Punya Rencana Untuk Pelihara Hewan? Ini 9 Rekomendasi Hewan yang Mudah Dipelihara (2018)

Punya Rencana Untuk Pelihara Hewan? Ini 9 Rekomendasi Hewan yang Mudah Dipelihara (2018)

Memelihara hewan kesayangan ternyata bisa menghilangkan kejenuhan atau stres sehari-hari. Hanya dengan melihat warnanya, mengelus bulu atau melihat gerak-geriknya yang lucu dan menggemaskan, hati akan turut senang dan terhibur. Anda berniat memelihara hewan? Nah, berikut BP Guide rekomendasikan beberapa hewan yang mudah dipelihara.

Siapa yang suka memelihara hewan peliharaan? Bila Anda termasuk yang mengangguk setuju, sudah pasti memiliki hewan peliharaan atau setidaknya menyayangi binatang menjadi bagian penting dalam kehidupan Anda. Memelihara hewan tidak sekadar hobi. Di masa kini, hewan peliharaan juga bisa menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan pundi-pundi uang tambahan. Apabila berhasil membudidayakan hewan peliharaan dalam jumlah banyak, nantinya bisa dijual kepada orang lain dan menambah penghasilan. Namun, memelihara hewan tetap harus bertanggung jawab. Nah, berikut ini kami akan menyampaikan informasi tentang hewan yang gampang dipelihara atau mudah dalam perawatannya. Apa saja hewan yang dimaksud? Berikut daftar hewan peliharaan yang mudah untuk dipelihara di rumah.

1. Sugar Glider

Hewan kecil ini sangat banyak penggemarnya. Selain mudah dibawa ke mana-mana, cara perawatan hewan kecil ini juga tidak terlalu susah. Sugar glider bisa masuk ke kantong baju Anda juga bisa ada di pundak Anda. Ukuran yang kecil membuat sugar glider sangat menggemaskan. Sugar glider sendiri termasuk binatang yang hampir serupa dengan tupai serta masuk ke dalam keluarga marsupial, mamalia koala, dan juga memiliki kantung layaknya kangguru. Hewan ini adalah omnivora yang suka dengan makanan manis. Sugar glider suka meluncur, itulah alasan kenapa dinamakan glider. Uniknya, sugar glider ternyata lebih ramah daripada kucing. Mereka bahkan bisa membuat bonding dengan pemilik sehingga dijamin Anda tidak akan bosan ketika bermain dengan hewan ini.

2. Hamster

Hamster tidak kalah imutnya dengan kucing atau sugar glider. Hamster sangat mirip dengan tikus, namun dengan ukuran yang lebih kecil dan jauh lebih imut. Hamster sering dijadikan sebagai hewan peliharaan yang dipelihara lebih dari 1 ekor. Perawatannya cukup mudah dan simple, karena hanya membutuhkan makanan dan kandang kecil saja. Anda harus hati-hati karena hamster bisa cepat stres jika berada di tempat yang kotor. Bersihkan kandang setidaknya dua kali dalam sehari. Tingkah lucu dari hamster bisa Anda lihat saat malam hari karena hamster termasuk hewan nocturnal.

3. Reptil

Reptil tergolong merupakan hewan melata yang berdarah dingin. Kendati terlihat seperti dinosaurus yang berbentuk kecil, hewan peliharaan dari jenis reptil sangat banyak penggemarnya. Masyarakat yang memelihara hewan reptil seperti kadal, ular dan bunglon bahkan banyak memiliki komunitas pecinta reptil di setiap kota. Reptil juga cukup mudah untuk dirawat bahkan lebih mudah dari anjing dan kucing. Reptil memiliki corak warna yang beragam, unik, serta cerah. Memelihara reptil adalah jenis memelihara binatang yang anti-mainstream sehingga membuat para penyayang binatang cukup populer di tengah komunitasnya.

4. Burung

Burung seringkali menjadi hewan peliharaan yang sangat disukai oleh orang dewasa, khususnya pecinta burung. Jenis burung yang dipelihara biasanya seperti burung parkit, kakak tua merpati, beo, merpati, dan yang lainnya. Memelihara burung ternyata cukup mudah karena hanya cukup memberinya makan, minum, serta membersihkan sangkarnya secara rutin. Memelihara burung tidak ribet dan tidak akan mengganggu waktu atau aktivitas Anda. Kicau burung yang merdu juga akan selalu terdengar di pagi atau sore hari yang biasanya dapat memberikan ketenangan dan mampu menghalau stres sang penghuni rumah.

