Kulit Terasa Gatal dan Sensitif? Lindungi dengan 10 Rekomendasi Sabun Antiseptik untuk Gatal (2021)

Kulit Terasa Gatal dan Sensitif? Lindungi dengan 10 Rekomendasi Sabun Antiseptik untuk Gatal (2021)

Kesibukan di luar ataupun di dalam rumah seringkali membuat kita banyak berkeringat, tidak jarang kuit pun terasa gatal. Jika hal itu terjadi, berarti Anda harus segera membersihkan tubuh dengan sabun antiseptik agar kuman dan bakteri yang bercampur keringat dapat segera luruh dari tubuh. Yuk, cek berbagai rekomendasi sabun antiseptik yang dapat melindungi tubuh Anda!

Bersihkan dan Rawat Tubuh dengan Sabun Antiseptik

Hampir semua orang pasti pernah mengalami gatal-gatal. Gatal merupakan salah satu tanda kelainan pada kulit. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari jamur, alergi, kutu air, gigitan serangga, atau kotoran yang menempel di badan.

Apalagi di negara tropis seperti Indonesia, dimana tubuh kita sangat mudah berkeringat. Keringat dapat bercampur dengan mikroba, debu, dan tumpukan kulit mati yang menyebabkan jamur. Inilah yang membuat kulit kita kemudian terasa gatal-gatal.

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, kita perlu membersihkan badan setelah seharian beraktivitas di luar rumah. Membersihkan badan pun tidak cukup dengan air atau sabun biasa. Pilihlah sabun antiseptik atau antibakteri yang dapat membunuh semua kuman, bakteri, dan kotoran yang menempal pada kulit Anda.

Sabun antiseptik diperkaya dengan berbagai kandungan aktif berupa bahan antimikroba. Kandungan ini seringkali tidak dapat kita temukan pada sabun mandi biasa. Sehingga, meski sudah memakai sabun, bisa saja badan kita belum sepenuhnya terbebas dari kuman dan bakteri.

Manfaat Lain yang Bisa Didapatkan dari Sabun Antiseptik

Tidak Merusak Lapisan Kulit

Sabun antiseptik memiliki komposisi yang tepat, sehingga ampuh membunuh bakteri tanpa merusak lapisan kulit. Seberapa ampuh sabun antiseptik dalam membunuh bakteri?

Menurut African Journal of Biotechnology, sabun antiseptik dipercaya lebih efektif membunuh bakteri dibandingkan dengan sabun biasa karena memiliki kandungan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan bahkan membunuhnya pada konsentrasi tertentu.

Sabun antiseptik juga dikenal lebih baik bagi kulit karena biasanya tidak mengandung fragrance yang dapat membuat kulit semakin kering. Orang-orang dengan sistem imun yang lemah sangat direkomendasikan untuk memakai sabun antiseptik setiap kali membersihkan badannya.

Lebih Efektif Membunuh Kuman

Hal yang membuat sabun antiseptik lebih efektif dalam membunuh kuman adalah karena kandungan zat-zat aktif di dalamnya. Beberapa kandungan tersebut antara lain triclosan dan triclocarban, benzalkonium klorida, povidone iodine, dan kloroksilenol.

Triclosan adalah senyawa aktif yang sangat dikenal karena kemampuannya menghambat pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Zat-zat ini jarang ada di sabun pada umumnya. Hal inilah yang menyebabkan sabun antiseptik lebih baik dalam membunuh kuman daripada sabun biasa.

Menghilangkan Bau Badan

Perlu diingat bahwa keringat bukanlah sesuatu yang buruk. Keringat merupakan salah satu bentuk ekskresi dari tubuh. Hal yang membuatnya buruk adalah ketika keringat berlebih memicu pertumbuhan kuman dan bakteri pada tubuh kita.

