Tips Perawatan Cucak Ijo agar Bersuara Merdu dan 10 Rekomendasi Produk yang Bisa Kamu Gunakan agar Burung Tetap Sehat, Lincah, dan Gacor

Tips Perawatan Cucak Ijo agar Bersuara Merdu dan 10 Rekomendasi Produk yang Bisa Kamu Gunakan agar Burung Tetap Sehat, Lincah, dan Gacor

Memelihara burung cucak ijo menjadi hobi tersendiri bagi mereka pencinta burung. Burung cucak ijo dengan suara merdunya juga sering diperlombakan. Agar burung sehat dan bersuara merdu, maka harus dilakukan perawatan yang benar dan tepat.

Salah Satu Burung yang Banyak Dipelihara para Pencinta Burung Kicau Adalah Cucak Ijo

Sumber gambar kicaumania.net

Kita memelihara hewan dengan tujuan yang beragam. Ada yang memelihara hewan sebagai teman dalam keseharian supaya tidak kesepian, ada yang memelihara hewan untuk diambil manfaatnya, dan ada pula yang memelihara hewan untuk dinikmati baik keindahan bentuk hingga suaranya.

Bagi pencinta hewan peliharaan burung, pasti sudah tidak asing dengan burung bernama cucak ijo. Hewan yang satu ini banyak mendapat perhatian khusus karena suara kicauannya yang menawan. Banyak dipelihara karena selain cara merawatnya mudah, hewan ini juga bisa menenangkan hati pemiliknya dengan suara kicaunya yang indah. Bersama BP-Guide, mari kita intip tips merawat cucak ijo yang tepat.

Tips Merawat Cucak Ijo

Pemilihan Pakan yang Sesuai

Sumber gambar audioburung.com

Saat memelihara hewan peliharaan tentu saja harus rutin memberikannya makan. Nah untuk pakan dari burung cucak ijo, maka kamu harus memberikan yang tepat supaya bisa menutrisi burung agar tetap sehat dan bisa menghasilkan suara yang merdu.

Pakan untuk cucak ijo bervariasi supaya kebutuhan nutrisi, mineral dan vitaminnya bisa tercukupi dengan baik. Pakannya sebaiknya mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin D3, A, B1, B2, C, K3, dan E. Tidak hanya itu, pakan burung juga sebaiknya mengandung protein dan karbohidrat. Dan yang tak kalah penting, pakannya harus mengandung mineral yang bisa membentuk tulang dan membantu dalam pengelolaan keseimbangan cairan tubuh.

Sangkar, Tangkringan, dan Tempat Mandi

Sumber gambar www.jalaksuren.net

Sebelum memelihara burung cucak ijo, kita wajib melengkapi keperluan dasarnya. Pertama tentu saja sediakan sangkar yang cocok. Kamu bisa membeli sangkar satuan atau sangkar persegi untuk memelihara lebih dari satu burung.

Selain sangkar, kamu wajib melengkapi sangkar dengan beberapa keperluan burung. Misalnya saja tangkringan yang bisa dipakai burung untuk berjemur. Lalu sediakan juga tempat mandinya supaya burung bisa lebih bugar dan sehat.

Mandikan dengan Teratur

Sumber gambar curvetube.com

Burung cucak ijo juga perlu dimandikan secara teratur. Untuk itu kamu perlu melatihnya dulu supaya burungnya jadi terbiasa. Biarkan burung beradaptasi dengan kondisi habitat barunya dulu. Lalu biasakan mandi dua kali sehari yaitu pada pagi dan juga pada sore hari.

Kamu bisa menganginkan burung dulu sebelum memandikannya. Biarkan 30 menit sebelum dimandikan dengan metode semprot maupun dengan menggunakan karamba mandinya.

Kebersihan Sangkar

Sumber gambar pengicau.net

Memelihara burung cucak ijo tidak sesimpel memberi makan dan memandikan burung saja. Kamu juga wajib menjaga kesehatan burung dengan cara menjaga kebersihan sangkar burungnya. Saat kondisi sangkar burung kotor dan tidak terawat, maka burung bisa mudah stres dan akhirnya mudah sakit.

