10 Rekomendasi Botol Minum Trendi dan Aman untuk Kesehatan (2019)

10 Rekomendasi Botol Minum Trendi dan Aman untuk Kesehatan (2019)

Kehadiran botol minum yang trendi dan modern mengajak kita untuk hidup sehat dengan selalu membawa bekal air minum ke mana-mana sehingga tubuh tidak kekurangan cairan. Berbagai desain botol air minum ini cocok dibawa menemani aktivitas harian. Yuk, simak berbagai rekomendasi botol minum keren dan aman untuk kesehatan.

Botol Minum Membantu Kita agar Tidak Kekurangan Cairan

Sumber gambar www.boyraket.com



Tubuh tidak boleh sampai kekurangan cairan. Itulah mengapa kita disarankan untuk selalu memenuhi asupan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi air yang cukup. Saat tidak berada di rumah, maka kebutuhan ini harus tetap terpenuhi. Membawa botol air minum adalah salah satu cara agar kamu tetap bisa minum.

Di pasaran banyak tersedia berbagai macam botol air minum. Kamu bisa memilih model dan ukuran yang disukai. Namun, seperti halnya memilih peralatan makan dan minum lainnya, botol minum yang digunakan untuk menampung air ini harus dipastikan aman agar tidak mempengaruhi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Memilih Botol Minum yang Aman untuk Kesehatan

Perhatikan Materialnya

Sumber gambar fioretto.com.co

Sebelum membeli, kamu juga harus tahu cara memilih botol minum yang aman untuk kesehatan. Umumnya, botol minuman terbuat dari bahan polikarbonat, polietilena, poliester, polipropilena, alumunium, stainless steel, hingga kaca.

Namun, bahan-bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga kita harus cermat dalam memilih. Botol minuman yang terbuat dari bahan stainless steel dan alumunium memang lebih kuat, awet dan tahan terhadap suhu panas maupun dingin. Hanya saja jika dipakai jangka lama akan terjadi korosi dan kandungan zatnya akan mencemari minuman sehingga minuman akan terasa aneh. Hal ini tentu juga tidak akan baik untuk kesehatan yang bisa memicu berbagai penyakit.

Memiliki Label BPA-Free

Sumber gambar www.ykwaterbottle.com

Jika kamu memilih botol minuman dari bahan plastik, maka pilihlah yang memiliki label BPA-Free. BPA (Bisphenol-A) merupakan senyawa kimia yang digunakan dalam pembuatan plastik polikarbonat.

Polikarbonat sering digunakan untuk membuat botol minuman dan botol susu dengan ciri bahan plastiknya terlihat bening dan kuat. Ikatan BPA dengan polimer plastik dapat terlepas kapan saja, terlebih jika terpapar suhu panas seperti cahaya matahari langsung, hawa panas dalam mobil, atau air panas.

Cek Tanda di Bagian Bawah Botol

Sumber gambar www.naturaltableware.com

Jika hendak membeli wadah plastik, perhatikan instruksi yang ada pada label wadah plastik tersebut. Apakah wadah tersebut aman untuk penggunaan microwave dan juga freezer jika dijadikan sebagai tempat menyimpan makanan. Perhatikan juga pada bagian bawahnya, apakah ada simbol segitiga berpanah, angka 1-7, dan kode berupa huruf.

Kode-kode tersebut merupakan kode bahan baku plastik yang digunakan sehingga kita tahu apakah wadah tersebut aman sebagai wadah makanan dan minuman atau tidak. Berikut adalah makna kode dan simbol yang ada pada bagian bawah wadah plastik yang harus dipahami.

  • Kode 1, PET atau PETE
    Artinya botol tersebut terbuat dari bahan polyethylene terephthalate yang aman untuk penyimpanan makanan dan minuman panas, namun hanya boleh untuk sekali pemakaian saja.
  • Kode 2, HDPE atau PE-HD
    Artinya wadah ini terbuat dari bahan high-density polyethylene yang aman digunakan lebih dari satu kali pemakaian. Bahan jenis ini tahan terhadap senyawa kimia sehingga sering digunakan untuk botol susu, galon isi ulang atau jus. Selain itu, bahan ini juga sering dijadikan sebagai kemasan untuk detergen, sampo, kondisioner, dan kemasan lainnya.
  • Kode 3, PVC atau V
    Artinya wadah terbuat dari bahan polyvinyl chloride yang sifatnya stabil, kuat, dan fleksibel. Namun bahan PVC tidak digunakan untuk wadah makanan dan minuman karena bahan ini menghasilkan polusi klorin yang tinggi sehingga berbahaya untuk kesehatan dan dapat memicu kanker. Bahan jenis ini biasanya digunakan untuk penampung sampah medis, shrink wrap, tirai kamar mandi, dan sebagainya.
  • Kode 4, LDPE atau PE-LD
    Artinya wadah terbuat dari bahan low-density polyethylene yang sifatnya keras, fleksibel, dan warnanya transparan. Bahan plastik jenis ini biasa dijadikan tutup minuman, mainan, kantong belanja, dan sebagainya.
  • Kode 5, PP
    Kalau kamu menemukan kode ini, artinya terbuat dari bahan polypropylene dan wadah ini tahan terhadap suhu panas. Wadah yang terbuat dari bahan inilah yang sering digunakan untuk tempat makanan dan minuman hingga botol susu bayi yang aman untuk kesehatan.
  • Kode 6, PS
    Artinya wadah tersebut terbuat dari bahan polystyrene yang bisa membahayakan kesehatan karena diduga bisa menyebabkan kanker, iritasi mata, hingga kerusakan sistem saraf. Sehingga sebaiknya wadah dari bahan ini dihindari karena juga sulit untuk didaur ulang. Namun bahan ini sering ditemukan untuk membuat peralatan makan plastik, tempat minum sekali pakai, kontainer plastik, wadah styrofoam, dan sebagainya.
  • Kode 7, OTHER atau O
    Artinya wadah tersebut terbuat dari bahan lain yang tidak disebutkan di atas, seperti polycarbonate (PC), styrene acrylonitrile (SAN), acrylonitrile butadiene styrene (ABS), dan nilon. Namun bahan yang aman digunakan dan tahan terhadap perubahan suhu serta reaksi kimia adalah SAN dan ABS.

