9 Rekomendasi Gunting Rumput Terbaik untuk Merawat Kebun dan Rumput Hias Anda (2020)

9 Rekomendasi Gunting Rumput Terbaik untuk Merawat Kebun dan Rumput Hias Anda (2020)

Memiliki rumput hias di halaman rumah bisa membuat rumah menjadi lebih hijau dan sehat. Jangan lupa untuk merawatnya dengan cara dipangkas secara teratur, Berikut ini ada rekomendasi gunting rumput terbaik untuk hasil pemangkasan yang lebih optimal.

Rumput yang Tinggi dan Tidak Terawat Dapat Membuat Rumah Terlihat Kotor

Rumput adalah tumbuhan pengganggu yang selalu tumbuh di mana pun, terutama di taman atau halaman rumah Anda. Jika Anda biarkan saja, maka rumput akan terus tumbuh dan memiliki ukuran yang semakin tinggi.

Rumput tersebut dapat membuat anak-anak Anda tidak bisa bermain dengan bebas di halaman rumah. Terlebih jika rumput tersebut memiliki duri yang dapat melukai anak Anda saat bermain disekitarnya. Tidak hanya itu saja, rumput terkadang dapat membuat kulit gatal-gatal dan susah dihilangkan.

Jika dilihat dari segi penampilan, rumput yang tinggi dapat membuat tampilan rumah Anda menjadi terlihat tidak terawat. Jika rumah Anda memiliki rumput yang sudah tinggi, orang akan berpendapat bahwa rumah itu adalah rumah kosong atau rumah yang sudah ditinggalkan sejak lama. Maka dari itu, Anda harus rutin memotong rumput yang tumbuh di halaman rumah Anda.

Berbagai Jenis Rumput Hias

Rumput Jepang

Rumput jepang adalah jenis rumput yang memiliki bentuk yang rapi dengan daun yang lancip dan tipis. Rumput yang biasanya Anda lihat di lapangan golf ini sering dimanfaatkan banyak orang untuk hiasan di taman rumah.

Keunggulan dari rumput jenis ini adalah sangat mudah tumbuh karena hanya membutuhkan sinar matahari yang cukup. Tidak hanya itu saja, pertumbuhannya juga cukup lambat, sehingga Anda tidak perlu sering-sering untuk memangkasnya.

Tampilannya yang natural dan rapi membuat tampilan halaman rumah Anda menjadi lebih hijau dan asri. Rumput yang memberikan kesan empuk ini membuat siapa saja ingin tidur di atasnya. Sayangnya, rumput ini tidak nyaman diduduki atau ditiduri, karena tekstur daunnya yang lancip dan dapat menusuk kulit Anda.

Rumput Teki

Rumput teki adalah jenis rumput yang bisa hidup di mana saja, di tempat kering maupun di tempat yang lembap. Rumput yang dapat tumbuh setinggi 140 cm ini memiliki daun yang berjajar ke kiri dan kanan. Batang bagian bawahnya memiliki warna putih.

Kemudian pada bagian batang di sela-sela akarnya yang memiliki umbi yang dipercaya memiliki banyak manfaat. Jenis rumput liar ini memiliki bantang yang tumpul atau persegi tiga tajam. Rumput yang biasanya memiliki jumlah daun dari empat hingga sepuluh ini juga memiliki bunga.

Bunganya memiliki berada di ujung batangnya dengan bentuk seperti bulir. Bunga dari rumput teki ini juga memiliki benang sari sebanyak tiga buah, sedangkan kepala sarinya memiliki warna merah dan putiknya memiliki ukuran 1,5 cm.

Rumput Peking

Rumput peking adalah jenis rumput yang memiliki bentuk yang runcing, kurus, dan rapi. Bentuknya hampir sama dengan rumput jepang, namun bentuk daunnya lebih runcing lagi dan rumput peking tumbuh secara jarang-jarang. Rumput jenis ini juga mudah untuk tumbuh, sehingga Anda tidak perlu repot-repot saat menanamnya.

Rumput peking haruslah dipangkas secara rutin. Karena jika tidak dipangkas, rumput jenis ini akan terus tumbuh menjadi lebih lebat dan panjang. Saat daun-daunnya menjadi lebat, cahaya matahari tidak sampai pada bagian bawah rumput.

Hal ini membuat bagian bawah rumput akan menguning. Rumput peking ini juga biasanya tidak untuk diduduki atau ditiduri, karena bentuk daunnya yang dapat membuat kulit Anda tidak nyaman.

