Lindungi Kesehatan Kulit Wajah Saat Beraktivitas di Luar dengan 10 Rekomendasi Sunblock Wajah Beikut! (2020)

Lindungi Kesehatan Kulit Wajah Saat Beraktivitas di Luar dengan 10 Rekomendasi Sunblock Wajah Beikut! (2020)

Kita akan sangat membutuhkan sunblock untuk beraktivitas di luar ruangan. Ini demi menjaga kesehatan kulit wajah kita. Selain itu, sunblock juga bisa mencegah penyakit seperti kanker kulit. Nah, pilih-pilih sunblock yang tepat untuk wajah bersama kami! Cek juga rekomendasi produknya, ya!

Saat Beraktivitas di Luar Ruangan, Jangan Lupa Gunakan Sunblock pada Wajah

Di musim panas seperti sekarang, memang paling asyik kalau beraktivitas di luar ruangan. Hawa yang panas membuat kita ingin mendapatkan kesejukan dan kesegaan angin di luaran. Sayangnya, jika beraktivitas pagi hingga siang hari, terik matahari terlalu menyengat dan membuat kita jadi malas keluar rumah. Selain itu, panasnya mentari membuat kita jadi was-was akan kesehatan kulit kita.

Saat libur musim panas, aktivitas paling populer adalah pergi ke pantai. Ada juga yang memilih ke taman hiburan, berenang, main layangan, dan lain sebagainya. Apapun aktivitas kamu di luar ruangan, pastikan kamu menjaga kesehatan kulit kamu dengan baik, ya. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan sunblock pada wajah.

Kita tahu, wajah adalah salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Jika kesehatan kulit wajah kita terganggu, maka kita jadi kurang percaya diri bertemu dengan orang lain. Kamu pasti tidak mau dong, kulit wajahmu belang hanya karena terlalu banyak beaktivitas di luar tanpa memakai sunblock?

Dalam sunblock ada kandungan mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide. Kedua kandungan ini bisa melindungi kulit dari sinar matahari dan membuat kulit lebih aman meski kamu beraktivitas di bawah terik matahari dalam waktu yang lama. Sunblock juga bisa mencegah risiko terkena kanker kulit yang diakibatkan dari radiasi sinar UV. Dengan memakai sunblock, maka risiko kulit terbakar pun bisa dihindari.

Sinar UV menyebabkan penuaan dini. Kerutan, warna kulit tidak merata, hingga kulit kusam merupakan tanda dari penuaan dini akibat terpapar sinar UV. Sunblock akan mencegah semua itu terjadi jika kamu memakainya dengan rutin dan dengan benar.

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, sunblock juga bisa kamu manfaatkan untuk riasan kamu loh. Kamu bisa gunakan sunblock sebagai primer wajah, utamanya sunblock yang memiliki kandungan silikon di dalamnya. Ini akan membuat wajah lebih halus dan bebas minyak.

Sunblock juga bisa melembapkan kulit. Kamu tinggal pilih saja sunblock yang memiliki kandungan minyal alami dan lidah buaya sehingga bisa menutrisi kulit dengan baik. Sunblock juga bisa mengunci skincare sehingga kelembapan wajah terjaga dan wajah tampak lebih sehat.

Tips Memilih Sunblock untuk Wajah

Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Memilih sunblock untuk wajah memang tidak bisa sembarangan. Agar sunblock bisa berfungsi efektif, tentunya kamu wajib memilih sunblock yang tepat. Salah satu caranya adalah menyesuaikan dengan jenis kulit. Beda jenis kulit maka sebaiknya beda juga produk sunblock yang digunakan.

Kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat bisa melirik sunblock yang berbahan dasar air. Hal ini perlu dilakukan agar sunblock lebih cepat terserap kulit tanpa menghambat pori-pori. Kamu bisa pilih sunblock yang berbentuk gel bening agar cepat meresap atau bentuk semprot.

Kamu yang memiliki kulit kering, bisa melirik sunblock dengan bahan dasar minyak. Kulit kering yang hanya memiliki sedikit kadar minyak bisa bikin tampilan kulit makin kusam dan terlihat kurang terawat. Pilih sunblock yang berbentuk krim agar bisa menutrisi kulit dengan baik dan cepat. Kamu bisa juga memilih sunblock dengan bahan pelembap supaya bisa menjaga kesehatan kulit.

Kulit sensitif cenderung lebih mudah iritasi sehingga kita tidak bisa asal memilih sunblock. Kulit yang sensitif akan lebih aman dan nyaman jika memakai sunblock yang mengandung zinc oxide murni. Bahan ini hampir tidak pernah menyebabkan iritasi atau alergi.

Dan untuk kamu yang memiliki kulit normal akan lebih baik memakai sunblock dalam bentuk lotion. Ini akan memberikan kelembaban yang pas tanpa membuat wajah tampak kering dan terlalu berminyak.