Sesuaikan dengan Kegunaan

Sumber gambar www.outsideonline.com

Hal yang perlu diperhatikan juga saat memilih botol minuman adalah kegunaannya. Pilihlah botol yang desainnya sesuai dengan kegunaannya agar lebih awet. Misalnya botol untuk hiking, traveling, atau botol untuk minuman anak-anak.

Ada pula botol multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai jenis minuman. Selain itu, agar botol tidak ditumbuhi jamur dan menjadi sarang bakteri, pilihlah botol dengan mulut lebar sehingga lebih mudah dibersihkan hingga ke bagian dasar botol.

10 Rekomendasi Botol Minum Kekinian

MemoBottle Clear High Quality Botol Minum Flat

Sumber gambar https://www.blibli.com

MemoBottle Clear High Quality Botol Minum Flat merupakan botol minuman yang didesain oleh Jesse Leeworthy dan Jonathan Byrt asal Australia. Bentuknya sangat unik dan ramping dengan ketebalan hanya 30 mm sehingga botol minuman ini sangat pas dimasukkan ke dalam tas.

Botol ini juga memiliki lubang yang bisa untuk dimasukkan tali gantungan atau karabiner. Bahannya terbuat dari PP dan AS transparan yang tahan banting dan bisa dicuci dengan mudah. Tentunya material ini mudah untuk didaur ulang. Botol ini dapat menampung 380 ml air minum. Kamu bisa membeli botol ini di Blibli dengan harga Rp 68.000.

Botol Minum Termos Model Peluru Bullet Vacuum Cup

Botol Minum Termos Model Peluru Bullet Vacuum Cup memiliki bentuk yang sangat unik karena mirip dengan peluru. Terbuat dari bahan stainless steel dengan bagian tutup berwarna emas layaknya ujung peluru.

Dengan termos keren berkapasitas 500 ml ini kamu bisa membawa minuman hangat ke mana saja. Suhu air yang panas akan tetap terjaga selama 8 jam karena di dalamnya sudah dibekali besi insulasi. Cocok sekali untuk kamu yang suka minum minuman hangat.

Untuk mendapatkan botol minum sekaligus termos ini, kamu bisa membelinya di Jakarta Notebook yang hanya dijual seharga Rp 54.700.

Radysa Organizer Termos Animal Elephant

Sumber gambar https://www.dekoruma.com

Kalau Radysa Organizer Termos Animal Elephant ini cocok sekali untuk si kecil karena desainnya sangat lucu. Jadi saat bepergian pun si kecil bisa menikmati susu atau air putih hangat.

Termos bergambar gajah lucu ini terbuat dari material stainless steel dan tergolong food grade. Dengan kapasitas 500 ml, termos ini bisa menahan suhu air tetap panas selama 8 hingga 12 jam. Tersedia dalam pilihan karakter lainnya, seperti panda, bebek, rusa, singa, dan kelinci. Termos ini dijual di Dekoruma dengan harga Rp 39.500.

Botol Minum Kaca Hello Master Free Pouch

BOTOL MINUM KACA HELLO MASTER FREE POUCH berukuran 500 ml hadir dengan desain yang unik dalam gradasi warna cantik. Pada bagian badan botol dihiasi dengan tulisan 'hello master'. Botol ini berdiameter 6 cm dengan tinggi 22 cm. Pada botol juga terdapat klip gantungan, jadi kamu bisa menggantung botol di tas atau tempat lainnya. Dilengkapi juga dengan pouch cantik dengan desain senada.

Bahannya adalah kaca transparan namun ringan dan mudah dicuci. Botol ini juga tahan terhadap suhu panas dan dingin. Dan pastinya botol air minum ini ramah lingkungan karena sekaligus bisa mengurangi sampah minuman kemasan.

