.ca

Saat membelikan tas si buah hati, hendaklah tidak hanya terpaku pada model yang menarik atau harga yang murah. Anda juga harus memperhatikan kualitas tas dan kenyamanan anak Anda saat menggunakan tas tersebut. Hal ini sangat penting karena jika Anda salah membeli tas atau membeli tas yang tidak sesuai, maka akan sangat mempengaruhi kesehatan dan postur tubuh anak Anda yang masih dalam masa pertumbuhan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, 60% hingga 80% keluhan sakit punggung pada anak terjadi karena penggunaan tas yang tidak tepat. Berikut ini beberapa hal yang harus di perhatikan saat menggunakan tas ransel :

  • Mengisi ransel tanpa batas sehingga anak membawa beban yang terlalu berat di tasnya. Maksimum beban tas yang dapat di bawah seorang anak adalah 15% hingga 20% dari berat tubuh anak.
  • Memakai ransel pada satu bahu saja yang akan menyebabkan ketidakseimbangan saat menggunakan ransel karena bebannya hanya tertumpu pada satu bagian saja.
  • Menyusun isi tas dengan teratur, caranya dengan meletakkan buku-buku pada bagian tengah tas dan menyebarkan barang bawaan lain agar seimbang dibagian kiri dan kanan tas.
  • Jangan memanjangkan tali strap secara maksimal.
  • Jangan menyimpan botol minum dalam ransel.
  • Pilihlah tas ransel yang memiliki dua bantalan bahu yang empuk dan juga bantalan di bagian punggung.
  • Pilihlah ransel yang memiliki pengikat bahu dan pinggang, dan saat menggunakan tas tersebut sebaiknya kedua tali tersbut digunakan.
  • Angkatlah tas dengan benar, cara mengangkatnya adalah dengan menekukkan lutut dan menggunakan kaki saat mengangkat tas.

Membawa Tas yang Berat Hanya di Satu Sisi

Sumber gambar freidafroo.wordpress.com

Apakah Anda pernah mendengar tentang Scoliosis? Scoliosis adalah penyakit pada tulang punggung yang membengkok ke arah kanan atau kiri yang disebabkan terlalu berat sebelah saat membawa tas ataupun barang berat. Penyakit ini kebanyakan di alami oleh kaum hawa karena seringnya memakai tas yang bebannya hanya bertumpu pada sebelah bagian bahu saja sehingga tubuh akan mengikut kearah berat tas yang dibawa dan akan membuat tulang punggung dan bahu membengkok ke samping.

Salah satu cara untuk terbebas dari penyakit ini adalah dengan menggunakan tas yang tumpuan bebannya seimbang, misalnya tas dengan model ransel. Namun jika Anda salah satu penggemar tas selempang, Anda tetap dapat menggunakan tas kesukaan Anda namun beban yang di bawa sebaiknya tidak terlalu berat dan penggunaannya pada bahu secara bergantian.

Tak hanya penyakit sejenis scoliosis yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan tas yang tidak tepat. Kealahan penggunaan tas akan menimbulkan sakit kepala , leher dan bahu. Anda dapat menentukan pilihan yang tepat saat membeli tas sekolah untuk anak Anda dan menggunakan dengan cara yang benar agar tidak menimbulkan penyakit.

Memakai Tas Backpack Terlalu Rendah

Sumber gambar www.insidehighered.com

Ransel atau yang sering disebut backpack adalah jenis tas yang banyak digemari oleh banyak orang. Modelnya yang praktis dan dapat menampung banyak barang bawaan membuat tas ini tidak hanya dipakai oleh anak sekolah namun juga sering dipakai oleh orang dewasa. Namun pemakaian ransel yang terus menerus dengan cara yang salah dapat membuat gangguan pada kesehatan.

Menurut seorang pakar kesehatan bernama Erickson, pemakaian ransel yang ideal haruslah berada di bawah tulang rusuk, bukan di tulang pinggang hal ini akan membantu mengurangi resiko penyakit tulang yang disebut skiliosis. Kedua tali pada ransel pun harus digunakan ke dua bagian bahu dan tidak ketat di badan agar beban dalam tas terasa lebih ringan dan mencegah mati rasa.

