10 Rekomendasi Bedak Gatal Anti Jamur untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kulit (2020)

10 Rekomendasi Bedak Gatal Anti Jamur untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kulit (2020)

Kulit gatal karena jamur tentu membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Gangguan kulit ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Tak perlu khawatir, telah banyak beredar di pasaran bedak gatal antijamur yang aman dan efektif. Berikut adalah 10 rekomendasi bedak gatal antijamur persembahan dari BP-Guide.

Infeksi Jamur pada Kulit Dapat Terjadi pada Siapa Saja

Memiliki kulit yang sehat dan mulus tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun, banyak tantangan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Sebagai pertahanan luar tubuh, kulit kerap terpapar benda-benda asing yang membuatnya rentan mengalami masalah kulit.

Dari berbagai jenis masalah kulit, infeksi jamur adalah salah satu penyakit yang dapat dialami siapa saja. Kulit memang rentan mengalami infeksi jamur, lantaran merupakan bagian terluar tubuh dan memiliki fungsi proteksi. Biasanya, infeksi jamur menyerang orang-orang dengan sistem kekebalan atau imunitas tubuh yang lemah.

Selain menyebabkan infeksi, hal paling meresahkan dari infeksi jamur adalah pertumbuhan dan penyebarannya yang bisa menjadi tak terkendali. Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk mengatasi masalah kulit akibat infeksi jamur.

Cara Mengatasi dan Menghindari Jamur Kulit

Jaga Kebersihan

Resah karena masalah kulit akibat jamur? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi. Cara yang pertama tentu saja dengan menjaga kebersihan.

Kebersihan kulit adalah hal utama yang perlu dilakukan. Apalagi bagi Anda yang aktif bergerak dan melakukan aktivitas di luar ruangan yang rentan terpapar kotoran dan lembap akibat keringat. Kondisi kulit seperti inilah yang rentan terinfeksi jamur.

Oleh sebab itu, keringkan kulit apabila basah atau berkeringat. Gunakan pula sabun saat mandi dan hindari menggunakan celana yang terlalu ketat agar kulit bisa bernapas. Tak hanya itu, sebaiknya hindari bertukar pakai handuk dan pakaian dengan orang lain untuk mencegah penularan infeksi jamur.

Ganti Pakaian Dalam dan Kaos Kaki Setiap Hari

Mengganti pakaian dalam setiap hari juga menjadi langkah tepat pencegahan infeksi jamur pada kulit. Terpapar oleh keringat seharian tentu membuat pakaian dalam menjadi lembap dan berpotensi menjadi tempat tumbuhnya jamur. Sehingga, mengganti pakaian dalam setiap hari adalah hal yang perlu dilakukan.

Bukan hanya pakaian dalam, menggunakan kaos kaki yang sama dalam waktu lama juga meningkatkan risiko infeksi jamur pada kaki. Kotoran yang menumpuk serta keringat yang membuat kaki lembap menjadi penyebab infeksi jamur pada kaki.

Sifat kaos kaki yang menyerap keringat dan tertutup oleh sepatu membuat kulit tak bisa bernapas dengan leluasa. Maka dari itu, mengganti kaos kaki secara rutin sebaiknya dilakukan. Selain untuk menghindari infeksi jamur, hal ini juga mencegah bau kaki.

Kenakan Pakaian yang Mudah Menyerap Keringat

Pemilihan pakaian rupanya juga mampu mempengaruhi ketahanan kulit terhadap infeksi jamur. Tubuh yang mudah berkeringat tentunya memerlukan pakaian dengan bahan yang tepat agar terhindar dari kelembapan ekstrem yang memicu tumbuhnya jamur.

Untuk mengatasi hal ini, pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat paling direkomendasikan. Hal ini untuk memastikan tubuh tetap kering meskipun aktif bergerak. Salah satu bahan yang bisa dipilih adalah katun, karena material ini mempunyai kekuatan penyerapan yang baik.

Selain bahan yang menyerap keringat, gunakan pakaian yang longgar. Pakaian yang terlalu ketat membuat kulit tidak bisa bernapas, sehingga membuat keringat terakumulasi dan menimbulkan iritasi, terutama pada daerah lipatan-lipatan tubuh.

Gunakan Obat Antijamur

Apa yang bisa dilakukan jika kulit telah mengalami infeksi jamur? Tak perlu khawatir, kini banyak obat antijamur yang beredar di pasaran. Penggunaan obat antijamur menjadi penanganan utama untuk menghambat pertumbuhan jamur agar kulit terbebas dari infeksi.

