Memberi Efek Tenang, Ini Tips Membuat Kolam Ikan di Rumah dan 6 Rekomendasi Hiasannya (2019)

Memberi Efek Tenang, Ini Tips Membuat Kolam Ikan di Rumah dan 6 Rekomendasi Hiasannya (2019)

Kolam ikan dapat memberikan sensasi tersendiri bagi pemiliknya. Anda bisa sejenak melepaskan diri dari tekanan dan stres yang kerap dihadapi dengan memandang ikan-ikan yang berenang. Sekarang, simak dulu tips dari BP-Guide untuk Anda yang ingin membuat kolam ikan di rumah.

Adanya Kolam Ikan Dapat Memberikan Ketenangan pada Pemiliknya

Suara gemericik air dan melihat ikan berenang ke sana kemari di dalam kolam dapat membuat Anda lebih tenang dan semua stres dapat hilang. Tidak hanya itu, kehadiran kolam ikan di rumah Anda dapat menciptakan suasana yang asri dan natural. Karena itulah memiliki kolam ikan di rumah juga dapat membuat hidup Anda menjadi lebih seimbang.

Tips Membuat Kolam Ikan di Rumah

Pertimbangkan Ukuran yang Tepat

Jika Anda ingin membuat kolam ikan di ruma, ukuran dari kolam sangat perlu Anda pertimbangkan. Ukuran kolam ikan harus disesuaikan dengan ukuran halaman atau ukuran rumah karena dapat mempengaruhi populasi ikan dan kehidupan ikan yang akan Anda pelihara.

Jika ukuran kolam tidak sesuai, maka ikan yang Anda akan pelihara akan kesulitan dalam menemukan makanan.

Pilih Desain yang Sesuai

Sebelum Anda membuat kolam ikan, tentukanlah terlebih dahulu desain kolamnya. Anda bisa mendapatkan berbagai desain kolam di internet, majalah, atau buku-buku panduan.

Desain yang Anda pilih tidak hanya memiliki bentuk yang bagus saja, tetapi disesuaikan juga dengan luas rumah, lebar pekarangan, dan tema dari eksterior rumah Anda. Hal ini berguna agar kolam ikan tersebut juga dapat membuat tampilan rumah Anda menjadi serasi dan menarik.

Siapkan Bujet

Hal terpenting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuat kolam ikan adalah bujet. Sesuaikan ukuran dan desain dari kolam dengan dana yang Anda miliki. Jangan memaksakan bujet Anda karena hal itu dapat mengganggu proses pembuatan kolam ikan.

Namun jangan pula karena alasan berhemat, maka Anda menggunakan material yang tidak berkualitas karena hal ini bisa membuat kolam Anda menjadi lebih tidak tahan lama.

Tentukan Dekorasi yang Diinginkan

Membuat kolam ikan di rumah, jangan hanya fokus kepada segi fungsi saja, tetapi pertimbangkan juga segi keindahannya. Agar tampilan kolam ikan menjadi lebih menarik, Anda perlu melengkapinya dengan berbagai dekorasi. Kolam ikan yang indah dan menarik dapat menjadi obat stres bagi yang melihatnya.

Tentukanlah terlebih dahulu tema dan konsep dari kolam ikan, agar Anda bisa membeli dekorasi-dekorasi yang sesuai. Anda harus memilih dekorasi kolam yang ramah lingkungan, yaitu yang bebas kandungan kimia agar tidak mengancam kesehatan Anda dan peliharaan Anda.

Berbagai Dekorasi Hiasan Kolam Ikan untuk di Rumah

Lampu LED

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jika waktu Anda menikmati keindahan kolam ikan hanya sempat pada malam hari karena siang sibuk bekerja, maka Anda harus menghiasi kolam ikan Anda dengan lampu agar tetap indah pada malam hari.

Lampu kolam led / lampu kolam 10 watt adalah lampu LED terbuat dari bahan aluminium stainless yang memiliki input 12 volt dan power 10 watt. Lampu ini harus menggunakan adaptor. Anda bisa mendapatkan lampu LED ini di Tokopedia dengan harga Rp 95.000.