Pilih Indeks SPF dan Pastikan Memiliki Perlindungan Ganda

Saat memilih sunblock, kita tak bisa menyepelekan indeks SPF yang tertera. Makin tinggi SPF-nya maka makin bagus produk tersebut untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Cek tulisan yang tertera pada kemasan untuk mengetahui kadar SPFnya. Usahakan memilih yang kadar SPFnya minimal 30.

Pastikan juga sunblock yang kamu pilih bisa memberikan perlindungan ganda. Bukan hanya bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UVA namun juga bisa melindungi kulit dari sinar UVB. Selain itu, pilih juga yang mengandung PA agar bisa mencegah belang dan warna kulit tidak merata.

Cek Bahan Dasarnya

Kamu juga bisa mengecek bahan dasar sunblock sebelum membelinya. Sunblock biasanya dilengkapi dengan kandungan zat kimia aktif yang bisa melindungi kulit. Beberapa bahannya adalah Sulisobenzone, Octisalate, Octylcrylene, hingga Octinoxate. Ada juga beberapa bahan lain seperti Mexoryl SX, Oxybenzone, Helioplex, dan lain sebagainya.

Penting untuk kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya sedikit behati-hati memilih sunblock. Kamu sebaiknya menghindari sunblock berbahan Dioxybenzone, Oxybenzone, dan Sulisobenzone. Beberapa bahan tersebut mudah membuat kulit jadi iritasi. Selain itu, sunblock dengan kandungan pewangi, alkohol, dan pengawet juga sebaiknya dihindari agar tidak membahayakan kulit.

Pilih yang Bebas Minyak dan Nonkomedogenik

Sunblock sebaiknya dipilih dengan teliti. Hindari sunblock yang memiliki kandungan minyak yang tinggi kecuali untuk kamu yang memiliki kulit kering. Sunblock dengan kandungan minyak yang tinggi hanya akan bikin kulit terkesan kusam dan terlalu kilap.

Pastikan juga untuk memilih sunblock yang memiliki bahan nonkomedogenik. Ini artinya produk tidak mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori. Produk semacam ini juga tidak akan berpotensi menimbulkan jerawat.

Ini Dia Deretan Sunblock Wajah Terbaik untuk Kamu

Innisfree Intensive Triple Care Sunscreen

Innisfree Intensive Triple Care Sunscreen ini merupakan produk yang bisa kamu andalkan. Sunblock yang satu ini hadir dari Korea Selatan dan dari brand yang sudah tidak asing di telinga. Produk yang satu ini hadir dengan formula yang ringan. Sunblock ini juga bebas paraben, mineral oil, dan alkohol. Ini membuatnya aman digunakan pada kulit yang sensitif sekalipun.

Kamu juga bisa menjadikan produk ini sebagai primer wajah. Ini akan bisa memberikan efek dewy sehat pada wajahmu. Krim yang satu ini mudah diserap kulit dengan cepat. Krim ini juga tahan air dan sangat menyegarkan. Kamu bisa nyaman memakainya karena produk ini tidak akan meninggalkan rasa lengket.

Sunblock ini juga bisa membantu mencerahkan kulit. Selain itu, produk ini juga bisa merawat garis halus atau keriput. Kamu bisa memakainya untuk beraktivitas di dalam atau di luar ruangan. Produk ini hadir dengan bubuk mineral sehingga mampu memantulkan sinar UV dari permukaan kulit.

Harga Rp. 42.000-210.000

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50 juga merupakan produk yang tidak bisa kamu lewatkan. Sunblock yang satu ini banyak digunakan para beauty enthusiast. Ini karena indeks SPFnya cukup tinggi yakni 50 sehingga bisa melindungi kulit lebih baik bahkan saat matahari sedang sangat terik.

Sunblock yang satu ini memiliki formula watery capsule sehingga tidak akan mudah luntur meski terkena air atau keringat. Di dalamnya juga ada royal jelly dan sari buah jeruk. Kandungan tersebut bisa membantu untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan lembab. Produk ini tidak hanya cocok digunakan di muka namun juga aman untuk digunakan di seluruh tubuh.

Harga Rp. 97.000-120.000

Loreal UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF50

Loreal UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF50 menjadi rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk spray yang pastinya lebih mudah diaplikasikan. Sunblock yang satu ini bisa digunakan tiap 2 hingga 3 jam sekali. Kamu bisa mudah membawanya kemana saja dan mengaplikasikannya kapanpun kamu butuhkan. Kemasannya praktis jadi tidak akan makan banyak tempat.

Sunblock ini bisa menangkal sinar matahari dengan baik. Selain itu juga bisa melembapkan kulit. Produk ini tidak lengket di kulit jadi nyaman di kulit. Sunblock ini bebas alkohol jadi tidak akan menimbulkan iritasi juga.

Harga Rp. 227.000-336.000

Nivea Sun Protect & Moisture SPF 50 Spray

Nivea Sun Protect & Moisture SPF 50 akan menemani aktivitas kamu di luar sana. Produk yang satu ini bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Bentuknya yang spray memudahkan produk ini untuk digunakan. Sunblock ini hadir dengan formula waterproof sehingga cocok juga digunakan saat berenang atau beraktivitas di ai lainnya. Sunblock mampu betahan selama 24 jam di kulit jadi kamu tidak perlu aplikasi berulang kali.