Rajinlah membersihkan sangkar secara teratur supaya burung selalu sehat. Burung tidak akan mudah terjangkit penyakit maupun mengalami stress yang menyebabkan kerontokan bulu saat sangkarnya terjaga kebersihannya.

Berbagai Produk Perawatan Burung yang Bisa Kamu Gunakan

Pro Singer 80gr

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pro Singer 80gr merupakan sebuah produk pakan burung yang bisa kamu andalkan. Produk makanan tambahan ini begitu spesial. Dibuat khusus untuk membuat kiacauan burung lebih indah. Pakan yang satu ini hadir dengan aneka vitamin, protein, dan juga mineral.

Memiliki aroma segar dan menggiurkan, pastinya burung cucak ijo menjadi sangat lahap kala memakannya. Kamu bisa memberikan 10 hingga 20 butir saja per harinya karena ini hanyalah bentuk makanan tambahan untuk burung. Bisa juga dihaluskan dulu sebelum diberikan. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 75.000.

Wheat Germ Oil (WGO) for Bird 15ml

Sumber gambar www.tokopedia.com

Wheat Germ Oil for Bird 15ml ini adalah jenis pakan yang cocok diberikan pada cucak ijo. Burung dengan warna cantik kehijauan ini pastinya membutuhkan nutrisi lengkap setiap harinya. Produk ini bisa membuat burung jadi lebih semangat dan juga sehat.

Dengan kandungan ekstrak minyak mentah yang diperoleh dari biji gandum, produk ini bisa meningkatkan kesuburan burung. Selain itu bisa juga meningkatkan produksi telur dan merangsang daya tetas burung. Bisa meningkatkan birahi jantan dan betina, produk ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 30.000.

Hartz Bonanza Fruit

Sumber gambar www.tokopedia.com

Makanan Burung Hartz Bonanza Fruit ini tidak bisa dilewatkan sebagai produk pakan burung cucak ijo. Hadir dengan formula yang tepat, pakan burung ini mengandung vitamin A, D, dan E. Ada juga asam lemak omega yang membuat pakan ini bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit serta bulu burung.

Pakan burung ini rasanya lezat dan menggugah selera burung. Bisa menyediakan nutrisi seimbang untuk burung, pakan ini juga kaya kandungan yang bisa menyehatkan mata burung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 100.000.

Pakan Burung - Jangkrik Kering Anis Cucak Ijo Pleci Kacer Murai Cibleka

Sumber gambar shopee.co.id

Pakan Burung Jangkrik Kering Anis Cucak Ijo Pleci Kacer Murai Ciblek ini bisa kamu berikan pada hewan peliharaan burung cucak ijo kesayangan kamu. Pakan yang satu ini bisa memberikan kekuatan maksimal sehingga burung jadi lebih berstamina. Produk ini juga bisa membuat burung jadi lebih gacor sehingga kamu bisa menikmati suara indahnya kapan saja.

Pakan yang satu ini akan memenuhi kebutuhan protein burung cucak ijo kamu. Selain itu pakan juga bisa meningkatkan intensitas kicauan burung lebih baik. Mengandung jangkrik asli, kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 14.500.

Super-N Super Kicau Obat Burung

Sumber gambar shopee.co.id

Super-N Super Kicau Obat Burung ini bisa diberikan sebagai produk perawatan yang tepat. Obat ini bisa diberikan pada cucak ijo yang sedang sakit. Produk ini luar biasa dan paling pas untuk burung kicau yang mengalami masalah kesehatan.

Bisa mengatasi segala jenis infeksi pencernaan mulai dari diare, berak kapur, berak darah, berak air, dan lain sebagainya. Produk ini juga bisa mengatasi beberapa infeksi pernapasan burung kicau, seperti ngorok, serak, dan flu. Obat ini bisa juga menyembuhkan luka. Selain bisa mengatasi sakit oleh virus, bisa juga mengatasi bulu kusam pada burung. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 15.000.

