Ingin Memelihara Hamster yang Lucu Ini? Intip Tips Perawatan Hamster dan 10  Rekomendasi Perlengkapan yang Harus Dimiliki!

Ingin Memelihara Hamster yang Lucu Ini? Intip Tips Perawatan Hamster dan 10 Rekomendasi Perlengkapan yang Harus Dimiliki!

Hamster, hewan imut yang satu ini bisa jadi alternatif untuk Anda yang ingin memelihara hewan peliharaan lucu yang tak perlu banyak perawatan mahal. Tertarik untuk memeliharanya? Eits, Anda juga mesti tahu cara merawat dan produk perawatan yang tepat untuk si hamster lho!

Memelihara Hamster Itu Mudah Lho!

Sumber gambar www.omlet.co.uk

Hamster adalah binatang lucu dengan bulu halus yang disukai banyak orang. Meskipun hamster merupakan binatang pengerat sejenis tikus, tetapi banyak orang yang menyukainya karena menggemaskan dan mudah perawatannya. Anda dapat mendapatkan hamster dengan sangat mudah di petshop terdekat dan harganya pun bervariasi sesuai dengan ukuran tubuh dan jenis hamster.

Tips Memelihara Hamster untuk Pemula

Siapkan Kebutuhannya

Sumber gambar www.chewy.com

Sebelum memutuskan untuk membeli hamster, sebaiknya tentukan dahulu jenis dan karakternya. Kemudian siapkan berbagai kebutuhan rumah tangga hamster dan usahakan rajin untuk memberinya makan, meskipun tidak terlalu sering. Anda harus benar-benar memperhatikan persediaan makanan hamster termasuk kesesuaian dengan kebutuhan dan kesehatannya.

Selain itu hamster harus diberikan minum berupa susu atau pun air tawar untuk menjadi lebih sehat, kuat, dan lincah. Jangan lupa untuk menempatkan berbagai aksesori di dalam kandangnya, seperti bola hamster, jungkat-jungkit, atau pun jogging wheel. Hal ini dilakukan agar hamster dapat lebih aktif dan gesit.

Rawat Kebersihan

Sumber gambar blog.ferplast.com

Anda harus selalu menjaga kebersihan kandang hamster yaitu dengan mengganti pasir atau pun serutan kayu secara rutin sekitar seminggu sekali. Hal ini sangat diperlukan karena pasir atau serutan kayu adalah alas kandang hamster sekaligus untuk menyerap air seni dan juga membersihkan bulu hamster. Dengan lingkungan, peralatan dan perawatan yang bersih, hamster Anda akan lebih aktif dan bersemangat serta bebas bau tidak sedap.

Jauhkan dari Predator

Sumber gambar www.mirror.co.uk

Perawatan hamster tergolong sangatlah mudah, namun meskipun begitu sebaiknya jangan menyepelekan. Usahakan hamster diletakkan pada tempat yang mempunyai ventilasi udara banyak dan tenang, nyaman, terbebas dari gangguan hewan peliharaan anjing ataupun kucing serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan benda tajam. Hal ini ditujukan agar hamster tidak stres, terluka karena benda tajam, atau pun mati ketika dipegang terlalu erat.

Daftar Perlengkapan Hamster yang Mesti Anda Miliki

Kandang

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hamster terbiasa hidup di alam bebas dan mampu berjalan sampai sejauh 12 km dan ditempuh hanya dalam waktu semalam saja. Untuk menjaga hamster tetap bergerak aktif sebaiknya Anda menggunakan kandang dengan ukuran sebesar mungkin. Selain itu desain dari kandang, usahakan tertutup agar hamster tidak mudah kabur atau binatang lain masuk.

Meskipun begitu jangan tutup terlalu rapat agar hamster tetap bisa bernapas serta tidak bau. Anda dapat menambahkan berbagai aksesori agar kandang hamster tidak terlalu sepi, tidak membosankan dan menjadi lebih menarik. Kandang Hamster Mini dapat di beli di Tokopedia dengan harga Rp 35.000. Kandang ini memiliki ukuran 15.5cmx21cmx20cm yang tersedia dengan berbagai warna.



Tempat Makan dan Minum

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hamster memiliki cara minum yang berbeda dari hewan lainnya yaitu dengan cara menjilat ujung dari botol minum. Secara otomatis botol tersebut akan mengeluarkan air ketika hamster meminumnya. Anda jangan meletakkan tempat minum dalam kandang hamster karena dapat membuat basah serta air terkontaminasi, sehingga menyebabkan penyakit.

Selain minuman Anda harus menjaga kesehatan dari makanan hamster, sehingga memerlukan tempat khusus yang kuat dan berat supaya tidak mudah tumpah dan bergeser. Anda dapat membeli Wadah Makan / Tempat Makan Hamster lucu di Tokopedia dengan harga Rp 10.000 untuk tempat minum. Wadah ini tersedia dalam beberapa warna.



Serbuk Kayu

Sumber gambar www.bukalapak.com

Seperti layaknya manusia, hamster juga membutuhkan kehangatan. Hewan pengerat berdarah panas yang satu ini membutuhkan serbuk kayu untuk menghangatkan badan, terutama wajib ketika hamster dalam keadaan hamil.

