Jagalah Akuarium agar Tetap Bersih dengan 8 Rekomendasi Produk Pembersih Akuarium Ini (2019)

Jagalah Akuarium agar Tetap Bersih dengan 8 Rekomendasi Produk Pembersih Akuarium Ini (2019)

Akuarium adalah dekorasi yang dapat mempercantik rumah Anda. Agar akuarium selalu terlihat indah dan bersih, maka perlu dirawat secara rutin. Berikut ini, BP-Guide akan memberikan tips menjaga kebersihan akuarium dengan rekomendasinya.

Akuarium Bisa Jadi Daya Tarik Ruangan di Rumah

Para pencinta ikan kemungkinan memiliki akuarium di rumahnya. Namun, tahukah Anda, akuarium tidak hanya menjadi tempat memelihara ikan saja. Akuarium juga bisa membuat tampilan ruangan di rumah Anda menjadi lebih menarik.

Agar akuarium semakin menarik, Anda juga harus melengkapinya dengan pernak-pernik seperti lampu, tanaman, atau karang laut.

Tips Membersihkan Akuarium

Cabut Terlebih Dulu Aliran Listrik pada Akuarium Anda

Anda perlu tahu bahwa air dapat menghantarkan listrik, sehingga dapat membuat Anda tersetrum jika aliran listrik tidak diputus ketika ingin membersihkan akuarium. Maka dari itu, sebelum membersihkan akuarium, putuskanlah terlebih dahulu aliran listrik ke akuarium. Biasanya aliran listrik tersambung ke lampu akuarium atau mesin saringan akuarium.

Bersihkan Dekorasi dan Dasar Akuarium

Bagian pertama yang harus didahulukan ketikan membersihkan akuarium adalah dasarnya. Biasanya dasar akuarium berupa bebatuan atau kerikil. Anda bisa membersihkannya menggunakan penyedot air akuarium agar kotoran di dasar akuarium dapat terangkat dan terserap.

Tetapi jika dasar akuarium Anda adalah pasir, jangan terlalu dekat menyedotnya. Hal ini hanya akan membuat pasir yang tersedot oleh mesin penyedot air. Setelah itu, bersihkanlah dekorasi akuarium Anda.

Biasanya dekorasi akuarium kotor karena jamur yang membandel. Gunakanlah dua tetes cairan pemutih, lalu tunggu selama 15 menit dan cuci atau gosok menggunakan kain bersih atau spons. Dekorasi akuarium Anda akan kembali seperti baru lagi.

Bersihkan Filter dan Kartrid

Filter dan kartrid perlu Anda bersihkan secara rutin, jika tidak aliran akuarium Anda bisa tersumbat. Tidak hanya itu, filter dan kartrid juga sangat berpengaruh dengan kesehatan dari ikan Anda. Karena keduanya membutuhkan tenaga listrik, Anda harus memutuskan alirannya terlebih dahulu agar Anda tidak tersetrum ketika membersihkannya.

Isi Kembali dengan Air Bersih

Setelah semua bagian akuarium bersih, isilah kembali akuarium dengan air bersih. Hindarilah menggunakan air keran atau sumur, karena logam yang terkandung di air tersebut dapat membahayakan kesehatan ikan Anda. Menuangkan air ke akuariuam jangan sekaligus dan lakukanlah secara perlahan, agar tata letak dekorasi yang telah Anda atur tidak berantakan kembali.

8 Rekomendasi Alat Pembersih Akuarium yang Bisa Anda Pergunakan

Filter Pipe Hose

Sumber gambar shopee.co.id

155cm Double Ended Water Filter Pump sikat pembersih untuk Akuarium Ikan dengan pipa pembersih adalah sikat pembersih akuarium yang dilengkapi dengan selang air fleksibel. Sikat panjang yang memiliki diameter 1.2 cm yang kecil dan 2,5 cm untuk yang besar ini sangat fleksibel dan dapat ditekuk, sehingga tidak mudah patah.

Sikat yang terbuat dari bahan stainless steel dan dipadukan dengan bahan nilon ini bisa didapatkan di Shopee dengan harga Rp 37.100.

JBL Blanki Set

Sumber gambar www.bukalapak.com

JBL Blanki Set adalah pembersih alga yang menempel pada dinding akuarium, sehingga kaca akuarium Anda terlihat lebih bersih. Bagian kepala dari blanki set ini terbuat dari kawat halus yang didesain khusus untuk membersihkan alga tanpa membuat dinding akuarium Anda tergores.

Produk dari Jerman ini memiliki panjang tangkai 45 cm dan terbuat dari bahan aluminium. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 175.000.

Jirifarm Tong GC-S Tongkat Penjepit Multifungsi

Sumber gambar www.bukalapak.com

Jirifarm Tong GC-S Tongkat Penjepit Multifungsi adalah tongkat penjepit yang dapat digunakan untuk menjangkau kotoran dan membuangnya kaluar dari akuarium Anda. Penjepit dari Jirifarm ini terbuat dari bahan plastik dengan panjang 70 cm.

Cara menjepitnya sangatlah mudah, hanya dengan menarik tuas dan penjepit agar bergerak untuk menjepit. Pembelian produk ini dapat Anda lakukan di Bukalapak dengan harga Rp 30.000.

Vacuum Cleaner Akuarium

Sumber gambar www.tokopedia.com

Vacuum cleaner aquarium adalah pembersih yang dapat membuang benda-benda kotor di dasar akuarium dengan lebih efektif. Vacuum cleaner yang terbuat dari komponen plastik dan elektronik ABS berkualitas tinggi ini memiliki dua ukuran pipa hisap yang dapat cocok untuk akuarium berukuran kecil atau besar.

