10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi agar Tumbuh Lebih Sehat (2021)

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi agar Tumbuh Lebih Sehat (2021)

Bayi yang sehat tentu membuat orang tua jadi bahagia. Namun, jika berat badan bayi kurang dari standar yang sesuai, orang tua jadi was-was. Untuk itu, Anda bisa memberikan susu penambah berat badan bayi. Nah, agar tidak salah pilih, simak tips dan rekomendasinya juga dari kami!

Buah Hati Butuh Susu Penambah Berat Badan untuk Mencukupi Nutrisinya

Sebagai orangtua kita pasti ingin buah hati tumbuh sempurna dan baik. Salah satu yang menentukan pertumbuhan yang sehat dan baik adalah memiliki berat badan yang sesuai dengan usia dan tingginya. Saat berat badannya berada di bawah kesesuaian dengan tinggi badan dan usianya, maka artinya ia mengalami kekurangan berat badan.

Ada banyak hal yang membuat si kecil memiliki berat badan yang kurang ideal. Salah satunya adalah karena bayi memang terlahir dengan bobot yang rendah. Ini terjadi karena gizi ibu hamil yang kurang, jarak kehamilan yang berdekatan dengan kelahiran anak sebelumnya, komplikasi kehamilan, hingga usia ibu yang terlalu muda.

Faktor lain yang membuat anak memiliki berat badan yang kurang adalah karena kurangnya ASI yang didapat. ASI adalah faktor penting untuk bayi agar bisa menambah berat badannya. Kadang, ada ibu yang kurang mampu memberikan ASI yang mencukupi karena berbagai faktor.

Bayi yang mengalami kesulitan menelan juga bisa kurang berat badan. Saat anak kesulitan menelan MPASI maka berat badan anak otomatis juga terpengaruh. Karena ia tak banyak makan dan minum maka efeknya berpengaruh pada berat badan.

Jangan keburu panik. Anda bisa memberikan susu penambah berat badan untuk si. Susu ini bukan hanya mampu menambah berat badan namun juga bisa mencukupi nutrisi buah hati dengan baik. Susu penambah berat badan bisa juga dalam bentuk susu formula. Dengan memberikan susu penambah berat badan, bayi akan makin sehat dan pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik.

Tips Memilih Susu Penambah Berat Badan Bayi

Sesuaikan Usia

Saat akan memilih susu penambah berat badan bayi, Anda wajib mempertimbangkan usia buah hati. Setiap susu mengandung bahan dan nutrisi yang dikhususkan untuk usia tertentu. Kandungan gizi dalam susu harus sesuai dengan kebutuhan anak. Maka dari itu, selalu cek kemasan susu untuk mengetahui untuk usia berapakah susu tersebut sebaiknya diberikan. Memberikan susu yang tidak sesuai dengan usianya bisa memberikan efek samping seperti masalah pencernaan. Jadi, jangan asal memberikan susu untuk buah hati, ya.

Pilih Jenis Susunya

Pilih juga jenis susu yang akan diberikan kepada buah hati. Kini tersedia susu sapi dan susu berbahan nabati untuk bayi.

Susu sapi memiliki kelebihan tinggi kalsium. Ini cocok untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Susu sapi juga bisa mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Namun, ada juga bayi yang mengalami intoleransi laktosa atau tidak cocok dengan susu sapi sehingga usai mengonsumsinya bisa mengalami nyeri perut, muntah, hingga diare.

Untuk itu, mereka bisa mengonsumsi yang rendah laktosa atau bebas laktosa. Susu semacam ini bisa terbuat dari kedelai atau kacang almond. Susu kedelai memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Serat tersebut juga bisa menjaga saluran cerna bayi agar lebih sehat. Namun, susu kedelai dan susu kacang almond tidak disarankan untuk bayi di bawah 6 bulan karena bisa meningkatkan reaksi alergi kedelai pada bayi.

Cek Kandungan yang Harus Ada Dalam Susu

Dalam susu bayi tentunya ada berbagai kandungan yang bermanfaat. Nah, dari sekian banyak kandungan, pastikan Anda mengerti kegunaan semua kandungan tersebut. Ini supaya Anda tidak salah memilih susu bayi yang sebaiknya diberikan pada buah hati.

Pertama, pastikan susu mengandung kalori. Cek jumlah kalori dalam sebotol susu. Lihatlah label angka kecukupan gizi pada bagian samping produk susu formula penambah berat badan bayi. Kalori sangat dibutuhkan agar bisa menghasilkan energi. Bagi anak usia 1 sampai 3 tahun, mereka membutuhkan kalori sebesar 1125 kkal per harinya.

