Lezat dan Menyehatkan, Ini Dia 10 Rekomendasi Beras Organik untuk Bahan Makanan Pokok Keluarga (2022)

Lezat dan Menyehatkan, Ini Dia 10 Rekomendasi Beras Organik untuk Bahan Makanan Pokok Keluarga (2022)

Gaya hidup sehat membuat banyak orang beralih dari beras biasa ke beras organik. Bagi Anda yang hendak menjalani gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat, Anda bisa mengawalinya dengan mengonsumsi nasi dari beras organik. Berikut adalah 10 produk beras organik yang dapat Anda pilih.

Hidup Sehat dengan Beralih ke Beras Organik

Nasi adalah makanan pokok dari beras yang dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia sehari-hari. Semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat, kini banyak yang beralih dari beras biasa ke beras organik. Beras organik dinilai lebih sehat dan aman dikonsumsi.

Beras organik adalah beras yang dihasilkan dari budidaya organik tanpa menggunakan pestisida maupun pupuk yang berbahan kimia. Dengan demikian, proses budidayanya lebih ramah lingkungan. Budidaya organik juga mampu meminimalisir kandungan zat kimia pada beras, yang biasanya berasal dari pupuk dan pestisida kimia.

4 Keunggulan Beras Organik

Nasi dari Beras Organik Lebih Nikmat

Kenikmatan pada makanan adalah hal yang penting, apalagi pada nasi yang merupakan makanan pokok. Bila berbicara mengenai nasi, rupanya nasi dari beras organik dinilai lebih nikmat dibandingkan nasi dari beras biasa. Saat dimasak, nasi dari beras organik juga terasa lebih pulen.

Volume nasi dari beras organik juga lebih banyak dari pada beras non organik dengan takaran yang sama. Nasi dari beras organik juga tidak mudah basi atau berlendir, sehingga lebih awet jika dibandingkan dengan nasi non organik.

Kandungan Nutrisi yang Tinggi

Keunggulan lainnya dari beras organik adalah kandungan nutrisinya yang tinggi. Beras organik mengandung glukosa, karbohidrat, dan protein yang mudah terurai sehingga cocok untuk pelaku diet dan diabetes.

Selain itu, kandungan mineralnya juga tinggi, sehingga mampu menjadi salah satu sumber asupan mineral harian. Beras organik direkomendasikan untuk memelihara kesehatan, mencegah terjadinya serangan jatung, asam urat, kanker, hipertensi, hingga vertigo.

Mengurangi Kadar Urea dalam Darah

Bukan rahasia lagi bahwa penggunaan pupuk dibutuhkan dalam proses pemeliharaan budidaya padi. Salah satu jenis pupuk yang kerap digunakan dalam budidaya padi adalah pupuk urea. Sayangnya, penggunaan pupuk urea maupun pupuk kimia lainnya tidak baik bagi kesehatan manusia dalam jangka panjang.

Dengan mengonsumsi beras organik, maka Anda akan megurangi kadar urea dalam darah karena kebiasaan mengonsumsi beras yang dibudidayakan degan diberi pupuk urea. Beras organik dihasilkan oleh budidaya padi dengan pemupukan alami, misalnya saja pupuk kompos dan pupuk kandang. Selain mengurangi kadar urea dalam tubuh, konsumsi beras organik juga mengurangi kadar logam berat dalam darah karena penggunaan insektisida kimiawi.

Memperbaiki Struktur dan Kesuburan Tanah

Dengan beralih ke beras organik, tanpa disadari Anda telah turut mendukung perbaikan struktur dan kesuburan tanah pertanian. Pasalnya, proses budidaya organik dilakukan secara organik dengan menggunakan bahan-bahan organik, mulai dari pupuk hingga pengendali hama.

Proses organik tersebut mampu memperbaiki struktur tanah dan kesuburannya. Budidaya organik juga lebih ramah lingkungan dan menghasilkan produk yang minim residu kimia. Organisme pengganggu tanaman juga dapat lebih mudah dikendalikan.

