11+ Ragam Mainan Kertas yang Bisa Mengasah Kreativitas dan Kemampuan Motorik Anak

11+ Ragam Mainan Kertas yang Bisa Mengasah Kreativitas dan Kemampuan Motorik Anak

Mainan anak tentu tak harus mahal dan bermerek, mainan yang terbuat dari kertas pun bisa jadi salah satu alternatif yang mengasyikkan. Yuk, tengok ragam mainan kertas unik dan mudah dibuat yang sudah dirangkum BP-Guide berikut ini!

Karya Mainan Kertas Sudah Ada Sejak Zaman Dulu Lho!

Sumber gambar www.kidspot.com.au

Sebelum era digital masuk ke dalam kehidupan manusia seperti sekarang, banyak hal sederhana di sekitar kita yang dimanfaatkan menjadi sebuah hiburan atau mainan yang menyenangkan.

Salah satu bahan yang paling sering dijadikan mainan adalah kertas. Tidak perlu meminta uang jajan kepada orang tua, kita bisa mendapatkan kertas dengan cara menyobek halaman tengah buku pelajaran.

Melipat kertas sendiri sebenarnya adalah sebuah seni yang berasal dari Jepang dan masih ada hingga sekarang. Di Jepang, seni melipat kertas ini sudah menghasilkan banyak sekali barang baik itu hiasan seperti tirai, dan barang-barang lainnya.

Yang perlu kita ketahui, kertas sangat bisa dijadikan media berkreasi untuk membuat berbagai macam karya. Selain itu, proses menghasilkan sebuah karya dari kertas itu sangat mampu mengasah kita menjadi orang yang lebih kreatif. Proses itu mendorong kita untuk terus belajar dan mengingat lipatan-lipatan untuk membuat sebuah bentuk tertentu.

Di kalangan kita sendiri, mainan dari kertas ini paling banyak dibuat di sekolah ketika murid-murid merasa bosan. Salah satu jenis mainan yang paling sering dibuat adalah pesawat kertas. Selain mudah, pesawat kertas juga dapat diadu dengan milik kawan pesawat siapa yang bisa terbang paling lama.

Namun, di samping pesawat, banyak juga bentuk-bentuk lain yang bisa dibuat dari kertas seperti pistol-pistolan, kapal, topeng, dan lain-lain.

Kerajinan Mainan Kertas Bermanfaat untuk Anak-anak

Sumber gambar www.dreamstime.com

Jenis permainan anak kini semakin modern, maju, dan canggih. Banyak anak-anak usia dini yang sudah mahir mengoperasikan gawai. Hal ini tentu dirasa wajar karena kita sudah hidup di zaman digital. Anak-anak kini lebih suka bermain game yang berada di dalam gawai mereka daripada bermain game sungguhan, yang nyata di sekitar kita bersama teman-temannya.

Oleh karena itu, ada baiknya jika sebagai orang tua, kita juga memperkenalkan permainan-permainan tanpa teknologi seperti anak. Permainan tradisional yang sifatnya lebih sederhana dan spontan.

Bermain memang menjadi salah satu kegiatan favorit anak-anak. Sehingga tidak ada salahnya jika orang tua seringkali memanjakan anak menggunakan mainan. Tidak hanya membeli, orang tua pun bisa membuat mainan sendiri bersama anak-anaknya. Selain lebih hemat, cara ini juga sangat bisa mengasah kreativitas anak dan lebih mengakrabkan anak dengan orang tuanya.

Kemajuan teknologi tadi membuat anak-anak sekarang kurang terampil dalam membuat mainan sendiri, bahkan membuat mainan dari kertas sekalipun. Maka, kita perlu mengajarkan tentang keterampilan dalam melipat kertas.

Jangan sampai mainan sederhana ini hilang begitu saja ditelan zaman karena kemajuan teknologi. Ada banyak sekali dampak positif dari mengajarkan anak melipat kertas. Pertama, bisa membuat anak lebih terampil karena kegiatan ini mendorong motorik halusnya untuk berkembang dengan baik.

Kedua, bisa mendorong kecerdasan anak karena anak akan belajar tentang komposisi ruang, jarak, dan ketepatan. Ketiga, bisa mengembangkan kesenangan anak. Kegiatan yang mendorong rasa senang anak akan meningkatkan antusiasme mereka dalam mempelajari hal tersebut.