Sunblock ini formulanya ultra ringan. Produk ini juga bisa memberikan perlindungan seketika terhadap efek buruk sinar ultra violet. Tidak ada rasa lengket jadi lebih nyaman di kulit.

Harga Rp. 85.000-219.000

Skin Aqua UV Moisture Milk

Skin Aqua UV Moisture Milk juga bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini lebih cepat diserap kulit. Kandungan UV protection yang tinggi bikin kulit kamu jadi lebih sehat. Sunblock yang satu ini bisa digunakan kamu yang memiliki kulit kering. Produk ini hadir dengan bahan hyaluronic acid, vitamin E, vitamin B5, dan kolagen. Semua kandungan tersebut bisa berperan sebagai pelembap serta menutrisi kulit dengan baik.

Ada juga kandungan PA pada produk yang satu ini sehingga bisa mencegah belang pada kulit. Produk ini hadir dalam bentuk lotion sehingga nyaman digunakan. Kamu bisa juga memakainya sebagai dasar riasan karena produk tidak meninggalkan rasa lengket.

Harga Rp. 42.000-52.000

Kiehl’s Ultra Light Daily Defense SPF 50

Kiehl’s Ultra Light Daily Defense SPF 50 menjadi rekomendasi kami yang selanjutnya. Produk yang satu ini tidak akan menyebabkan komedo. Sunblock dari Kiehl’s juga nyaman digunakan karena tidak mengandung bahan pengawet dan juga paraben. Produk ini aman juga digunakan dalam keseharian.

Dengan kandungan SPF yang tinggi, produk bisa melindungi kulit wajah secara efektif. Tekstur sunblock ini begitu ringan dan bebas minyak. Ini membuatnya cepat diserap pada wajah. Kamu juga tidak akan merasakan lengket di wajah karena produknya nyaman di kulit meski cuaca sedang sangat panas.

Harga Rp. 60.000-103.000

Parasol Face Sunscreen Cream SPF 33

Parasol Face Sunscreen Cream SPF 33 ini juga bisa jadi pilihan. Sunblock yang satu ini bisa jadi base makeup kamu sekalian. Kemasannya kecil mirip obat salep. Meski kemasannya mini, namun tetap bisa berfungsi maksimal. Kamu bisa lebih mudah membawanya kemana saja tanpa makan banyak tempat.

Sunblock yang satu ini tidak akan terasa lengket ataupun menimbulkan efek kilap di kulit. Teksturnya creamy dan sedikit kental namun cepat diserap oleh kulit. Produk ini lebih cocok digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan.

Harga Rp. 47.000-84.000

Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50

Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50 adalah rekomendasi kami berikutnya. Sunblock yang satu ini bisa melindungi kulit wajah dan tubuh dari sengatan sinar UVA dan UVB. Dilengkapi dengan bahan PA, produk ini bisa mencegah kulit belang. Sunblock yang satu ini bisa menangkal sinar ultraviolet hingga 8 jam lamanya.

Sunblock ini juga sudha teruji secara dermatologis. Produk ini tidak menyebabkan komedo. Selain itu, produk juga tidak akan bikin kulit jadi lengket dan terasa tidak nyaman. Tekstunya ringan sehingga lebih cepat diserap kulit wajah.

Harga Rp. 45.000-368.000

Sebamed Sun Cream SPF 50 Multi Protect

Sebamed Sun Cream SPF 50 Multi Protect juga sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini bisa digunakan pada wajah dan juga tubuh. Dengan SPF 50, produk ini akan maksimal melindungi kulit wajah dan tubuh. Bagi yang memiliki kulit sensitif juga aman memakai sunblock ini karena tidak ada bahan kimia berbahaya di dalamnya yang bisa mengiritasi kulit.

Harga Rp. 277.000-469.000

Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick

Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick ini adalah rekomendasi berikutnya. Produk yang satu ini sangat unik dan inovatif. Sunblock yang satu ini hadir dalam bentuk stik sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan. Kamu juga bisa lebih mudah membawanya kemana saja karena kemasannya praktis. Produk ini memiliki kadar SPF tinggi sehingga bisa melindungi kulit saat beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.

Harga Rp. 184.000-365.000
From our editorial team

Pastikan Sunblock Bebas Pewangi

Sunblock adalah produk yang langsung diaplikasikan pada wajah. Kita tentu tidak ingin mengaplikasikan sembarang bahan pada wajah kita. Maka dari itu, cek dulu kandungannya. Pastikan tidak ada bahan pewangi di dalam sunblock yang kamu gunakan. Adanya bahan pewangi dalam sunblock hanya akan membuat wajah lebih mudah iritasi. Utamanya untuk kamu yang memang memiliki kulit sensitif. Kandungan pewangi bisa menyebabkan kemerahan, gatal, bahkan jerawat.