Sebagian besar obat antijamur bekerja dengan cara merusak dinding sel jamur, sehingga sel jamur akan mati. Beberapa zat yang biasa digunakan sebagai komposisi obat antijamur, antara lain clotrimazole, miconazole, nystatin, dan ketoconazole.

Beberapa produk juga mengandung kombinasi bahan untuk meningkatkan efektivitas terapi. Obat-obatan antijamur ini tersedia dalam beberapa bentuk yang bisa dipilih, antara lain kapsul, pil, dan cair. Ada pula obat antijamur berupa salep dan bedak yang diaplikasikan langsung pada kulit.

Rekomendasi Bedak Gatal Antijamur

Micorine Powder

Rekomendasi bedak gatal ant jamur yang pertama adalah MYCORINE POWDER, BEDAK GATAL ANTI JAMUR. Bedak yang diproduksi oleh Galenium ini mengandung miconazole nitrate yang merupakan zat aktif untuk mengobati berbagai infeksi jamur pada kulit.

Kandungan zat aktif pada bedak ini berguna untuk mengikat fosfolipid dalam membran sel serta menghambat produksi ergosterol dan sterol lain. Hal ini membuat MYCORINE POWDER cocok dijadikan pilihan mengatasi jamur pada kulit di berbagai lokasi.

Cara pemakaiannya juga mudah, yaitu cukup dengan menaburkannya pada kulit yang terinfeksi. Bedak ini dapat diaplikasikan sebanyak 2 kali sehari, saat pagi dan sore hari, atau sesuai anjuran dokter.

Harga Rp. 54.200-92.300

Daktarin Powder

Daktarin Powder 20g adalah bedak gatal ant jamur yang efektif dalam mengatasi masalah kulit akibat infeksi jamur. Bedak ini mengandung zat aktif miconazole yang termasuk dalam golongan obat antijamur imidazole. Bedak ini mengandung 20 mg miconazole nitrate yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi akibat dermatofit atau ragi.

Bedak ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah ruam akibat popok, infeksi pada selangkangan atau di sela jari akibat jamur. Bisa juga ditaburkan pada kaos kaki dan sepatu untuk mencegah jamur. Cara penggunaannya cukup sederhana, yaitu dengan menaburkannya 2 kali sehari kemudian ratakan agar merata.

Harga Rp. 51.850-57.500

Nellco Bedak Salicyl

Banyak produk bedak gatal tak pelak membuat bingung dalam memilih. Nellco Bedak Salicyl Menthol 60g adalah rekomendasi bedak gatal antijamur berikutnya yang patut dipilih. Produk ini terbuat dari bahan talk, salicylic acid,dan parfum yang wangi.

Mampu meringankan rasa gatal pada kulit akibat biang keringat, produk ini tidak disarankan untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun. Sama seperti bedak gatal dan antijamur lain, cara pemakaian bedak ini cukup ditaburkan dan digosok dengan lembut pada bagian kulit yang terasa gatal.

Harga Rp. 6.000-9.500

Remedy Antifungal Powder 3oz Bottle

Remedy Antifungal Powder 3oz Bottle adalah produk bedak gatal yang terbuat dari bahan-bahan alami. Bedak ini mengandung phytoplex yang berasal dari kedelai, ganggang biru-hijau, teh hijau, dan cengkeh.

Bedak anti jamur ini diformulasi khusus yang cocok untuk kulit paling sensitif. Digunakan sebagai terapi kulit yang mengalami infeksi jamur kronis, bedak ini juga mampu meredakan gatal, rasa terbakar, dan iritasi. Ideal untuk berbagai masalah kulit akibat infeksi jamur, produk ini disarankan untuk lipatan kulit, kaki, kaus kaki, dan sepatu.

Harga Rp. 231.840-239.600

Konicare Bedak Biang Keringat

Siapa yang tak kenal dengan Konicare? Merek yang menyediakan berbagai produk perawatan bayi ini juga memiliki produk bedak gatal antijamur andalan, yaitu Konicare Bedak Biang Keringat 80gr.

Bedak ini terbuat dari bahan talk, magnesium karbonat, kalamin, seng oksida, dan minyak zaitun. Terbuat dari bahan-bahan pilihan yang diperkaya vitamin E, produk ini aman digunakan pada kulit yang gatal akibat biang keringat.