Menyimpan Tas di Lantai

Merawat tas dengan baik akan membuat tas bertahan lebih lama. Salah satu cara merawat tas adalah dengan menyimpan tas tersebut ditempat yang benar. Jika Anda memiliki banyak tas, Anda dapat menyimpannya di dalam lemari khusus dan disusun berdasarkan warna dan model untuk mempermudah mengambilnya.

Namun jika tidak memiliki lemari khusus, Anda dapat menyimpannya pada kotak atau juga dapat menggantungnya. Simpanlah tas di tempat yang memiliki sirkulasi udara, jika Anda menyimpannnya pada ruang tanpa sirkulasi udara yang baik, besar kemungkinan akan membuat tas terkena jamur dan mudah rusak. Sebaiknya Anda menambahkan sillika gel untuk menghindari tas terkena jamur.

Hindari menyimpan atau meletakkan tas pada lantai karena di lantai akan membuat tas menarik kelembaban, debu dan tentu juga akan terkena kuman atau bakteri. Menurut penelitian dari 20% hingga 50% tas yang di letakkan di lantai, terdapat bakteri. Salah satu bakteri yang dapat menempel pada tas yang diletakkan di lantai adalah bakteri Staph dan E Coli yang dapat menyebabkan infeksi. Untuk menghindari kuman penyakit, biasakan menyimpan tas pada tempatnya dan mencuci tas yang sering dipakai setidaknya seminggu sekali. Anda juga dapat membersihkan tas yang telah dipakai kemudian menyimpannya di tempat penyimpanan.

Jangan Membiasakan Membawa Barang yang Banyak dalam Satu Tas

Kegiatan dan pelajaran yang cukup banyak di sekolah membuat anak sering membawa barang bawaan yang banyak di tasnya. Tas ransel memang terlihat sangat praktis karena mampu menyimpan seluruh barang bawaan si kecil, namun perlu diketahui bahwa membawa beban yang terlalu berat dapat menganggu konsentrasi anak. Gangguan lain yang dapat ditimbulkan karena kelebihan berat bawaan pada tas adalah membuat kepala menjadi pusing juga dapat menekan tulang punggung yang membuat pertumbuhan anak menjadi kurang sempurna.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Peadiatric, beban maksimal tas yang dapat diangkat anak adalah 10% hingga 20% dari berat tubuh anak. Kelebihan berat bawaan dan penggunaan tas yang keliru dapat mempengaruhi tulang dan pertumbuhan anak. Pertumbuhan tulang anak pun berlangsung hingga umur 14 tahun. Anda tidak mau kan tumbuh kembang si kecil terganggu karena salah menggunakan tas?

Model Tas Anak Karakter yang Bisa Dijadikan Pilihan

Model tas sekolah biasanya terbatas seperti ransel dan tas dengan model trolley. Namun tas sekolah anak sangat bervariasi dalam warna dan desainnya. Anda dapat memilih gambar-gambar lucu, karakter film anak atau superhero untuk menemani si kecil sekolah agar lebih imut dan semakin bersemangat. Jangan memaksakan pilihan Anda pada anak, sebaiknya Anda mengajak anak saat ingin membelikannya tas dan memberikan kebebasan untuk memilih tasnya sendiri.

Nohoo Dolphin Orange Backpack

Sumber gambar www.blibli.com

Karakter hewan sebagai model tas dapat menjadi pilihan. Salah satu karakter yang digemari adalah dolphin. Nahoo backpack dolphin misalnya. Tas ini berbentuk ikan lumba-lumba yang lucu dengan warna yang orange menyala dan sangat cocok untuk menemani anak Anda beraktivitas di luar rumah seperti picnic atau sekedar bermain di taman.

Tas ini dapat dipakai anak berusia tiga tahun keatas. Dilengkapi dengan dua kantung dibagian depan yang disertai dengan resleting. Ada juga dua kantung jarring disisi bagian kiri dan kanan. Dengan kompartemen utama yang cukup luas dapat menampung keperluan piknik si kecil. Terbuat dari bahan neoprene yang aman untuk anak.