Dan keempat, dapat mendorong kesehatan anak. Sebab saat anak-anak bermain dengan teman-teman mereka, anggota tubuh anak akan lebih banyak bergerak dan membuat mereka menjadi lebih sehat dan segar.

Seni Origimi Erat Kaitannya dengan Kerajinan Mainan Kertas

Sumber gambar found-here.info

Permainan seni melipat kertas yang sekarang sudah terkenal di dunia adalah seni melipat kertas khas Jepang, yaitu origami. Kata origami sendiri berasal dari bahasa Jepang, yaitu ‘ori’ artinya lipat dan ‘gami’ artinya kertas. Meski origami identik dengan negara Jepang, namun sebenarnya origami tidak diciptakan di Jepang.

Orang yang pertama kali memperkenalkan origami adalah Ts’ai Lun pada abad pertama zaman Tiongkok kuno di tahun 105 Masehi. Setelah itu, origami justru berkembang pesat di Jepang dan menjadi kebudayaan di sana. Banyak aspek kehidupan orang Jepang yang dikaitkan dengan seni origami ini.

Di Indonesia sendiri, siswa sudah banyak mengenal origami sejak memasuki play group. Bagi mereka, ber-origami artinya bermain-main dengan kertas. Hal ini tepat sekali karena origami tidak hanya menarik bagi anak usia pra-sekolah, namun juga bisa mengedukasi mereka.

Origami bisa mendorong perkembangan motorik anak dan mengasah kreativitas. Origami juga bisa meningkatkan konsentrasi dan perhatian anak apabila terus dilatih secara konsisten dan diaplikasikan dengan metode yang tepat. Seni melipat kertas ini juga punya peran penting sebagai media komunikasi yang menyenangkan antara guru, siswa, dan orang tua.

Ajak Anak Bersenang-senang Sekaligus Bernostalgia dengan Membuat 10+ Aneka Mainan dari Kertas Berikut!

Pesawat Tempur

Kertas bisa menjadi teman berimajinasi yang sangat menyenangkan. Contohnya, dengan kertas, Anda tidak perlu menjadi Wright bersaudara untuk bisa membuat pesawat Anda sendiri. Anda hanya membutuhkan selembar kertas dan waktu luang untuk membuat sebuah pesawat.

Waktu luang ini bisa diambil dari waktu libur, waktu pelajaran kosong di kelas, atau ketika sedang berkumpul bersama keluarga. Selain murah, cara membuatnya pun juga mudah.

Walaupun mudah, membuat pesawat dari kertas ini membutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam melipat. Jika tidak, pesawat Anda tidak akan bisa terbang lebih dari dua meter. Oleh karena itu, membuatnya pun tidak boleh sembarangan. Jika Anda ingin membuat pesawat terbang yang benar, cobalah perhatikan dan ikuti langkah-langkah berikut ini:



  • Siapkan kertas berukuran 20 x 27,5 cm (Anda juga bisa menggunakan kertas dari buku tulis biasa yang berukuran persegi panjang
  • Lipat kertas secara vertikal menjadi dua bagian, lalu buka kembali
  • Bentuk segitiga kecil di bagian atas kertas
  • Lipat segitiga kecil tersebut ke arah bawah, kemudian buat dua lipatan setengah segitiga di atasnya
  • Kunci kedua lipatan tersebut dengan segitiga kecil di bagian bawah
  • Lipat ke arah atas untuk membentuk sayap
  • Pesawat Anda sudah jadi

Setelah pesawat Anda jadi, cobalah untuk menerbangkan pesawat itu dengan memberinya dorongan ke depan. Jika pergerakannya kurang mulus, cobalah untuk memberikan lipatan kecil di bagian sayapnya.

Perahu Kertas

Sumber gambar famiele.com

Selain pesawat, mainan yang seringkali dibuat dari kertas oleh anak-anak adalah perahu. Perahu ini merupakan bentuk mainan yang paling awal dibuat anak-anak semenjak seni origami diperkenalkan.