Aman untuk bayi, bedak ini juga bisa digunakan oleh orang dewasa dalam mengatasi gatal pada kulit. Mampu menyerap keringat, bedak ini juga dibekali kelembutan ekstra. Aromanya yang menenangkan cocok untuk si kecil. Bedak ini juga dapat mengurangi iritasi ringan dan tidak menimbulkan alergi pada kulit.

Harga Rp. 12.150-18.000

Salicyl Bedak

Rekomendasi bedak gatal anti jamur berikutnya adalah SALICYL BEDAK 75GR BEDAK GATAL CITO. Bedak ini adalah produk keluaran PT. CIUBROS FARMA yang merupakan perusahaan farmasi lokal berbasis di Semarang.

Bedak ini terbuat dari bahan talk, asam salicit, dan baby parfum yang wangi. SALICYL BEDAK 75GR BEDAK GATAL CITO efektif digunakan untuk mengurangi gatal-gatal pada kulit akibat biang keringat. Bedak ini juga bisa digunakan sebagai terapi berbagai masalah kulit, seperti bisul-bisul, cacar air, gabaken, dan penyakit kulit lain.

Produk ini dapat digunakan untuk berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menaburkannya pada bagian yang gatal.

Harga Rp. 5.800-6.500

Comfort Zone Miconazorb Antifungal Powder

Kesal karena kulit gatal? Produk Comfort Zone Miconazorb Antifungal Powder ini bisa menjadi solusi masalah kulitmu. Bedak dari Comfort Zone ini mengandung bahan aktif miconazole nitrate 2% yang efektif sebagai antijamur. Bedak ini dapat digunakan sebagai terapi masalah kulit akibat jamur kronis, gatal, dan kurap.

Produk ini juga menghindari efek samping umum dari infeksi, seperti radang, gatal, rasa terbakar, dan kulit bersisik. Sebelum menggunakannya, kocok botol secara ringan untuk melonggarkan bubuk yang menempel. Sama seperti produk lainnya, bedak ini diaplikasikan pada kulit yang bermasalah sebanyak 2 kali sehari atau sesuai anjuran dokter.

Tidak dianjurkan untuk anak berusia di bawah 2 tahun dan hindari pula kontak produk ini dengan mata.

Harga Rp. 196.000

Zeasorb Antifungal Powder

Zeasorb Antifungal Powder adalah bedak antijamur yang direkomendasikan oleh dokter kulit, sehingga tidak perlu diragukan lagi efektivitasnya. Bedak ini memiliki komposisi bahan aktif berupa miconazole nitrate 2% sebagai antijamur. Sementara bahan tidak aktifnya berupa acrylamide, aldioxa, chloroxylenol, fragrance, imidurea, microporus cellulose, dan talk.

Produk ini cocok untuk terapi kulit yang menderita infeksi jamur, gatal, dan kurap. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu mengoleskan tipis-tipis pada kulit yang gatal saat pagi dan malam atau sesuai anjuran dokter.

Sebaiknya gunakan bedak ini dengan resep dokter dan hindari penggunaan pada anak usia di bawah 2 tahun. Jangan lupa untuk melakukan pengawasan terhadap anak-anak dalam penggunaan produk ini.

Harga Rp. 202.000

SALICYL MENTHOL CAP GAJAH

SALICYL MENTHOL CAP GAJAH adalah bedak gatal antijamur yang menjadi rekomendasi terakhir. Bedak ini terbuat dari acyd salicyl 2% dan talc venetum 98% dan telah terdaftar di BPOM.

Produk ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti gatal-gatal, keringat buntet, dan gabaken. Bagi Anda yang menderita cacar air, bisul, atau penyakit kulit lain, bedak ini juga bisa dijadikan pilihan terapi.

Bedak SALICYL MENTHOL CAP GAJAH ini efektif untuk merawat kulit gatal akibat biang keringat, namun tidak direkomendasikan untuk anak di bawah 3 tahun. Cara pemakaiannya pun mudah, yaitu dengan menaburkan atau menggosokkan bedak pada bagian kulit yang gatal atau sakit.

Harga Rp. 8.000-10.000
From our editorial team

Obat Antijamur Berbentuk Bedak Lebih Banyak Dipilih daripada Salep

Obat antijamur dalam bentuk bedak lebih banyak dipilih daripada salep. Mengapa demikian? Rupanya bedak antijamur memiliki berbagai keunggulan antara lain harga yang lebih ekonomis, tidak mudah habis, dan praktis digunakan. Berbeda dengan salep, bedak antijamur juga tidak memberikan sensasi lengket, sehingga banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dari rekomendasi di atas, kira-kira bedak antijamur mana yang jadi favoritmu?

Tag