Rekomendasi Shampo Jati Jajar dan 5 Shampo Burung Lainnya agar Burung Semakin Sehat dan Bebas Kutu

Rekomendasi Shampo Jati Jajar dan 5 Shampo Burung Lainnya agar Burung Semakin Sehat dan Bebas Kutu

Tidak hanya manusia, burung juga perlu dimandikan rutin agar tetap bersih. Selain itu, agar burung peliharaan Anda juga bebas dari kutu dan sebagainya, maka diperlukan shampo khusus. Berikut, BP-Guide akan mengulas shampo khusus untuk burung dari Jati Jajar. Simak yah,

Burung Juga Butuh Shampo Supaya Bebas Kutu

Bagi sebagian orang, memelihara burung kicau adalah hobi yang menguntungkan. Burung kicau, seperti Murai batu dan Kacer merupakan burung yang kerap diperlombakan kicauannya.

Ingin burung kicauan milik Anda berprestasi? Anda harus memperhatikan kesehatannya. Salah satu penghambat sekaligus penganggu jenis burung seperti ini adalah kutu. Tak ingin burung kicau dan burung hias milik Anda berbulu kurang menarik? Anda perlu memilih shampo yang tepat untuknya.

Manfaat Shampo Jati Jajar

Membunuh Kuman dan Kutu

Shampo Jati Jajar merupakan shampo produksi Ebod jaya yang terkenal ampuh untuk membasmi kutu dan bakteri pada burung. Termasuk dalam shampo multi fungsi, Jati Jajar bisa digunakan dengan cara menyemprotkannya langsung ke tubuh burung saat dimandikan. Atau bisa juga mencampurnya pada air mandi.

Membersihkan Sangkar

Kotoran yang menumpuk dan sisa pakan akan menjadi sarang penyakit bagi burung, sehingga Anda wajib menjaga kebersihan sangkarnya. Tumbuhnya bakteri pada sangkar akan membuat jari kaki burung menjadi berjamur.

Untungnya Shampo Jati Jajar bisa digunakan untuk membersihkan sarang. Dengan cara menyemprotkan seluruh permukaan dengan campuran air dan shampo dengan antiseptik yang aman untuk burung, sangkar akan kembali bersih. Pencucian sangkar minimal dilakukan seminggu sekali dalam seminggu. Campuran shampo ini juga aman bagi burung apabila tidak sengaja terkonsumsi.

Melembutkan Bulu

Bulu yang terlihat kusut, keriting, dan susah diatur pasti membuat burung peliharaan Anda terlihat kurang menarik. Bulu yang tidak mengkilap biasanya dipengaruhi oleh kurangnya minyak atau lemak di kelenjar lemak yang terletak di atas pantat burung. Hal ini bisa diatasi dengan cara menambahkan minyak ikan pada jangkrik pakannya. Anda juga bisa mengecek lubang kelenjar minyaknya, bisa jadi tertutup kotoran atau bekas luka yang mengering.

Burung yang kutuan ditandai dengan kebiasaan menyelisik yang dilakukan akibat rasa tak nyaman. Dengan Shampo Jati Jajar, Anda bisa membasi kutu burung sekaligus melembutkan kembali bulunya. Tak hanya itu saja, setelah penggunaan shampo tersebut bulu burung peliharaan Anda akan terlihat lebih mengkilap.

Harga Shampo Jati Jajar Terbaru

Sumber gambar www.tokopedia.com

Shampo burung merek Jati Jajar sudah terkenal akan manfaatnya bagi burung peliharaan. Selain digunakan untuk membasmi kutu dan tungau, shampo ini juga bisa dipakai untuk mencuci sangkar.

Anda bisa membeli shampo buatan Ebod Jaya ini secara online di Bukalapak seharga Rp 15.000, Tokopedia seharga Rp 25.000, atau di Haurashop Rp 14.000.

Waspada Timbulnya Kutu Pada Burung, Ini Penyebabnya

Kebersihan Sangkar

Kurangnya perawatan kandang dan fisik dari burung membuatnya mudah terserang kutu atau tungau. Permasalahan ini bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan kandang dan fisik burung, dan menggunakan produk anti kutu secara rutin.

Jangan lupa untuk senantiasa membersihkan sangkar, sisa pakan, kotoran, hingga semua alat-alat makannya setiap hari supaya burung peliharaan Anda terjaga kesehatannya. Pembersihan sangkar menggunakan desinfektan bisa dilakukan dua kali seminggu, dan pembersihan normal setiap hari. Anda bisa membersihkan sangkar sambil membandikan burung atau saat mengeluarkannya dari dalam kandang.

Jadwal Mandi Burung

Kebisaan memandikan burung bisa dilakukan minimal 2-3 kali seminggu namun jika Anda memiliki waktu yang senggang, maka mandikanlah 2-3 kali sehari. Hal ini tidak berlaku saat burung masih kecil atau anakan dan kondisinya yang tidak sehat.

Di alam bebas, burung akan mandi secara rutin di sungai maupun genangan air. Umumnya, burung akan mandi di pagi hari sekitar pukul 07.00-10.00.

Selanjutnya And bisa mengeringkan bulu-bulunya dengan cara memindahkan sangkarnya pada tempat yang terkena sinar matahari seperlunya. Sinar matahari ini berguna untuk mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D dalam tubuh burung, membunuh jamur dan mikroba pada sangkar dan di tubuh burung, serta membantu menghangatkan tubuh burung.

Jadwal Penjemuran

Waktu yang paling tepat untuk menjemur burung peliharaan adalah pagi hari, paling lambat hingga pukul 09.00. Semakin siang, sinar ultraviolet akan merusak keindahan burung peliharaan Anda. Jangan menjemur burung yang ada di sangkar yang tertutup oleh kain atau kerodong karena burung akan merasakan panas yang berlebihan dan kekurangan oksigen.