Backpack Disney Karakter 3D SBK B1 FZ

Sumber gambar www.blibli.com

Membahas tokoh kartun buatan Disney memang tidak ada habisnya. Karakter kartun Disney sudah sangat digemari sejak dulu dari semua kalangan, tak peduli anak-anak atau orang dewasa pun menyukai karakter kartun Disney yang lucu dan menggemaskan. Tak berhenti disitu banyak pula orang yang mengkoleksi berbagai barang dengan tema salah satu karakter kartun Disney.

Salah satu produk yang mungkin bisa menambah koleksi Anda penggemar Disney adalah backpack Disney karakter 3D SBK B1 FZ. Tas ini tidak hanya lucu untuk dikoleksi, namun juga dapat membuat tampilan anak Anda semakin menggemaskan dan keren saat ke sekolah. Dibuat dari bahan berkualitas dengan kualitas gambar yang tajam dan sempurna dilengkapi dengan multi pocket untuk menampung beragam kebutuhan si kecil.

Anda bisa mendapatkannya di Blibli seharga Rp 100.000.

Marvel Tas Sekolah Anak Backpack/Ransel

Sumber gambar www.lazada.co.id

Marvel sangat sukses menarik perhatian banyak orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Karakter tokoh Marvel sering digunakan dalam berbagai desain salah satunya adalah tas. Jika Anda atau anak Anda adalah penggemar tokoh Marvel anda dapat membeli tas travel, tas sekolah atau tas kecil dengan desain Marvel. Hadir dengan style multicolor, merah dan hitam adalah sebagian dari warna yang paling diminati untuk Marvel tas.

Tas model ransel atau yang sering juga disebut backpack dikenal di Amerika sejak tahun 1910. Awalnya tas ini menggunakan sistem serut karena pada saat itu belum dikenal sistem resleting, tapi sejak sistem resleting dikenal maka tas ransel memakai resleting. Sejalan dengan perkembangan jaman, tas model ransel pun mengalami banyak perubahan.

Seperti yang di tawarkan oleh tas Marvel. Dengan model tiga dimensi yang dilengkapi dengan lampu, akan membuat motif karakter akan timbul ke depan. Ini menjadi salah satu kelebihan tas ini. Tidak hanya itu bahan yang berkualitas sangat baik dan merupakan barang import. Demikian juga dengan kualitas gambar yang tajam dan sempurna. Terdapat multi pocket untuk menampung beragam kebutuhan si buah hati akan membuat si kecil tampil keren dan mengemaskan.

Anda bisa mendapatkan tas ini dengan merogoh kocek sebesar Rp 147.000 saja di Lazada.

Autorace Trolly Backpack Marvel Karakter 3D

Sumber gambar www.bukalapak.com

Autourace hadir dengan model trolly backpack yang memiliki desain 3D karakter kartun Marvel. Terbuat dari material canvas yang dilengkapi dengan kompartemen utama yang luas dengan detail zipper opening, handle dan adjustable shoulder strap, sangat cocok untuk menemani anak Anda travelling ataupun ke sekolah. Ukuran tas ini muat di dalam kabin beberapa maskapai pesawat. Desain yang cute dalam 3D bertema marvel ini dapat Anda beli secara online di Bukalapak dengan harga Rp 380.000.

Autorace Backpack Transformers Karakter 3D

Sumber gambar www.blibli.com

Jika Anda memiliki anak laki-laki yang sangat senang dengan robot-robotan, tas Autorace backpack transformes karakter 3D bisa menjadi pilihan. Tas ini di desain dengan karakter 3D dengan tema Transformer yang hadir dalam dua pilihan warna, hitam dan biru.

Terbuat dari bahan polyester yang sangat kuat, tas ini dilengkapi dengan kompartemen utama yang luas, zipper opening, front zipper pocket, side mesh pocket, handle adjustable dan shoulder strap, sehingga sangat cocok sebagai tas sekolah atau untuk les.

Anda dapat membeli di Blibli seharga Rp 168.720. Jadi tunggu apalagi, segera lengkapi si kecil dengan tas ini yang akan membuatnya semakin semangat ke sekolah.

Autorace Disney Artist Karakter 3D

Sumber gambar www.blibli.com

Akhir-akhir ini banyak tas sekolah anak yang hadir dengan desain kartun tiga dimensi. Modelnya yang lucu dan keren membuat tas model ini sangat digemari anak-anak. Si kecil dapat memilih tokoh kartun film Disney favorite mereka.

