10 Cara Mudah Merawat Kesehatan Kuku Tanpa Harus ke Salon! (2021)

10 Cara Mudah Merawat Kesehatan Kuku Tanpa Harus ke Salon! (2021)

Kuku juga menjadi bagian tubuh penting yang perlu mendapat perhatian. Tak sedikit wanita yang menghabiskan waktunya di salon hanya untuk melakukan perawatan kuku. Kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Yuk, simak ulasan cara menjaga kesehatan kuku dari BP-Guide di bawah ini. Kenali juga ciri-ciri kuku yang sehat dan tidak sehat.

Daftar isi

Susahnya Memiliki Kuku yang Sehat dan Kuat

Sumber gambar www.rte.ie

Kuku yang sehat terlihat mudah untuk dimiliki, padahal sedikit sekali yang benar-benar menjaga kesehatan kuku. Kuku yang sehat artinya tidak menjadi sarang kuman dan bakteri. Selain itu, kuku yang sehat pun memiliki ciri-ciri pendukung yang menandakannya dirawat dengan rutin.

Anda juga bisa memiliki kuku yang sehat, jika rutin melakukan perawatan dan upaya menjaga kesehatannya. Tahukah Anda apa saja cara menjaga kesehatan kuku yang bisa dengan mudah dilakukan sendiri? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui penjelasan lengkapnya.

Ciri Ciri Kuku Sehat vs Tidak Sehat

Warnanya Putih Kemerahmudaan

Sumber gambar wexnermedical.osu.edu

Ciri yang paling utama dan paling mudah diperhatikan adalah warna kuku. Kuku yang sehat warnanya akan putih tetapi dengan corak merah muda. Jika kuku Anda terlalu putih pucat pun artinya tidak sehat. Apalagi jika kuku Anda menghitam, artinya ada infeksi jamur di sana.

Terdapat Kutikula

Sumber gambar naildesigncode.com

Jangan anggap kutikula sebagai pengganggu. Kutikula yang ada di pinggir-pinggir kuku Anda itu sangat penting untuk melindungi kuku dari serangan bakteri dan jamur. Jadi jika kutikula masih ada di kuku-kuku Anda, maka artinya kuku Anda sehat. Sedangkan kuku yang tidak memiliki kutikula adalah kuku yang tidak sehat.

Ujung Kuku Bertambah Panjang

Pernahkah Anda mengalami kuku yang tidak memanjang lagi dan lapisannya malah menebal? Kuku yang seperti ini adalah kuku yang sudah mengalami infeksi jamur dan bakteri. Harusnya, kuku yang sehat akan terus bertambah panjang ujungnya. Jadi perhatikanlah pertumbuhan kuku Anda setiap hari ya.

Terdapat Lunula

Sumber gambar www.quora.com

Periksalah kuku Anda, apakah ada lunula di sana? Lunula adalah bentuk bulan sabit yang biasanya berada di ujung bawah kuku. Lunula ini bisa juga disebut sebagai akar kuku. Jika kuku Anda masih memiliki lunula, maka artinya kuku Anda sehat. Namun kuku yang tidak memiliki lunula artinya kukunya tidak memiliki akar lagi.

Kulit Disekitarnya Sehat

Sumber gambar www.justmylook.com

Satu lagi ciri kuku yang sehat dapat dilihat dari kulit disekitarnya. Jika kulit disekitar kuku Anda halus, bersih, dan berwarna merah muda, maka kuku Anda sehat. Namun jika kulit disekitar kuku Anda menghitam, mengeras, atau bahkan mengeluarkan darah maka berhati-hatilah.

Cara Menjaga Kesehatan Kuku dengan Mudah

Gunakan Minyak Zaitun

Sumber gambar medium.com

Cara pertama untuk menjaga kuku tetap sehat adalah dengan memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun diketahui kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh kuku untuk tumbuh dengan sehat. Cara menggunakannya pun mudah.

Anda cukup mengoleskan minyak zaitun ke ujung-ujung kuku dengan rutin sebelum tidur. Agar menyerap lebih sempurna, cobalah juga mengoleskannya sambil memijat jemari tangan secara merata. Hasilnya, kuku pasti akan lebih cerah dan tumbuh dengan sehat.

Gunakan Pelembap Kuku

Sumber gambar www.wikihow.com

Anda juga bisa menjaga kesehatan kuku dengan memastikan kelembapannya terus terjaga. Kuku yang lembap tidak akan mengalami masalah-masalah seperti mengering atau rusak. Jadi Anda sangat disarankan untuk menggunakan pelembap seperti lotion hingga ke bagian jari-jari.

Biasanya saat menggunakan lotion Anda sering melewatkan untuk mengoleskannya ke jemari tangan atau kaki. Mulai sekarang oleskanlah dengan merata hingga seluruh permukaan kuku Anda menjadi lebih lembap.

