10 Rekomendasi Tepung Beras Bayi untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Buah Hati (2021)

10 Rekomendasi Tepung Beras Bayi untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Buah Hati (2021)

Memasuki usia 6 bulan, buah hati sudah mulai makan MPASI. Anda wajib menyajikan makanan yang kaya nutrisi untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Selain itu, perhatikan juga tekstur makanan dan juga rasanya. Intip segera rekomendasi tepung beras yang bisa jadi bubur untuk MPASI buah hati.

Kenali Kapan Harus Memberikan MPASI pada Anak

Memiliki bayi yang baru lahir tentu kita ingin menjaganya sebaik mungkin. Para ibu pastinya ingin memberikan segala yang terbaik untuk buah hati. Utamanya, masalah pemenuhan nutrisi di awal-awal kehidupannya. Pada 6 bulan pertama, buah hati hanya boleh mengonsumsi ASI demi kesehatan dan juga pemenuhan nutrisinya.

Namun, menginjak usia 6 bulan ke atas, anak sudah mulai boleh diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. ASI tak lagi cukup memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati. Ini karena organ pencernaan anak juga semakin matang dan siap untuk menerima aneka jenis makanan lain.

MPASI adalah cara untuk memperkenalkan anak kepada aneka tekstur makanan dan juga rasa makanan. Anak juga bisa menerima nutrisi yang lebih beragam lewat aneka makanan MPASI ini.

Sebelum memikirkan apa yang sebaiknya menjadi menu MPASI anak, sebaiknya Anda mengetahui kapan saat paling tepat memberikan MPASI kepada anak. Ada beberapa ciri yang menunjukkan bahwa anak sudah siap makan MPASI. Salah satunya adalah anak sudah bisa duduk tegak sendiri tanpa bantuan. Ciri lainya adalah anak sudah bisa otomatis membuka mulutnya ketika ia disodorkan makanan. Saat si kecil mulai menunjukkan gerak-gerik ketertarikan saat orang lain di sekitarnya makan, maka ini juga bisa dibilang sebagai petunjuk bahwa ia siap makan MPASI. Hal lain yang bisa dilihat adalah anak sering memasukkan aneka benda ke dalam mulutnya.

Jika berbagai ciri tersebut sudah muncul, Anda bisa mulai mempertimbangkan makanan apa saja yang bagus untuk bayi. Anda bisa mempertimbangkan aneka makanan yang ditumbuk. Contohnya adalah buah dan sayuran tumbuk. Anda bisa pilih sayuran seperti, labu, wortel, kentang, brokoli, dan lainnya. Untuk buahnya, Anda bisa lirik pilihan seperti pisang, apel, pir, alpukat, dan pepaya.

Bubur Bisa Jadi Pilihan MPASI yang Tepat

Salah satu MPASI terbaik yang bisa diberikan kepada bayi di awal usia 6 bulan adalah bubur. Selama seminggu pertama, Anda bisa memberikan bubur nasi atau bubur tepung beras sebagai pengenalan MPASI kepada anak.

Cukup berikan bubur dan tepung beras satu kali sehari. Pemberian pertama sebaiknya diberikan dalam tekstur yang encer. Semakin hari bisa ditingkatkan jumlah porsi makannya. Dalam beberapa minggu kemudian, bayi bisa diberi makan dua kali sehari meski masih dalam tekstur yang encer. Lama kelamaan, Anda bisa berikan tekstur bubur yang lebih kental agar usus bayi semakin kuat.

Resep Olahan Bubur Tepung Beras untuk Buah Hati

Bubur Susu Tepung Beras

Sebagai makanan awalnya, Anda bisa kenalkan bubur susu tepung beras. Untuk susunya, Anda bisa gunakan ASI ataupun susu formula. Tentu saja tekstur awalnya harus encer agar lebih mudah dikonsumsi dan dicerna usus bayi.

Pada awal pemberian mungkin bayi hanya makan satu atau dua suap, namun ini akan bertambah secara bertahap sesuai kemampuan bayi dalam menikmati makanannya. Untuk membuat bubur susu tepung beras, Anda bisa cek resep ini.

    Bahan :

  • 1 sendok makan tepung beras
  • 200 ml susu cair

    Cara membuat :

  • Tepung beras dicampur dengan sedikit susu, aduk hingga larut.
  • Tambahkan sisa susu dan masak di atas api kecil hingga mengental. Saring bubur agar tidak ada tepung yang menggumpal.
  • Sajikan.

Bubur Beras Stroberi

Sesekali, Anda bisa juga menambahkan buah pada sajian bubur bayi. Salah satu buah yang bagus untuk kesehatan bayi adalah stroberi. Buah yang satu ini bisa sangat menyehatkan untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Namun, jika bayi memiliki riwayat alergi makanan, bisa dikonsultasikan dulu kepada dokter, ya.

Stroberi merupakan buah yang kaya vitamin C dan antioksidan. Ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Buah juga bisa membantu kesehatan mata si kecil. Pastikan buah stroberi yang diberikan kepada bayi tidak asam ya, karena ini akan kurang cocok dengan pencernaan bayi. Pilih hanya yang paling manis saja.