Rumput Swiss

Rumput swiss adalah rumput yang paling poluler, karena memiliki tampilan yang lebih rapi dan memesona. Tampilannya yang indah membuat rumput jenis ini memiliki harga yang lebih tinggi dari jenis rumput lainnya. Selain itu, tekstunrya juga sangat halus, sehingga sangat nyaman saat disentuh atau diduduki. Banyak orang yang memanfaatkan rumput swiss ini sebagai hiasan taman atau halaman rumah.

Namun, berbeda dengan jenis rumput lainnya. Rumput swiss adalah jenis rumput yang membutuhkan perawatan yang ekstra dan ketelatenan yang tinggi. Agar dapat tumbuh subur, rumput Swiss membutuhkan cahaya matahari, kelembapan yang harus terjaga, pemupukan, dan pemangkasan yang rutin. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus membuang rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar rumput swiss. Rumput liar tersebut dapat mengganggu tumbuh kembang dari rumput swiss Anda.

Rumput Manila

Rumput manila adalah rumput yang paling sering digunakan sebagai alas lapangan bola dan beberapa lapangan olahraga lainnya. Jenis rumput ini dipilih karena selain memiliki warna hijau yang indah, rumput Manila ini sangat kuat dan elastis, sehingga tahan saat dipijak berkali-kali oleh manusia. Rumput yang berasal dari Filipina ini memiliki daun yang juga runcing, tetapi tidak sakit di kulit.

Sehingga sangat nyaman untuk diduduki atau juga ditiduri. Jenis rumput ini juga sering dimanfaatkan untuk mengendalikan erosi, karena rumput Manila juga dapat tumbuh di tanah berpasir. Agar dapat tumbuh subur, Anda harus merawatnya secara rutin. Seperti memberi pupuk, menyiram, memangkas, dan memberikan sinar matahari yang cukup.

Rawat Rumput Hiasmu dengan Rekomendasi Gunting Rumput Terbaik

Gunting Rumput Kenmaster

Gunting Rumput Kenmaster adalah peralatan berkebun yang sangat membantu Anda untuk memangkas rumput yang mulai tinggi dan mengganggu. Terbuat dari bahan besi yang kuat dan tajam, sehingga dapat memotong semua jenis rumput.

Bobotnya juga hanya 800 gram, sehingga tidak membuat tangan Anda menjadi pegal. Panjang pisau pemotongnya didesain untuk memudahkan Anda saat memotong berbagai jenis rumput. Untuk gagangnya memiliki panjang 25 cm dan dilapisi karet agar nyaman digenggam meskipun dalam waktu yang lama.

Terdapat putaran penyetel yang dapat digunakan untuk mengatur kekencangan gunting. Gunting rumput dari Kenmaster ini sangat cocok untuk Anda yang suka berkebun dan ingin menata dan mempercantik tanaman.

Harga Rp. 49.500-70.000

Gunting Rumput / Gunting Taman 3 Posisi / Gunting 3 Way Rumput Prohex

Gunting Rumput / Gunting Taman 3 Posisi / Gunting 3 Way Rumput Prohex adalah gunting untuk rumput yang terbuat dari perpaduan bahan besi dan kayu. Memiliki mata pisau yang tajam dengan panjang 20 cm, sehingga Anda bisa memotong berbagai jenis rumput.

Gagangnya ada yang terbuat dari kayu dan ada juga yang terbuat dari besi. Gagangnya dilapisi dengan karet berkualitas yang dapat membuat nyaman saat digenggam.

Gunting yang memiliki panjang total 50 cm ini didesain agar Anda mudah memotong berbagai jenis tumbuhan, terutama rumput pada pagar rumah Anda.

Harga Rp. 75.000-133.350

Ace Gunting Rumput 7 1/2 Inc

Ace Gunting Rumput 7 1/2 Inc adalah gunting rumput yang terbuat dari bahan cast iron yang kuat dan tajam. Gunting yang memiliki tipe pisau oxide coated ini memiliki mata gunting yang panjang dan lurus, dengan sisi lancip pada ujungnya.

Sehingga memudahkan Anda saat memotong rumput di tempat yang sempit sekalipun. Gunting dari Ace ini memiliki panjang yang ideal, yaitu 19 cm sehingga Anda bisa memotong rumput dari jarak yang cukup aman.

Harga Rp. 230.000-339.000

Camel Gunting Rumput dan Pagar Gagang Kayu

Camel Gunting Rumput dan Pagar Gagang Kayu adalah gunting rumput yang memiliki ukuran yang panjang dan besar, dengan panjang keseluruhan 50 cm. Untuk pisaunya memiliki panjang hingga 27 cm dengan gagang sepanjang 24 cm.

