Tetap Bersih dan Sehat dengan 10 Rekomendasi Sabun Antiseptik yang Aman untuk Sehari-hari (2020)

Tetap Bersih dan Sehat dengan 10 Rekomendasi Sabun Antiseptik yang Aman untuk Sehari-hari (2020)

Kita dituntut untuk hidup bersih dan sehat. Agar usaha kita terhindar dari berbagai virus, kuman, dan bakteri semakin maksimal, perlu adanya dukungan dari sabun antiseptik untuk membersihkan tubuh. Kita pun perlu selektif memilih sabun antiseptik yang aman dipakai sehari-hari.

Sabun Antiseptik Mampu Membunuh Kuman, Bakteri, dan Virus dengan Efektif

Virus corona yang muncul saat ini mampu menyebar dengan cepat sehingga penularannya juga terjadi sangat cepat. Salah satu pencegahan dan cara memutus rantai penularannya ialah dengan membunuh virus tersebut yang kemungkinan menempel di tubuh kita. Anjuran pemerintah dan dokter untuk rajin cuci tangan pakai sabun pun membuat banyak orang berbondong-bondong mencari produk sabun antiseptik untuk menghilangkan virus ini.

Kandungan Dalam Sabun Antiseptik

Dilansir dari jurnal Fakultas FMIPA Unsyiah, sabun antiseptik mengandung asam lemak yang bersenyawa dengan alkali. Selain itu, terdapat pula alkohol dengan kadar aman, sehingga zat-zat tersebut efektif membunuh kuman.

Kandungan lain dalam sabun antiseptik yang efektif membunuh kuman, antara lain triclosan (TCS) atau triclocarban, providone iodine, benzalkonium klorida, dan kloroksilenol.

Triclosan merupakan senyawa aktif yang efektif membunuh pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Dengan kandungan zat pembunuh bakteri yang terdapat di sabun antiseptik tentu kemampuannya membunuh virus berbeda dengan sabun biasa.

Manfaat Sabun Antiseptik

Tidak Merusak Lapisan Kulit

Sabun antiseptik tentu berbeda dengan sabun mandi biasa yang sering digunakan sehari-hari. Kandungan surfaktan yang ada di dalam sabun mandi bisa bereaksi dengan sel keratinosit yang sudah mati dan mengelupas sendiri.

Hal itu bisa menyebabkan lapisan kulit membengkak dan membantu bahan-bahan sabun mandi masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Apabila bahan tersebut berinteraksi dengan ujung-ujung sel syaraf dan sistem kekebalan tubuh, kemungkinan muncul iritasi.

Apalagi kulit sangat membutuhkan kelembapan dan mencuci tangan dengan sabun sangat memungkinkan kelembapan tersebut berkurang. Kandungan surfaktan di dalam sabun mandi akan mengganggu lipid sehingga jumlahnya semakin menurun. Apabila terjadi terus-menerus, kulit akan kering dan dehidrasi.

Inilah mengapa sabun antiseptik dianjurkan untuk mencuci tangan. Hal itu karena komposisi sabun antiseptik berbeda dengan sabun mandi dan lebih efektif membunuh kuman.

Mencegah Penyakit Kulit Akibat Jamur

Sabun antiseptik bukan hanya mencegah pertumbuhan virus, kuman, atau bakteri yang menempel di tubuh, tetapi juga pertumbuhan jamur. Pertumbuhan jamur bisa disebabkan oleh tubuh yang terlalu lembap karena keringat seperti ketika Anda habis berolahraga dan tidak segera berganti pakaian.

Penyakit jamur juga ada macamnya, antara lain kadas, kurap, panu, dan lainnya yang menyebabkan permasalahan kulit. Kandungan bahan-bahan di dalam sabun antiseptik tentu bisa mencegah pertumbuhan jamur di tubuh.

Menghilangkan Bau Badan

Bau badan bisa disebabkan oleh produksi keringat yang berlebihan dan terkumpul di bagian lipatan-lipatan tubuh. Bakteri tersebutlah yang memunculkan bau tak sedap dari tubuh.

Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Tetapi berkeringat juga bukan hal yang salah karena proses tersebut merupakan proses ekskresi pada tubuh.

Salah satu cara mencegah bau badan ialah dengan menggunakan sabun antiseptik karena kandungan bahannya efektif menekan perkembangan bakteri bau badan.

Perhatikan Hal-hal Ini Ketika Membeli Sabun Antiseptik

Efektif Membasmi Kuman

Sabun antiseptik mampu membasmi kuman dengan kandungan bahan-bahannya. Meskipun kandungan sabun dan air dapat membunuh kuman tetapi akan lebih efektif jika menggunakan sabun antiseptik.

