Inilah 7 Rekomendasi Tanaman yang Ternyata Cocok Dijadikan Hadiah

Inilah 7 Rekomendasi Tanaman yang Ternyata Cocok Dijadikan Hadiah

Memberikan hadiah pada seseorang sebenarnya butuh trik tersendiri. Ada benda-benda yang perlu dihadiahkan dan ada yang cukup disimpan seorang diri. Bahkan, ada barang-barang tertentu yang memiliki makna tersendiri jika dihadiahkan pada orang lain. Tanaman misalnya, ada beberapa tanaman yang ternyata bisa dijadikan hadiah. Berikut beberapa rekomendasi dari BP-Guide.

Apa jadinya jika kita memberi hadiah tanaman pada orang lain? Bukankah itu unik? Tanaman merupakan barang yang jarang diberikan pada orang lain. Kecuali jika ada hubungan dekat atau keluarga, tentu akan sangat bermakna. Secara umum, tanaman masih cocok dijadikan hadiah karena cenderung mudah dirawat dan indah dipandang. Saat ini, tanaman sudah menjadi opsi alternatif untuk hadiah tamu di pernikahan. Berikut ulasannya.

1. Anggrek

Sumber gambar www.amazon.com

Tanaman anggrek memiliki ragam warna kelopak yang eksotis dan terkesan bold. Tanaman ini termasuk cukup mahal karena perawatannya sebanding dengan keindahannya. Terlepas dari itu, anggrek bisa dipelihara di rumah. Diletakkan di balkon atau teras rumah, bahkan menjadi tanaman dalam ruangan (indoor). Sebelum membeli, ada pilihan jenis anggrek. Jenisnya yakni anggrek bulan, anggrek tanah, anggrek ekor, anggrek sendok, anggrek dendrobium, anggrek vanda, dan lain-lain. Jika dihadiahkan, masukkan anggrek ke pot tembikar kecil beserta media tanamnya. Bisa juga ditempatkan di pot gantung agar mudah dibawa penerima hadiah. Bagaimana, tertarik menghadiahi anggrek untuk dijadikan hadiah?

2. Bambu Hoki

Sumber gambar www.dekoruma.com

Bambu hoki atau bambu rejeki banyak diminati. Baik itu sebagai pelengkap rumah, penghias taman, atau kado persembahan. Berdasarkan mitos dan kepercayaan, bambu hoki dipercaya mampu membawa keberuntungan dan mendatangkan rezeki. Bambu hoki biasa ditanam di pot atau vas bunga. Untuk media tanam, bambu hoki mudah tumbuh dan adaptif di air dan tanah lembab. Selain itu, bambu hoki hanya membutuhkan paparan sinar matahari di bawah naungan. Jadi tidak terlalu terik agar tidak mudah kering dan layu. Untungnya, bambu hoki ada yang berukuran sangat kecil. Biasanya dibungkus dalam kotak plastik transparan kecil. Diberi lubang ventilasi agar udara masuk. Atau, cukup dengan vas bunga saja. Praktis bukan?

3. Lidah Buaya Mini

Sumber gambar www.dhgate.com

Jika lidah buaya pada umumnya berukuran besar dengan akar yang menghujam, kini ada budidaya lidah buaya berukuran kecil. Lidah buaya mini tentu saja masih termasuk tanaman obat. Tanaman ini juga termasuk sukulen karena kemampuan menyerap air yang besar untuk disimpan di batang. Tanaman ini juga mudah dipelihara di rumah, mudah dikembangbiakkan, serta tidak terlalu membutuhkan pot besar. Jika dihadiahkan, lidah buaya mini cukup dibungkus dalam kotak plastik transparan kecil yang disertai lubang ventilasi udara. Bagaimana, tertarik?

4. Lidah Mertua Mini

Sumber gambar www.waitrosegarden.com

Lidah mertua atau Sansevieria terkenal di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman ini biasa dijadikan sebagai tanaman pagar semi permanen, tanaman pembersih ruangan, dan tanaman penyerap radiasi. Oleh karena daya serap dan kemampuan yang luar biasa, tanaman ini banyak dibudidayakan. Bahkan dimodifikasi ke ukuran mini, sehingga menjadi lidah mertua mini. Meski ukuran mini, namun fungsi-fungsi tetaplah sama. Tanaman ini juga cocok dijadikan hadiah, karena perawatan yang praktis dan mudah dikembangbiakkan. Paparan sinar matahari tidak terlalu banyak, cukup dalam ruangan atau naungan saja.

5. Kaktus

Sumber gambar www.bridestory.com

Kaktus merupakan tanaman yang berdaya tahan kuat terhadap paparan sinar matahari dan tidak memerlukan banyak air. Kaktus pun adaptif dan cocok hidup di dataran tinggi dan rendah. Tidak hanya itu, kaktus juga dikenal sebagai tanaman dalam ruangan (indoor). Dari segi perawatan, kaktus cukup disiram saat media tanam kering. Kaktus juga cocok dijadikan sebagai hadiah khususnya untuk jenis Mistletoe Cactus dari spesies Rhipsalis. Tanaman ini cukup dikenal karena simpel dan apik. Selain itu, kaktus juga cocok dijadikan hadiah dalam berbagai keperluan. Menarik bukan?

6. Sirih Gading

Sumber gambar www.rancupidfarm.com

Tanaman sirih gading atau devil’s ivy dikenal sebagai tanaman tahan banting. Bernama latin Epipremnum aureum, sirih gading memiliki daun lebar dengan warna belang kuning dan hijau. Tanaman ini menjalar, bisa tumbuh di media tanam air dan tanah. Tanaman ini berfungsi sebagai obat pengusir stres dan cocok dijadikan hadiah. Perawatannya pun cukup mudah, karena tidak perlu disiram tiap hari dan tidak terlalu membutuhkan banyak paparan sinar matahari. Selain itu, tanaman ini diklaim bisa membersihkan udara, baik di luar atau dalam ruangan.

7. Sukulen

Sumber gambar www.99.co

Sukulen masih termasuk tanaman keluarga kaktus. Namun perbedaannya, sukulen memiliki kemampuan mengikat air dalam jumlah banyak. Karena itu, sukulen dapat tumbuh dalam kondisi sedikit air dan kering. Tanaman ini juga tidak perlu disiram setiap hari dan sering ditempatkan di bawah naungan untuk mendapatkan paparan sinar matahari tidak langsung. Media tanam sukulen yang tepat juga membuat tanaman ini tahan lama dan subur. Dengan campuran sekam, kompos, pasir, dan kerikil, akan membuat air dalam tanah tersirkulasi dengan baik. Untuk perawatan, sukulen cukup disiram sekali seminggu pada musim hujan. Sedangkan pada musim kemarau, sukulen disiram dua kali seminggu.

From our editorial team

Tanaman praktis dan mudah dirawat

Itulah 7 tanaman yang cocok dijadikan hadiah. Tanaman-tanaman ini cenderung mudah dirawat dan praktis. Selain itu, tanaman ini kebanyakan bisa ditempatkan di dalam ruangan sebagai dekorasi rumah dan media pembersih udara. Nah, kamu tak perlu ragu lagi untuk memilih tanaman sebagai hadiah.