8 Rekomendasi Mainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Harga Terjangkau (2020)

8 Rekomendasi Mainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Harga Terjangkau (2020)

Mainan bagi anak sangat penting untuk menumbuhkan kecerdasan, ketepatan, dan kecakapan. Namun, Anda harus memilihkan mainan yang tepat agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Berikut BP-Guide akan memberikan ulasan dan rekomendasi mainan untuk anak Anda agar pertumbuhannya lebih berkembang.

Mainan Adalah Salah Satu Benda yang Menemani Tumbuh Kembang Anak

Bagi anak, mainan telah menjadi sahabat bermain, karena saat anak belum terbiasa berinteraksi dengan sekitar, mainan adalah salah satu teman yang menemaninya. Mainan diciptakan bukan hanya sebagai teman bermain anak-anak, tetapi juga untuk membantu anak dalam tumbuh kembangnya. Mainan, berguna untuk melatih daya imajinasi dan mengasah koordinasi antara otak, mata, dan gerak tubuh.

Tips Memilih Mainan Murah untuk Anak

Pastikan Mainan Aman Sesuai Standar SNI dan Tidak Membahayakan Anak

Saat bermain, anak-anak belum mampu mengetahui dan menghindari hal-hal yang dapat membahayakan dirinya. Maka dari itu, keselamatan anak Anda sangat bergantung dari pengawasan Anda sebagai orang tua.

Karena keamanan anak harus diprioritaskan, maka dalam memilih mainan pun Anda harus lebih cermat. Pilihlah mainan yang telah memenuhi standar SNI agar tidak membahayakan anak Anda.

Sesuaikan Mainan dengan Usia dan Selera Anak

Saat memilih mainan untuk anak, Anda perlu menyesuaikan dengan seleranya. Jangan pernah Anda paksakan dengan selera Anda saja, karena jika anak Anda tidak menyukainya, maka mainan itu tidak akan berguna bagi tumbuh kembang si kecil.

Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan mainan dengan usia anak Anda. Mainan yang tidak sesuai dengan usia anak dapat membahayakan dan menghambat tumbuh kembangnya. Agar Anda tahu mainan mana yang cocok untuk usia anak Anda, perhatikan informasi batasan usia yang tertera pada label kemasan.

Pastikan Mainan Memiliki Kualitas yang Bagus

Terkadang, anak-anak memainkan mainannya dengan cara dibanting atau dilempar, sehingga mainan menjadi cepat rusak dan patah. Agar Anda tidak berulang kali membelikan mainan untuk anak Anda, pilihlah mainan yang terbuat dari bahan yang bagus agar lebih tahan lama.

Jika bahan mainan yang Anda pilih mudah rusak, maka dapat membahayakan anak Anda. Bagian mainan yang patah biasanya menjadi tajam dan dapat melukai anak Anda.

Pilihlah Mainan yang Melatih Kreativitas Anak

Mainan yang Anda pilih jangan hanya yang disukai oleh anak Anda, tetapi pilihlah mainan yang dapat melatih kreativitas dan tumbuh kembang anak Anda. Usahakan memilih mainan yang beragam, agar anak Anda dapat mempelajari cara-cara bermain setiap mainan yang berbeda.

Semakin beragam mainan yang Anda berikan, maka semakin banyak pula hal yang dapat dipelajari oleh anak Anda.

Sesuaikan Pembelian Mainan dengan Bujet yang Dimiliki

Sebelum membeli mainan, Anda juga harus menyesuaikan dengan bujet yang Anda miliki. Lebih baik membeli beberapa mainan yang murah daripada membeli hanya satu mainan yang mahal. Hal ini dikarenakan anak Anda akan cepat bosan jika mainannya hanya satu. Tetapi jika mainannya banyak, anak Anda dapat memainkan mainan yang berbeda setiap harinya.

8 Rekomendasi Mainan Murah untuk Anak Anda

Boneka Tangan Gajah

Boneka Tangan Gajah adalah boneka tangan yang memiliki bentuk gajah yang lucu. Boneka tangan yang memiliki panjang 22 cm ini terbuat dari velboa yang lembut. Bagian kepalanya berisi dakron, sehingga empuk dan enak dimainkan.

Anda bisa memanfaatkan boneka gajah ini untuk bermain sambil bercerita dengan anak.