Autorance Disney artist karakter kartun 3D ini memiliki kompartemen utama yang luas dengan detail zipper opening, 2 front zipper pockets, handle strap, 2 side mesh pockets, dan adjustable shoulder strap. Terbuat dari bahan canvas, tas ini siap membuat si kecil tampil keren saat ke sekolah.

Dapatkan hanya seharga Rp 104.500 saja di Blibli.

Korean School Doraemon Backpack

Sumber gambar www.blibli.com

Doraemon ialah salah satu tokoh kartun yang menjadi idola anak-anak maupun orang dewasa. Warnanya yang biru, tingkahnya yang lucu dan mengemaskan semakin membuat Doraemon disukai banyak orang.

Korean School Backpack hadir dengan motif Doraemon yang lucu. Tas ini berwarna biru dengan bahan kanvas polyester yang tahan air sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terkena air atau ada cairan yang tumpah karena tidak akan membasahi barang di dalam tas.

Terbuat dari bahan berkualitas sehingga tidak mudah luntur. Sangat cocok untuk anak berumur dua hingga tujuh tahun, dan dapat juga Anda jadikan souvenir atau kado ulang tahun. Tas dengan desain fun dalam karakter Doraemon ini memiliki kompartemen yang luas, zipper opening, front zipper opening, 2 side pockets dan adjustable strap yang muat menampung perlengkapan si kecil.

Walaupun harganya terjangkau, yaitu sekitar Rp 95.000 di Blibli, namun tas ini tetap awet dan warnanya tidak cepat pudar saat di gunakan dan tentunya akan membuat penampilan anak Anda semakin lucu dan mengemaskan.

Bricks Backpack N105

Sumber gambar goolapak.com

Bricks backpack N105 adalah tas dengan model backpack yang dapat dikreasikan membentuk suatu gambar tertentu. Tas lucu dan unik ini akan membantu mengasah motorik kasar si buah hati, ketelitian, serta pelajaran mengenai resource allocation dan kreativitasnya. Terdapat buku panduan untuk menolong Anda atau Anda dapat berkreasi dengan bebas tanpa terpatok pada contoh yang ada di buku panduan.

Terbuat dari bahan polyester dan dipadukan dengan brick. Terdapat kompartemen utama yang dilengkapi dengan zipper opening, side pocket serta bricks pada bagian depan tas. Tas ini akan membuat tampilan anak Anda semakin mengemaskan, unik dan tentu saja alat belajar yang menyenangkan.

Anda bisa mendapatkannya seharga Rp 160.900 di Goolapak.

Spongebob Kuning Tas Selempang

Sumber gambar www.lazada.co.id

Warna kuning sangat identik dengan warna yang ceria dan juga selalu mengingatkan kita pada tokoh kartun yang super lucu yaitu Spongebob. Karena lucunya banyak anak-anak yang menyukainya sehingga bermunculan banyak produk dengan desain Spongebob.

Salah satunya adalah Spongebob kuning tas selempang. Tas ini berukuran 15 inch dengan perpaduan warna biru dan kuning yang menarik dengan motif rumput laut dan bubble yang keren.terdapat satu kompartemen utama, tas ini juga di lengkapi zipper opening dan flap closure, laptop sleeve, back pocket, dan detachable adjustable shoulder strap.

Tas model selempang atau sling bag adalah tas yang dikenakan pada satu bahu, sebaiknya Anda tidak membawa barang yang terlalu berat dan juga menggunakannya secara bergantian pada kedua bagian bahu agar terhindar dari beragam jenis penyakit.

Dapatkan di Lazada seharga 157.000 saja.

From our editorial team

Jangan tergiur harga murah, pastikan kualitas tas anak secara menyeluruh

Memang godaan harga murah bisa sangat mengganggu obyektivitas orang tua dalam memilih tas anak karakter yang oke punya. Karena itu, kami berharap produk yang kami rekomendasikan bisa menjadi jembatan antara kualitas dan harga. Bagaimanapun juga, ada harga ada kualitas. Jadi tak bisa mengharapkan tas murah tapi punya kualitas sangat baik.