Pembersih yang dilengkapi dengan selang dan filter bag ini memiliki laju aliran 520 l/jam. Tidak hanya itu, vacuum cleaner yang membutuhkan 2 buah baterai ini dapat bekerja di kedalaman air maksimum 52 cm. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 196.000.

SOBO Magnetic Glass Cleaner

Sumber gambar shopee.co.id

SOBO Magnetic glass cleaner adalah magnet pembersih kaca akuarium yang dilengkapi dengan handle grip yang nyaman digunakan. Pembersih kaca yang cocok untuk kaca yang memiliki ketebalan 6mm ini dilengkapi dengan scraper di bagian depan. Anda bisa mendapatkannya di Shopee dengan harga Rp 65.800.

Dymax Mini Algae Scraper

Sumber gambar www.bukalapak.com

Dymax Mini Algae Scraper adalah pembersih kaca akuarium Anda dari ganggang dan endapan air keras yang dapat membuat tampilan akuarium Anda tidak menarik. Terbuat dari bahan daur ulang yang tidak beracun, sehingga aman untuk kesehatan ikan Anda.

Dilengkapi dengan spons non abrasif yang aman untuk akuarium Anda yang terbuat dari kaca, akrilik, plexiglas atau plastik. Sponsnya dapat diganti agar dapat disesuaikan pada sudut yang sulit terjangkau. Anda bisa mendapatkannya di Bukalapak atau di Tokopedia dengan harga Rp 89.000.

Cairan Pembersih Aquarium TITANIC

Sumber gambar www.bukalapak.com

Cairan Pembersih Aquarium TITANIC adalah pembersih kaca akuarium Anda yang telah buram untuk mengembalikannya menjadi bening seperti baru. Cairan ini dapat membersihkan alga dan lumut yang menempel di dinding akuarium Anda. Pembersih yang memiliki isi 60 mm ini termasuk ke dalam obat keras, sehingga Anda perlu menjauhkannya dari jangkauan anak-anak.

Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakannya, gunakanlah sarung tangan agar lebih aman. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 15.000 atau bisa juga di Shopee dengan harga Rp 16.000.

BOYU Selang Pembersih Akuarium

Sumber gambar www.bukalapak.com

BOYU Selang pembersih akuarium adalah alat pembersih yang dapat menyedot kotoran di dalam akuarium Anda. Pembesih yang dapat mengganti air kotor dengan air bersih ini sangat mudah digunakan.

Selain itu juga efisien untuk menciptakan lingkungan yang sehat bagi habitat di dalam akuarium. Anda bisa mendapatkan pembersih dari Boyu ini di Tokopedia dengan harga Rp 87.500 atau bisa juga di Bukalapak dengan harga Rp 58.000.

Selain Itu, Anda juga Bisa Memanfaatkan Fauna Pembersih Akuarium

Ikan SAE

Sumber gambar www.taryono.com

Ikan Sae atau yang memiliki nama latin Crossocheiles Oblongus adalah salah satu jenis ikan pembersih yang suka memakan lumut sehingga dapat membersihkan lumut di akuarium Anda. Tidak hanya lumut, ikan jenis ini juga dapat memakan ganggang dan cacing pipih yang mengganggu ekosistem di dalam akuarium.

Memelihara ikan yang berukuran sekitar 15 sampai 16 cm ini sangatlah mudah karena ikan sae dapat mencari makannya sendiri.

Ikan CAE

Sumber gambar www.aquascapebatang.com

Ikan CAE atau chinese algae eater atau dikenal juga dengan nama ikan lemon algae eater ini merupakan ikan yang suka memakan lumut. Ikan herbivora ini memiliki corak warna kuning yang mirip seperti buah lemon, sehingga membuat tampilan akuarium Anda menjadi lebih hidup dan segar.

Ikan yang dapat berukuran hingga 28 cm ini dapat menjaga kebersihan akuarium Anda secara efektif tanpa merepotkan Anda.

Udang Amano

Sumber gambar www.aquascapebatang.com

Udang amano atau hewan yang memiliki nama asli japonica amano shrimp adalah jenis udang yang rakus dan selalu lapar. Hal baiknya adalah udang ini suka dengan lumut dan alga air, sehingga dapat membersihkan akuarium Anda.

Tidak hanya itu, udang amano juga suka memakan sisa-sisa makanan ikan lain yang terbuang. Sehingga sangat efektif digunakan sebagai hewan pembersih di akuarium Anda.

Keong Tanduk

Sumber gambar atagaleri.net

Keong tanduk adalah keong yang memiliki bentuk yang lucu dan imut sehingga dapat mempercantik tampilan akuarium Anda. Tidak hanya itu, keong tanduk ini juga sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan bibit-bibit alga yang berada di akuarium Anda.

Terutama, alga yang berada di daun, akar dan hardscape, serta di dinding kaca. Sayangnya, keong ini tidak bisa dikembangbiakkan, karena habitat aslinya di air payau.

From our editorial team

Kebersihan Akuarium adalah Hal yang Wajib Diperhatikan bagi Pencinta Ikan

Pemilik akuarium tentu harus menyadari bahwa kebersihan akuarium adalah hal yang wajib diperhatikan. Untuk itu, alat-alat kebersihan akuarium seperti yang dipaparkan oleh BP-Guide di atas adalah hal yang wajib dimiliki. Pelihara pula ikan-ikan atau hewan yang bisa membantu proses pembersihan akuarium.