Selain sangat mudah dibuat, mainan ini juga bisa dimainkan di permukaan air yang dangkal, seperti bak mandi, genangan air, kolam, bahkan selokan kecil. Dengan mengetahui cara membuatnya, Anda bisa membuat perahu kertas berulang-ulang.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

  • Kertas (bisa kertas lipat, kertas bekas majalah, atau kertas koran)

Cara membuat:

  • Posisikan kertas persegi secara diagonal
  • Lipat keempat ujung kertas ke arah dalam, lalu buka kembali hingga terbentuk garis kotak di tengah
  • Lipat keempat ujung kertas masing-masing dua kali hingga terbentuk bingkai kotak
  • Bali kertas sehingga bingkainya ada di bawah
  • Lipat bagian atas dan bawah, pertemukan di garis tengah datar
  • Lipat ujung kiri dan kanan kertas secara m iring, sehingga seolah terbentuk saku
  • Buka atau tarik keluar bagian tengah saku pada dua arah berlawanan
  • Balik kertas tersebut dan bentuk perahu sudah terlihat
  • Tarik keluar lipatan di bagian ujung kiri dan kanan perahu
  • Perahu Anda sudah jadi

Merpati Kertas

Sumber gambar www.youtube.com

Anda bisa memanfaatkan momen akhir pekan bersama keluarga tanpa keluar rumah. Misalnya adalah dengan belajar hal baru seperti membuat origami. Anda hanya membutuhkan selembar kertas origami atau kertas lipat, kemudian jadilah karya seni yang indah.

Selain seru, Anda juga bisa membuatnya dari berbagai warna kertas untuk memberikan hasil yang unik. Berikut adalah cara membuat burung merpati dari kertas lipat:

  • Siapkan selembar kertas lipat warna apa saja
  • Lipat kertas tersebut hingga mendapatkan garis tengah
  • Lipat bagian atas kertas ke belakang
  • Balikkan ke posisi depan, kemudian lipat kembali
  • Buat lipatan sementara sesuai garis putus-putus pada gambar
  • Setelah ada bekas lipatan, tarik ujung kertas sesuai arah panah
  • Satukan titik A dengan titik B kemudian bagian ujung tarik hingga ke bawah
  • Rapikan lipatan
  • Lakukan hal yang sama pada bagian sebelahnya
  • Lipat bagian ujung-ujung, seperti pada gambar
  • Lipat bagian bawah dan atas, masing-masing ke arah tengah
  • Origami selesai

Masu Box

Sumber gambar club.iyaa.com

Dengan origami, Anda bisa membuat sebuah kotak berbahan dasar kertas atau yang dikenal dengan nama masu box. Selain mudah dan bermanfaat, masu box ini juga sangat menarik. Bahan yang Anda butuhkan tidak banyak, melainkan hanya selembar kertas berbentuk bujur sangkar. Anda bisa menyimpan benda-benda kecil di dalamnya.

Untuk ukuran kertas sendiri, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan Anda atau seberapa besar kotak yang ingin Anda buat. Untuk hasil terbaik, gunakan jenis kertas 70-90 gram.

Kertas ini sangat ideal karena jika kertas terlalu tipis maka hasilnya akan terlalu lemas. Sedangkan jika kertasnya terlalu tebal, maka kertas akan sulit dilipat. Namun, sebenarnya Anda bisa menggunakan jenis kertas apa saja, termasuk kertas koran atau majalah bekas.


  • Siapkan kertas berbentuk persegi, kemudian bentuk tersebut akan kita sebut sebagai persegi A.
  • Lipat ujung persegi ke arah tengah sampai terbentuk empat segitiga dengan ujung yang saling bertemu di bagian tengah. Bentuk persegi yang lebih kecil ini kita sebut dengan persegi B.
  • Lipat sisi bawah dan atas persegi B ke arah dalam, sehingga sisi atas dan bawah tersebut bertemu di tengah dan terbentuk persegi panjang
  • Buka lipatan atas bawah kemudian lipat dari sisi kiri dan kanan
  • Bongkar semua lipatan tersebut sehingga Anda kembali pada bentuk persegi A.
  • Lipat dua ujung kanan dan kiri persegi A.
  • Pada sisi yang sama, lipat pada garis persegi yang tadi terbentuk. Lipatan itu akan membentuk dinding kanan dan dinding kiri box.
  • Pada ujung yang berbentuk segitiga, tekuk ke arah dalam sampai membentuk dinding atas box. Ujung segitiga akan bertemu dengan ujung kedua segitiga dinding kiri dan kanan.
  • Lakukan langkah yang sama pada ujung terakhir untuk membentuk dinding terakhir.
  • Kotak pun sudah jadi!