5. Ikan

Ikan adalah salah satu hewan peliharaan yang cocok bagi Anda yang sangat sibuk setiap harinya. Ikan sangat mudah dalam segi perawatan. Anda cukup membeli akuarium, rutin mengganti air sekaligus membersihkan akuarium sebanyak sekali dalam seminggu saja. Pilihlah ikan air tawar agar perawatan lebih mudah. Contohnya adalah ikan mas, ikan tetra, ikan guppy, dan yang lainnya.

6. Anjing

Anjing terkenal akan sifatnya yang sangat setia akan majikannya sehingga sering disebut sahabat manusia. Ada banyak jenis anjing yang ramah dan bisa Anda pelihara seperti Siberian Husky atau Goldern Retriever. Hanya saja, dalam memelihara anjing sebaiknya Anda berkomitmen dan bertanggung jawab selama perawatan. Misalnya, Anda harus ekstra memberikan perhatian, mengajak jalan-jalan dan memanjakannya. Pasalnya, selain hewan yang aktif dan tidak bisa diam di rumah, hewan anjing juga termasuk hewan yang sensitif dan selalu ingin mendapatkan perhatian dari majikan. Anda bisa meluangkan waktu untuk membawa anjing Anda jalan-jalan setiap pagi atau saat sore sepulang bekerja dan beraktivitas.

7. Kucing

Selain anjing, kucing adalah hewan peliharaan yang paling populer. Kuding memiliki sifat manja, serta nafsu makan yang besar. Anda tidak perlu terkejut jika kucing Anda selalu meminta makan dengan mengelus-elus kaki atau tangan Anda. Namun, pastikan Anda tetap mengontrol porsi makan kucing Anda agar tidak obesitas. Cukup beri makan 2 kali sehari saja. Jangan lupa untuk memberi vaksin agar kucing tidak terjangkit berbagai macam penyakit kucing.

8. Landak Mini

Hewan yang memiliki duri-duri di seluruh tubuhnya ini ternyata tidak seseram yang dibayangkan banyak orang. Landak mini sangat berbeda dengan jenis landak hutan. Jika landak hutan dikenal lebih agresif, maka sebaliknya, landak mini memiliki perangai yang sangat manis, imut, dan lucu. Inilah yang membuat landak mini sering dijadikan hewan peliharaan para pecinta binatang. Selain itu, landak mini ternyata cukup mudah untuk dirawat. Anda hanya perlu membersihkan kandangnya secara berkala, dan memandikan landak secara rutin agar terhindar dari berbagai penyakit. Ajak main landak Anda ketika setiap hari agar landak mini tidak mudah stres atau sakit.

9. Kura-kura

Kura-kura hampir sama dengan ikan, cocok untuk Anda yang memiliki aktivitas super sibuk di luar rumah. Hewan ini hidup di daerah tropis dan bisa juga subtropis. Gerakannya yang sangat lambat dan lembut dapat membuat Anda jatuh hati. Apalagi kura-kura yang masih bayi dan kecil. Perawatan kura-kura ternyata cukup mudah karena Anda hanya perlu memberinya makan secara rutin dan menyiapkan akuarium untuk tempat kura-kura. Usia dari kura-kura sendiri cukup panjang yaitu bisa mencapai usia hingga 30-40 tahun.

From our editorial team

Pelihara Hewan dengan Penuh Tanggung Jawab

Nah, itu dia beberapa jenis hewan peliharaan yang mudah dalam perawatan dan pemeliharaan. Namun perlu diperhatikan memelihara hewan juga membutuhkan tanggung jawab yang besar. Anda harus siap merogoh kocek untuk membeli makanan, memikirkan cara merawat yang baik serta mempersiapkan segala kebutuhan hewan peliharaan. Jika tidak, hewan peliharaan akan gampang stres dan terkena penyakit lalu mati. Jadi, mana nih hewan yang akan Anda pilih?

Tag