Gunakan 9 Rekomendasi Masker Ini untuk Menangkal Virus Berbahaya (2020)

Gunakan 9 Rekomendasi Masker Ini untuk Menangkal Virus Berbahaya (2020)

Makin merebaknya virus tentu saja bikin kita jadi kelabakan. Supaya bisa meminimalkan risiko terjangkit penyakit, kamu bisa gunakan masker. Intip segera rekomendasi dari kami, ya!

Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Aneka Virus di Sekitar Kita

Belakangan ini negara-negara di dunia dihebohkan dengan munculnya virus Corona. Ini merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Gejala awalnya mirip flu, sehingga penderitanya tak mengetahui jika terserang virus Corona dan akhirnya sudah terlalu parah untuk ditangani.

Baru-baru ini, Presiden Jokowi juga mengungkapkan bahwa sudah ada dua orang WNI yang terserang oleh virus Corona. Untungnya penanganan segera dilakukan dan mereka yang terjangkit sudah diisolasi untuk mendapatkan perawatan intensif.

Virus Corona menular melalui bercak dahak atau droplet. Hal ini membuat kita wajib waspada terhadap virus yang ada di sekitar kita. Bukan hanya Corona, namun juga virus lain yang mengganggu kesehatan kita. Maka dari itu, sudah sewajarnya jika kita melakukan proteksi diri dengan benar supaya bebas dari aneka macam virus yang berbahaya.

Beberapa Kebiasaan Baik Ini Bisa Menurunkan Risiko Terjangkit Virus

Mencuci Tangan Memakai Sabun

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan supaya kita bisa meminimalkan risiko terkena virus. Salah satu caranya adalah dengan rutin mencuci tangan memakai sabun. Aktivitas ini memang terdengar sepele, namun hal ini merupakan salah satu tindakan pencegahan infeksi virus, kuman, dan bakteri yang paling dasar. Sabun memang tak sepenuhnya bisa membunuh kuman, tetapi sabun tetap bisa menyingkirkan kuman dari tangan.

Cara mencuci tanggannya pun harus yang benar, ya. Pertama basahi tangan dengan air mengalir, lalu usapkan sabun pada tangan. Gosoklah sabun sampai mencapai belakang tangan, di antara jari-jari, dan di bawah kuku tangan. Lakukan selama 20 detik hingga semua bagian tangan terkena sabun dengan baik. Bilas dengan air mengalir lalu keringkan tangan.

Istirahat yang Cukup dan Konsumsi Makanan Bergizi

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan untuk mencegah virus berkembang adalah mengonsumsi makanan bergizi. Banyaklah konsumsi sayur dan buah. Makanan berprotein tinggi juga bagus untuk meningkatkan daya imun.

Jangan lupa juga untuk beristirahat yang cukup. Tidur yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena bisa mengembalikan vitalitas organ-organmu. Usahakan tidur 7 hingga 8 jam sehari supaya tubuhmu bisa kembali bekerja dengan normal.

Jangan Terlalu Sering Memegang Hidung, Mulut, dan Wajah

Tidak bisa kita pungkiri, tangan merupakan bagian tubuh yang paling kotor. Kita menyentuh berbagai benda dengan tangan. Ada banyak kuman dan virus tak kasat mata yang berbahaya di tangan kita.

Oleh sebab itu hindarilah terlalu sering memegang hidung, mulut, atau wajah kita. Hal ini untuk meminimalkan berpindahnya mikroorganisme yang berbahaya entah itu bakteri atau virus dari tangan ke bagian wajah kita. Cucilah tangan dengan bersih sebelum kamu memegang wajah, ya.

Minimalkan Kontak dengan Orang yang Sedang Sakit

Kebanyakan virus bisa menular dari sentuhan, droplet, dan lain sebagainya. Karenanya, jika ada yang sakit, sebaiknya kita membatasi diri untuk melakukan kontak dengan mereka. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kuman penyakit masuk ke dalam tubuh.

Jika Terlanjur Sakit, Gunakan Masker agar Tak Menular pada Orang Lain

Jika sudah telanjur menderita batuk, pilek, atau penyakit virus lainnya, maka usahakan untuk memakai masker. Hal ini supaya virus tak menular pada orang lain. Pemakaian masker ditujukan supaya virus tak berkembang terlalu pesat dan menulari orang di sekitar penderita.

Gunakan masker dengan benar, yakni sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan virus, namun masker tetap mampu menurunkan risiko penyebaran penyakit akibat virus.

Rekomendasi Masker Antivirus Terbaik

Masker N95 3M Type 9501V

Masker antivirus pertama yang wajib kamu gunakan adalah Masker N95 3M Type 9501V. Produk yang satu ini sudah berstandar WHO dan bisa melindungi tubuh dari virus penyebab penyakit, debu, dan asap.

