9 Rekomendasi Kertas yang Bisa Kamu Sulap Menjadi Hiasan Unik

9 Rekomendasi Kertas yang Bisa Kamu Sulap Menjadi Hiasan Unik

Kerajinan tangan bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana, seperti kertas. Pahami macam-macam jenis kertas agar kamu tahu mana yang paling tepat untuk membuat suatu kerajinan. Hasilnya bisa dijadikan hiasan lho. Ini dia rekomendasi kertas dari BP-Guide yang bisa disulap menjadi hiasan unik.

Dengan Teknik yang Tepat, Kamu Dapat Menyulap Kertas Menjadi Hiasan yang Unik Dan Keren

Sumber gambar idealhome.co.uk

Mendekorasi rumah adalah hobi yang menarik. Memasang berbagai pernik dan hiasan untuk membuat rumah tampak cantik pasti membuat semua penghuninya betah berada di dalamnya. Berbicara soal mendekorasi rumah, kamu pasti langsung terbayang bujet yang tinggi. Padahal untuk mendekorasi rumah bisa dilakukan secara sederhana, lho.

Kamu bisa memanfaatkan barang-barang di sekitar, seperti kertas. Kamu bisa memanfaatkan kertas bekas koran, tabloid, atau majalah yang masih bagus. Dari bahan kertas yang sederhana, kamu bisa membuat hiasan rumah yang oke punya.

Tips dan Trik Membuat Kerajinan Kertas

Pertimbangkan Berat, Ukuran, dan Tekstur Kertas

Sumber gambar noeliasg.com

Dalam membuat kerajinan kertas, bahan utama yang kamu butuhkan tentu saja adalah kertas. Tebal kertas yang ideal digunakan untuk membuat kerajinan biasanya antara 100-230 gsm. Namun, jika kamu ingin membuat hiasan yang besar, bisa menggunakan kertas yang lebih tebal lagi.

Pilih juga model permukaan kertas sesuai dengan jenis kreasi yang ingin dibuat. Ada kertas dengan permukaan glossy dan non glossy yang bisa dipilih. Jenis kertas glossy misalnya adalah kertas foto, sementara kertas yang non glossy misalnya adalah kertas inkjet.

Pilih Lem yang Tepat

Sumber gambar bukalapak.com

Selain kertas sebagai bahan utama, perlengkapan lain yang harus kamu siapkan saat akan membuat hiasan kertas adalah lem. Ada beberapa jenis lem yang bisa digunakan, tinggal disesuaikan dengan jenis dan tebal kertasnya, ya.

Pertama ada Lem PVC Putih. Merek yang terkenal adalah Lem FOX. Lem ini berwarna bening. Saat kering, hasilnya tidak akan mengkilap. Itulah mengapa Lem FOX sangat bagus untuk kerajinan tangan karena tidak akan berantakan saat digunakan. Hasil pekerjaan pun tetap terlihat rapi.

Kedua ada yang namanya lem kuning. Lem yang satu ini terbuat dari bahan bensin. Hati-hati ya dalam menggunakan lem ini, karena sifatnya korosif untuk bahan tertentu. Lem kuning sangat tidak cocok dengan bahan styrofoam. Jenis lem ini juga tidak cocok untuk kerajinan tangan.

Ketiga ada lem yang menimbulkan efek mengkilap ketika kering. Contohnya adalah lem merek UHU Kelebihan Lem UHU adalah lebih cepat kering dibandingkan dengan lem putih.

Siapkan Peralatan yang Tepat

Sebelum mulai membuat kerajinan tangan, lengkapi dulu peralatan yang dibutuhkan ya. Selain kertas dan lem, kamu harus mempersiapkan berbagai alat lain. Misalnya alat potong. Kamu pasti membutuhkannya untuk memotong kertas sesuai bentuk kerajinan yang ingin dibuat. Alat potong ini bervariasi, lho. Mulai dari gunting, cutter, hingga cutting pen untuk memotong pola yang rumit.

Kamu juga harus mempersiapkan penggaris untuk membuat lipatan pada kertas dan scoring untuk menipiskan garis lipatan pada pola yang ada. Nah, kalau semua bahan dan alat sudah lengkap, yuk mulai membuat hiasan dari kertas!

Berbagai Jenis Kertas untuk Membuat Hiasan yang Perlu Kamu Ketahui

Card Stock

Sumber gambar www.bukalapak.com



Card stock adalah kertas dengan tekstur yang halus dan tipis. Kertas Card Stock Plano bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan. Kertas ini tersedia dalam berbagai pilihan warna. Berat kertas adalah 150 gram, sangat ideal untuk membuat seni kerajinan. Kamu bisa membeli kertas ini Bukalapak seharga Rp 3.500 saja.

Tisu

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jenis kertas selanjutnya yang bisa digunakan untuk kerajinan tangan adalah kertas tisu. Kertas ini tipis dan memiliki warna yang cerah sehingga sering digunakan untuk membuat bunga.