Harga Rp. 35.000-45.000

OEM Bunny Ears Glass Bottle Botol Minum

Sumber gambar https://www.blibli.com

OEM Bunny Ears Glass Bottle Botol Minum cocok sekali jadi botol minum si kecil. Desainnya sangat lucu dan menggemaskan dan bagian tutup dibuat menyerupai telinga kelinci. Materialnya adalah kaca transparan berlapis karet. Diameternya 8 cm dan tinggi botol 15,5 cm dengan kapasitas 34 ml. Tersedia dalam pilihan warna pink, ungu, oranye, dan biru, botol ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 30.000.

Starbuck Sakura Tumbler Botol Minum

Starbuck Sakura Tumbler Botol Minum juga hadir dengan desain yang tak kalah cantiknya, cocok untuk anak-anak dan juga dewasa. Botol minum termos ini aman karena tergolong BPA Free sehingga tidak mengandung zat beracun yang mengganggu kesehatan.

Terbuat dari bahan stainless steel, jadi termos ini tidak mudah pecah dan bisa dibawa untuk berbagai aktivitas. Dalam botol termos ini suhu minuman akan tetap terjaga sehingga kamu bisa menikmati minuman hangat di mana saja. Botol minum berkapasitas 350 ml ini bisa didapat di Jakarta Notebook dengan harga Rp 52.000.

Arniss Bossa Nova - TB-0805

Arniss Bossa Nova TB-0805 memiliki desain yang tak kalah menarik dan modern, lho. Botol minum ini terbuat dari bahan plastik polypropylene berkualitas tinggi. Materialnya juga BPA free sehingga air minum tidak akan tercemar zat kimia berbahaya. Meski terbuat dari bahan yang aman, botol ini tidak dianjurkan untuk masuk microwave, ya.

Diameter botol sebesar 80 mm dan tingginya adalah 215 mm. Tutupnya didesain unik dan air tidak akan mudah tumpah. Bodi botol juga didesain ergonomis dan mudah digenggam. Botol minum berkapasitas 500 ml ini tersedia dalam pilihan warna biru, hijau, dan merah.

Harga Rp. 206.150-237.750

Inone Vacuum Bottle Stainless Steel Botol Minum

Sumber gambar https://www.blibli.com

Inone Vacuum Bottle Stainless steel Botol Minum juga memiliki desain yang modern dan trendi. Botol minum termos ini dibuat menggunakan material stainless steel berkualitas terbaik dengan dimensi 7 x 7 x 20 cm. Botol Suhu panas minuman bisa terjaga hingga 12 jam lamanya. Pada bagian tutup terdapat tali gantungan untuk pegangan. Di Blibli, botol minum berkualitas ini dijual seharga Rp 199.900.

Freemir SSCF-0201 Siphon Stainless Steel Tumblr Botol Minum

Sumber gambar https://www.blibli.com

Freemir SSCF-0201 Siphon Stainless Steel Tumblr Botol Minum hadir sebagai pilihan yang sangat unik. Bentuknya menyerupai gelas dan pada bagian tutup dilengkapi dengan sedotan yang juga terbuat dari bahan stainless steel.

Stainless steel ini tahan karat karena merupakan campuran dari bahan-bahan alam seperti besi, karbon, krom, silikon, mangan, molibdenum, dan nikel. Sehingga elemen ini membentuk lapisan tipis yang stabil setelah bereaksi dengan air, udara, dan oksigen.

Botol minum ini didesain dengan gradasi warna yang cantik. Bagian dalam botol juga mudah dibersihkan. Botol ini berkapasitas 340 ml dengan dimensi 17.5 x 10 x 6.5 cm dan panjang sedotannya 22 cm. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 93.000.

Fancy Plastik BPA Free Botol Minum

Sumber gambar https://www.blibli.com

Fancy Plastik BPA Free Botol Minum ini aman karena tergolong BPA free. Memiliki desain yang unik, praktis, dan ergonomis menyerupai botol dengan sentuhan modern. Botol dari bahan plastik ini tidak mudah pecah dan mudah dibawa ke mana-mana.

Bagian tutup dengan desain yang tak kalah unik juga memiliki tali gantungan. Cocok sekali untuk menemani berbagai kegiatan outdoor seperti berolahraga atau acara lainnya. Botol ini bisa kamu beli di Blibli seharga Rp 18.900 saja.

From our editorial team

Siap untuk Selalu Menghidrasi Tubuh dengan Botol Minum Keren?

Tampilan botol minum yang keren dan mudah untuk dibawa-bawa ini akan menjaga tubuh kita dari dehidrasi. Tidak hanya itu sih, botol air minum dengan fungsi termos juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang lebih suka minum air hangat. Botol minum termos cocok juga loh dihadiahkan untuk orang tua yang suka bepergian karena biasanya orang tua memang lebih suka minum air hangat, bukan?