Saat menggunakan serbuk kayu, usahakan kedalamannya cukup agar hamster dapat menggali-gali dan bersembunyi di dalamnya. Anda dapat membeli Good Serbuk Kayu Alas Kandang Hewan Hamster -Jb1122 ukuran 450 gram yang halus dan lembut di Bukalapak dengan harga Rp 6.000.

Jogging Wheel

Sumber gambar www.tokopedia.com

Memelihara hamster tidak hanya harus menjaga kesehatannya saja, tetapi juga termasuk merawatnya agar tidak terkena stres. Usahakan untuk tidak meletakkan hamster selalu di kandang agar stres dapat berkurang.

Anda dapat menggunakan Jogging Wheel untuk membuat hamster Anda tetap aktif bergerak sekaligus melepaskan stress. Anda dapat membeli Kincir Hamster Jogging Wheel berdiameter besar yaitu 15 cm di Tokopedia dengan harga Rp 12.500.

Jungkat Jungkit Mini

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hamster merupakan hewan peliharaan yang selalu aktif bergerak serta sangat suka bermain. Anda membutuhkan beberapa benda untuk menunjang aktivitas hamster, seperti Jungkat Jungkit Mini yang terbuat dari bahan kayu dengan panjang 10 cm, lebar 5 cm dan tinggi 7 cm. Jungkat jungkit ini dapat Anda beli di Bukalapak dengan harga Rp 20.000.

Selain jungkat jungkit kayu, Anda dapat membeli jungkat jungkit dari bahan akrilik dengan panjang 12 cm, lebar 5 cm dan diameter roda 4 cm. Jungkat jungkit ini tersedia dalam warna pink, biru, hitam dan transparan. Anda dapat membeli Jungkat Jungkit Mainan Hamster-Kedai Satwa di Tokopedia dengan harga Rp 10.000.


Pipa Hamster

Sumber gambar www.tokopedia.com

Apabila Anda akan memutuskan untuk membeli hamster, sebaiknya pilihlah hamster dengan jenis terbaik serta persiapkan pula segala perlengkapannya.

Hamster jenis Campbell dapat menjadi pilihan Anda karena hamster ini sangat aktif dan lincah. Anda dapat memasangkan pipa transparan dengan bentuk seperti lorong gua. Wild Sanko Hampot Pipe Side to Side merupakan pipa sambungan yang dapat Anda beli di Tokopedia dengan harga Rp 100.000.

Rumah Hamster

Sumber gambar www.bukalapak.com

Hamster dapat mengalami stres sama seperti manusia, sehingga hewan ini dapat bertindak menjadi terlalu agresif atau bahkan nafsu makan menghilang sama sekali. Hamster yang mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya harus segera diatasi.

Anda dapat memberikan mainan berupa rumah-rumahan yang dapat berfungsi sebagai tempat bermain, penghilang kebosanan sekaligus untuk tempat bersembunyi dan juga tempat tidur hamster. Anda dapat membeli Rumah Rumahan Dan Sauna Hamster Keramik di Bukalapak dengan harga Rp 34.000.

Hamster Ball

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hamster yang mengalami stres biasanya akan malas makan, melakukan aktivitas dan biasanya hanya berdiam diri saja di sudut kandang. Selain itu hamster dapat menjadi sangat aktif atau bahkan suka menggigit. Anda dapat menggunakan hamster ball untuk meminimalkan stres. Hamster ball ini dapat dibongkar pasang, sehingga menjadi multi fungsi.

Anda dapat melepas hamster ball di dalam ruangan dengan kondisi hamster tetap berada di dalamnya atau dijadikan sebagai wheels dengan cara memasang kaki-kakinya. Apabila Anda suka, dapat menggantungkan hamster ball ini  di kandang jeruji. Anda dapat membeli Hamster Ball 3 in 1 ini di Tokopedia dengan harga Rp 35.000.

Vitamin dan Makanan Hamster

Sumber gambar www.blibli.com

Anda harus memberikan makanan terbaik untuk hamster seperti Vitakraft Life Power for Guinea Pig yang memiliki kandungan gizi dan berbagai mineral penting, sehingga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan ini juga mengandung sereal dan sayuran yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan hamster. Anda dapat membeli makanan ini di Blibli dengan harga Rp 110.000.

Gnowing Stone

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hamster memiliki kebiasaan unik menggigiti kandangnya. Hal ini bisa jadi dikarenakan untuk mencari perhatian, mengatur pertumbuhan gigi, ataupun mendapatkan kesenangan semata. Perilaku hamster ini cukup mengganggu, menyebabkan gigi patah atau bahkan mengalami cedera mulut pada hamster.

Anda dapat mengantisipasinya dengan menggunakan Alex Hamster Gnawing Stone AL076 ukuran 6 x 3 cm yang dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 4.800.

From our editorial team

Rawat Hamster dengan Baik agar Selalu Sehat dan Ceria

Punya hewan peliharaan di rumah memang mengasyikkan terutama jika memelihara hewan lucu untuk menghibur anak-anak atau teman bermain di rumah. Jika Anda memelihara hamster, pastikan Anda merawatnya dengan baik dan benar. Jangan sampai karena malas merawat, hamster jadi kotor, sakit, dan akhirnya bisa membahayakan kesehatan penghuni rumah lainnya.