Pastikan sabun efektif yang ingin Anda beli sudah teruji efektif dalam membunuh kuman. Biasanya mendapatkan label bukti yang ada di kemasan. Pastikan pula sabun antiseptik tersebut tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Mampu Membersihkan Hingga ke Pori-pori Kulit

Apabila sabun yang Anda gunakan tidak bisa membersihkan hingga ke pori-pori, maka hal itu terasa sia-sia. Anda harus mengenali produk sabun antiseptik yang bisa membersihkan mikroba penyebab penyakit hingga ke pori-pori. Hal itu agar proses pembersihan lebih efektif dan tidak meninggalkan penyakit.

Mengandung Antimicrobial Aktif

Sabun antiseptik dirancang untuk membunuh mikroba-mikroba penyebab penyakit. Tentu saja kandungan berbeda dengan sabun biasa. Bahan antimicrobial atau antibakteri mungkin yang akan sering ditemukan dalam sabun antiseptik.

Jenis bahan antimicrobial yang terdiri dari triclosan dan triclocarban saat ini sudah mulai ditinggalkan. Hal itu untuk menghindari efek sampingnya yaitu iritasi kulit. Beberapa merek menggantinya dengan bahan natural yang terinspirasi dari alam. Tenang saja, manfaat melawan kuman masih bisa didapatkan kok.

Perhatikan Jenis Kulit

Jenis kulit setiap orang tentu berbeda dan sensitivitasnya akan berbeda pula. Dengan karakter kulit setiap orang yang berbeda, Anda harus memilih sabun antibakteri yang cocok dengan kulit Anda.

Apabila kulit Anda berminyak, pilih sabun antiseptik yang bisa mengontrol produksi minyak. Sebaliknya, jika kulit Anda kering, sebaiknya pilih sabun antiseptik yang bisa melembapkan kulit Anda agar tidak iritasi.

Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik

Utama Spice Antiseptic Liquid Soap

Spice Antiseptic Liquid Soap merupakan sabun antiseptik dengan kandungan minyak kelapa yang dapat memberikan kelembapan kulit Anda. Kandungan antioksidannya membantu melawan radikal bebas, sedangkan minyak esensialnya untuk membersihkan dan melindungi kulit dari polusi.

Minyak esensial yang memiliki aroma seperti nilam, sereh, jahe, dan kayu manis dapat memberikan aroma hangat dari kulit Anda. Dengan begitu, Spice Antiseptic Liquid Soap ini tidak hanya efektif membersihkan kotoran dan membunuh kuman, tetapi juga memberikan sensai yang hangat. Selain itu, kelembapan kulit Anda juga akan selalu terlindungi.

Harga Rp. 71.500-114.500

Secret Clean Antiseptic Hand Soap

Secret Clean Antiseptic Hand Soap terbukti membunuh kuman dan bakteri yang menempel di tangan Anda. Kandungan lidah buaya selain untuk melembapkan kulit juga memberikan aroma wangi yang menyegarkan.

Cara penggunaannya cukup basahi telapak tangan dengan air, lalu gosok perlahan telapak tangan yang sudah diberi sabun, setelah itu bilas dan keringkan. Pastikan Anda menggosok sampai jari-jari tangan dan punggung tangan agar kuman atau bakteri yang tersembunyi bisa mati.

Harga Rp. 38.800

Giovan Sabun Antiseptik

Giovan Antiseptik bisa menjadi pilihan Anda sebagai sabun keluarga karena cocok digunakan oleh semua usia.

Sabun antiseptik ini juga bisa mengatasi gatal-gatal akibat biang keringat dan bisa digunakan sebagai sabun mandi.

Gunakan Giovani Antiseptik ini untuk sehari-hari sebagai langkah pencegahan pertumbuhan kuman dan bakteri.

Harga Rp. 9.000-11.700

Nuvo Icy Splash Pouch Hand Soap

Nuvo Icy Splash merupakan sabun pencuci tangan yang mampu mengangkat minyak dan kotoran. Mencuci tangan kurang efektif membunuh kuman apabila hanya air saja. Untuk itulah diperlukan sabun pencuci tangan yang mengandung antiseptik agar kuman dan bakteri ikut mati.

Nuvo Icy Splash tetap memberikan kelembutan pada tangan dan menjaga kelembapan lebih lama. Tersedia kemasan dengan pouch isi ulang 250 ml yang bisa menjadi pilihan Anda.

