Baru Melahirkan? Ini Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Si Kecil (2020)

Baru Melahirkan? Ini Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Si Kecil (2020)

Botol susu tentunya dibutuhkan, baik untuk ibu yang tidak menyusui maupun tidak. Tentunya, botol susu untuk bayi mesti berkualitas tinggi, agar bebas dari bakteri dan aman bagi kesehatan si bayi. Sebelumnya, simak dulu ulasan dan rekomendasi produk dari BP-Guide berikut ini.

Botol Susu Adalah Salah Satu Peralatan yang Juga Harus Dipersiapkan Baik Ibu Menyusui Maupun Tidak

Bagi Anda yang baru saja melahirkan, salah satu peralatan penting yang harus dimiliki adalah botol susu. Dengan bantuan botol susu, anak Anda tetap bisa minum susu dan Anda juga bisa melakukan aktivitas yang lain.

Botol susu juga menjadi sangat penting jika payudara Anda mengalami masalah dan tidak bisa memproduksi air susu. Maka dari itu, sebelum melahirkan, siapkanlah terlebih dahulu botol susu untuk bayi Anda.

Hal yang Diperhatikan Ketika Memilih Botol Susu

Karakteristik Dot

Karakteristik dari botol susu juga perlu Anda perhatikan. Berbeda bahan dasarnya, maka kelembutan dan daya tahan dari dot juga berbeda. Jika dot yang Anda pilih keras, hal ini dapat membuat bayi Anda tidak nyaman.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan bayi tidak mau minum dengan botol. Tidak hanya itu, bentuk dari dot botol susu juga memiliki banyak ragam. Anda bisa mencoba semuanya agar mendapatkan bentuk dot yang cocok untuk bayi Anda.

Bahan yang Aman

Saat membeli botol susu untuk bayi, Anda perlu mengecek labelnya dulu. Anda harus memastikan bahwa botol susu tersebut tidak terbuat dari bahan kimia yang berbahaya. Agar tidak salah, Anda harus mengenali kode penomoran yang ada di bawah kemasan.

Biasanya botol susu untuk bayi memiliki kode nomor 2. Hal ini dikarenakan botol susu umumnya terbuat dari bahan HDPE atau High Density Polyethylene. Biasanya botol ini memiliki warna putih susu.

Fitur Anti Kolik

Kolik adalah kondisi di mana perut bayi berisi gas yang berlebihan. Kondisi ini dapat membuat bayi menjadi rewel dan tidak bisa tidur dengan nyenyak. Untuk menghindari kondisi kolik, Anda perlu membeli botol susu yang memiliki fitur anti-kolik.

Biasanya botol tersebut tidak memiliki celah udara, sehingga tidak ada lagi udara yang masuk ke dalam mulut bayi. Selain itu, bentuk dari dotnya juga menyerupai payudara ibu, sehingga bayi tetap dapat meminum susunya dengan nyaman.

Bentuk yang Sesuai

Botol susu yang dijual di pasaran memiliki bentuk yang beragam. Mulai dari yang tinggi, pendek, lurus hingga yang melengkung. Saat memilih bentuk dari botol susu, Anda perlu menyesuaikan dengan kenyamanan bayi Anda.

Caranya adalah Anda bisa membeli tiga bentuk atau lebih, kemudian berikan kepada bayi Anda. Jika bayi Anda belum bisa meminum susunya dengan nyaman, Anda perlu mencari botol susu dengan bentuk yang lain.

Mudah Dibersihkan

Botol susu tidak hanya untuk sekali pakai, melainkan berkali-kali. Maka dari itu, pilihlah botol susu yang mudah dibersihkan. Botol susu yang bersih dapat membuat bayi Anda tetap sehat.

Salah satu cara agar botol bayi Anda bersih adalah dengan cara merebusnya dengan air mendidih. Hal ini dapat membuat botol susu steril kembali.

Rekomendasi Botol Susu Terbaik Untuk di Kecil

Baby Safe Wide Neck Bottle

Sumber gambar www.tororo.com

Baby Safe Wide Neck Bottle adalah botol susu yang didesain dengan bentuk leher yang lebar. Botol bayi ini memiliki dot yang dibekali dengan katup udara ganda, sehingga aliran susu dapat lancar diminum bayi tanpa udara ikut masuk ke mulut bayi.

Aliran susu didesaikan dengan hisapan bayi, jika hisapannya perlahan maka hanya satu katup yang terbuka. Tetapi jika bayi Anda mengisap dengan cepat, maka dua katup akan terbuka. Anda bisa mendapatkan botol susu yang terbuat dari bahan Polypropylene dan Medical Grade Silicone ini di Tororo dengan harga Rp 48.000.

Basilic PES Standard Feeding Bottle

Sumber gambar www.tokopedia.com

Basilic PES Standard Feeding Bottle adalah botol susu untuk bayi yang terbuat dari perpaduan bahan PP dan TPR untuk capnya, PP untuk skrup dan cincinya dan PES untuk tubuhnya. Sedangkan untuk dotnya atau putingnya terbuat dari bahan silikon yang lembut.

Botol susu yang terbuat dari bahan yang stabil dan aman ini tahan terhadap panas dan gesekan. Anda bisa mendapatkan botol susu berwarna biru dari Basilic ini dengan harga Rp 79.900 dan pembelian dapat dilakukan di Tokopedia.