Gunting dari Camel ini memiliki bentuk mata gunting yang panjang, lurus, dan lancip ujungnya, sehingga memudahkan Anda untuk memotong berbagai jenis rumput. Gagangnya terbuat dari bahan kayu yang nyaman digenggam. Meskipun Anda menggunakan gunting ini dalam waktu yang lama, tetap tidak akan menyakiti telapak tangan Anda.

Tidak hanya untuk rumput, Anda bisa memanfaatkan gunting dari Camel ini untuk memotong berbagai tumbuhan lainnya, seperti pagar tumbuhan.

Harga Rp. 35.000-45.500

Gunting Rumput Soligen

Gunting Rumput Soligen 50 cm adalah gunting rumput yang terbuat dari bahan besi yang kuat dan tajam, sehingga bisa memotong berbagai macam tumbuhan. Mata pisaunya memiliki ketebalan 3 cm dengan lebar 17,5 cm, sehingga tidak mudah patah.

Gunting yang memiliki panjang keseluruhan mencapai 50 cm ini memiliki gagang kayu yang nyaman di genggaman. Gagangnya juga tidak akan menyakiti telapak tangan Anda meskipun dipakai dalam waktu yang lama.

Harga Rp. 32.000-54.800

Tora Gunting Rumput Saboten 3 Posisi

Tora Gunting Rumput Saboten 3 Posisi adalah gunting rumput yang terbuat dari bahan yang berkualitas dengan mata pisau yang tajam dan tahan lama. Gunting rumput buatan Taiwan ini telah teruji kualitasnya, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya.

Dilengkapi dengan tiga posisi berbeda yang bisa Anda gunakan. Posisi pertama adalah posisi horizontal, posisi ini digunakan untuk menggunting rumput yang panjang. Posisi kedua adalah posisi menyudut, posisi ini digunakan untuk menggapai area yang sulit dijangkau. Posisi terakhir adalah posisi vertikal, posisi ini untuk menggunting ujung-ujung yang menempel dengan bidang lain.

Harga Rp. 58.500-91.500

Gunting Rumput Tiga Posisi Nankai

Gunting Rumput Tiga Posisi Nankai adalah gunting rumput yang terbuat dari bahan berkualitas dengan mata pisau yang kuat dan tajam. Sehingga Anda bisa memangkas semua jenis rumput dan berbagai tanaman yang lain. Gagangnya nyaman digenggam, sehingga memudahkan Anda saat menggunakannya.

Gunting dari Nankai ini memiliki tiga posisi yang dapat Anda gunakan. Posisi pertama adalah posisi horizontal yang dapat Anda gunakan untuk memotong rumput yang memiliki permukaan yang datar. Kemudian posisi 45 derajat yang dapat digunakan untuk mencapai area yang sulit dijangkau. Posisi terakhir adalah posisi 90 derajat, posisi ini digunakan untuk meratakan atau mengunting ujung-ujung dari tanaman yang Anda potong.

Harga Rp. 49.500-59.900

Gunting Rumput VOC / GLX

Gunting Rumput VOC / GLX adalah gunting yang terbuat dari bahan berkualitas. Mata guntingnya memiliki bentuk yang memanjang dengan ujung yang lancip.

Gunting yang memiliki panjang keseluruhan hingga 25 cm ini memiliki fitur yang menarik, yaitu dapat diputar 360 derajat. Sehingga Anda bisa menggunakannya dalam berbagai model, seperti vertikal dan horizontal.

Sehingga Anda bisa mengatasi berbagai masalah saat memotong rumput, seperti menjangkau rumput yang jauh, memotong rumput yang mendatar, atau hanya memotong bagian ujungnya saja.

Harga Rp. 73.500-94.750

Yardsmith Gunting Rumput Grass Shears Green

Yardsmith Gunting Rumput Grass Shears Green adalah gunting rumput yang terbuat dari bahan berkualitas yang awet dan tidak mudah rusak. Mata pisaunya sangat kuat dan tajam, sehingga tidak mudah patah dan dapat digunakan untuk memotong berbagai jenis rumput.

Gunting rumput dari Yardsmith ini memiliki gagang antislip yang nyaman digenggam dan tidak membuat telapak tangan Anda sakit. Gunting yang memiliki ukuran yang ideal ini dapat memotong dahan dengan diameter maksimal hingga 13 mm.

Harga Rp. 196.000-258.100
From our editorial team

Merawat Kebun dan Rumput Jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan dengan Gunting Rumput Terbaik

Gunting rumput terbaik menjadikan Anda lebih mudah merawat kebun dan rumput hias di rumah Anda. Selain itu, prosesnya menjadi lebih menyenangkan. Hasilnya, rumah Anda akan lebih artistik. Gunting rumput yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pilihan tepat untuk menambah perkakas perawatan kebun di rumah Anda.

Tag