Vitasol MultiVitamin N Nutrisi Burung Kompetisi

Sumber gambar shopee.co.id

Vitasol MultiVitamin N Nutrisi Burung Kompetisi ini adalah produk dari Amerika Serikat. Suplemen ini hadir dalam bentuk cairan dan mudah diberikan. Berisi konsentrat, di dalamnya terdapat aneka multivitamin yang penting bagi pertumbuhan dan kebutuhan nutrisi burung.

Vitamin yang satu ini bisa mengobati burung yang sedang sakit dan juga cocok untuk burung yang kekurangan nutrisi dari makanannya. Produk ini bisa diberikan 3 tetes ke wadah air minum atau bisa dicampur dengan pakan. Kamu bisa membeli vitamin yang satu ini di Shopee dengan harga Rp 155.000.

Pakan Burung Anis Murai Cucak Ijo Kacer Seaweed Gold Coin Kicau Mania

Sumber gambar www.lazada.co.id

Pakan Burung Anis Murai Cucak Ijo Kacer Seaweed Gold Coin ini tentu bisa menjadi pilihan utama kamu. Produk ini bisa memenuhi kebutuhan gizi dari burung supaya ia bisa lebih lincah dan juga sehat.

Stamina burung bisa tetap terjaga dengan baik dan burung jadi bebas dari rasa stres. Mengandung jagung, gandum, dan kedelai, produk ini juga kaya telur, rumput laut dan asam amino. Berikan secukupnya setiap hari pada cucak ijo kesayangan kamu. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 10.000.

E-Breeding Ebod Jaya Vitamin Burung

Sumber gambar www.bukalapak.com

E-Breeding Ebod Jaya Vitamin Burung Merangsang Birahi ini adalah vitamin burung yang bisa kamu berikan pada peliharaan kamu. Obat yang satu ini bisa meningkatkan kesuburan burung dan juga bisa merangsang produktivitas telur jadi lebih cepat.

Selain bisa memperbaiki kualitas telur yang dihasilkan, obat ini juga bisa menjadi vitamin untuk membuat kicauan burung lebih indah. Cukup campurkan pada minuman burung setiap hari. Berikan 5 hingga 10 tetes dalam 50cc air. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 22.000.

B6 250ml Biojanna 6 Vitamin

Sumber gambar shopee.co.id

B6 250ml Biojanna 6 Vitamin merupakan produk yang cocok untuk merawat kesehatan burung cucak ijo. Produk yang satu ini bisa meningkatkan kicau cucak ijo jadi lebih baik. Selain itu, obat ini bisa membuat burung makin lincah dengan cara memperbaiki sistem metabolisme burung.

Sistem pencernaan burung lebih baik, burung juga bisa memiliki nafsu makan yang baik. Dengan vitamin ini burung jadi sehat tanpa bau menyengat. Bulu burung akan jadi makin indah dan berkilau dengan pemakaian teratur. Cukup teteskan 5 tetes pada 100ml minuman burung. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 55.000.

Song Bird Poer Crumble Pro Bird Pakan Burung Poer Kasar Khusus Murai Cucak Ijo Pentet Kacer Anis

Sumber gambar www.bukalapak.com

Song Bird Poer Crumble Pro Bird Pakan Lomba Pakan Harian Poer Halus Kasar Voer Pakan Burung adalah produk berikutnya yang wajib kamu lirik. Makanan burung ini dikemas dalam botol ukuran 200 gram. Cocok untuk cucak ijo, pakan ini premium dengan bahan yang berkualitas.

Pakan burung ini mengandung gizi tambahan dan juga zat yang bisa menyehatkan hati burung. Hadir dengan kandungan vitamin C dan E, produk ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung. Kamu bisa membeli produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 30.000.

From our editorial team

Berikan Perawatan Maksimal untuk Cucak Ijo Kesayanganmu

Melakukan perawatan pada burung peliharaan jangan asal saja. Kamu harus memberikan perawatan yang maksimal agar burung sehat, lincah, bebas dari penyakit dan bisa menghasilkan suara yang merdu. Jangan lupa menjalankan tips merawat burung cucak ijo dan menyediakan berbagai produk perawatan burung peliharaan kesayangan kamu.