Air Mancur

Sumber gambar www.blibli.com

Membuat kolam ikan yang dilengkapi dengan air mancur sangatlah banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah membuat kolam ikan Anda memiliki suara gemericik air yang menenangkan.

Anda harus memiliki OEM 3/4 in Nozzle Air Mancur Es Lilin SS Dekorasi taman untuk menciptakan air mancur. Nozzle berbahan kuningan ini dapat menghasilkan semburan air berbentuk tugu yang ramping dan airnya tampak bening. Tidak hanya itu, pancuran yang didesain ergonomis ini juga menghasilkan air dengan ujung yang membentuk topi yang unik. Anda bisa mendapatkan nozzle ini di Blibli dengan harga Rp 198.000.

Batu Koral

Sumber gambar www.blibli.com

Meskipun terkesan simpel dan sederhana, tetapi batu koral dapat membuat tampilan kolam ikan Anda menjadi lebih cantik. Tidak hanya itu, ikan-ikan yang Anda pelihara juga akan senang jika tempat tinggalnya terdapat banyak batu yang dapat dijadikan tempat bermain.

JIRIFARM Batu Koral Kupang Dekorasi Aquarium - Putih 2 cm/ 1 kg adalah batu dari lautan yang memiliki warna putih yang unik dapat memberikan nuansa yang berbeda. Selain itu, batu koral ini juga dapat memberikan kesan lantai kolam yang luas. Anda bisa mendapatkan batu koral ini di Blibli dengan harga Rp 13.000.

Miniatur Jamur

Sumber gambar www.blibli.com

Miniatur jamur dapat Anda jadikan pilihan untuk dekorasi kolam ikan Anda agar lebih menarik. Salah satu miniatur jamur terbaik yang cocok untuk kolam ikan adalah Bluelans Miniature Mushroom Ornament 20 pcs. Pasang miniatur ini di sekeliling kolam ikan agar semakin semarak.

Ornamen berbentuk jamur yang lucu dan mini ini terbuat dari bahan resin sintetis yang tahan lama. Dekorasi yang memiliki warna merah ini memiliki ukuran sekitar 2 cm. Anda bisa mendapatkan ornamen ini di Blibli dengan harga Rp 7.499.

Bunga Teratai Plastik

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bunga teratai adalah penghias kolam ikan yang indah. Tidak hanya indah, bunga teratai juga bisa menjadi makanan ikan, mengurangi radiasi matahari, dan menetralisir air di dalam kolam. Namun, bunga teratai memerlukan perawatan yang ekstra agar tetap mekar. Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa menggantinya dengan bunga teratai buatan.

Salah satu produk yang bisa Anda miliki adalah Bunga Lotus Dekorasi Kolam Taman Dekor Bunga Teratai Hias Artificial. Hiasan bunga teratai yang cantik dan memiliki warna ungu ini terbuat dari bahan EVA berkualitas tinggi yang tidak beracun. Anda bisa membeli hiasan ini di Tokopedia dengan harga Rp 18.900.

Miniatur Tebing

Sumber gambar www.tokopedia.com

Menjadikan relief tebing sebagai hiasan kolam ikan Anda dapat menghasilkan kesan alami dan asri. Salah satu relief tebing yang cocok untuk kolam ikan Anda adalah Miniatur Tebing Air Terjun Aquascape.

Miniatur ini bisa dipesan sesuai keinginan. Panjang maksimal miniatur ini adalah 50 cm. Pemesanan miniatur dengan tinggi lebih dari 50 cm dikenai biaya berbeda. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan melakukan pemesanan ke nomor WA 081249135978 dengan harga Rp 250.000.

From our editorial team

Kolam Ikan yang Indah, dengan Pilihan Perlengkapan Menarik

Kolam ikan dengan penampilan yang monoton tentu tidak menarik untuk dilihat. Tentunya untuk menyempurnakan kolam ikan Anda, rekomendasi produk perlengkapan kolam ikan di atas perlu dipertimbangkan. Jangan lupa, perawatannya juga harus rutin agar ikan-ikan di dalam kolam bisa tetap sehat.

Tag