    Bahan :

  • 1 sdm tepung beras
  • 50 gr stroberi
  • 1 sdm ASI/susu formula yang dilarutkan dengan air secukupnya
  • 150 ml air

    Cara membuat :

  • Awali dengan memblender halus buah stroberi.
  • Lalu larutkan tepung beras dengan air dan aduk merata.
  • Didihkan larutan tepung hingga matang sambil diaduk sesekali.
  • Sebelum diangkat, masukkan stroberi yang sudah diblender dan tambahkan ASI atau susu formula yang sudah dilarutkan air sebelumnya.
  • Aduk sampai merata lalu sajikan.

Bubur Beras Mangga

Buah lain yang bisa diandalkan untuk MPASI buah hati adalah mangga. Buah yang satu ini teksturnya lembut sehingga mudah juga dihaluskan dan diolah menjadi pure untuk bayi. Kombinasi bubur dan mangga ini cocok untuk MPASI bayi yang sudah berusia 7 bulan.

Mangga kaya akan nutrisi. Buah yang manis dengan warna kuning ini kaya akan mangan, serat, folat, gula, karbohidrat, vitamin A, B, C, E, dan K dan aneka antioksidan alami. Buah ini bisa meningkatkan imunitas tubuh, mencegah anemia, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, dan mencerdaskan otak.

    Bahan :

  • 1/2 buah mangga madu
  • 2 sdm tepung beras
  • 30 ml ASI
  • 40 ml air putih
  • 1 sdt chia seeds

    Cara membuat :

  • Ambil panci lalu masukkan tepung beras dan air lalu masak hingga menjadi bubur.
  • Matikan kompor dan tunggu sampai agak dingin.
  • Haluskan buah mangga dengan cara dilumat atau diblender.
  • Tuang bubur ke piring bayi lalu atur kekentalannya dengan menambahkan ASI atau susu formula.
  • Tuangi mangga lalu taburi chia seeds.

Bubur Tepung Beras Pisang

Bubur tepung beras pisang juga bisa jadi sajian yang pas untuk buah hati. Ini cocok untuk MPASI. Pisang bisa jadi sumber vitamin B dan C dan mineral seperti kalium, magnesium, dan zat besi untuk anak. Ikuti resep mudah untuk membuat bubur ini.

    Bahan :

  • 100 gram tepung beras merah
  • 250 ml air
  • 200 ml ASI
  • 1 buah (80 gram) pisang ambon, haluskan

    Cara membuat :

  • Campurkan tepung beras merah dengan air hingga larut.
  • Masak di atas api kecil dan aduk sampai mendidih.
  • Angkat larutan ini dari kompor. Tambahkan pisang dan susu. Aduk rata.
  • Sajikan.

Ini Dia Deretan Tepung Beras yang Aman untuk Bubur Bayi

Bionic Farm Organic Flour White Rice

Bionic Farm Organic Flour White Rice terbuat dari bahan beras putih murni. Produk ini tak mengandung bahan pewarna atau pengawet. Produknya aman untuk MPASI bayi. Selain itu, tepung ini juga tidak mengandung gluten sehingga asupan nutrisi buah hati bisa lebih sempurna.

Harganya terjangkau dan tidak bikin kantong bolong. Rasanya enak dan pastinya Anda bebas mengkreasikannya untuk MPASI buah hati. Silakan masak dan campur dengan aneka buah yang diinginkan.

Harga Rp. 26.000-61.000

Gasol Tepung Beras Putih

Gasol Tepung Beras Putih cocok juga untuk dipakai MPASI. Produk ini aman dikonsumsi bayi karena saat penanaman padinya tidak memakai pupuk atau pestisida sintetis. Tepung beras ini kaya antioksidan yang pastinya bagus untuk kesehatan buah hati dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Mudah pula dicerna oleh perut bayi. Tak ada risiko alergi saat mengonsumsinya.

Harga Rp. 22.400-50.200

Healthy Choice Tepung Beras Putih Organik

Jangan lewatkan juga Healthy Choice Tepung Beras Putih Organik. Produk ini cocok untuk MPASI yang sehat. Anda tak perlu takut buah hati jadi obesitas. Ini karena tepungnya berbahan beras mentik wangi berkualitas yang dibudidayakan secara alami. Proses pengolahan produknya juga memakai alat modern dan juga higienis sehingga kualitasnya terjamin. Tepung ini rendah kalori juga jadi tak akan membahayakan kesehatan buah hati.

Harga Rp. 45.000-135.000

Gasol Organik Tepung Beras Merah Wangi

Gasol Organik Tepung Beras Merah Wangi adalah pilihan lain yang bisa Anda lirik. Si kecil bisa makin lahap dengan produk yang satu ini. Tepung beras merah ini kaya akan serat yang bisa memperlancar pencernaan buah hati. Tekstur tepungnya halus dan mudah dicampurkan dengan ASI atau susu formula.

