Sterilkan Tangan dari Kuman dengan 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Harga Terjangkau dari BP-Guide (2020)

Sterilkan Tangan dari Kuman dengan 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Harga Terjangkau dari BP-Guide (2020)

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kesehatan dan kebersihan tubuh perlu dijaga. Jangan lupa membawa hand sanitizer kemana saja. Anda bisa cek hal-hal yang wajib diketahui sebelum membeli hand sanitizer bersama kami di BP-Guide agar tak salah membeli produk!

Tangan Merupakan Bagian Tubuh yang Mudah Menyebarkan Kuman

Tangan merupakan bagian tubuh krusial yang kita gunakan untuk berbagai hal. Kita memegang smartphone, keyboard, uang, gagang pintu, meja, dan lain sebagainya. Ini membuat telapak tangan kita bisa jadi penyebar kuman dan bakteri ke seluruh tubuh.

Hanya saja kita tak bisa melihatnya secara kasat mata. Bakteri dan kuman di tangan bisa bertahan hidup di tangan hingga 3 jam. Dalam waktu waktu 7 jam, 1 bakteri di tangan Anda dapat menghasilkan 2 juta bakteri.

Tak jarang usai memegang berbagai barang, kita memegang wajah dan area tubuh lain. Bisa dibayangkan bahwa kuman akan menyebar dengan cepat ke tubuh lainnya. Ini membuat kita rentan terserang penyakit yang disebabkan kuman, bakteri, dan virus.

Apalagi jika sistem imun kita buruk, jelas tubuh kita jadi lebih mudah sakit, baik sakit ringan seperti flu dan batuk, hingga sakit yang parah seperti virus Covid-9 dan lainnya.

Hand Sanitizer Bisa Jadi Andalan untuk Membunuh Kuman di Tangan

Cara paling tepat untuk membunuh kuman di tangan adalah dengan cara cuci tangan memakai sabun. Kita diwajibkan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, saat keluar dari kamar mandi, dan setelah dari lokasi umum. Hal ini akan menurunkan risiko terpapar virus dan kuman penyebab berbagai penyakit. Untuk mencuci tangan pun tak bisa asal dan buru-buru. Cuci tangan dengan langkah yang tepat dan gosok tangan selama 20 detik.

Namun, bagaimana jika kita tak menemukan sumber air? Misalnya saja sedang dalam perjalanan. Nah, untuk itu, Anda bisa gunakan hand sanitizer. Produk yang satu ini sangat efektif membunuh kuman dan bakteri. Pemakaiannya praktis karena cukup dioles merata ke tangan hingga produknya meresap. Anda tak perlu membilasnya dengan air.

Hand sanitizer mengandung alkohol jenis ethyl alcohol yang berfungsi sebagai antiseptik. Hand sanitizer sudah teruji klinis bisa mengurangi kuman meski tak seefektif sabun dan air. Namun, produk ini penting untuk digunakan terutama jika keadaan sedang darurat dan tak ada sumber air di sekitar kita.

Hand Sanitizer juga Bisa Dibuat Sendiri

Produk hand sanitizer dulunya tak begitu dilirik. Banyak orang lebih menyukai cuci tangan dengan sabun karena lebih efektif membunuh kuman. Namun, dikarenakan ada pandemi virus Covid-19 selama beberapa bulan belakangan ini, maka hand sanitizer banyak dilirik jadi produk andalan untuk menggantikan proses cuci tangan dengan sabun.

Banyak orang membawa hand sanitizer ke mana pun pergi untuk dipakai saat mereka kesulitan menemukan air dan sabun. Hand sanitizer pun jadi langka karena banyak orang memburunya di masa pandemi. Jika sudah kehabisan di toko, maka Anda tak perlu bingung. Anda bisa kok membuat sendiri produk ini jika sangat terpaksa.

Syarat pembuatannya cukup mudah jika menggunakan bahan-bahan yang telah direkomendasikan oleh BPOM dari WHO. Bahan-bahan tersebut adalah etanol 9%, gliserol 98%, hidrogen peroksida 3%, dan air steril atau aquades. Bahan-bahan tersebut bisa didapatkan di toko bahan kimia.