Kedua, pastikan ada kandungan lemak yang mencukupi untuk buah hati. Asupan lemak total untuk bayi usia 0 sampai 3 tahun adalah 44 gram jika disesuaikan dengan angka kecukupan gizi.

Ketiga, cek berapa persen kandungan protein dalam susu tersebut. Protein bisa membantu tumbuh kembang otak, membentuk sel dalam tubuh, mengontrol sistem kekebalan tubuh, hingga mendukung pertumbuhan otot. Susu penambah berat badan bayi harus mencukupi protein yang dibutuhkan. Bayi usia 0 sampai 3 tahun umumnya membutuhkan 26 gram protein.

Kalsium adalah kandungan lain yang wajib ada dalam susu penambah berat badan bayi. Kalsium bisa meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang di masa pertumbuhan. Bayi usia 0 sampai 3 tahun membutuhkan kalsium hingga 650 mg per harinya.

Ini Dia Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan untuk Buah Hati

Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+ 1

Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+1 merupakan rekomendasi pertama untuk buah hati Anda. Anda bisa menjadikannya sumber nutrisi tambahan untuk buah hati yang usianya 0 hingga 6 bulan. Tekstur susu ini mirip ASI sehingga akan sangat mudah untuk dicerna usus bayi.

Di dalamnya sudah lengkap dengan 18 jenis vitamin dan 12 mineral. Kandungan tersebut tentu dapat mendukung pertumbuhan bayi lebih optimal. Hal ini juga bisa membantu meningkatkan fungsi organ tubuh bayi. Susu ini juga hadir dengan omega 3 dan omega 6 yang bisa meningkatkan potensi otak agar anak bisa makin cerdas.

Harga Rp. 94.000-214.000

Wyeth S26 Promil Gold Tahap 1

Wyeth S26 Promil Gold Tahap 1 adalah susu penambah berat badan bayi untuk usia 0 sampai 6 bulan. Susu ini memiliki rasa yang enak. Ini cocok untuk buah hati Anda yang kurang bisa mengonsumsi ASI. Anda bisa menjadikannya sebagai susu pendamping ASI.

Susu ini mengandung karbohidrat, protein, dan asam linoleat yang bisa meningkatkan bobot bayi. Ada juga kandungan mineral dan kalsium sehingga bisa membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Produk ini juga kaya akan zat besi dan zinc untuk mendukung kebutuhan tumbuh kembang bayi agar lebih sehat.

Harga Rp. 307.000-439.000

Dancow Advanced Excelnutri+ 1+

Dancow Advanced Excelnutri+1 merupakan susu yang cocok untuk anak bayi usia 1 tahun ke atas. Susu ini cocok untuk digunakan sebagai susu pendamping ASI. Anda yang memiliki masalah dengan air susu yang sulit atau tidak keluar sama sekali bisa mengandalkan produk ini untuk membantu memberikan nutrisi kepada buah hati.

Di dalamnya ada kandungan lactobasilus rhamnosus yang bisa memberikan perlindungan imun pada tubuh bayi. Susu ini juga bisa mengatasi masalah saluran pencernaan anak hingga saluran pernapasan. Persembahan Dancow ini hadir dengan kandngan protein tinggi untuk menunjang perkembangan otak anak.

Ada juga kandungan ALA, DHA, dan LA yang sangat baik untuk balita. Selain itu, ada kandungan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Produk ini rasanya enak dengan rasa manis alami. Tidak ada kandungan gluten atau glukosa sehingga bisa menambah berat badan tanpa membuat anak menjadi obesitas.

Harga Rp. 51.000-123.000

Morinaga BMT Platinum

Morinaga BMT Platinum cocok diberikan untuk bayi usia 0 hingga 6 bulan. Anda bisa memilihnya untuk susu pendamping ASI atau pengganti ASI. Dengan kandungan laktoferin, susu ini bisa menambah berat badan bayi dengan optimal. Susu ini juga bisa membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik.

Buah hati bisa tumbuh baik karena susu ini akan membantu mengatasi berbagai jenis penyakit infeksi agar bayi senantiasa sehat. Di dalamnya juga kaya prebiotik, DHA, dan AA yang bisa membuatnya tumbuh lebih optimal. Ada juga kandungan vitamin dan mineral yang mampu mencukupi kebutuhan gizi harian anak.

Harga Rp. 172.000-519.000

Frisian Flag Frisian Baby Tahap 1

Frisian Flag Frisian Baby Tahap 1 hadir dengan mutu dan keamanan yang terjamin. Susu formula ini dikemas secara higienis sehingga aman untuk buah hati. Diproses dengan standar Good Manufacturing Practices, susunya memiliki standar mutu internasional.