Harga Rp. 12.900-20.000

Sabun Hijau Sapokalinus Antiseptik

Sabun Hijau Antiseptik Sapokalinus merupakan sabun antiseptik untuk kulit sensitif. Seperti yang kita ketahui bahwa kulit setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda.

Kulit sensitif cenderung sulit menerima produk-produk dengan bahan tertentu. Untuk itulah Sabun Hijau Antiseotik Sapokalinus bisa menjadi pilihan Anda yang memiliki kulit sensitif.

Sabun lunak yang transparan ini juga bisa digunakan untuk kulit yang mengalami gatal-gatal, jamur, kadas, panu, dan berjerawat. Usap sabun pada kulit hingga keluar busa lalu diamkan tiga menit. Bilas dengan air bersih.

Harga Rp. 9.000-10.000

MediPrime Hand Soap Antiseptic

MediPrime Hand Wash merupakan sabun cuci tangan yang ampuh membunuh kuman. Mengandung alkohol 80% dan H2O2 sebesar 0,03%, sehingga diklaim 99,9% efektif melawan kuman dan virus. Selain itu, sabun ini mengandung bahan aktif seperti ethyl alcohol, carbophol, tea, aquades, dan fragrance.

Tersedia varian aroma strawberry, apel, dan lavender yang bisa menjadi pilihan Anda. Tenang saja, bahan-bahan yang digunakan tidak menyebabkan iritasi, sehingga aman digunakan.

Harga Rp. 23.000-135.000

Sleek Foamy Antibacterial Hand Wash

Anda tidak perlu khawatir memilihkan sabun cuci tangan untuk anak-anak Anda. Sabun cuci tangan dari Sleek bisa menjadi pilihan karena produk ini memang memiliki formula untuk anak-anak.

Sabun yang memiliki standar food grade ini memiliki tekstur busa yang lembut dan mengandung ekstrak madu. Dengan begitu, kulit anak-anak Anda akan tetap terjaga kelembapannya.

Sabun Sleek ini memiliki tiga varian wangi, yaitu refreshing, shooting, dan caring yang bisa menjadi pilihan. Aroma tersebut tentu saja banyak disukai oleh anak-anak.

Harga Rp. 23.000-44.700

Sabun Deoonard Antiseptik

Sabun Deoonard Antiseptik Hijau merupakan sabun antiseptik yang memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Sabun dengan tampilan bening ini dapat memutihkan, menghaluskan, dan mengecilkan pori-pori kulit.

Sabun Deoonard Antiseptik Hijau ini mengandung pH seimbang sehingga tidak menimbulkan iritasi kulit. Sabun ini juga bisa membantu mengeringkan jerawat yang meradang dan semua jenis jerawat, seperti jerawat batu nanah ataupun jerawat menahun.

Selain itu, Anda yang ingin menghilangkan komedo, bopeng, atau flek hitam juga bisa menggunakan sabun ini.

Harga Rp. 19.400-40.000

RJ Kanro Antiseptic Soap

RJ Karno Antiseptic Transparent Soap merupakan sabun antiseptik yang dapat menjaga dan merawat kesehatan kulit. Memiliki tekstur yang lembut sehingga aman di kulit.

Mengandung bahan aktif berupa echinacea, ekstrak ginseng, TCC, dan bahan-bahan lain, seperti stearic acid, coconut oil, causatic soda, glycerin, propylen glycol, irgasan, dan fragrance.

Echinacea merupakan ramuan dari India yang berfungsi untuk mencegah infeksi pada kulit, ekstrak ginseng berfungsi untuk menjaga metabolisme dan mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru, sedangkan TCC merupakan bahan antiseptik yang berfungsi membunuh bakteri.

Harga Rp. 66.000-142.500

Snail White Creme Body Wash

Snail White Creme Body Wash merupakan sabun antiseptik yang juga membantu menjaga kesehatan kulit. Sabun ini mengandung snail slime, yaitu lendir siput yang memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Snail White juga dapat melembutkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, kandungannya juga membuat sabun terasa lembut seperti losion dan tidak lengket di kulit. Sabun ini juga bisa digunakan untuk mencegah kulit keriput dan mengembalikannya agar terlihat muda.

Harga Rp. 25.000-110.000
From our editorial team

Pilih Sabun Antiseptik Sesuai dengan Kebutuhan

Dengan begitu banyaknya pilihan produk sabun antiseptik, kini Anda leluasa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Rutin membersihkan tubuh dengan sabun antiseptik membuat Anda dan keluarga bisa terhindar dari berbagai penyakit sehingga lebih leluasa menjalankan aktivitas sehari-hari.

Tag