Sebelum melakukan penjemuran, burung sebaiknya diangin-anginkan terlebih dahulu selama 3-5 menit. Selanjutnya, Anda bisa menjemur di bawah terik matahari pagi selama 2-3 jam untuk jenis burung yang tahan panas dan kurang dari 1.5 jam untuk yang tidak tahan panas. Gunakan sangkar yang berbeda untuk mandi dan penjemuran.

Tertular dari Burung Lain

Kandang yang tak terjaga kebersihannya akan memicu berkembangnya jenis bakteri dan bibit cacing. Perkembangan bakteri dan bibit cacing bisa melalui pakan dan air minum yang dikonsumsi oleh burung peliharaan Anda.

Umumnya cacing yang masuk dalam tubuh burung akan tinggal di bagian pencernaannya, serta mengganggu sistem metabolisme dan ketahanan tubuh burung itu sendiri. Cacingan juga bisa menular antara burung yang satu ke burung lainnya.

Anda harus memperhatikan kesehatan burung peliharaan. Perubaah perilaku, seperti menelisik pada bagian tubuh tertentu bisa menandakan bahwa burung Anda merasa tidak nyaman. Perhatikan juga sesuatu yang keluar dari tubuhnya, seperti kotoran, lendir, darah, dan sebagaianya. Paruh burung yang selalu terbuka saat istirahat bisa jadi menandakan suatu gejala penyakit pernafasan pada burung perliharaan Anda.

Shampo Anti Kutu Burung Selain Shampo Jati Jajar

Calsipro

Sumber gambar bukalapak.com
  • CalsiPro Probiotik dan CalsiPro Pembasmi Kutu
    Selain digunakan untuk membasmi kutu dan bakteri, shampo ini bisa digunakan sebagai antiseptik dan desinfektan pada kandang. Mampu membasi jamur dan kuman, shampo tersebut aman digunakan setiap hari. Anda bisa membeli CalsiPro Probiotik dan CalsiPro Pembasmi Kutu di Bukalapak seharga Rp 30.000

  • CalsiPro Shampo Pembasmi Kutu
    Merupakan shampo kutu sekaligus antiseptik dan desinfektan, CalsiPro Shampoo Aromaterapy mampu membantu proses pertumbuhan bulu pada burung peliharaan Anda. Tak hanya itu saja, shampo ini bisa mengangkat sel kulit mati dan ketombe pada burung. Melembutkan dan memperindah warna bulu, shampo tersebut bisa digunakan untuk membantu proses mabung atau moulthing.Dengan berat bersih 500 ml, Anda bisa membelinya di Tokopedia seharga Rp 25.000.

Zenka Bird Care

Sumber gambar bukalapak.com

Zenka Bird Care adalah shampo yang mengandung bahan alami, seperti aloe vera, vitamin B5, dan trace minerals. Selain berguna untuk memperindah bulu burung, shampo tersebut mampu membuat burung menjadi lebih rileks dan segar setelah perjalanan maupun lomba.

Bisa menghilangkan letih, pegal, dan stress, shampo ini juga bisa membasmi kutu burung. Anda bisa membeli Alami Bird Care Zenka Bird Spa Obat Shampoo Pembasmi Kutu Burung di Blibli seharga Rp 19.000 untuk varian 100 gr atau ZENKA BIRD SPA ALAMI BIRD CARE di Bukalapak seharga Rp 17.000.

Medi Nird

Sumber gambar bukalapak.com

Medi Nird adalah shampo burung yang mempu membunuh bakteri, virus, dan jamur hingga sporanya. Sudah terpercaya mampu memelihara kesehatan bulu burung peliharaan, shampo ini juga mampu mencegah berbagai penyakit, seperti ND, CRD, dan Coryza.

Berfungsi sebagai desinfeksi kandang dan mengkilapkan bulu burung, Anda bisa menggunakan campuran satu tutup botol shampo Medi Nird dengan satu liter air. Kemudian semprotkan pada bulu burung peliharaan. Anda bisa membeli Shampo Medi Nird secara online di Sempatibirdhop seharga Rp 8.500 untuk varian 100 ml dan di Bukalapak seharga Rp 9.500.

Shammushi

Sumber gambar tokopedia.com

Digunakan utnuk membasmi kutu hingga telurnya, Shampo Shammushi aman bagi mata, tenggorokan, dan juga paru-paru meskipun tak sengaja terminum oleh burung kesayangan Anda. Anda bisa membeli Shampo Burung Shammushi 250 ml secara online di Tokopedia dan Bukalapak seharga Rp 46.500.

Shampo NG 1

Sumber gambar tokopedia.com

Bulu burung peliharaan yang mengkilap pasti menjadikan Anda tambah bersemangat. Efektif memelihara kesehatan bulu burung dan membasmi kutu caplak, Shampo NG 1 bisa jadi alternatif shampo anti kutu untuk burung kesayangan Anda. Dengan satu tutup botol Shampo NG 1 dan campuran 2 liter air, Anda bisa menggunakannya sebagai shampo sekaligus antiseptik bagi burung.

Diimpor dari USA, Anda bisa membeli shampo ini secara online seharga Rp 15.000 di Bukalapak maupun Tokopedia untuk varian kemasan 250 ml.

From our editorial team

Menjaga Kebersihan Burung, Jadikan Burung Anda Lebih Sehat dan Mengkilap

Tidak hanya menjaga kilau dari warna bulunya, memandikan burung juga menjaga kesehatan burung Anda. Tentunya, Anda ingin burung-burung Anda sehat selalu, bukan? Nah, Anda bisa mempertimbangkan produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas.