Untuk Bayi Berkulit Sensitif, Gunakan 10 Rekomendasi Sabun Bayi dari BP-Guide (2020)

Untuk Bayi Berkulit Sensitif, Gunakan 10 Rekomendasi Sabun Bayi dari BP-Guide (2020)

Memilih sabun bayi bukan perkara mudah. Apalagi jika kulit buah hati tergolong sensitif. Anda wajib tahu kandungan apa saja yang ada dalam sabun bayi agar kulit bayi tetap aman. Simak tips merawat kulit bayi yang sensitif dari kami ,ya!

Kulit Bayi yang Sensitif Wajib Diperhatikan Perawatannya

Bayi memerlukan perawatan yang penuh kehati-hatian, utamanya untuk masalah kulit. Bayi yang baru lahir, kulitnya masih kering dan butuh perawatan yang bisa melembapkan kulitnya supaya bisa terhidrasi dengan baik dan tak mudah iritasi. Salah pilih produk bayi bisa membuat kulitnya jadi kemerahan, gatal, dan muncul ruam yang terasa perih. Ini tentu membuat bayi merasa kurang nyaman.

Kulit bayi memiliki kelenjar keringat yang kurang aktif. Selain itu, pH-nya masih tinggi dan belum memiliki pelembap alami kulit sebanyak orang dewasa. Kulit bayi juga lebih tipis sehingga lebih rentan tergores dan terluka. Lapisan kulit epidermis bayi yang masih tipis membuatnya rawan kehilangan banyak air dibandingkan dengan orang dewasa.

Anda wajib memperhatikan jenis kulit buah hati. Jika kulitnya cenderung sensitif, maka Anda harus memberi perhatian ekstra pada perawatan kulitnya. Ciri kulit bayi yang sensitif, salah satunya adalah memiliki ruam dan bintik-bintik merah. Adanya ciri tersebut menunjukkan reaksi tubuh melawan zat asing dari luar. Jika semakin banyak bintik merah, maka tandanya ada reaksi alergi dari kandungan zat benda tertentu.

Ciri lain dari kulit bayi yang sensitif adalah tekstur kulitnya sangat kering. Jika kulit bayi terlihat kusam dan begitu kering, maka ada baiknya segera mengoleskan pelembap khusus pada tubuh si kecil, utamanya pada bagian lipatan kulit yang sering berkeringat. Jadi, jika si kecil sudah mulai menunjukkan gejala kulit sensitif, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter, ya.

Tips Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

Gunakan Produk yang Tepat

Untuk merawat kulit bayi yang sensitif perlu diperhatikan produk apa saja yang Anda gunakan. Dari mulai produk sabun, pakaian, minyak, bedak, wewangian, dan lainnya wajib dicek bahannya. Ini untuk meminimalkan terjadinya iritasi kulit pada buah hati.

Pastikan Anda memakai produk yang bebas bahan kimia. Gunakan produk bayi dengan bahan alami dan organik. Usahakan memilih yang berlabel hypoallergenic untuk mencegah risiko alergi. Pastikan juga untuk memilih produk bayi dengan pH seimbang dengan kadar pH air mata.

Ganti Popok Sering-sering

Kulit bayi yang sensitif sangat rentan terhadap keringat. Maka dari itu usahakan si kecil tak mudah berkeringat yang menyebabkan munculnya ruam pada kulit. Salah satunya adalah dengan cara rutin mengganti popok.

Ganti 6 sampai 12 kali dalam sehari dan sesuaikan dengan usia bayi. Bersihkan dan keringkan dengan tepat memakai kain lembut dari katun dan air hangat. Pastikan kulitnya sudah benar-benar kering sebelum dipakaikan popok lagi agar kulitnya tak iritasi.

Pilih Bahan Pakaian yang Tepat

Hal lain yang wajib dilakukan saat memiliki buah hati dengan kulit sensitif adalah memilih bahan pakaian yang tepat. Supaya kulit bayi tetap nyaman, maka pilih pakaian bayi yang terbuat dari kain linen atau katun.

Bahan ini akan membuat buah hati lebih nyaman dan tak akan melukai kulitnya. Anda bisa juga memilih bahan kain yang terbuat dari bahan organik supaya lebih aman.

Hindari produk pakaian bayi yang ketat dan berlapis. Ini hanya akan membuat gerakan si kecil tak bebas. Selain itu, kulitnya juga jadi lebih mudah terluka jika pakaiannya terlalu ketat.

Pilih Sabun Bayi yang Tepat

Bayi juga butuh untuk dimandikan supaya kulitnya bebas kuman, bakteri, dan biang keringat. Pemilihan sabun bayi harus sangat hati-hati supaya tak menginfeksi kulitnya, apalgi jika kulit buah hati sudah terbilang sensitif.

Meski sabun antiseptik bagus untuk membebaskan kulit bayi dari kuman, namun penggunaan sabun antiseptik tak disarankan untuk digunakan setiap hari. Ini karena kulit bayi justru akan makin kering dan bisa memicu timbulnya iritasi.

Sebaiknya, Anda memilih sabun bayi yang bersifat hypoallergenic yang kandungannya tak akan mmicu reaksi alergi. Anda bisa juga memilih sabun yang dibuat tanpa pewangi buatan dan pewarna yang bisa membuat kulit bayi jadi iritasi.

Cek juga kandungan sabun dan pastikan tak ada alkohol di dalamnya. Alkohol hanya akan membuat kulit bayi jadi makin kering. Hindari juga produk sabun yang mengandung phthalate dan paraben karena bisa berpotensi mengubah kadar hormon dalam tubuh setelah diserap kulit.

10 Rekomendasi Sabun untuk Buah Hati yang Berkulit Sensitif

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo ini merupakan sabun yang pas untuk buah hati yang memiliki kulit sensitif. Sabun yang satu ini hadir dengan kandungan gliserin dan panthenol yang bisa menghaluskan dan melembutkan kulit bayi tanpa membuatnya iritasi.

Dengan kandungan pH seimbang sesuai kulit bayi, sabun ini aman untuk kulit. Aromanya lembut dan bisa menenangkan bayi. Sabun ini bisa jadi andalan karena dibuat tanpa kandungan SLS. Pemakaian sabun bisa membuat kulti bayi bebas debu dan kotoran.

Harga Rp. 72.000-145.000

Galenium Caladine Baby Bar Soap

Caladine Baby Bar Soap tentu tak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Sabun batang yang satu ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Produk ini adalah sabun antiseptik bayi yang bisa meredakan gatal dan iritasi akibat biang keringat. Di dalamnya terdapat kandungan alpha bisabolol yang membantu kurangi kemerahan pada kulit buah hati. Ada juga kandungan lidah buaya dan minyak zaitun untuk merawat dan menjaga kulit bayi tetap halus dan memelihara pH alami kulit.

Harga Rp. 11.000-19.000

Pigeon Baby Foam Soap

Pigeon Baby Foam Soap merupakan produk yang tak bisa dilewatkan. Sabun mandi yang satu ini akan secara efektif menjaga kelembapan kulit bayi. Kandungan vernix dan ceramide di dalamnya ampuh menghidrasi kulit bayi.

Sabun ini bebas paraben dan pewangi buatan. Produk ini sudah lulus tes dermatologi sehingga aman bagi bayi dengan kulit sensitif. Sabun yang satu ini hadir dengan kadar pH 5,6 yang cocok bagi kulit bayi yang masih rentan terhadap bahan kimia.

Harga Rp. 258.000-315.000

Buds Super Soothing Hydrating Cleanser

Ada juga Buds Super Soothing Hydrating Cleanser yang bisa Anda manfaatkan untuk kulit sensitif bayi. Sabun yang satu ini diperkaya prebiotik untuk membantu meningkatkan daya tahan kulit pada tubuh bayi dan dapat melawan kuman atau bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

Kandungan vitamin E di dalamnya bisa memberikan nutrisi pada kulit bayi, sedangkan kandungan lidah buaya bisa melembapkan kulit. Sabun ini dibuat tanpa pewangi dan bahan kimia sehingga cocok untuk bayi baru lahir.

Harga Rp. 250.000-415.000

Purebaby Wash 2in1

Purebaby Wash 2in1 adalah produk yang tak bisa dilewatkan. Sabun yang satu ini bisa digunakan sebagai sabun tubuh dan sampo bayi. Produk ini sudah teruji klinis, jadi tak perih di mata bayi. Sabun dibuat tanpa SLS, paraben, alkohol, dan pewangi sintetis sehingga aman bagi kulit bayi.

Dengan vitamin B5 dan berbagai bahan alami seperti kelapa, lidah buaya, dan seledri, produk ini akan membantu proses pembentukan pigmen kulit. Produk ini tak mengandung banyak busa jadi tak licin di kulit dan aman digunakan.

Harga Rp. 32.000-50.000

Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Foamy Wash

Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Foamy Wash ini merupakan produk yang bisa jadi andalan. Di dalamnya terdapat milk protein avocado dan natural antibacterial.

Dengan pH 5,5 yang cocok di kulit bayi, sabun ini sudah diuji secara dermatologi. Sabun hypoallergenic ini tidak perih di mata bayi. Ekstrak lavender di dalamnya bisa memberikan efek menenangkan pada kulit bayi.

Harga Rp. 21.000-50.000

Mothercare Little Softie Top to Toe Wash

Jangan lewatkan Mothercare Little Softie Top to Toe Wash sebagai pilihan. Sabun mandi yang satu ini terbuat dari bahan yang alami.

Sabun dibuat tanpa paraben sehingga tak menimbulkan iritasi dan bersifat hypoallergenic. Kulit bayi akan makin halus dan lembut usai mandi. Wanginya alami dan sangat menyenangkan. Produk ini sudah teruji secara dermatologis dan disetujui oleh dokter anak.

Harga Rp. 87.000-139.000

Baby Sebamed Baby Bubble Bath

Baby Sebamed Baby Bubble Bath ini adalah produk selanjutnya untuk jadi pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan pH yang rendah sehingga aman untuk kulit buah hati. Busanya lembut sehingga tak akan mengiritasi kulit bayi.

Dengan kandungan chamomile, produk ini bisa mengeluarkan aroma menenangkan dan bikin buah hati jadi lebih rileks. Kandungan chamomile juga bisa melindungi kulit dari risiko iritasi. Produk ini cocok untuk buah hati yang memiliki masalah kulit eksem, psoriasis, dan milliariasis.

Harga Rp. 101.000-207.000

Mustela Bebe Dermo Gentle Cleansing Gel

Mustela Bebe Dermo Gentle Cleansing Gel adalah produk berbentuk gel yang mudah digunakan. Produk yang satu ini cocok untuk bayi baru lahir. Kaya akan vitamin B5 dan avocado perseose, sabun ini bisa menjaga kesehatan dan kelembutan kulit si kecil. Sabun ini hypoallergenic dan bebas dari paraben. Dengan formula free soap, maka tak akan perih di mata.

Harga Rp. 135.000-260.000

Chicco Baby Moments Soap Bar

Chicco Baby Moments Soap Bar merupakan produk selanjutnya untuk Anda. Sabun yang satu ini tak mengandung parfum. Produk ini cocok untuk kulit bayi baru lahir. Dengan kandungan bahan alami, sabun ini aman untuk kulit bayi.

Ada kandungan gliserin yang bisa membersihkan kulit dengan lembut. Sabun ini dibuat tanpa paraben, SLS, pewarna, dan alkohol. Produk ini juga sudah diuji secara dermatologi pada kulit sensitif sehingga aman untuk buah hati.

Harga Rp. 24.000-50.000
From our editorial team

Pastikan Memilih Sabun Bayi Sesuai pH Kulitnya

Hati-hati merawat kulit bayi. Lapisan kulitnya yang masih rentan berpotensi terluka dan mengalami ruam saat produk yang digunakan memakai bahan kimia yang terlalu keras. Umumnya pH bayi adalah 5,5, jadi usahakan untuk memilih sabun bayi yang memiliki pH tersebut. Dengan begini, sabun tak akan mengganggu lapisan kulit.