Tepung beras merah ini kaya akan nutrisi seperti magnesium, fosfor, dan selenium. Ini bisa meningkatkan kualitas jantung, otak, dan ginjal. Selain itu bisa juga menjaga keseimbangan pertumbuhan fisik dan otak. Aroma tepung beras ini sangat wangi dan bikin anak makin lahap memakannya.

Harga Rp. 22.000-43.000

Gasol Organik Tepung Beras Hitam

Gasol Organik Tepung Beras Hitam kaya akan serat dan juga protein yang bisa mendukung tumbuh kembang si kecil. Di dalamnya juga kaya akan gamma-aminobutyric ACID yang bisa membuat bayi terbebas dari ancaman sembelit. Protein pada tepung beras hitam ini bisa mendukung perkembangan otak dan tulang. Pencernaan si kecil juga makin lancar berkat adanya kandungan serat. Tepung beras ini bisa dikreasikan menjadi aneka sajian MPASI yang lezat untuk buah hati.

Harga Rp. 23.000-49.000

Lingkar Organik Tepung Beras Putih

Lingkar Organik Tepung Beras Putih merupakan produk pilihan dari Lingkar Organik yang merupakan komunitas yang memberdayakan dan menyalurkan produk petani lokal di wilayah Sleman, Yogyakarta. Tepung beras ini dijamin bagus kualitasnya. Diolah tanpa pengawet dan pestisida sehingga aman untuk MPASI buah hati. Cukup berikan 3 sendok makan bubur dari tepung beras ini maka sudah setara dengan 50 gram nasi.

Harga Rp. 8.800-28.000

HOTEL Tepung Beras Merah Organik

HOTEL Tepung Beras Merah Organik cocok juga untk MPASI. Produk ini paling pas untuk buah hati yang alergi susu dan gluten. Tepung ini dibuat dari bahan organik pilihan dengan kualitas terbaik sehingga aman dikonsumsi. Tak ada campuran apapun yang membahayakan seperti pewarna atau pengawet.

Untuk menyajikan buburnya mudah saja. Anda tinggal ambil tepung secukupnya, seduh dengan air mendidih, dan aduk sampai mencapai kekentalan yang diinginkan. Anda bisa tambah susu, kaldu, chia seed, dan lainya sebagai tambahan. Dikemas secara modern sehingga kualitasnya terjaga hingga tangan konsumen.

Harga Rp. 19.250-53.000

HOTEL Tepung Beras Putih Organik

HOTEL Tepung Beras Putih Organik juga bagus untuk MPASI buah hati. Anda tak perlu repot saat menyajikannya. Produk ini bisa diseduh dengan air ataupun susu. Anda bisa juga menambahkan topping aneka buah, chia seeds, dan lain sebagainya.

Tepung beras ini bebas bahan kimia, pestisida, dan juga pewarna. Produknya dikemas dengan teknologi modern sehingga kualitas tepungnya terjaga. Sudah teruji secara ilmiah di laboratorium dan juga sudah mendapatkan izin dari pemerintah sebagai tepung yang bermutu dan aman dikonsumsi.

Harga Rp. 19.250-54.000

HOTEL Tepung Beras Hitam Organik

HOTEL Tepung Beras Hitam Organik jelas sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini cocok untuk anak yang alergi gluten dan juga susu. Bahannya organik tanpa pewarna dan juga pengawet. Ini membuatnya cocok untuk dikonsumsi bayi dan juga seluruh keluarga.

Tepung beras bayi ini dikemas modern dengan teknologi yang higienis. Mutu produknya terjamin hingga tangan konsumen. Sudah teruji klinis dan aman dikonsumsi sehingga Anda tak perlu was-was menyajikannya untuk buah hati.

Harga Rp. 19.250-44.000

GASOL Organik Tepung Beras Coklat

GASOL Organik Tepung Beras Coklat adalah rekomendasi terakhir kami. Tepung beras yang satu ini cocok jadi bahan utama MPASI. Anda bisa juga mengolahnya menjadi aneka camilan untuk buah hati. Tepung ini bisa juga jadi konsumsi untuk kaum lansia dan orang sakit.

Tak ada bahan kimia, pewarna, dan pengawet sehingga produknya aman dikonsumsi. Tepung ini juga kaya akan Gamma-Aminobutyric Acid yang bisa mendukung pertumbuhan fisik bayi. Kaya akan fosfor, kalsium, magnesium, dan zat besi yang baik untuk kesehatan bayi. Produk ini juga tidak mengandung gluten, jadi aman untuk anak yang mudah alergi.

Harga Rp. 23.000-57.000
From our editorial team

Perhatikan Porsi Makan Bayi

Untuk bayi yang baru makan MPASI, porsi makannya tak bisa disamakan dengan bayi yang sudah 1 tahun ke atas. Anda cukup memberinya satu atau dua sendok bubur yang encer saja sebagai pengenalan. Bayi berusia enam sampai delapan bulan baiknya diberikan dua hingga tiga sendok makan bubur. Ini sudah setara dengan 50 gram nasi. Perhatikan porsi makannya dan tambahkan secara bertahap.