VitaFlow Awan Baby Bottle - Purple

Sumber gambar www.blibli.com

VitaFlow Awan Baby Bottle - Purple adalah botol susu yang didesain dengan bentuk yang mungil dan simpel. Botol susu yang dirancang untu bayi berusia 0+ bulan ini sangat aman karena bebas BPA. Botol susu yang tahan terhadap temeratur tinggi ini bisa Anda simpan di freezer maupun microwave.

Dotnya terbuat dari bahan silikon yang lembut dan elastis, sehingga bayi dapat menghisapnya secara alami. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 42.000.

MAM Y0133

Sumber gambar www.blibli.com

MAM Y0133 adalah botol susu yang dirancang untuk bayi untuk usia diatas 0 bulan. Tabungnya terbuat dari bahan yang berkualitas, sehingga tidak mudah pecah dan rusak. Dotnya sangat empuk dan anti-colic, sehingga sangat nyaman untuk mulut si kecil.

Botol yang memiliki kapasitas 160 mL ini sangat aman untuk bayi karena bebas BPA. Selain itu, bahannya juga tahan terhadap pemanas hingga suhu 100C. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 255.000.

Philips Avent Bottle Natural

Sumber gambar shopee.co.id

Philips Avent Bottle Natural adalah botol susu yang dilengkapi dengan sistem ventilasi airflex yang dapat membuat susu dapat diminum dengan muda. Katupnya juga telah terintegrasi ke dalam dot, sehingga udara yang masuk hanya berada di dalam botol.

Sistem inilah yang membuat bayi Anda tidak akan mengalami kolik. Dotnya juga memiliki tekstur gelombang agar tidak mudah kempis meski dipakai dalam waktu yang lama. Anda bisa mendapatkan botol susu untuk bayi ini di Shopee dengan harga Rp 80.000.

Pigeon Botol Susu Bayi

Sumber gambar shopee.co.id

Pigeon Botol Susu Bayi adalah botol susu yang terbuat dari bahan kaca borosilicate yang bebas dari BPA dan Food Contact Grade. Selain itu, bahannya juga tahan panas hingga suhu 120 derajat Celcius, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat merendamnya dengan air mendidih atau menyimpannya di microwave.

Untuk dotnya terbuat dari bahan softtouch peristaltic plus yang ekstra lembut dan elsatsi, sehingga dapat membuat bayi Anda minum susu dengan nyaman. Anda bisa mendapatkan botol susu dari Pigeon ini di Shopee dengan harga hanya Rp 70.000.

Tommee Tippee Botol Susu

Sumber gambar www.lazada.co.id

Tommee Tippee Botol Susu adalah botol susu yang terbuat dari bahan plastik berkualitas dan bebas BPA, sehingga aman dan tidak mudah pecah atau rusak. Dilengkapi pula dengan Anti-Colic system yang dapat membuat anak Anda tidak kembung dan tersendak.

Dotnya memiliki bentuk dan tekstur nippe yang lentur dan hangat, sehingga dapat membuat bayi Anda dapat minum dengan nyaman. Anda bisa mendapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp 86.000.

Comotomo Baby Bottle

Sumber gambar shopee.co.id

Comotomo Baby Bottle adalah botol susu yang dirancang untuk bayi dengan usia baru lahir ke atas. Botl susu yang didesain ergonomis ini terbuat dari bahan silicone yang bebas BPA, sehingga sangat aman untuk bayi Anda.

Dilengkapi dengan ventilasi yang inovatif, sehingga dapat mencegah kolik atau kembung. Anda tidak perlu khawatir lagi, botol susu dari Comotomo ini dirancang dengan standar US FDA dan CPSIA. Anda bisa mendapatkan produk ini di Shopee dengan harga Rp 150.000.

Huki Standard Bottle

Sumber gambar www.blibli.com

Huki Standard Bottle adalah botol susu yang didesain ergonomis dan terbuat dari bahan polycarbonate yang berkualitas. Nippleya ekstra lembut, sehingga daat membuat bayi Anda minum susu dengan nyaman.

Bahannya anti panas hingga suhu 120 C°, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat merebusnya. Anda bisa mendapatkan botol susu bayi yang berwarna bening ini di Blibli dengan harga Rp 24.500.

Little Baby Premium PPSU Wide Neck Bottle

Sumber gambar shopee.co.id

Little Baby Premium PPSU Wide Neck Bottle adalah botol susu bayi yang terbuat dari bahan PPSU yang kuat dan tahan panas hingga suhu 180-200 Celcius. Selain itu, kejernian botol dan waktu pakainya juga sangat lama, yaitu lebih dari satu tahun.

Untuk dotnya, terbuat dari bahan silicone medical grade yang memiliki tekstur yang lembut, sehingga dapat membuat bayi Anda nyaman saat meminum susunya. Anda bisa mendapatkan produk dari Little Baby ini di Shopee dengan harga Rp 82.000.

From our editorial team

Botol Susu yang Aman, Jadikan Bayi Minum Susu Lebih Nyaman

Agar anak Anda semakin sering minum susu, tentunya botol susunya mesti aman. Botol susu yang tidak aman justru berbahaya, karena anak Anda bisa terserang penyakit karena bakteri. Oleh karena itu, rekomendasi botol susu bayi dari BP-Guide di atas bisa Anda pertimbangkan untuk mencari botol susu terbaik bagi si buah hati.