8 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi dan Tips Cara Memilihnya (2020)

8 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi dan Tips Cara Memilihnya (2020)

Susu formula bisa jadi alternatif untuk para ibu yang tidak dapat memproduksi ASI. Saat ini sudah banyak susu formula yang dirancang khusus mengandung sejumlah nutrisi penting untuk tumbuh kembang bayi yang optimal. Berikut BP-Guide rekomendasikan susu formula terbaik untuk bayi dan informasi terkait cara memilihnya.

Susu Formula Jadi Solusi Alternatif Kebutuhan Bayi

Susu merupakan makanan utama bagi bayi. Walau sudah direkomendasikan untuk hanya memberikan ASI bagi bayi mulai dari usia 0-2 tahun, tetap saja banyak ibu yang tidak memiliki kemampuan untuk mewujudkannya. Ada ibu yang tidak bisa memproduksi ASI dan ada juga yang produksi ASI-nya kurang untuk kebutuhan bayinya.

Kondisi seperti ini membuat susu formula menjadi solusi alternatif terbaik yang bisa digunakan. Terlebih lagi saat ini sangat banyak susu formula berkualitas tinggi untuk membantu perkembangan bayi Anda. Apa saja susu formula terbaik 2020 yang bisa Anda gunakan? Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk memilih susu formula ini? Pelajari caranya pada bagian di bawah ini!

Cara Memilih Susu Formula yang Terbaik untuk Bayi

Perhatikan Usia Bayi

Sumber gambar parenting.firstcry.com

Susu formula yang dijual di pasaran tidak ditujukan untuk semua usia bayi. Anda harus memperhatikan dengan hati-hati sebelum membeli. Pastikan selalu membeli susu yang memang cocok untuk usia bayi Anda.

Jika tidak yakin dengan informasi yang ada pada kemasan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau orang yang berpengalaman di sekitar Anda. Selain itu, yang perlu diperhatikan kondisi masing-masing bayi berbeda-beda.

Perhatikan Jenis Protein

Sumber gambar www.sciencefriday.com

Anda harus memperhatikan kandungan apa saja yang ada dalam susu bayi. Namun yang terpenting adalah memastikan jenis protein apa yang ada di dalamnya.

Susu formula yang terbaik untuk bayi adalah yang memiliki kandungan protein whey lebih tinggi dari kasein. Hal ini dilakukan untuk memastikan bayi mendapatkan asupan susu yang paling mendekati kualitas ASI yang tidak bisa didapatkannya.

Utamakan Susu Sapi

Jika bayi Anda tidak ada masalah alergi dengan susu sapi, maka utamakan untuk memilih susu formula berbahan dasar sapi. Susu sapi ini memiliki kualitas yang lebih mirip dengan ASI dan juga lebih mudah dicerna oleh manusia. Walau begitu memang tetap saja ada beberapa bayi yang tidak bisa mengkonsumsinya, sehingga harus memilih alternatif lain.

Alternatif Lain Susu Kedelai

Bagi bayi yang alergi dengan susu sapi, sekarang sudah banyak susu formula yang berbahan dasar susu kedelai. Susu kedelai ini merupakan pilihan terbaik kedua untuk membantu asupan nutrisi bayi Anda. Kelebihan susu ini adalah tidak menimbulkan efek gatal-gatal pada kulit bayi dan baik untuk kualitas pencernaannya juga.

Hindari Susu Organik

Sumber gambar www.health.harvard.edu

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memilih susu formula terbaik adalah dengan menghindari susu organik. Bagi bayi baru lahir, Anda pasti harus menyiapkan banyak sekali biaya pengurusannya.

Susu organik dengan segala manfaat yang diiklankannya memiliki harga yang sangat mahal. Padahal sebenarnya kualitasnya tidak terlalu berbeda. Jadi jangan tergiur dengan iklan yang berlebihan itu.

8 Rekomendasi Susu Formula Terbaik 2020 untuk Anda Ketahui

Bebelove

Anda yang mencari susu formula terbaik untuk bayi usia 0-6 bulan, wajib memilih Bebelove. Merek susu ini terpilih menjadi susu formula terbaik di tahun ini karena berbagai kandungannya.

Pertama, susu ini mengandung fructo-oligosaccharide dan galacto-oligosaccharide yang sangat baik untuk pencernaan bayi.

Seperti diketahui, sistem pencernaan bayi baru lahir sangat rentan. Jika tidak didukung oleh perkembangan bakteri baik di usus, maka sangat mudah bayi akan mengalami masalah pencernaan.

Selain itu, susu ini pun tidak menggunakan gula sehingga tidak berisiko untuk dikonsumsi oleh bayi baru lahir.

Harga Rp. 120.000-300.000

Enfamil A+

Satu lagi merek susu formula yang sangat terkenal di masyarakat, yaitu Enfamil A+. Susu formula yang satu ini juga memiliki kandungan yang sama dengan Bebelove yaitu galacto-oligosaccharide yang baik untuk pencernaan bayi.