10 Rekomendasi Beras Organik Terbaik

Puregreen Organic Rice Beras Organik Pulen Wangi

Rekomendasi beras organik yang pertama adalah Puregreen Organic Rice Beras Organik Pulen Wangi. Beras organik ini berasal dari lahan sawah dengan pengairan dari air alami pegunungan. Metode pemeliharaan yang alami serta lingkungan yang mendukung membuat beras pulen dan memiliki aroma yang sangat harum.

Aroma khas pandan dari Puregreen Organic Rice Beras Organik Pulen Wangi didapatkan secara alami dan bukan hasil penyemprotan pewangi sintetis. Beras ini organik bersertifikat, dengan kemasan food grade berstandar FDA Amerika. Tak hanya cocok untuk konsumsi keluarga, beras ini juga cocok untuk MPASI.

Harga Rp. 40.800-95.875

TERRICE Beras Organik

TERRICE Beras Organik adalah beras organik yang ditanam langsung di persawahan dataran tinggi subak Sangeh, Bali. Beras ini berasal dari padi yang ditanam oleh petani lokal dengan selaras dan menghormati alam serta lingkungan. Produk dari TERRICE ini 100% beras organik tanpa tambahan bahan kimia.

Tak hanya lezat, beras organik ini juga pulen dan aromatik. TERRICE Beras Organik tinggi akan serat, rendah gula, dan rendah lemak, sehingga lebih sehat. Beras organik ini cocok untuk konsumsi sehari-hari dan MPASI.

Harga Rp. 45.000-45.100

Asagri Beras Premium Organik

Beras organik berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Asagri Beras Premium Organik. Beras ini diolah di tanah organik tanpa pestisida dan menggunakan pupuk alami. Produk dari Asagri 100% organik dibuktikan dengan sertifikat organik.

Asagri Beras Premium Organik memiliki cita rasa gurih dan pulen. Selain lezat, beras ini juga mengandung nutrisi tinggi, termasuk vitamin dan mineral. Produk ini dikemas dengan kemasan vakum, sehingga kualitasnya lebih awet dan terjaga.

Harga Rp. 13.000-25.000

GASOL Beras Putih Organik

Memilih beras untuk MPASI tentu tak boleh sembarangan, sebab saluran pencernaan si kecil masih sangat sensitif. Salah satu produk yang cocok dipilih sebagai bahan pokok MPASI adalah GASOL Beras Putih Organik. Beras ini 100% organik dan telah disertifikasi, sehingga terbukti kualitasnya.

GASOL Beras Putih Organik adalah produk Non-GMO, tanpa tambahan bahan pengawet, perasa, aroma sintetis, maupun pewarna buatan. Beras ini merupakan produk geminated yang berperan dalam meningkatkan GABA yang diperlukan untuk pertumbuhan fisik dan otak. Selain itu, produk ini juga gluten-free, sehingga aman dikonsumsi si kecil.

Harga Rp. 38.500-41.900

Lingkar Organik Beras Menthik Putih

Produk berikutnya yang direkomendasikan adalah Lingkar Organik Beras Menthik Putih. Beras organik ini cocok untuk Anda yang ingin memulai hidup sehat, karena merupakan beras yang alami dan menyehatkan. Produk ini dikemas dengan kemasan vakum untuk menjaga kualitasnya.

Lingkar Organik Beras Menthik Putih cocok digunakan sebagai bahan pokok MPASI. Berbagai manfaat yang ditawarkan oleh produk ini, antara lain mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, memelihara kesehatan saraf, otak, dan juga mencegah penggumpalan darah.

Harga Rp. 24.500-26.000

Bionic Farm Beras Pandan Wangi Putih Organik

Bionic Farm Beras Pandan Wangi Putih Organik merupakan produk beras organik yang sehat dan penuh nutrisi. Produk ini dihasilkan dari lahan dengan teknik pertanian organik ramah lingkungan yang bernama System of Rice Intensification (SRI). Teknik ini mampu mempertahankan mikroorganisme yang membantu memperbaiki dan menyuburkan struktur tanah.