Jangan Menggigiti Kuku

Sumber gambar absolute-dental.co.uk

Beberapa orang memiliki kebiasaan buruk suka menggigiti kuku. Menggigiti kuku biasa dilakukan ketika sedang cemas atau sedang bosan. Namun kebiasaan yang satu itu hanya akan merusak dasar kuku Anda.

Bahkan bisa juga menimbulkan luka di sela-sela kuku yang akan menjadi tempat bakteri berkembang biak. Akhirnya, Anda bisa mengalami infeksi karena sering menggigit kuku seperti itu. Jadi hentikan kebiasaan buruk itu, jika ingin kuku Anda tetap sehat.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Cat Kuku

Sumber gambar picturepolish.com.au

Beberapa jenis cat kuku diketahui mengandung bahan yang sangat membahayakan. Itulah sebabnya Anda sangat disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan cat kuku. Jika memang ada situasi khusus yang membuat Anda harus menggunakan cat kuku, maka pastikanlah kandungan dalam cat kuku itu.

Hindari cat kuku yang mengandung bahan beracun dan pembersih yang mengandung aseton. Jika Anda menjaga kuku dari bahan-bahan kimia yang berbahaya seperti itu, maka kuku Anda bisa tumbuh lebih sehat dan kuat.

Konsumsi Banyak Susu

Sumber gambar www.theguardian.com

Tahukah Anda bahwa kesehatan kuku juga bisa dipengaruhi oleh nutrisi yang Anda konsumsi? Cara menjaga kesehatan kuku salah satunya ditunjukkan dapat dilakukan dengan cara Anda banyak mengonsumsi susu atau makanan yang mengandung susu.

Kandungan susu diketahui baik untuk membuat kuku lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah mudah patah dan mengering. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan munculnya bintik putih di kuku, juga bisa mengatasinya dengan minum susu.

Konsumsi Biotin

Diketahui juga bahwa untuk dapat memiliki kuku yang sehat, tubuh harus mendapatkan asupan biotin yang cukup. Biotin adalah vitamin B yang akan membuat kuku Anda menjadi jauh lebih kokoh dan tidak mudah patah.

Hal ini juga sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan di Amerika bahwa orang yang mengonsumsi biotin rutin dapat memperbaiki kukunya yang sebelumnya mudah rapuh. Makanan yang mengandung biotin salah satunya adalah telur.

Perhatikan Cara yang Tepat Memotong Kuku

Sumber gambar www.thehealthsite.com

Saat Anda memotong kuku, tahukah Anda ada cara potong kuku yang tepat? Jika Anda sembarangan memotong kuku dan tidak memperhatikan hal-hal tersebut, maka kuku bisa mengalami iritasi dan infeksi. Biasanya penyebabnya adalah memotong kuku terlalu pendek atau tidak mengikuti lekuknya. Jadi akhirnya kuku akan menekan bagian kulit di ujung-ujungnya dan bahkan bisa membuatnya membusuk.

Potonglah Kuku dengan Rutin

Sumber gambar www.torahmusings.com

Anda sudah tahu bagaimana cara memotong kuku yang tepat, sekarang waktunya tahu kapan kuku harus dipotong. Kuku harus dipotong dengan rutin. Minimal sekali seminggu Anda sudah harus memotong kuku, tidak perlu menunggu sampai panjang. Kuku yang panjang dan tidak terawat hanya akan menjadi sarang bakteri dan menyebabkan Anda mudah sakit.

Rawat Bagian Kutikula

Sumber gambar www.getspicequarter.com

Banyak sekali orang yang memotong kuku sekaligus dengan kutikulanya. Bagi mereka yang tidak mengerti, kutikula terlihat seperti pengganggu saat menggunting kuku dan akhirnya digunting juga. Padahal kutikula ini yang akan membantu untuk menutupi dasar kuku agar tidak terluka.

Jadi Anda jangan memotongnya, tetapi rawatlah dengan baik. Cara merawatnya adalah dengan tidak menyentuhnya, mencabutnya, apalagi menggigitnya. Mudah sekali bukan?

Rendam Kuku Menggunakan Air Hangat

Sumber gambar in.pinterest.com

Perhatikan juga bahwa kuku harus Anda bersihkan dengan rutin. Terkadang mencuci kuku dengan air mengalir saja tidak cukup. Agar dapat membersihkannya secara menyeluruh, maka Anda bisa merendam kuku dalam air hangat saja.

Air hangat mampu membersihkan kuku lebih sempurna sekaligus juga merelaksasi bagian kuku sehingga tumbuh jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja cara menjaga kesehatan kuku dengan baik bukan? Jadi jangan lagi melakukan hal-hal yang hanya akan merusak kuku. Rutinlah menjaga kuku agar kuku sehat dan kuat.

Tag