Burung Bangau

Di antara berbagai macam bentuk origami, origami bangau sepertinya adalah bentuk yang paling populer. Origami bangau ini bisa Anda jadikan sebagai hiasan, hadiah, atau langkah awal untuk membuat Senbazuru. Mungkin pada awalnya origami ini terlihat sulit, namun ternyata cara melipatnya mudah dan menyenangkan.

Di Jepang, origami burung bangau disebut Tsuru yang memiliki sifat manis, kuat, cantik, dan istimewa. Maka, tidak heran jika masyarakat Jepang sangat menghargai arti dari burung bangau ini. Bahkan, di Jepang ada mitos yang mengatakan bahwa origami burung bangau dapat mengabulkan sebuah permohonan dengan membuat 1000 origami burung bangau.

Seribu origami burung bangau ini disebut senbazuru. Bahkan, jika 1000 origami burung bangau ini diberikan kepada orang yang sedang sakit, hal itu bisa menjadi sebuah harapan untuk menyembuhkan orang tersebut.


  • Siapkan selembar kertas lipat.
  • Lipat kertas sesuai garis pada gambar.
  • Lipat lagi mengikuti arah garis kedua.
  • Setelah dilipat, maka kertas akan berbentuk seperti pada gambar.
  • Lipat bagian kiri dan kanan kertas.
  • Setelah dilipat, maka akan berbentuk seperti gambar di atas.
  • Setelah berbentuk seperti segitiga, langkah berikutnya adalah lipat kertas sesuai garis pada gambar.
  • Ulangi langkah yang sama untuk bagian belakang kertas.
  • Lipat kertas tersebut sesuai garis pada gambar.
  • Buka semua lipatan tersebut hingga menjadi seperti gambar di atas.
  • Angkat kertas atas dan bawah seperti pada gambar di atas.
  • Lipat kertas yang terbuka ke dalam hingga menjadi seperti gambar.
  • Setelah jadi, maka akan berbentuk seperti gambar.
  • Ulangi langkah yang sama hingga membentuk seperti gambar.
  • Buka lipatan pada bagian samping kertas hingga menyerupai bentuk seperti di gambar.
  • Lipat ke atas dan pada posisi tengah kertas yang sudah jadi sebelumnya.
  • Ulangi langkah tersebut hingga membentuk seperti pada gambar.
  • Ambil salah satu sisi untuk membuat kepala seperti pada gambar.
  • Kepala akan berbentuk seperti pada gambar.
  • Lipat sayap ke bawah dan tarik kembali sayapnya agar melebar seperti pada gambar.

Robot-robotan

Robot yang terbuat dari kertas ini tentu saja ramah lingkungan, murah (bahkan gratis), tanpa sampah, dan tidak menggunakan bahan-bahan yang susah dicari. Jika Anda bisa mengembangkan dan berinovasi lebih jauh, robot-robotan ini bisa menjadi ide bisnis. Robot ini bisa berubah-ubah bentuk dengan cara disatukan dengan pesawat-pesawat yang lain.


  • Siapkan dua lembar kertas buku tulis atau kertas tidak terpakai lainnya, kemudian sobek menjadi dua bagian.
  • Satu lembar kertas digunakan untuk badan dan lembar lainnya untuk bagian kaki.
  • Ambil salah satu, lipat membentuk segitiga. Lipat ke kiri, lalu buka. Lipat ke kanan, lalu buka. Kertas akan membentuk seperti segitiga.
  • Lakukan langkah yang sama pada ujung lainnya.
  • Balik kertas, kemudian lipat seperti gambar di bawah ini. Bagian ini gunanya untuk masuk bagian kaki.
  • Kemudian balik lagi, lipat salah satu ujung seperti pada gambar. Bagian ini adalah untuk bagian badan.
  • Ambil sisa kertas pada bagian badan, lipat lagi seperti ketika melipat bagian badan.
  • Lipat kertas ke bagian dalam seperti gambar.
  • Masukkan bagian sayap ke dalam badan dan mencepitnya sehingga tidak mudah lepas.
  • Untuk membuat kakinya, lipat kertas seperti pada gambar dan potong bagian bawahnya seperti ini.
  • Buka kertas lalu lipat-lipat seperti gambar.
  • Lipat kertas seperti membuat pesawat.
  • Masukkan bagian kaki ke balakang badan.
  • Robot sudah jadi bahkan bisa berdiri.