Beberapa jenis kuman dan bakteri dapat menyebabkan bau badan bahkan masalah pada kulit, seperti jamur. Inilah salah satu masalah yang dapat dihadapi dengan sabun antiseptik. Sabun antiseptik memiliki kandungan yang dapat menekan perkembangan bakteri penyebab bau badan.

Ternyata Sabun Antiseptik Tidak Baik Digunakan Setiap Hari, Ini Risikonya!

Kulit jadi Kering dan Kasar

Salah satu efek samping penggunaan sabun antiseptik adalah kulit menjadi kering. Ini karena sabun antiseptik mengandung triclosan yang dapat mengurangi minyak pada kulit. Jika memang kulit Anda terasa terlalu kering setelah menggunakan sabun antiseptik, maka sebaiknya jangan digunakan setiap hari. Cukup gunakan sabun antiseptik 1-2 kali seminggu.

Sebab bagaimanapun, kulit Anda juga membutuhkan kelembapan. Pilihlah sabun mandi yang dapat menjaga kelembapan kulit Anda atau bahkan menghidrasinya. Dan sebenarnya, jika Anda tidak terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan ataupun tidak memiliki masalah kulit tertentu, sabun mandi biasa pun sudah cukup untuk membersihkan tubuh Anda.

Memicu Kekebalan Bakteri

Ada kemungkinan penggunaan sabun antiseptik, khususnya yang mengandung triclosan, membuat bakteri yang ada di tubuh kita justru kebal. Jika sudah seperti ini, pengobatan menggunakan antibiotik bisa jadi kurang efektif. Inilah yang membuat penggunaan sabun antiseptik setiap hari sangat tidak dianjurkan, kecuali di tempat-tempat yang rentan terhadap kuman.

Bahkan, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat –semacam BPOM di Indonesia– telah melarang penjualan sabun antiseptik yang mengandung triclosan dan triclocarban. Menurut lembaga ini, tidak ada manfaat dari penggunaan bahan-bahan tersebut pada sabun mandi. Malah dapat berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Bakteri Baik Ikut Terbunuh

Kulit berfungsi sebagai pembatas atau pertahanan paling luar tubuh kita. Batas tersebut ditandai dengan adanya Acid Mantle, selaput tak tampak pada kulit yang terbentuk dari keringat dan sebum. Di sinilah tempat bakteri baik berada.

Jika kita menggunakan sabun antiseptik terus-menerus, bakteri baik yang ada di sini juga bisa mati. Padahal, bakteri baik sangat membantu sistem metabolisme di dalam tubuh kita. Ketika bakteri baik hilang, bakteri jahat justru akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh kita.

Meningkatkan Risiko Alergi

Sabun antiseptik yang ingin kita manfaatkan untuk mencegah alergi, justru dapat memicu alergi. Mengapa demikian? Lagi-lagi karena senyawa triclosan yang ada di dalamnya. Triclosan punya efek samping terhadap sistem kekebalan tubuh.

Apalagi jika berhadapan dengan bakteri, maka bisa menimbulkan mutasi dan menghambat sistem imun tubuh. Inilah yang membuat tubuh kita memberikan reaksi alergi jika kita terlalu sering menggunakan sabun antiseptik ketika mandi.

Dapat Mengubah Hormon

Jika digunakan berlebihan, sabun antiseptik juga dapat memengaruhi produksi hormon di tubuh kita. Dalam hal ini adalah hormon testosteron. Pada tahun 2010, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa tubuh yang sering terpapar triclosan mengalami peningkatan jumlah hormon testosteron.

Kesimpulan ini didapat setelah mereka melakukan penelitian terhadap hewan. Hewan yang rutin diberi triclosan ternyata mengalami ketidakseimbangan hormon testosteron.

Namun, masih perlu beberapa penelitian lanjutan untuk membuktikan apakah triclosan pada sabun antiseptik benar-benar dapat memengaruhi produksi hormon testosteron pada pemakainya.