Hal-hal yang Wajib Diketahui tentang Hand Sanitizer

Efektif jika Kandungan Alkoholnya Lebih dari 60%

Hand sanitizer tak sepenuhnya aktif untuk membunuh kuman dan bakteri. Produk ini baru bisa membunuh kuman, virus, dan bakteri saat jumlah kandungan alkoholnya cukup tinggi. Minimal kandungan alkohol haruslah 60% ke atas. Hand sanitizer dengan kandungan alkohol di bawah itu akan terasa kurang efektif. Jadi, pastikan kandungan alkohol suatu produk hand sanitizer sudah pas, ya.

Bisa Menyebabkan Keracunan

Memakai hand sanitizer memang sangat dianjurkan, terutama saat pandemi tak kunjung reda seperti sekarang ini. Namun, Anda wajib waspada kala memakainya, terutama jika memiliki adik atau anak kecil di rumah. Dikhawatirkan anak-anak akan menelan atau menjilat hand sanitizer. Ini tentu bisa menyebabkan keracunan sebab ada kandungan alkohol di dalamnya.

Alkohol dalam hand sanitizer berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Kendati jumlah alkohol tak tinggi, namun tetap saja bisa menyebabkan keracunan. Bahkan, beberapa tetes hand santiizer setara dengan suntikan alkohol. Maka, usahakan berhati-hati memakai hand sanitizer terutama jika untuk anak-anak.

Alkohol Dalam Hand Sanitizer Bisa Kedaluwarsa

Banyak yang mengatakan produk hand sanitizer tak bisa kedaluwarsa dan bisa dipakai kapan saja. Hal ini ada benarnya, hanya saja produsen tetap wajib mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada kemasan produk hand sanitizer. Ini dilakukan karena kandungan alkohol dalam hand sanitizer bisa saja tak berfungsi efektif setelah beberapa waktu.

Alkohol bisa berfungsi dengan efektif apabila ditempatkan dalam suhu ruangan yang stabil. Sementara jika Anda terlalu sering memakai hand sanitizer dan membuatnya terpapar oleh udara, kandungan alkohol di dalamnya akan menguap dan konsentrasi alkohol tersebut tidak akan efektif dalam membunuh kuman dan virus seperti pada saat awal Anda membelinya.

Karenanya, ada baiknya Anda menyimpan hand sanitizer di suhu ruangan yang jauh dari sinar matahari langsung supaya bertahan lebih lama.

Ini Dia Rekomendasi Hand Sanitizer Murah untuk Menghilangkan Kuman

Agel Onemed Hand Sanitizer

Agel Onemed Hand Sanitizer ini adalah pilihan hand sanitizer murah untuk Anda. Produk yang satu ini begitu efektif untuk membunuh kuman dan bakteri. Dikemas dalam ukuran kecil 50 ml, produk ini praktis dibawa kemana saja.

Komposisi produknya adalah alkohol 70%, TEA, deionize water carbomer, dan PEG 40. Tekstur cairan ini kental namun tidak lengket di kulit. Cara pakainya mudah, cukup tuang pada telapak tangan lalu gosok merata hingga kering.

Harga Rp. 8.000-13.500

Herborist Hand Sanitizer

Untuk hand sanitizer murah berikutnya ada Herborist Hand Sanitizer. Ini merupakan produk baru yang bagus untuk menjaga tangan dari kuman dan bakteri. Berbentuk gel, produk ini mudah diaplikasikan dan mudah meresap.

Tak perlu dibilas sehingga lebih praktis digunakan. Kandungan alkoholnya 70% sehingga sangat efektif membunuh virus. Pembersih tangan ini juga hadir dengan ekstrak lidah buaya sehingga membuat kulit tangan jadi tetap lembut.

Harga Rp. 6.900-15.000

Asyla Hand Gel Hand Sanitizer

Asyla Hand Gel 100 ml Hand Sanitizer juga tak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan formula antibakteri yang mampu membunuh kuman, virus, dan bakteri. Hand sanitizer ini dibanderol dengan harga terjangkau.

Produk ini cocok digunakan anak-anak hingga dewasa. Ada kemasan ukuran 100 ml, 500ml, 1 liter, dan 5 liter yang bisa dipilih. Hand sanitizer ini sudah terdaftar di BPOM.

Produk ini memiliki wangi alami dan tidak memakai parfum sehingga aman untuk kulit sensitif. Hand sanitizer ini kaya aloe vera sehingga bisa melembapkan dan melembutkan telapak tangan.