Shuriken

Sumber gambar sebentarsaja.com

Shuriken atau senjata lempar ninja banyak digunakan di berbagai variasi bela diri Jepang. Anda bisa membuat shuriken tiruan dari kertas. Melipat shuriken dari kertas ini tidaklah sulit bahkan cenderung menyenangkan. Selain itu, hasil karya Anda dapat digunakan sebagai dekorasi atau kerajinan yang cantik. Cara membuat shuriken adalah berikut ini:

  • Lipat kertas menjadi setengah horizontal, kemudian lipat setengah horizontal lagi. Jika sudah, kertas akan berbentuk seperti pada gambar.
  • Lipat kertas menjadi setengah vertikal. Buat lipatan tegas hingga lipatan awal tadi akan terbuka. Lipat bagian atas ke kiri di sepanjang titik vertikal. Lipat juga bagian bawah ke kanan sepanjang titik lipatan tadi. Jika sudah selesai, kertas akan berbentuk seperti gambar.
  • Balik kertas, lipat pada bagian kotak untuk membuat segitiga. Ulangi proses sebelumnya pada selembar kertas lagi sehingga kini Anda memiliki dua buah kertas yang sama seperti pada gambar.
  • Gabungkan kedua kertas tersebut seperti pada gambar.
  • Tindih kertas mulai dari segitiga bawah, kemudian lipat setiap segitiga hingga tumpang tindih pada segitiganya.
  • Selipkan sisi segitiga akhir ke dalam saku yang diciptakan oleh lipatan pada langkah sebelumnya. Goyangkan sudutnya sedikit untuk mengepaskan, tergantung seberapa tebal kertas yang sudah digunakan untuk membuat origami bintang.
  • Shuriken sudah jadi.

Topi Kertas

Sumber gambar www.youtube.com

Kali ini, bukan sekadar topi biasa. Dengan sedikit imajinasi, Anda bisa mengubah kertas menjadi sebuah topi koki atau juru masak yang menarik. Selain menyenangkan, membuat topi yang satu ini bisa mengenalkan berbagai macam profesi kepada anak Anda, seperti juru masak.

Anda bisa menjelaskan segala macam profesi dengan tanggung jawabnya sehingga menambah pengetahuan anak. Proses membuatnya bisa mengasah keterampilan anak-anak. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Lipat kertas separuh secara vertikal.
  • Putar kertas menjadi posisi horizontal.
  • Lipat bagian bawah kertas sesuai garis putus-putus ke arah atas.
  • Lipat bagian kanan kertas sesuai garis putus-putus.
  • Balik kertas tersebut.
  • Lipat kertas pas di bagian tengah dan kembalikan lagi agar tercipta garis tengah.
  • Lipat kertas bagian kiri dan kanan dengan mempertemukan pinggir kertas terhadap garis tengah.
  • Kemudian kembalikan lagi sehingga kini kertas terbagi menjadi empat bagian.
  • Lipat ujung atas kertas, kiri, dan kanan sesuai garis putus-putus.
  • Lipat kertas dengan mempertemukan pinggir kertas kiri dan kanan terhadap garis tengah.
  • Lipat bagian bawah kertas sesuai garis putus-putus ke arah atas.
  • Rekatkan isolasi pada bagian pertemuan kertas, lalu balik topinya.
  • Buka bagian bawah sebagai lubang topi.
  • Topi koki siap dipasang.

Kodok

Origami berbentuk katak yang bisa melompat-lompat akan menjadi mainan menarik sekaligus murah meriah. Anda bisa membuat origami ini bersama anak-anak kemudian memainkannya bersama-sama.

Yang Anda butuhkan hanyalah selembar kertas, gunting, spidol, lem, dan kemampuan melipat. Jika katak ditekan ke belakang, maka katak ini akan benar-benar melompat. Cara membuat origami katak, yaitu:

  • Lipat kertas ke samping kanan.
  • Lipat kertas ke bawah.
  • Lipat bagian depan ke atas.
  • Buka lipatan atas.
  • Lipat bagian atas ke kanan membentuk segitiga, lalu buka lipatan.
  • Lipat bagian atas ke kiri membentuk segitiga, lalu buka lipatan.
  • Untuk bagian atas, lipat ke sisi dalam hingga membentuk segitiga.
  • Lipat bagian bawah ke atas.
  • Lipat samping kanan dan kiri ke tengah.
  • Lipat kembali bagian bawah ke atas.
  • Lipat samping kiri dan kanan ke tengah hingga membentuk segitiga.
  • Buka lipatan di bagian bawah, tekuk ke bagian dalam hingga berbentuk seperti kapal.
  • Lipat ke bawah.
  • Lipat bagian bawah ke samping kanan kiri.
  • Lipat bagian segitiga sisi kanan dan kiri ke atas.
  • Lipat bagian bawah ke atas, tepat ke garis tengah.
  • Lipat baigan depan ke bawah, lalu balikkan.
  • Origami katak Anda sudah jadi.