Pilihan Sabun Antiseptik untuk Menghilangkan Gatal

Sabun Deoonard Antiseptik

Pertama ada Sabun Deoonard Antiseptic yang diklaim dapat mengangkat sel kulit mati dengan sempurna. Sehingga, sabun ini efektif untuk membersihkan, mencerahkan wajah, dan meredakan serta menghilangkan segala jenis jerawat.

Kandungannya ampuh untuk membersihkan kulit, maka sabun ini juga dapat mencegah pertumbuhan jerawat pada kulit wajah kita. Semua bahan-bahan yang terkandung di dalamnya cukup aman, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

Harga Rp. 21.000-24.500

Biore Guard Body Foam Active Antibacterial

Produk sabun antiseptik berikutnya yang efektif untuk menjaga kebersihan kulit adalah Biore Guard Active Antibacterial Body Foam. Ia dikenal dengan Skin Caring Foam-nya yang memiliki formula Skin Purifying Technology (SPT).

Selain itu, keistimewaan produk ini adalah adanya Deep Pore Cleansing Technology dari Jepang yang efektif membunuh 99% kuman dan bakteri tanpa perlu digosok terlalu kuat.

Dengan antibakterial ganda IPMP dan Sanisol, sabun ini dapat memberikan perlindungan terhadap kulit agar tetap sehat tanpa membuatnya menjadi kering.

Harga Rp. 14.900-24.900

Sabun Cair Anti Bakteri Dettol Sensitive

Dettol adalah salah satu brand yang cukup terpercaya untuk produk-produk antiseptiknya. Salah satu produk antiseptik Dettol yang cukup populer adalah sabun mandi. Produk Dettol yang kami rekomendasikan adalah Dettol Sensitive Long Lasting Moisture Antibacterial Bodywash.

Sesuai dengan namanya, Anda tidak perlu khawatir kulit Anda menjadi kering. Produk ini mengandung gliserin yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit dan sudah terbukti produk ini membuat kulit terasa halus dan lembut.

Tidak hanya mengandung bahan aktif yang dapat melindungi Anda dan keluarga, sabun ini juga memiliki aroma kesegaran yang khas. Cukup untuk membangunkan semangat Anda sebelum beraktivitas dan menenangkan setelah aktivitas seharian.

Harga Rp. 28.300-117.000

Lifebouy Total 10

Lifebuoy memiliki formula yang dinilai efektif membunuh kuman dan sudah mematenkannya. Formula tersebut adalah ActivSilver+ yang dikombinasikan dengan timol aktif.

Kombinasi keduanya ini dinilai dapat menghasilkan antiseptik alami, sehingga memberikan pertahanan alami terhadap kulit sekaligus melawan kuman penyebab 10 jenis infeksi kulit.

Busanya yang lembut dapat menjangkau seluruh bagian tubuh, termasuk bagian tersulit sekalipun. Misalnya belakang telinga, sela-sela jari, dan bagian belakang leher.

Tidak hanya di permukaan, sabun ini mampu membersihkan hingga ke pori-pori tubuh. Memberikan efek yang bersih dan segar setelah mandi menggunakan produk populer yang satu ini.

Harga Rp. 32.100-35.900

Zen Antibacterial Body Wash

Zen Antibacterial Bodywash memiliki formula antibakteri dan antiinflamasi. Selain itu, produk ini juga mengandung daun shiso dari Jepang yang mengandung zat-zat baik untuk kulit, seperti vitamin A dan C.

Terbukti aman untuk semua jenis kulit tanpa mengurangi efektivitasnya dalam membersihkan dan melindungi kulit secara menyeluruh. Sebagian besar bahan-bahan yang ada di dalamnya adalah bahan alami yang dapat membuat kulit lebih sehat dan terasa segar.

Ada 3 varian sabun yang dapat Anda pilih yaitu sandalwood (merah), seasalt (biru), dan sulphur (putih). Ketiga varian tersebut memiliki aroma yang dapat merelaksasi tubuh dan pikiran.