Kertas Tisu - Bahan Craft tersedia dalam 32 warna pilihan yang bisa mempercantik kerajinan kertas yang kamu buat. Kertas tisu berkualitas ini tidak mudah robek, sangat cocok digunakan untuk membuat buket bunga kertas. Ukurannya adalah 65 cm x 120 cm. Bahan kerajinan ini tersedia di Tokopedia seharga Rp 5.500.

Star Dream

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kertas star dream punya tekstur licin dan kaku yang khas. Kertas ini sangat cocok buat kamu yang sudah ahli dalam membuat kerajinan kertas.

StarDream Paper adalah kertas dengan berat 12 gram yang cocok untuk kamu kreasikan menjadi kerajinan. Cocok untuk membuat kerajinan tiga dimensi, scrapbook, paper cutting, dan masih banyak lagi. StarDream Paper dapat dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 3.000.

Copy Paper

Sumber gambar www.bukalapak.com

Copy paper adalah jenis kertas yang banyak digunakan sehari-hari. Copy paper memiliki tekstur halus dan bisa digunakan untuk membuat kerajinan berukuran kecil. Kertas Merk Copy Paper A4 70gr bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 36.500. Kertas ini memiliki gramatur 70 gsm dan berisi 500 lembar.

Jasmine

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kertas jasmine punya karakteristik yang mirip dengan kertas star dream. Tidak heran kertas ini juga cocok untuk kerajinan kertas. Kamu yang suka membuat kerajinan berukuran besar dengan tinggi lebih dari 30 cm, wajib mencoba kertas jenis ini.

Kertas Jasmine Plano 109x79 Cm Paper Flower punya permukaan mengkilap dan halus. Cocok digunakan untuk membuat kerajinan kertas seperti bunga. Dengan berat 200 gram, kertas ini cukup kaku dan kokoh. Kamu bisa membeli kertas ini di Bukalapak dengan harga Rp 8.500 untuk ukuran 109x79 cm.

Art Paper

Sumber gambar www.tokopedia.com

Art Paper adalah jenis kertas yang sering dipakai untuk majalah, kalender, dan kerajinan kertas. Teksturnya halus dan glossy atau mengkilat. Gramasi art paper sangat beragam mulai dari 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram, dan 150 gram. Kamu bisa memilih ketebalan art paper sesuai dengan kebutuhanmu.

SUN KERTAS ART PAPER A4 150 GSM (ISI 100 LEMBAR) memiliki permukaan mengkilap di kedua sisinya sehingga bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan kertas kesukaanmu. Kertas ukuran A4 ini dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 30.900.

Briefcard /BC

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kertas briefcard atau BC lebih populer disebut dengan kertas manila yang memiliki permukaan yang halus. Kertas yang satu ini cocok buat kamu yang suka membuat kerajinan kertas berukuran besar hingga 30 cm. Gramasi kertas manila beragam yaitu 160 gram, 220 gram, dan 250 gram.

Kertas BC (brief card) A4 150-160gr yang banyak digunakan sebagai stopmap ini bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan kertas. Ada 6 pilihan warna tersedia yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Produk ini tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 350 per lembar.

Kertas BC Brief Card Putih 150gsm ukuran A4 dengan berat total 5,5 kilogram juga bisa kamu beli di Bukalapak dengan harga Rp 15.000.

Glossy Photopaper

Sumber gambar fastprint.co.id

Kertas glossy photopaper cocok untuk membuat kerajinan yang mengandalkan warna. Kertas mengkilap ini biasanya juga digunakan untuk mencetak foto.

Kertas Glossy Photo Paper Data Print Ukuran A4 memiliki permukaan putih mengkilap. Tersedia dalam ukuran gramatur 180 gram, 210 gram, dan 230 gram. Dapatkan hanya di fastprint.co.id dengan harga Rp 22.000.

Inkjet Paper

Sumber gambar www.blibli.com

Jika kamu ingin menonjolkan warna dalam kerajinanmu, maka kertas inkjet adalah pilihan terbaik. Blueprint BP-DSIPA4220 Double Sided Inkjet Paper A4 tersedia dalam gramasi 220. Kertas ini bersifat tahan air. Dapatkan kertas ini di Blibli dengan harga Rp 26.000 untuk ukuran A4 sebanyak 20 lembar.

From our editorial team

Bangkitkan Kreativitasmu dengan Membuat Berbagai Hiasan dari Kertas

Membuat hiasan dari kertas dapat memicu jiwa kreatifmu, karena kamu harus menciptakan berbagai bentuk dari bahan yang sederhana. Dengan berbagai macam kertas yang memiliki warna dan tekstur, hiasan menarik pun akan tercipta. Kamu bisa mencari tutorial dan langkah-langkahnya di Youtube dan internet. Bagaimana? Info dari BP-Guide di atas cukup bermanfaat, kan?