Topeng

Seorang desainer bernama Steve Wintercroft telah berhasil membuat karya unik dari kertas. Dengan perhitungan geometri yang tepat, Wintercroft berhasil mengubah kertas menjadi topeng yang mengagumkan dengan berbagai bentuk.

Topeng sendiri bisa dibuat dari berbagai macam media seperti kayu, tanah liat, bubur kertas, atau kertas karton. Nah, untuk media kertas sendiri bisa dibilang masih sangat jarang. Teknik yang digunakan dalam membuat topeng dari kertas karton adalah teknik melipat, memilin, dan menggunting.

Pembuatan topeng ini akan melatih kita membuat karakter wajah manusia yang bermacam-macam, mulai dari wajah lucu, galak, bengong, marah, judes, jutek, dan lain sebagainya. Namun, untuk membuatnya Anda haruslah tekun dan sabar.

Bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat topeng dari kertas, yaitu:

  • Kertas koran
  • Kertas HVS
  • Lem kertas
  • Gunting
  • Cutter
  • Pilox atau cat (hindari penggunaan cat air karena warnanya akan kusam)
  • Spidol permanen
  • Balon
  • Karet
  • Air

Cara membuatnya:

  • Tiup balon lalu ikat seperti biasa.
  • Gunting kertas koran menjadi kotak-kotak
  • Campurkan lem dengan air secukupnya, aduk hingga rata.
  • Tempelkan kertas koran yang sudah digunting menjadi kotak-kotak dengan lem yang telah dilaruktkan ke dalam air tadi hingga tebal (minimal tujuh lapis kertas).
  • Gunting kertas HVS menjadi kotak-kotak, tempel di atas lapisan kertas koran (satu lapis saja)
  • Tunggu hingga kering.
  • Jika sudah kering, warnai dengan pilox atau cat.
  • Tunggu hingga pewarna kering.
  • Lubangi bagian mata dengan cutter.
  • Beri motif dengan spidol sesuai keinginan Anda.

Rumah-rumahan

Sumber gambar www.youtube.com

Anda juga bisa membentuk sebuah rumah-rumahan dari kertas origami yang cantik. Untuk membuat bentuk ini, tidak perlu latihan atau keahlian khusus. Siapa pun yang mengikuti caranya dengan benar sudah pasti bisa membentuk rumah-rumahan ini, termasuk Anda.

Pertama, ada dua bahan yang perlu Anda siapkan untuk membentuk rumah-rumahan ini, yaitu satu lembar kertas HVS dan spidol untuk menggambar. Cara membuatnya adalah berikut ini:

  • Lipat kertas HVS menjadi dua bagian.
  • Lipat bagian kanan dan kiri masing-masing sekitar 3 cm.
  • Pada bagian kanan, bentuk bagian atasnya menjadi kerucut.
  • Tekan sisinya hingga datar sehingga membentuk seperti atap rumah.
  • Lakukan langkah yang sama pada bagian kiri kertas.
  • Gambari pintu, jendela, dan lain-lain menggunakan spidol. Anak Anda akan berimajinasi tentang bentuk rumah yang mereka inginkan.
  • Jika anak Anda juga ingin menggambari bagian dalam rumah, maka imajinasinya pun telah semakin berkembang seolah-olah rumah tersebut adalah rumah sungguhan.
  • Gambari juga bagian belakang rumah agar terlihat lebih sempurna.
From our editorial team

Buat Mainan Kertas Bersama Anak Saat waktu Luang!

Mainan tak hanya bisa dibeli, terkadang membuat mainan sendiri akan sangat bermanfaat untuk mengasah kreativitas anak. Salah satu jenis mainan yang bisa dibuat sendiri adalah mainan kertas, Ajari anak membuat mainan dari kertas kemudian biarkan dia memilih sendiri jenis mainan yang diinginkan. Biarkan juga ia bermain bersama teman-temannya supaya permainannya semakin menyenangkan. Selamat berkreasi dengan kertas, Mom's!

Tag