Harga Rp. 18.000-49.000

Geo Sangkar Multicolor Mainan Edukasi Anak

Geo Sangkar Multicolor Mainan Edukasi Anak adalah mainan edukatif yang berbentuk sangkar warna-warni. Mainan untuk anak usia 3 tahun ke atas ini didesain ceria, sehingga sangat disukai anak-anak.

Mainan ini dapat menambah daya imajinasi dan melatih motorik halus anak Anda. Hal ini karena dapat mengenalkan anak Anda dengan bentuk dari potongan-potongan yang beraneka ragam dan warna.

Harga Rp. 93.500-165.000

Ice Cream Tower

Ice Cream Tower adalah mainan anak yang terbuat dari bahan plastik yang kuat dan tahan lama. Bahannya juga sangat aman untuk kesehatan anak Anda. Mainan yang terdiri dari 12 buah es krim dengan diameter 4,5 cm ini dapat dimainkan dengan cara berlomba menyusun es krim setinggi mungkin.

Dilengkapi pula dengan satu buah cone yang memiliki tinggi 10 cm dan satu buah sendok es krim.

Harga Rp. 56.925-110.000

Drawing Board Meja Belajar Anak

Drawing Board Meja Belajar Anak adalah meja belajar untuk anak Anda. Materialnya dari bahan plastik yang sudah memiliki label SNI, sehingga sangat aman untuk si kecil. Mainan ini cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas untuk meningkatkan kreativitas dan motorik halus anak.

Set meja untuk anak ini terdiri dari meja gambar dengan whiteboard, spidol, dan magnetic board dengan huruf, angka, dan simbol dengan magnet .

Harga Rp. 147.000-246.000

Mainan Anak Gigit Buaya

Mainan Anak Gigit Buaya adalah mainan anak yang terbuat dari bahan plastik yang berkualitas dan telah bersertifikat SNI. Mainan yang berukuran 15 x 15 x 12,5 cm ini memiliki bentuk gigit buaya yang dapat ditekan secara bergantian.

Saat gigi yang ditekan salah, gigi buaya akan menggigit tangan Anda. Permainan ini sangat seru dan juga menantang untuk dimainkan bersama keluarga.

Harga Rp. 24.000-60.000

Mainan LEGO Mini Set Murah Meriah

Mainan LEGO Mini Set Murah Meriah adalah permainan yang dapat melatih imajinasi dan kreativitas anak Anda. Mainan ini memiliki kepingan hingga 200 buah yang dapat disusun ke dalam berbagai bentuk.

Namun, anak-anak yang memainkannya harus didamping orang tua. Hal ini dikarenakan ukuran kepingannya kecil dan memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam mulut. Jika tertelan, maka akan sangat berbahaya untuk anak Anda.

Harga Rp. 30.000-80.000

Mainan Edukatif / Edukasi Anak - Puzzle Kayu Balok Murah- Geo 4 Bentuk

Mainan Edukatif / Edukasi Anak - Puzzle Kayu Balok Murah- Geo 4 Bentuk adalah mainan untuk anak yang terbuat dari bahan mdf dengan base jati belanda. Mainan yang memiliki ketebalan 9mm ini sangat kuat dan tidak mudah rusak. Melalui mainan balok kayu ini, Anda dapat mengajari anak Anda untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk.

Harga Rp. 52.000-92.950

Puzzle Kayu- Mainan Edukasi- Puzzle Kayu Knop Murah

Puzzle Kayu- Mainan Edukasi- Puzzle Kayu Knop Murah adalah mainan edukasi untuk anak yang dapat melatih imajinasi dan kreativitas. Mainan ini ideal dimainkan anak dengan usia 2 sampai 5 tahun. Mainan ini memiliki bentuk dan motif yang beragam, seperti angka, huruf, hewan, transportasi, dan buah.

Harga Rp. 22.500-45.000
From our editorial team

Mainan Terbaik dengan Harga yang Pas di Kantong

Kadang, belum tentu mainan yang mahal bisa membahagiakan anak Anda. Mainan yang harganya lebih terjangkau bisa saja memenuhi keinginan dan kepuasannya, asalkan memilih dengan tepat. Nah, produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas adalah pilihan mainan yang murah dengan kualitas terbaik untuk anak Anda.

Tag