Harga Rp. 100.000-150.000

3M N95 Particulate Respirator 8210 Masker Anti Virus

3M N95 Particulate Respirator 8210 ini adalah produk berikutnya yang tak bisa kamu lewatkan. Masker yang satu ini memiliki dua tali yang dilas di bagian kainnya. Dilengkapi pula dengan bantalan busa di dalamnya sehingga dapat menempel pada wajah dengan baik.

Nose clip pada masker menutup celah di antara hidung dan masker sehingga debu tidak bisa masuk. Masker dengan seri 8210 ini mampu menyaring partikel mikron yang membahayakan sistem saluran pernapasan. Produk ini sudah teruji dalam mengatasi MERS, flu babi, SAR, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 100.000-183.000

Masker Neo 3 ply Earloop Box Isi 50 Masks

Jangan lewatkan juga Masker Neo 3 Ply Earloop. Produk ini merupakan masker yang bisa meminimalkan virus untuk masuk ke tubuh. Masker debu ini memiliki pelindung hidung dengan tali yang mengitari kepala.

Dilengkapi dengan wire putih di bagian hidungnya, masker ini bisa menyesuaikan bentuk hidung para pemakainya. Masker ini bisa digunakan dalam keseharian.

Harga Rp. 1.421.000

Evo Med+ 3 Ply Earloop Mask

Evo Med+ 3 Ply Earloop Mask ini juga tak bisa dilewatkan begitu saja. Masker kesehatan ini dibuat di Indonesia dan telah memakai desain 4D dan teknologi canggih dari Jerman. Bentuk maskernya proporsional sehingga bisa menutupi hidung dan mulut dengan baik.

Masker yang satu ini juga dilengkapi tiga filter yang bisa menyaring partikel halus. Produk ini sangat bagus untuk penderita sinus sehingga tak akan mudah kambuh saat cuaca jadi dingin.

Harga Rp. 210.000

Pitta Mask Arax

Pitta Mask Arax merupakan produk selanjutnya untuk dicoba. Masker ini memiliki filter berpori sehingga mampu menahan debu, asap, dan juga tahan air.

Bahan maskernya adalah poliuretan yang sangat lembut dan juga elastis sehingga nyaman digunakan meski dalam waktu yang lama. Hadir dalam ukuran 117 x 131 mm, masker produksi Jepang ini desainnya pas di wajah.

Harga Rp. 67.700-148.000

Masker Polusi Udara 3M 9001V Filter Respirator Mask

Jangan lewatkan untuk mencoba Masker Polusi Udara 3M 9001V Filter Respirator Mask. Produk yang satu ini mampu menyaring udara dengan baik karena memiliki fitur air filter. Bahan masker ini lembut sehingga nyaman dipakai dalam waktu lama.

Harga Rp. 24.000-160.000

Golden Gloves Masker Debu Karet Bedah

Golden Gloves Masker Debu Karet Bedah tentu bisa jadi pilihan selanjutnya. Masker ini bisa melindungi dari virus penyebab flu dan batuk serta virus lainnya.

Produk ini bisa dipakai saat berkendara, bekerja di lingkungan berdebu, dan lain sebagainya. Meskipun tebal, namun tetap nyaman dipakai. Dalam 1 boks berisi 50 buah masker.

Harga Rp. 5.500-197.000

Xiaomi Mijia Airpop 360 Light Airwear Face Mask

Xiaomi Mijia Airpop 360 Light Airwear Face Mask adalah produk tepercaya lainnya untuk kamu. Masker ini dibuat di Cina dan diklaim mampu menghalau polutan seperti debu dan virus.

Bahan masker ini waterproof dengan finishing kulit. Di dalam masker ini ada filter antibakteri yang perlu diganti secara berkala. Kamu bisa membeli produk berukuran 17,7 cm x 15,5 cm x 63 cm ini.

Harga Rp. 119.000-163.000

3M R95 Particulate Respirator With OV Relief

3M R95 Particulate Respirator With OV Relief merupakan produk yang ringan sehingga nyaman digunakan. Bahannya adalah poliester dan karbon yang bisa menahan debu dan aneka virus. Selain itu juga bisa memfilter bau zat kimia yang tajam.

Harga Rp. 547.000-985.000
From our editorial team

Jangan Ikutan Panik Menghadapi Wabah Penyakit, Jalani Hidup Sehat Supaya Risiko Terjangkit Bisa Diminimalkan

Virus Corona yang belakangan merebak memang sangat meresahkan. Namun kamu tak boleh ikutan panik. Kamu tetap harus tenang dan tetap menjalani gaya hidup sehat. Lakukan proteksi diri yang tepat dan aneka kebiasaan baik seperti yang sudah dijelaskan di atas. Untuk maskernya, kamu bisa cek rekomendasi kami, ya!

Tag