Tidak hanya itu, susu Enfamil A+ juga memiliki kandungan protein tinggi yang mampu mendukung perkembangan otak bayi. Seri susu Enfamil A+ ini terdiri dari seri usia bayi 0-6 bulan dan 6-12 bulan. Jadi sampai umur 1 tahun, bayi Anda bisa tercukupi nutrisinya.

Harga Rp. 350.000-1.000.000

Vidoran Xmart

Setelah usia 1 tahun, bayi tetap harus didukung dengan konsumsi susu formula yang bagus. Anda yang sedang mencari rekomendasi susu formula terbaik 2020 untuk anak usia lebih dari 1 tahun, bisa memilih Vidoran Xmart.

Kandungan inulin yang disertai juga dengan DHA, LA, dan ALA dalam susu ini menjadi asupan terbaik usia anak-anak mengalami perkembangan otak. Anda juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membelinya. Harga Vidoran Xmart diketahui lebih terjangkau dari kebanyakan susu formula lain.

Harga Rp. 50.000-150.000

Isomil Plus Advance Soya

Setiap bayi memiliki reaksi berbeda-beda terhadap susu formula yang diberikan padanya. Beberapa bayi diketahui alergi terhadap susu sapi. Jadi mau tidak mau Anda harus memilih alternatif susu kedelai.

Salah satu susu kedelai yang terbaik untuk bayi adalah Isomil Plus Advance Soya. Kandungan susu yang kaya akan AA dan DHA membuatnya mampu mendukung kebutuhan nutrisi anak Anda untuk berkembang. Jadi walau memiliki alergi, tidak berarti anak Anda tidak bisa minum susu, ya.

Harga Rp. 260.000-800.000

Lactogrow

Satu lagi susu formula terbaik 2020 yang memang sudah diakui kualitasnya bertahun-tahun yang lalu di Indonesia adalah Lactogrow. Susu yang satu ini diketahui memiliki keunggulan kaya akan kalsium dan protein.

Jadi, anak Anda bisa tumbuh dengan kondisi tulang yang sehat dan otak yang cerdas. Anda juga bisa memberikan susu ini hingga anak berusia 5 tahun sesuai dengan seri susu yang ditawarkan. Mineral lain yang melengkapi susu ini pun baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh anak dari penyakit.

Harga Rp. 80.000-120.000

Morinaga Chil-kid Platinum

Merek Morinaga untuk susu formula anak pun sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Terbagi dalam berbagai jenis, salah satu yang terbaik untuk bayi berusia lebih dari satu tahun adalah Morinaga Chil-kid Platinum Moricare+ ini.

Dilengkapi dengan berbagai kandungan seperti AA dan DHA membuat susu ini dipercaya mampu mengembangkan otak bayi lebih maksimal dan meningkatkan ketahanan tubuhnya. Susu ini tersedia dalam dua varian rasa, yaitu madu dan vanila. Pastinya anak-anak akan sangat menyukai rasanya.

Harga Rp. 250.000-300.000

Nutribaby Royal

Ada lagi susu formula terbaik 2020 untuk bayi Anda. Terbagi menjadi dua seri, yaitu Nutribaby Royal 1 untuk usia 0-6 bulan dan Nutribaby Royal 2 untuk usia 6-12 bulan, susu ini berkomitmen menjaga asupan nutrisi bayi hingga 1 tahun. Anda tidak perlu khawatir soal kandungannya.

Ada kandungan protein yang sangat kaya dan bakteri baik yang mampu membantu pencernaan si kecil. Soal harga juga masih cukup terjangkau untuk kebanyakan keluarga Indonesia. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal biaya membelinya.

Harga Rp. 90.000-150.000

S-26 Procal Gold

Anda juga pasti sudah tidak asing lagi dengan susu formula dengan nama S-26. Sama seperti kebanyakan susu formula lain, S-26 juga dibagi menjadi beberapa jenis sesuai usia bayi. Kali ini ada S-26 Procal Gold yang baik dikonsumsi mulai dari usia 1 tahun.

Ada sangat banyak kandungan protein, kalsium, hingga vitamin di dalamnya. Konsumsi susu ini membuat anak Anda pasti tidak mudah jatuh sakit lagi. Harganya juga tidak terlalu beda jauh dengan kebanyakan susu formula lain.

Harga Rp. 300.000-500.000
From our editorial team

Pilih Susu Formula Bayi Berdasarkan Kandungannya

Anda yang sedang mencari rekomendasi susu formula terbaik 2020 untuk si kecil, bisa menggunakan daftar informasi di atas. Jadi bayi Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya dan dapat tumbuh dengan sehat juga. Pastikan Anda memilih susu formula bayi berdasarkan kandungan, bukan brand ataupun harga. Perlu diperhatikan juga bahwa kondisi tubuh setiap bayi berbeda-beda. Susu formula bayi yang satu belum tentu cocok untuk bayi lainnya. Selamat mencoba!

Tag