Harga Rp. 24.000-35.000

SOS Hand Sanitizer Antiseptic Botol Spray

SOS Hand Sanitizer Antiseptic Botol Spray ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan kandungan alkohol sebanyak 70%, jadi sangat ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Kulit juga tak akan menjadi kering dan iritasi. Hand sanitizer ini sudah teruji klinis di laboratorium dan bisa mengatasi bakteri E.coli, P.aeruginosa, S.typhimurium, dan virus Avian Influenza H5N1.

Harga Rp. 17.000-25.000

Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Hand Gel

Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Hand Gel Sanitizer ini juga layak untuk dilirik sebagai pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan kandungan alkohol 80% yang halal untuk perlindungan efektif terhadap kuman dan virus.

Kandungan lidah buaya di dalamnya akan membantu melembapkan kulit tangan dan tidak terasa lengket saaat digunakan. Produk juga tak akan meninggalkan residu pada tangan. Ada kemasan 50 ml dan 100 ml yang bisa digunakan.

Harga Rp. 8.000-20.000

Mineral Botanica Hand Gel Sanitizer

Mineral Botanica Hand Gel Sanitizer 60 ml adala produk yang bisa diandalkan. Produk yang satu ini sudah mendapat izin edar BPOM. Kandungan alkoholnya mencapai 70% untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme.

Produk ini juga akan melembutkan dan melembapkan tangan karena di dalamnya mengandung lidah buaya dan minyak zaitun. Hand sanitizer yang satu ini hadir dalam bentuk ringkas sehingga mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 9.000-22.000

Kitashi Hand Sanitizer

Kitashi Hand Sanitizer menjadi produk andalan selanjutnya. Hand sanitizer murah ini akan sangat efektif untuk membasmi virus dan kuman. Produk ini juga akan melindungi kulit dari radikal bebas. Di dalamnya terkandung vitamin E sehingga kulit jadi lembut dan halus.

Ada juga kandungan castor oil yang memiliki komposisi asam lemak ricinoleic acid serta omega-6 dan omega-9 untuk membuat kulit terhindar dari kekeringan. Produk ini sudah terdaftar di BPOM. Hand sanitizer ini memiliki kadar alkohol 70%.

Harga Rp. 18.000-20.000

Dettol Instant Hand Sanitizer

Dettol Instant Hand Sanitizer menjadi produk berikutnya yang bisa diandalkan. Hand sanitizer yang satu ini bisa membunuh kuman dengan baik. Tak ada rasa lengket di kulit usai memakainya.

Formulanya bisa bekerja dengan cepat. Ada varian Soothe dan Refresh yang bisa dipilih. Untuk ukuran produknya pun beragam, mulai dari 50 ml hingga 200 ml. Produk ini bisa digunakan kapan saja dan dimana saja tanpa menimbulkan rasa lengket.

Harga Rp. 17.000-20.000

Hand Sanitizer Nuvo 50ml

Hand Sanitizer Nuvo 50ml tak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk gel yang cepat menyerap. Tak ada rasa lengket dan tak ada residu yang tertinggal. Hand sanitizer yang satu ini tersedia dalam 3 varian yakni hijau, pink, dan biru. Pilihan ukurannya adalah 50 ml, 85 ml, dan 250 ml. Dengan kandungan alkohool 70%, hand sanitizer ini efektif membunuh kuman.

Harga Rp. 5.300-12.000

Aiken Gel Hand Sanitizer

Aiken Gel 50ml Hand Sanitizer tentu bisa jadi pilihan berikutnya. Produk yang satu ini dibanderol dengan harga terjangkau. Dengan kandungan alkohol 70%, produk ini efektif bunuh kuman.

Produk ini sudah memiliki izin edar dari Kemenkes. Kemasan produknya praktis sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja.

Harga Rp. 9.000-16.000
From our editorial team

Anda Tidak Bisa Asal Pilih Hand Sanitizer

Dalam menjaga kesehatan tubuh, segala hal perlu diperhatikan, termasuk juga untuk memilih hand sanitizer. Jangan asal memilihnya, periksa bahan-bahan aktif yang ada di dalamnya. Pastikan juga hand sanitizer mampu melembutkan dan melembapkan kulit agar tangan tak kering dan mudah iritasi.

Tag