Harga Rp. 27.000-36.860

RJ Kanro Antiseptic Transparent Soap

Rekomendasi kami berikutnya adalah sebuah produk yang terbuat dari bahan pilihan serta diramu khusus untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit Anda. Beberapa kandungan baik di dalam produk ini adalah ekstrak purple flower (echinacea), ekstrak ginseng, dan gliserin.

Bersama dengan TCC, ekstrak purple flower berfungsi sebagai bahan antialergi dan antiseptik alami untuk tubuh. Ekstrak ginseng berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru dan gliserin yang membuatnya lembut di kulit.

Aromanya sangat menyegarkan, lembut, dan tahan lama. Produk ini juga sama sekali tidak mengandung alkohol dan turunannya, sehingga aman digunakan semua jenis kulit.

Harga Rp. 62.000-120.600

Medicare Antibacterial Soap Fresh After Sport

Jika rekomendasi sebelumnya adalah sabun-sabun cair, kini kami juga merekomendasikan sabun batang sebagai sabun antiseptik untuk Anda.

Medicare Anti Bacterial Soap dengan formula barunya mengandung antibakteri ZeBact 100 yang dapat memberikan perlindungan dari bakteri, namun tetap aman bagi kulit.

Tidak hanya itu, sabun ini juga mampu menjaga kehalusan dan kelembapan alami kulit. Wanginya sangat menyegarkan, cocok untuk menemani aktivitas Anda sepanjang hari.

Harga Rp. 3.000-160.000

Procare Green Tea Premium Body Wash

Mungkin Anda jarang mendengar nama produk yang satu ini. Namun, manfaat produk ini sebanding dengan produk-produk sebelumnya yang lebih populer di pasaran.

Procare Bodywash dibuat dengan teknologi dan formulasi dari Australia, mampu membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Ia terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, bebas paraben dan pewarna. Busanya melimpah dan aromanya pun menyegarkan. Efektif untuk menjaga kebersihan kulit dari bakteri.

Harga Rp. 147.500-214.200

Dettol Moisture

Kembali ke sebuah produk dari Dettol, kali ini kami merekomendasi sabun antiseptik dengan aroma lidah buaya dan alpukat yang menyegarkan. Produk ini diklaim mampu tahan hingga 8 jam.

Kandungan gliserin yang tinggi juga dapat menahan kelembapan kulit secara alami, bahkan berjam-jam setelah mandi. Cocok untuk Anda pakai setelah beraktivitas seharian karena tidak hanya membersihkan, namun produk ini juga merawat kulit dengan lebih baik.

Harga Rp. 23.888-39.600

Utama Spice Antiseptic Liquid Soap

Utama Spice Antiseptic Liquid Foam memiliki keunikan tersendiri dibandingkan produk sabun antiseptik sebelumnya.

Produk ini memiliki bahan dasar minyak kelapa yang dapat menghidrasi kulit sekaligus memberikan beragam manfaat lainnya seperti sifat antipenuaan, antibakteri, dan antijamur.

Tidak hanya itu, di dalamnya juga mengandung minyak atsiri yang merupakan salah satu antiseptik alami yang efektif untuk membunuh kuman.

Produk ini pun mampu melindungi kulit Anda dari segala kuman penyakit. Di dalamnya tidak terkandung paraben dan SLS sehingga cocok untuk kulit badan bahkan untuk kulit wajah.

Harga Rp. 99.000-158.500
From our editorial team

Gunakan Sabun Antiseptik secara Teratur

Bagi beberapa orang yang memiliki kulit sensitif memang jadi problem sendiri untuk memilih sabun mandi karena dapat menimbulkan reaksi yang kurang nyaman di permukaan kulit. Maka, Anda bisa coba menggunakan sabun khusus agar kulit Anda tetap terjaga kebersihan dan terhindar dari alergi bahan pembuat sabun. Jangan lupa gunakan secara teratur, ya.

Tag