Kualitas produknya sudah dijamin oleh Food Safety System Certification. Ini membuat Anda tak perlu was-was memberikannya pada buah hati. Susu sapi ini cocok untuk anak usia 0 hingg 6 bulan. Ada beragam ukuran yang bisa dibeli, seperti ukuran 200 gr, 400 gr, hingga 800 gr.

Di dalam susu ini ada kandungan protein ikan, AA, DHA, dan asam amino. Selain itu, ada juga omega 3 dan 6 yang bisa menunjang kesehatan dan tumbuh kembang otak. Susu ini juga kaya akan 28 vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan berat badan bayi.

Harga Rp. 14.900-123.000

Arla Baby & Me Organic

Arla Baby & Me Organic merupakan susu formula organik. Terbuat dari susu sapi berkualitas, susunya memiliki nilai gizi yang lebih dibandingkan susu sapi biasa. Anda bisa memberikannya kepada buah hati untuk membantu menambah berat badannya.

Susu ini baik untuk kesehatan bayi karena bisa menutrisi bayi sesuai angka kecukupan gizi. Diperuntukkan untuk bayi usia 0 hingga 6 bulan, susu ini cocok juga sebagai susu pendamping ASI. Anda bisa memilih ukuran kemasan 360 gr atau 720 gr.

Susu ini mengandung protein whey organik, serat pangan FOS dan GOS, AA, dan DHA. Ada juga omega 3 dan 6, serta 15 vitamin dan 12 mineral.

Harga Rp. 133.000-380.000

Nestle Lactogen LLF

Nestle Lactogen LLF mampu menambah berat badan bayi dan bisa mencegah anemia pada bayi. Susu ini kaya akan zat besi yang bisa menurunkan risiko terhambatnya tumbuh kembang atau stunting pada bayi. Susu formula ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

Susunya rendah laktosa jadi cocok untuk bayi dengan kondisi medis tertentu. Produk ini bisa diberikan kepada bayi usia 0 hingga 12 bulan. Ukuran yang tersedia untuk susu adalah 150 gr dan 400 gr. Ada kandungan 17 vitamin dan 12 mineral yang bisa membantu menambah berat badan bayi. Susu ini juga kaya omega 3 dan 6 untuk menyehatkan otak.

Harga Rp. 115.000-173.000

SGM LLM+

SGM LLM+ mampu mencegah diare pada bayi. Anda bisa memenuhi nutrisi buah hati dan menambah bobot bayi dengan produk yang satu ini. Susu formula ini bebas laktosa jadi aman untuk bayi yang mengalami intoleransi laktosa.

Susu ini cocok untuk bayi usia 0 sampai 12 bulan. Berat isinya beragam, ada yang dikemas 200 gr dan 400 gr. Susu kedelai ini kaya omega 3 dan 6 untuk mendukung perkembangan otak. Ada juga 12 mineral dan 17 vitamin yang bisa menyehatkan buah hati.

Harga Rp. 32.000-74.000

Nutricia Bebelove 1

Nutricia Bebelove 1 bisa jadi pilihan yang tepat. Susu ini bisa melindungi saluran cerna bayi agar berfungsi sempurna. Ada prebiotik FOS yang bisa merangsang perkembangan bakteri baik dalam usus.
Di dalamnya juga kaya akan 11 mineral dan 17 mineral untuk mencukupi kecukupan gizi bayi. Ada juga kandungan omega 3 dan 6 yang baik untuk otak bayi. Susu sapi ini bisa diberikan kepada bayi usia 0 hingga 6 bulan. Anda bisa memilih kemasan 200 gr, 400 gr, hingga 800 gr.

Harga Rp. 285.000-328.000

Frisolac Gold 2

Frisolac Gold 2 140 kkal per 100 ml hadir dengan teknologi locknutri yang bisa membuat susu mempertahankan kualitas proteinnya. Susu ini bisa menambah berat badan bayi dengan kandungan 16 vitamin dan 14 mineral di dalamnya. Ada juga minyak ikan dan protein whey yang bisa mendukung kesehatan buah hati. Susu ini juga kaya akan omega 3 dan 6 agar perkembangan otak anak makin sempurna. Ukuran yang tersedia adalah 400 gr dan 900 gr.

Harga Rp. 134.000-368.000
From our editorial team

Konsultasilah dengan Dokter saat Memilih Susu Bayi

Sebelum memilih susu penambah berat badan untuk bayi, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter anak. Dokter bisa memeriksa kondisi anak secara menyeluruh dan bisa memberikan rekomendasi susu yang terbaik untuk anak. Anda bisa juga menanyakan kandungan pada susu yang sebaiknya diberikan untuk anak. Jangan lupa menanyakan seberapa sering sebaiknya susu diberikan. Dengan begini, Anda bisa memilih susu dengan benar dan bisa memberikanya kepada anak tanpa rasa was-was.