Beras organik dari Bionic Farm ini telah tersertifikasi organik dan halal. Produk ini bebas gluten dan rendah natrium, sehingga cocok untuk penderita seliak dan hipertensi. Selain beras putih, Bionic Farm juga menghadirkan varian beras cokelat, merah, dan hitam.

Harga Rp. 42.000

Sundakala Beras Merah Pecah Kulit Organik

Para pelaku diet biasanya lebih memilih untuk mengonsumsi beras merah dibandingkan beras putih. Selain rendah kalori, beras merah juga lebih tinggi serat, sehingga membuat kenyang lebih lama. Salah satu produk beras merah yang bisa dijadikan pilihan adalah Sundakala Beras Merah Pecah Kulit Organik.

Sundakala Beras Merah Pecah Kulit Organik ditanam menggunakan pupuk kandang atau olahan, tanpa tambahan pupuk kimia. Produk ini juga tidak menggunakan pestisida kimia, melainkan pestisida organik BioHara yang merupakan inovasi dari IPB. Beras organik ini dikemas dalam kemasan vakum, sehingga terjaga kualitasnya.

Harga Rp. 20.900

Hariku Beras Organik Pandan Wangi

Produk berikutnya yang direkomendasikan adalah Hariku Beras Organik Pandan Wangi. Beras organik ini merupakan hasil budidaya tanaman padi dengan metode SRI yang ramah lingkungan. Proses budidayanya tidak menggunakan pupuk kimia, melainkan pupuk organik dan anti hama organik.

Hariku Beras Organik Pandan Wangi dibudidayakan dengan benih lokal tanpa rekayasa genetika, sehingga menjamin hasil beras yang bebas GMO. Produk ini telah terdaftar di Departemen Pertanian, bersertifikasi organik, dan mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Harga Rp. 130.000-135.000

HOTEL Beras Hitam Organik

Bukan rahasia lagi bahwa beras organik dikenal sebagai super food, karena berbagai manfaat yang dimilikinya. Beras ini mengandung antosianin antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, sehingga menjadi salah satu bahan makanan untuk para penderita kanker. Anda yang tengah mencari produk beras hitam organik untuk konsumsi sehari-hari, HOTEL Beras Hitam Organik patut dilirik.

HOTEL Beras Hitam Organik mengandung berbagai macam nutrisi penting, termasuk serat, vitamin E, thiamin, selenium, magnesium, dan fosfor. Berbagai kandungan nutrisinya bermanfaat untuk melindungi jantung dan saraf. Beras organik ini cocok untuk para pelaku diet.

Harga Rp. 39.000-42.500

Dua Tani Beras Merah Organik

Produk terakhir yang masuk ke dalam daftar rekomendasi adalah Dua Tani Beras Merah Organik. Beras merah organik ini merupakan beras berjenis long grain yang diproduksi dengan standar pertanian organik. Produk ini juga telah disertai degan sertifikat organik.

Dua Tani Beras Merah Organik dibudidayakan dan diproduksi tanpa pestisida, pewarna, pengawet, pewangi, maupun zat kimia lainnya. Produk ini mengandung antosianin antioksidan yang baik untuk kesehatan. Beras organik ini dikemas dalam kemasan vakum yang membuat kualitasnya terjaga.

Harga Rp. 21.900-25.900
From our editorial team

Imbangi Konsumsi Nasi dari Beras Organik dengan Menu Sehat

Untuk menjalani gaya hidup sehat, mengganti beras biasa dengan beras organik sebagai bahan pokok saja tidak cukup. Anda juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi menu yang sehat. Dengan demikian, asupan nutrisi bagi tubuh dapat diperoleh secara maksimal. Olahraga juga menjadi kegiatan yang patut dilakukan secara rutin, di samping menjaga pola makan dengan makanan yang bergizi.